10 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Masuk Ke Dunia Kerja

Berikut berbagai hal yang perlu dipersiapkan Fresh Graduate sebelum masuk ke dunia kerja. Bagi Anda yang akan menjadi Fresh Graduate mungkin pernah berpikir atau merasa panik setelah lulus nanti langkah apa yang harus dilakukan sebelum terjun langsung ke dunia kerja.

Mengingat semakin pesatnya globalisasi dan ketatnya persaingan dalam dunia pekerjaan. Etssss.. Jangan panik dulu, karena di artikel Makin Tahu kali ini akan memberikan 10 tips yang perlu Anda persiapkan saat sudah menjadi Fresh Graduate.

Persiapan Sebelum Masuk Ke Dunia Kerja

Mencari Informasi Pekerjaan

Cari tahu sebanyak mungkin pekerjaan apa saja yang berhubungan dengan bidang studi / keterampilan yang Anda tekuni. Dengan mendapatkan informasi dari berbagai pekerjaan yang ada, hal itu bisa memacu semangatmu untuk temukan pekerjaan yang cocok untuk Anda dimasa yang akan datang.

Mungkin pola pikir Anda yang tadinya pesimis karena pekerjaan yang ketahui nantinya akan sedikit terbuka di bidang studi Anda, menjadi optimis setelah tahu banyaknya lapangan pekerjaan yang berhubungan dengan bidang studi Anda.

Contohnya; Bidang studi seseorang adalah Accounting ternyata dalam dunia pekerjaan bukan hanya bekerja di departemen Accounting, melainkan bisa di departemen Auditing, Purchasing, Taxation, Management Business bahkan bisa berkecimpung di dunia HR Benefit and Compensation.

Meningkatkan Kemampuan

Berbagai kemampuan tambahan apa yang harus di tingkatkan di era saat ini, setelah menentukan pekerjaan yang cocok untuk Anda. Dengan mengikuti tips kedua dari artikel Makin Tahu, kemungkinan besar CV / Resume Anda akan menjadi nilai plus yang artinya perusahaan akan dengan mudahnya melirik CV Anda.

Misalnya jika Anda berkecimpung di bidang studi yang bersangkutan dengan angka seperti Auditing, Accounting, Pajak, Manajemen Bisnis, Statistik, IT dan lain-lain, maka Anda bisa meningkatkan kemampuan di penggunaan software Excel atau Ms Office.

Atau jika Anda berkecimpung di dunia Marketing, maka Anda bisa tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris maupun wawasan maupun pengetahuan Anda di dunia marketing.

Perluas Jaringan

Di era sekarang ini memperluas jaringan sangatlah penting dilakukan. Sejak sekolah sampai kuliah sebenarnya Anda telah membangun hubungan baik dengan orang-orang di sekolah dan Universitas, seperti guru, dosen dan teman-teman.

Dengan memperluas jaringan, maka nantinya akan membantu Anda mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai lapangan pekerjaan yang layak untuk Anda.

Bekerja Di Perusahaan Impian

Jangan batasi impian Anda untuk bekerja di perusahaan impian. Tidak sedikit seorang Fresh Graduate merasa takut / pesimis untuk melamar di perusahaan impian, karena kadang merasa belum punya kemampuan yang cukup memadai atau mungkin merasa bukan dari universitas ternama.

Jika hal ini terus terjadi, maka kesempatan dan peluang Anda untuk bekerja di Perusahaan impian / Big Company mungkin akan hilang. Karena apa yang Anda pikirkan dan bayangkan sebagian besar tidak akan jauh berbeda dengan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, jadi jangan takut untuk terus mencoba.

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Masuk Dunia Kerja

Visi Misi 5 Tahun Mendatang

Tentukan Visi dan Misi Anda untuk 5 tahun yang akan datang. Dengan adanya visi misi yang jelas atas cita-citamu di dalam karier Anda, maka langkah Anda memulai karier dapat terarah dengan jelas serta memiliki prinsip yang kokoh. Seperti rumah yang dibangun dengan pondasi yang kuat tidak akan mudah roboh.

Mempersiapkan Mental Menjadi Lebih Kuat

Pastinya di dunia perkuliahan akan sangat berbeda dengan dunia kerja. Nantinya di dunia kerja Anda akan dituntut menjadi lebih mandiri, disiplin, bertanggung jawab, memahami prioritas dan mampu mengambil keputusan.

Dengan membangun mental yang kuat, maka dapat membuat Anda menjadi lebih tenang menghadapi setiap masalah dalam pekerjaan yang akan Anda kerjakan.

Tanamkan Jiwa Inisiatif Dan Kreatif

Terkadang memiliki kemampuan / skill yang memadai saja belum cukup kalau tidak memiliki jiwa yang inisiatif dan kreatif. Faktanya dalam dunia pekerjaan banyak dinamika yang terjadi dan kita dituntut untuk mencari solusi atas masalah masalah yang sering kali terjadi dalam pekerjaan kita sendiri.

Jika membangun jiwa inisiatif dan kreatif sejak dini, maka Anda akan terbiasa dengan gejolak permasalahan dalam pekerjaan yang akan terjadi.

Jangan Berorientasi Pada Gaji

Untuk memulai karier, tidak sedikit Fresh Graduate mendapat Offering yang relatif rendah dari yang memiliki pengalaman bekerja. Namun jangan pernah berorientasi pada gaji, karena bukan hal yang tepat jika Anda hanya berpatokan pada hal tersebut.

Anda perlu banyak belajar dan mengembangkan kemampuan Anda sebagai batu loncatan karier di masa yang akan datang. Jangan merasa kecil hati jika harus magang untuk awal karier, karena dengan magang banyak sekali ilmu yang bisa di dapat untuk bekal di dunia bekerja yang sebenarnya.

Nikmati setiap prosesnya dan lakukan yang terbaik dibidang pekerjaan Anda, maka percayalah Anda pasti akan mencapai-nya.

Curiculum Vitae

Buatlah Curiculum Vitae (CV) atau resume Anda secara ringkas namun tetap menarik dan modern. Tidak bisa dipungkiri, masih banyak Fresh Graduate memakai template CV yang sangat sederhana dan kalimat / kata yang bertele-tele.

Karena fakta-nya beberapa HRD melihat tingkat kreativitas dalam bekerja dari CV pelamar. Anda dapat manfaatkan aplikasi gratis / berbayar dalam proses pembuatan CV.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Selain beberapa poin penting diatas, ternyata menjaga kesehatan tubuh juga penting. Dengan menjaga kesehatan tubuh akan membuat Anda dapat menjalani pekerjaan dengan baik serta dapat menikmati hasilnya di kemudian hari.

Mulailah menjaga kesehatan tubuh Anda dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan melakukan olahraga rutin. Usahakan untuk tidak melakukan hal yang sia-sia seperti kecanduan alkohol, merokok dan obat terlarang.

Selain dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga ternyata istirahat yang cukup juga penting loh! Karena dengan istirahat yang cukup juga mampu memulihkan badan yang lelah karena kegiatan seharian dan membantu Anda untuk fokus saat bekerja.

Cek Juga: Ucapan Selamat Bekerja Untuk Membangunkan Semangat

Kesimpulan

Itulah berbagai tips yang dapat Anda persiapkan sebelum akhirnya benar-benar masuk ke dunia kerja. Memang ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, namun jangan khawatir karena nantinya Anda akan terbiasa menjalaninya.

Sebenarnya ada banyak sekali tips yang perlu dipersiapkan sebelum masuk ke dunia kerja selain poin diatas, seperti mengenali diri sendiri, mengontrol emosi, menjadi seorang pendengar yang baik, konsisten dan lainnya.

Ada baiknya juga Anda memahami tren terkini mengenai bidang pekerjaan yang digeluti, agar Anda terus dapat menyesuaikan diri di masa mendatang. Yang paling penting adalah niat Anda dan selalu mengasah kemampuan dibidang pekerjaan yang di kerjakan.

Setelah membaca tips dari Makin Tahu mudah-mudahan Anda menjadi lebih siap untuk memasuki dunia kerja. Selalu tetap semangat dan semoga pandemi Covid segera berakhir.


error: Content is protected !!