Pengertian Baliho Ciri, Fungsi Dan Jenisnya

Berikut penjelasan singkat mengenai pengertian baliho, ciri-ciri, fungsi dan jenis baliho. Ada banyak media yang bisa digunakan untuk memasang iklan, dan salah satunya adalah baliho.

Tentunya Anda pernah melihat baliho, baik itu di pinggir jalan, di depan rumah atau tempat lainnya. Akan tetapi apakah Anda tahu secara detail pengertian baliho dan perbedaannya dengan media iklan lain?

Nah jika penasaran terkait apa itu baliho? Anda dapat membaca pembahasan-nya dalam artikel kali ini. Untuk lebih jelas silahkan simak informasi seputar baliho berikut.

Pengertian Baliho

Baliho adalah media cetak yang berukuran besar yang berfungsi untuk menyampaikan informasi tertentu ke khalayak umum berupa kegiatan, event dan promosi produk baru. Jika diartikan secara bahasa, maka baliho bermakna “menyampaikan” yang berasal dari bahasa Arab “Balagha”.

Baliho bisa digunakan untuk menyampaikan pesan iklan, pemberitahuan dan media promosi. Pada umumnya baliho yang biasa dijumpai adalah sebagai sarana untuk menyampaikan informasi sebuah event tertentu atau kegiatan.

Event dan kegiatan tersebut bersifat umum dan informasi yang disampaikan memang untuk masyarakat secara luas. Artinya bahwa baliho tidak diperuntukkan untuk kebutuhan pribadi.

Selain itu baliho juga bisa digunakan dalam mengiklankan produk terbaru yang perlu diketahui oleh khalayak umum. Isi informasi iklan baliho seperti iklan perumahan, apartemen, tempat rekreasi, acara Maulid, acara musik, Caleg dan lain sebagainya.

Baliho merupakan produk cetak modern yang muncul akibat dari perkembangan zaman. Karena memang dalam pembuatan-nya baliho memerlukan mesin cetak digital yang canggih.

Ciri-Ciri Baliho

Banyak orang tidak bisa membedakan media promosi antara baliho dengan yang lainnya. Karena itu untuk mengetahui perbedaan masing-masing, maka Anda terlebih dahulu perlu mengetahui ciri-ciri baliho, berikut ini ciri-cirinya:

  1. Mempromosikan Produk Baru atau Event

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, baliho memiliki ciri sebagai media promosi event atau produk terbaru. Banyak orang menyajikan baliho untuk menyampaikan pesan pemberitahuan terkait event yang berkaitan dengan khalayak umum.

Seperti bazar, pasar kaget atau event diskusi masyarakat selain itu, banyak orang juga memanfaatkan baliho sebagai sarana promosi produk secara efektif.

  1. Diletakkan Di Tempat Khusus

Dalam meletakkannya juga baliho tidak sembarang tempat, biasanya orang akan menaruh baliho di pinggir jalan raya yang banyak dilalui masyarakat. Hal itu karena memang berkaitan dengan fungsi baliho yang berkaitan dengan informasi untuk khalayak umum.

Selain di pinggir jalan, baliho juga bisa ditempatkan di area yang ramai, misalnya di pasar, di daerah pertokoan dan tempat lainnya.

  1. Memiliki Ukuran Besar

Berbeda dengan spanduk atau media promosi kecil lain, baliho memang dibuat dengan ukuran yang besar. Maksud pembuatan baliho dengan ukuran baliho besar adalah agar informasi yang disampaikan bisa dilihat oleh khalayak masyarakat secara jelas.

  1. Mudah Dipasang & Dibongkar

Baliho termasuk media promosi yang mudah untuk dipasang dan dibongkar kembali. Ada baliho yang dipasang menggunakan penyangga bambu atau diletakkan di penyangga baliho yang telah disediakan.

Fungsi Pemasangan Baliho

Nah sekarang adalah terkait fungsi dibalik pemasangan baliho. Tentu ya setiap media promosi dibuat berdasarkan fungsinya masing-masing. Untuk baliho sendiri fungsi nya sangat banyak, berikut informasinya:

  1. Penyampai Materi Iklan

fungsi pertama dari pemasangan baliho di pinggir jalan atau tempat lainnya adalah untuk menyampaikan iklan secara umum. Materi iklan biasanya memang ditujukan untuk masyarakat luas dan tidak terbatas. Seperti halnya iklan produk racun tanaman, iklan wahana permainan, dan sebagainya.

  1. Media Promosi Dengan Biaya Rendah

Hampir sama dengan poin pertama, hanya saja orang lebih memilih media baliho untuk promosi karena memang biaya produksinya cukup murah. Dibanding dengan memasang billboard atau papan iklan di jalan raya, tentu biaya sangat berbeda jauh.

Dengan biaya yang sama dalam menyewa billboard, jika dipergunakan untuk membuat baliho maka bisa mendapatkan jumlah produk baliho yang jauh lebih banyak.

  1. Media Promosi Instan

fungsi lain dari baliho adalah sebagai media yang bisa digunakan untuk melakukan promosi secara instan. Jika dibandingkan dengan memasang iklan atau promosi di TV atau radio, maka akan ada banyak aspek yang harus diperhatikan. Sedangkan jika menggunakan media promosi baliho, anda hanya perlu mendesain baliho, cetak, kemudian pemasangan.

  1. Meningkatkan Prospek Penjualan

sebagai pengusaha UMKM, tentu akan sangat terbatas dengan biaya promosi. Kerena itu banyak pelaku bisnis ini memilih untuk menggunakan baliho sebagai sarana promosi yang murah namun mempunyai efek yang luar biasa.

Anda dapat menggunakan baliho untuk mempromosikan produk dan mendapatkan prospek penjualan yang lebih tinggi.

  1. Menaikkan Brand Awareness

kesadaran terhadap sebuah produk memang menjadi strategi pemasaran setiap brand. Karena itu banyak brand-brand produk menggunakan baliho untuk meningkat kesadaran masyarakat terhadap produk yang mereka miliki.

Tak jarang kita menemui baliho di pinggir jalan yang memang ditujukan untuk mengajak masyarakat mengenal brand tertentu lebih jauh lagi.

Jenis-Jenis Baliho

Tidak banyak yang tahu, ternyata ada dua jenis baliho yang bisa digunakan. Perbedaan baliho ini sebenarnya hanya terletak pada perbedaan pemanfaatannya saja. Nah berikut dua jenis baliho tersebut:

  1. Baliho Reklame Komersial

Baliho reklame komersial dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi komersial sesuai dengan namanya. Biasanya orang akan menggunakan ini untuk tujuan promosi produk atau jasa yang bersifat penjualan.

  1. Baliho Reklame Sosial

Berbeda dengan balon komersil, ini adalah jenis baliho yang dimanfaatkan untuk tujuan sosial atau kemasyarakatan. Pada umumnya orang akan akan menggunakan baliho sosial untuk kampanye kesehatan, kebersihan, dan sejenisnya.

Bahan Cetak Baliho

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan baliho sebagai media pemasaran, maka Anda perlu mengetahui berbagai bahan pembuatan baliho yang sering digunakan saat cetak baliho di percetakan.

  1. Flexi Korea – Flexi China : harganya lebih hemat namun tidak bisa bertahan terlalu lama.
  2. Flexi Jerman : harganya lebih mahal dari flexi korea dan china, tetapi kualitasnya lebih baik. Ciri-cirinya memiliki pori-pori dan bahannya halus.
  3. Albatros : cocok digunakan untuk baliho indoor dengan ciri permukaan halus dengan hasil cetak yang lebih baik.

Bentuk & Ukuran Baliho

Saat Anda mencetak baliho pastikan untuk memahami bentuk dan ukuran baliho. Apakah sudah sesuai dengan desain yang telah dibuat?

Umumnya baliho yang digunakan berbentuk Vertikal dan Horizontal, dengan ukuran yang beragam sesuai kebutuhan dan area yang akan ditempatkan baliho.

Untuk baliho vertikal umumnya berukuran 2m x 3m atau 3m x 6m dan baliho horizontal biasanya memiliki ukuran 3m x 4m atau 4m x 8m atau bisa juga perbandingan 1 : 2.

Demikianlah informasi dari Makin Tahu tentang pengertian baliho, baik pengertiannya, fungsi, ciri-ciri dan juga jenisnya. Semoga artikel terkait baliho ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.


error: Content is protected !!