Cara Menghemat Listrik Yang Perlu Anda Ketahui

Bagaimana cara menghemat listrik? Apakah Anda mengalami masalah peningkatan tagihan listrik bulanan? Saat pandemi membuat semua orang rata-rata akan lebih banyak berkegiatan di rumah saja dan membuat tagihan listrik menjadi membengkak.

Artikel kali ini akan membahas berbagi cara menghemat listrik yang perlu Anda ketahui. Berikut cara penghematan listrik yang efektif melalui kebiasaan penggunaan energi harian untuk anggota keluarga, hanya tindakan kecil namun memiliki efek yang signifikan.

Cara Menghemat Listrik Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pastikan AC Berfungsi Dengan Baik

Memastikan AC berfungsi dengan baik salah satu cara menghemat listrik di rumah. Biasanya banyak orang yang ingin sekali suhu ruangan lebih cepat dingin, tapi cara tersebut akan meningkatkan pemakaian listrik Anda.

Sebaliknya setel AC ke suhu sekitar 25° C dengan kecepatan normal. Dengan menggunakan kecepatan yang normal saat mendinginkan rumah akan membuat penggunaan AC yang hemat listrik.

Bersihkan AC Secara Teratur

Cara menghemat listrik AC dapat Anda lakukan dengan melakukan perawatan. Sama seperti cara Anda merawat mobil secara teratur agar tetap berjalan  dengan baik, hal yang sama juga berlaku untuk penggunaan AC.

Sebaiknya Anda membersihkan kotoran pada AC secara teratur, AC akan bekerja lebih efisien, mendinginkan ruangan lebih cepat, dan akibatnya mengkonsumsi lebih rendah listrik. Anda dapat melakukan pembersihan saringan pada AC sebulan sekali.

Sebaliknya, jika Anda tidak memperhatikan kebersihan, AC akan bekerja lebih ekstra dan waktu membuat udara menjadi sejuk pun lebih lama, sehingga mengkonsumsi listrik menjadi lebih banyak.

Perhatikan Efektivitas Ruangan

Anda harus memperhatikan ruangan tempat Anda memasang AC. Perhatikan jika ada celah sirkulasi dengan udara luar seperti jendela tidak tertutup atau pintu kamar yang terbuka.

Itu semua akan berpengaruh pada banyaknya konsumsi daya listrik AC. Anda bisa mengatasinya dengan memeriksa dengan teliti apakah pintu sudah tertutup saat menyalakan AC.

Selain menggunakan AC, Anda bisa membuka jendela untuk membuat ruangan sejuk karena adanya udara baru dari luar.

Gunakan Kipas Angin

Sebelum memutuskan untuk menyalakan AC, pertimbangkan untuk menggunakan kipas angin. Kipas angin mengkonsumsi listrik jauh lebih sedikit dibanding AC, tetapi tetap efektif untuk menyejukkan ruangan Anda.

Penggunaan kipas angin juga perlu diperhatikan secara berkala. Dengan membersihkan baling-baling dari debu, kipas angin dapat bekerja baik dan membuat ruangan tetap sejuk.

Manfaatkan Energi Matahari

Matahari sangat membantu dalam mengurangi penggunaan listrik. Contohnya seperti memanfaatkan kegiatan di luar ruangan, memanfaatkan sinar matahari sebagai tenaga surya, mengeringkan pakaian dan lainnya.

Berkegiatan Di Luar Ruangan

Pada hari-hari musim panas, daripada berada di dalam rumah akan lebih baik jika Anda ber-piknik keluar. Piknik dan mengadakan pesta barbeku berarti Anda tidak perlu menggunakan kompor / oven listrik.

Menghabiskan banyak waktu di luar juga membantu Anda melakukan salah satu cara menghemat energi listrik dengan tidak menggunakan TV, komputer, lampu, dan lainnya.

Memanfaatkan waktu yang menyenangkan bersama keluarga di luar ruangan tidak hanya membantu mempererat hubungan keluarga, tetapi juga menghemat listrik untuk rumah Anda.

Penerangan Dengan Lampu Tenaga Surya LED

Jika Anda memiliki taman bunga, mengapa tidak berpikir untuk membuatnya lebih terang di malam hari. Cara menghemat listrik-nya yaitu dengan menggunakan lampu LED.

Dengan menggunakan dekorasi tambahan di halaman taman seperti lampion / lampu yang dijalankan dengan tenaga surya tidak hanya membuat taman menjadi lebih indah di malam hari, tetapi juga memberikan penerangan tanpa membuang listrik.

Karena jenis perangkat lampu tenaga surya pada siang hari menyerap cahaya dan mengubahnya menjadi listrik dan disimpan, kemudian aktif menyala di malam hari. Teknologi pintar ini akan membantu Anda menghemat banyak listrik untuk penerangan taman pada waktu malam harinya.

Panel Surya

Salah satu metode paling efektif untuk mengurangi tagihan listrik Anda di musim panas adalah dengan mengurangi ketergantungan Anda pada jaringan konvensional dan mulai menggunakan energi matahari (Solar Panel) untuk penggunaan energi listrik rumah Anda.

Mengeringkan Pakaian

Pada hari-hari musim panas, sinar matahari lebih lama dari biasanya, manfaatkan panas matahari untuk mengeringkan pakaian daripada mengaktifkan mode pengeringan di mesin cuci atau pengering, yang sangat boros daya listrik.

Matikan Saklar Saat Tidak Digunakan

Cara menghemat token listrik dapat Anda lakukan dengan mematikan saklar yang tidak sedang digunakan. Tindakan ini membutuhkan waktu kurang dari satu detik, sangat sederhana dan Anda perlu membiasakannya setelah menggunakan perangkat elektronik.

Bahkan dalam mode standby, TV, mesin cuci, pengering pakaian, komputer, konsol game dan charger telepon mengkonsumsi listrik (Ghost Load). Mematikan dan mencabut perangkat tersebut penting dilakukan untuk meminimalkan biaya listrik yang tak terlihat.

Menggunakan Perangkat Berdaya Rendah

Cara menghemat listrik yang perlu Anda ketahui lainnya yaitu saat ingin membeli perangkat elektronik / gadget. Saat Anda sedang berbelanja gadget baru, jangan hanya mencari perangkat dengan fitur keren dan tren desain baru.

Namun pastikan untuk menambahkan perangkat yang arus “masuk-nya” berdaya rendah. Ini tidak hanya membantu keluarga Anda menghemat tagihan listrik bulanan, tetapi juga berkontribusi untuk melindungi lingkungan kita secara umum.

Membekukan Daging

Berikut merupakan salah satu cara menghemat listrik yang perlu Anda ketahui dan tidak boleh terlewatkan. Untuk menghindari kemungkinan keracunan makanan di antara anggota, lakukan defrost daging secara alami daripada menggunakan microwave.

Cara tersebut memang memakan waktu lebih lama tetapi jauh lebih aman, Anda dapat mencairkan-nya beberapa jam sebelumnya. Sebaiknya hindari mencairkannya menggunakan microwave, tindakan tersebut akan menghabiskan banyak listrik.

Adapun cara menghemat listrik lainnya seperti menjemur kasur di bawah matahari dari pada menggunakan vacuum cleaner, dan lainnya. Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk menghemat listrik di rumah Anda.

Cek juga pembahasan lain mengenai cara menghemat kertas dan mengurangi sampah kertas. Sekian pembahasan dari Makin Tahu mengenai cara menghemat listrik, semoga artikel diatas dapat memberikan manfaat.


error: Content is protected !!