30 Ucapan Selamat Hari Kartini Paling Bermakna

Pada perayaan Hari Kartini, sudahkah Anda memberikan ucapan selamat Hari Kartini kepada wanita-wanita tangguh di sekitarmu? Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April. Ini adalah hari kelahiran ibu kita Kartini. Oleh karena itu, kita memperingati-nya sebagai Hari Kartini

Kartini adalah sosok pahlawan yang sangat berjasa bagi para perempuan Indonesia. Sebelum itu, di masa penjajahan beliaulah yang mengawali gerakan emansipasi wanita. Beliau berjuang keras untuk mendapatkan hak-hak perempuan.

Pada saat itu, posisi perempuan selalu terbelakang. Bahkan, perempuan dianggap tidak perlu dan tidak butuh pendidikan. Selain itu, Kartini adalah gadis keturunan Jawa yang kental dengan adat budaya Jawa. Perempuan jawa biasanya di-pingit alias tidak boleh berkeliaran bebas di luar rumah.

Selanjutnya, bagaimana Kartini muda memperjuangkan haknya sebagai seorang individu dan sebagai seorang perempuan yang selalu berada di bawah laki-laki? Berikut sedikit ringkasan ceritanya.

Sejarah Singkat R. A. Kartini Sebagai Pahlawan Emansipasi Wanita Di Indonesia

Seperti yang ada dalam buku-buku sejarah, Kartini muda tinggal di Jepara. Beliau berada di kompleks kediaman Bupati Jepara. Meskipun berada dalam pingitan, semangat belajar R. A. Kartini tidak pernah pudar.

Beliau mencoba untuk mendapatkan ilmu pengetahuan sebanyak mungkin melalui surat. Ya, Kartini muda berkirim surat kepada kawan-kawannya di Eropa. Meskipun banyak kesulitan, Kartini tidak pernah menyerah.

Surat-surat itu berhasil di dokumentasi-kan dalam sebuah buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Surat-surat yang dibukukan ini sedikit banyak berhasil mempengaruhi semangat perjuangan perempuan Indonesia.

Sekitar tiga tahun sebelum surat-surat Kartini akhirnya diterbitkan, mahasiswa Indonesia yang berada di Belanda mendirikan sebuah perhimpunan yang bernama Perhimpunan Hindia (Indische Vereeniging) yang kemudian berubah menjadi Perhimpunan Indonesia (PI).

Surat-surat Kartini memberikan pengaruh besar terhadap semangat nasionalisme di Belanda, termasuk PI. Kartini pun menjadi pembuka jalan bagi perempuan di Indonesia. Tanpa perjuangan beliau, mungkin perempuan di Indonesia tidak sehebat sekarang.

Oleh karena itu, kita masih terus memperingati hari kelahiran R. A. Kartini sebagai Hari Kartini. Di sekolah, anak sekolah memperingati hari Kartini dengan memakai pakaian adat, membuat lomba, hingga membuat festival.

Kali ini, kita tidak akan membahas tentang quote. Kita akan membahas ucapan-ucapan spesial Hari Kartini yang paling bermakna dan cocok untuk dijadikan kartu ucapan Hari Kartini.

21 April Happy Kartini Day Habis Gelap Terbitlah Terang

Ucapan Selamat Hari Kartini Yang Bagus

Bosan dengan ucapan Hari Kartini yang biasa-biasa saja? Anda bisa mengambil beberapa referensi berikut untuk perayaan Hari Kartini mendatang.

Ucapan Selamat Hari Kartini Untuk Kartu Ucapan

1. Jadilah wanita mandiri yang baik hati. Selamat Hari Kartini.

2. Apapun tantangan-nya, seorang perempuan harus terus berjuang. Jika sudah menyerah, ia akan terus kalah. Jadi, tetaplah bersemangat dan selamat Hari Kartini.

3. Menjadi wanita mandiri bukan berarti pemberontak. Wanita perlu yakin bahwa ia bisa melakukan apa saja. Maka dari itu, maju terus Kartini-Kartini Modern.

4. Bermimpilah setinggi mungkin. Bermimpi lalu segera bangun dan bergegas meraih apa yang kamu impikan. Selamat Hari Kartini.

5. Selamat Hari Kartini. Dari R. A. Kartini, kita belajar bahwa sebaiknya perempuan tidak menyerah begitu saja dengan keadaan.

6. Selamat Hari Kartini. Susah bukan berarti tak mungkin untuk ditaklukkan. Jadi, ayo maju terus wanita Indonesia untuk menaklukkan segala rintangan.

7. Bagian paling penting dalam jari disebut ibu jari. Bagian paling penting dalam hidup disebut ibu pertiwi. Dari sini, bisa disimpulkan bahwa perempuan adalah simbol kehidupan yang tinggi. Maka dari itu, jangan rendah diri. Mari belajar dari perjuangan hidup Ibu Kartini.

8. Jadilah wanita yang berpendidikan. Dengan ilmu sebagai bekal, kamu tidak akan mudah dibodohi oleh kehidupan. Selamat Hari Kartini.

9. Dalam hidup, sesekali kamu pasti akan menemukan kesulitan. Jangan menyerah! Wanita hebat pantang untuk menyerah. Selamat Hari Kartini.

10. Selamat Hari Kartini. Wanita perkasa adalah kamu. Ya, kamu yang sampai sekarang tidak pernah berhenti berjuang.

Ucapan Selamat Hari Kartini Untuk Caption Instagram

11. Selamat merayakan Hari Kartini. Bangunlah mimpi setinggi mungkin. Meski banyak orang menilai mustahil, hanya kamu yang tahu apakah mimpi itu bisa terwujud atau tidak. Jadi, lekaslah bangun dan raih mimpimu.

12. Selamat Hari Kartini. Terima kasih atas jasa beliau yang menginspirasi seluruh wanita hingga sekarang. Semoga semangat Kartini selalu ada dalam diri kita.

13. Meski raga telah tiada, semangat Kartini masih membara dalam benak kaum muda. Mari teruskan perjuangan Ibu Kita Kartini.

14. Wanita hebat tidak terlahir begitu saja. Mereka telah ditempa berbagai cobaan yang tiada tara. Jadi, jangan menyerah saat susah. Sebentar lagi, kamu akan menjadi hebat.

15. Selamat Hari Kartini 21 April. Buku Habis Gelap Terbitlah Terang adalah cerminan kehidupan kita semua. Tidak ada duka yang abadi, begitupun suka. Maka dari itu, kita hanya perlu terus berjuang.

16. Selamat tanggal 21 April Wanita Indonesia. Perayaan Hari Kartini adalah pengingat bagi kita semua untuk terus memperjuangkan apa yang menjadi hak kita. Seperti Ibu Kartini yang berjuang untuk emansipasi wanita pada masanya.

17. Selamat berjuang wanita Indonesia. Mari jadikan Hari Kartini sebagai pengisi daya dan semangat untuk terus berjuang.

18. Ibu kita Kartini mengajarkan bahwa wanita tidak boleh diam dalam keterbatasan. Selalu ada jalan jika kita berjuang. Jadi, jangan pernah menyerah.

19. Selamat Hari Kartini untuk para perempuan Indonesia. Terima kasih untuk tidak menyerah sampai hari ini. Mari saling memberi semangat untuk menjadi perempuan yang lebih tangguh lagi.

20. Jatuh dan bangun adalah proses wajar. Jangan terlalu lama diliputi kesedihan. Mari bergerak atas dasar pola pikir yang logis, bukan semata-mata karena perasaan. Selamat Hari Kartini.

Ucapan Selamat Hari Kartini Singkat & Menginspirasi

21. Selamat Hari Kartini. Terima kasih untuk R. A. Kartini yang perjuangannya menginspirasi para perempuan di Indonesia. Semoga kita semua selalu bisa menjadi hebat seperti Kartini.

22. Tanggal 21 April Kembali hadir. Kelahiran Kartini memberikan nilai penting bagi wanita Indonesia. Jadi, mari kita teruskan perjuangan beliau.

23. Selamat Hari Kartini. Ayo, kita tebarkan semangat positif untuk seluruh wanita di Indonesia.

24. Selamat tanggal 21 April untuk para perempuan terbaik. Selamat Hari Kartini.

25. Berontaklah jika kamu tertindas. Berjuanglah jika kamu sedang susah. Jadikan kisah Kartini sebagai pemompa semangat.

26. Selamat Hari Kartini! Wanita hebat selalu mencoba berlaku adil.

27. Happy Kartini Day. Bakar terus semangat kita untuk menjadi wanita hebat.

28. Sejatinya, tidak ada wanita yang tidak hebat. Kita semua hebat dengan caranya masing-masing. Selamat Hari Kartini.

29. Ayo bangun dan kejar mimpimu para Kartini masa depan.

30. Tidak baik pasrah pada keadaan. Berjuanglah hingga titik darah penghabisan seperti Kartini.

Di era media sosial, banyak juga orang yang membuat caption yang bagus untuk Hari Kartini beserta gambar bertema R. A. Kartini. Quote-Quote dari buku Habis Gelap Terbitlah Terang pun sering dipakai untuk motivasi hari Kartini.

Dari 30 ucapan selamat Hari Kartini di atas, Anda bisa mengambilnya untuk kartu ucapan, quotes, atau caption di Instagram. Semoga ringkasan dari Makin Tahu terkait referensi ucapan selamat hari kartini dapat memberikan manfaat.


error: Content is protected !!