Ukuran Poster Standar Yang Sering Digunakan

Berikut berbagai ukuran poster standar yang paling sering digunakan. Poster biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk mengiklankan suatu acara atau produk seperti poster film di bioskop, poster acara seminar, poster event, poster kpop dan lainnya.

Poster dapat disajikan dalam berbagai bentuk ukuran serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda miliki. Ukuran poster yang besar memiliki efek kinerja lebih tinggi karena lebih banyak menarik perhatian ketika orang melihatnya.

Tetapi perlu diingat bahwa poster dengan ukuran yang terlalu kecil maupun terlalu besar tidak akan efektif, bahkan terkesan mengganggu. Maka pastikan Anda menggunakan ukuran poster yang tepat sesuai desain yang telah dibuat.

Ukuran Poster Standar

Ada ukuran poster standar yang dapat digunakan untuk hal bisnis maupun dekoratif ruangan, berikut referensi ukuran poster dari kecil hingga ukuran terbesar dalam centimeter yang sering digunakan di Indonesia;

Ukuran Poster A4 (21 cm x 29,7 cm)

Ukuran poster yang paling kecil adalah ukuran poster A4. Pada ukuran A4 desain gambar serta teks harus jelas agar dapat dilihat dari jarak yang cukup jauh. Kemudian headline saat penggunaannya harus menarik perhatian orang.

Memang dengan ukuran kecil Anda harus lebih memberikan poin penting saja pada desain poster yang dibuat. Pada ukuran A4 bahan yang digunakan untuk cetak poster adalah kertas tebal seperti Art Carton.

Ukuran Poster A3 (29,7 cm x 42 cm)

Ukuran poster A3 merupakan ukuran dua kali lipat dari A4. Dengan ukuran ini poster mampu memberikan informasi yang lebih banyak.

Poster dengan ukuran A3 dapat dicetak dengan bahan Art Carton, Art Paper, Luster, Photo Paper dan lainnya. Saat ini sudah banyak mesin Digital Printing juga dapat memproduksi dengan cetakan ukuran A3+ (30.5 cm x 48.7 cm) dengan harga yang terjangkau.

Ukuran Poster A2 (42 cm x 59, 4 cm)

Ukuran bahan poster A2 adalah ukuran dua kali lipat dari ukuran A3. Saat menggunakan ukuran ini maka Anda tidak dapat memasangnya pada sebagian besar tempat-tempat umum.

Ukuran A2 lebih cocok digunakan pada wilayah bisnis. Bahan yang digunakan pun biasanya tidak lagi kertas, akan tetapi dapat memilih bahan albatros atau spanduk yang biasanya digunakan cetak digital printing berjenis Large Format.

Ukuran Poster B2 (50 cm x 70 cm)

B2 adalah ukuran poster yang besar dan sangat sering digunakan. Banyak kalangan pebisnis memilih ukuran ini untuk mengiklankan bisnisnya. Ukuran B2 sebenarnya adalah 50 cm x 70,7 cm tetapi pada umumnya untuk memudahkan cetak poster, maka pembuat poster membulatkan ukuran ukurannya.

Ukuran Poster A1 (59,4 cm x 84,1 cm)

Poster ukuran A1 adalah poster yang paling efektif untuk menarik perhatian, karena memiliki area desain yang besar serta dapat dilihat dari jarak yang cukup jauh. Anda dapat menggunakan tipografi unik untuk lebih menarik perhatian. Maka dengan begitu informasi yang diterima akan semakin mudah untuk di baca.

Ukuran Poster Bioskop

Perlu diketahui bahwa ukuran poster film di Bioskop memiliki ukurannya tersendiri. Berikut ini 2 macam ukuran poster di Bioskop;

  1. Ukuran Poster Bus Stop: 101.6 cm x 152.4 cm
  2. Ukuran Poster One Sheet: 68.6 cm x 101.6 cm

Untuk mendapatkan ukuran poster pixel di Adobe Photoshop bisa menggunakan konverter Cm to Pixel. Banyak ukuran untuk membuat poster ini tergantung pada konsumen yang nantinya akan memilih sendiri.

Setiap ukuran poster yang tersedia diatas dimaksudkan untuk membantu memilih ukuran yang sesuai dengan tema desain, ukuran backlight, ukuran frame poster atau berbagai hal yang ditampilkan di poster secara Portrait atau Landscape.

Umumnya desain poster lebih memfokuskan poin penting yang ditampilkan. Sebaiknya bentuk desain poster yang dilakukan adalah 70% – 90% gambar dan 10% – 30% adalah tulisan. Komposisi tersebut akan menghasilkan desain yang lebih menarik untuk dilihat dari dekat maupun jauh.

Cek juga pembahasan mengenai ukuran kartu nama standar di Indonesia. Demikianlah informasi mengenai ukuran poster standar yang biasa digunakan oleh Anda dalam berbagai kebutuhan baik bisnis, iklan ataupun sekedar dekoratif. Semoga bermanfaat!


error: Content is protected !!