Pengertian Katalog Produk Isi, Fungsi Dan Manfaat

Berikut pembahasan mengenai pengertian katalog produk, isi, fungsi dan manfaat penggunaan katalog yang perlu Anda ketahui. Katalog umumnya sering dijumpai di berbagai tempat seperti pusat perbelanjaan, booth pameran, ruang tunggu, kasir dan tempat lainnya.

Katalog produk juga menjadi salah satu media cetak yang digunakan marketing untuk mengenalkan produk kepada calon konsumen. Katalog produk memang praktis karena dapat memaparkan informasi penting mengenai produk perusahaan dengan lebih detail dibandingkan menggunakan brosur.

Pengertian Katalog Produk

Pengertian Katalog Produk adalah daftar informasi produk perusahaan yang disertai keterangan atau penjelasan dalam bentuk lembaran, kartu, buku dan bentuk lainnya.

Kata Katalog sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu “Catalogus” / “Katalogos” yang artinya penyebutan satu demi satu atau daftar. Atau dapat diartikan sebagai daftar benda atau barang yang disusun dengan tujuan tertentu.

Pengertian Katalog Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian katalog oleh para ahli menurut ilmu perpustakan;

Fathmi (2004)

Menurut Fathmi Katalog merupakan daftar berbagai jenis koleksi perpustakaan yang disusun dengan sistem tertentu.

Sulistyo Basuki (1991)

Menurut Sulistyo Basuki Katalog merupakan koleksi pustaka atau daftar buku suatu perpustakaan atau dalam suatu koleksi.

KBBI

Menurut KBBI Katalog merupakan daftar, carik kertas atau buku yang menampilkan nama benda atau informasi yang ingin disampaikan dengan susunan berurutan, alfabetis dan teratur.

Isi Katalog Produk

Selain informasi mengenai produk, sebenarnya dalam katalog produk juga dapat memberikan informasi penting seperti jasa, nama perusahaan, alamat website, email, nomor telepon, logo perusahaan dan alamat perusahaan.

Pada bagian produk selain menempatkan nama dan gambar produk, Anda juga dapat menjelaskan kelebihan atau keunggulan produk, fitur, berat, dimensi, warna, harga, kode produk, detail lainnya yang penting untuk diketahui pembaca (50-150 kata).

Dalam pembagian produk Anda juga dapat membaginya berdasarkan kategori, jenis, tingkatan, urutan abjad, bentuk dan lainnya. Dengan membagi produk dalam suatu kelompok akan membuat katalog produk menjadi rapi dan menjadi mudah untuk dipahami pembaca.

Dimana di awal halaman akan terdapat daftar isi produk sesuai nomor halamannya. Daftar isi memiliki fungsi untuk mempermudah pembaca katalog untuk mengetahui isi keseluruhan katalog berdasarkan poin yang telah ditentukan dan dapat juga langsung menuju halaman tertentu.

Fungsi Katalog Produk

Ada berbagai fungsi katalog produk, seperti;

  • Katalog produk memiliki fungsi utama yaitu untuk menyampaikan informasi produk dan jasa suatu perusahaan kepada calon konsumen dengan informasi yang padat dan jelas. Dengan memperkenalkan produk dan jasa perusahaan diharapkan dapat meningkatkan minat calon konsumen untuk membeli produk.
  • Katalog berfungsi sebagai media promosi produk dan jasa suatu perusahaan kepada konsumen. Dimana terkadang ada promo di jangka waktu tertentu, maka katalog promosi tersebut akan dicetak dan disebarkan kepada calon konsumen. Contohnya katalog promo produk di supermarket.
  • Membantu untuk menekan biaya promosi atau pemasaran produk. Dengan adanya katalog produk akan membantu perusahaan untuk mengenalkan produk yang dijual kepada konsumen atau ke toko grosir maupun pengecer.

Manfaat Katalog Produk Bagi Konsumen

Ada beberapa manfaat katalog produk bagi konsumen, berikut penjabarannya;

  • Konsumen dapat melihat informasi produk dengan lebih detail tanpa harus melakukan pengecekan produk satu persatu.
  • Konsumen dapat melakukan persiapan pembelanjaan sebelum memutuskan membeli produk yang diinginkan.
  • Mendapatkan informasi produk terbaru suatu perusahaan. Dimana konsumen dapat mengetahui informasi harga produk terbaru, promosi produk terkini serta informasi penting lainnya.
  • Katalog produk dapat membantu konsumen untuk membandingkan produk satu dengan yang lain atau bahkan membandingkan sebuah produk perusahaan A dengan perusahaan B.
  • Dapat menjadi acuan harga, apakah harga di katalog sesuai dengan harga produk yang dijual.

Manfaat Katalog Produk Bagi Perusahaan

Selain memberikan manfaat bagi konsumen, berikut beberapa manfaat katalog produk bagi perusahaan;

  • Sebagai sarana promosi produk dan perusahaan yang efisien, efektif dan hemat biaya.
  • Katalog produk dapat membantu perusahaan secara tidak langsung berkomunikasi dengan konsumen. Dimana pihak perusahaan tidak perlu membuang banyak waktu untuk menjawab pertanyaan yang umum ditanyakan konsumen.
  • Katalog membantu mempercepat penyebaran informasi produk perusahaan dengan menjangkau lebih banyak pasar.
  • Dengan adanya katalog, maka akan membantu mengurangi terjadinya penyalahgunaan harga dan produk yang dijual.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Katalog Produk

Di era sekarang ini penggunaan Katalog khususnya katalog produk masih sangat dibutuhkan. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan katalog produk konvensional dalam bentuk media cetak juga harus dijalankan bersamaan dengan E-Katalog atau katalog digital berupa website, aplikasi dan pdf.

Dimana perkembangan digital membuat perusahaan sebaiknya menyediakan akses informasi produk dengan lebih mudah dan cepat.

Kelebihan Menggunakan Katalog Produk

Berikut kelebihan menggunakan katalog produk dalam bentuk media cetak;

  • Dapat dibaca dalam waktu lama dan mudah untuk disimpan.
  • Lebih menarik karena menampilkan informasi dengan yang dibutuhkan dengan detail pada sebuah halaman.
  • Katalog dapat dibaca dimana pun, kapan pun dan dapat menjadi koleksi serta rekam jejak produk suatu perusahaan.

Kelemahan Menggunakan Katalog Produk

Berikut kelemahan menggunakan katalog produk dalam bentuk media cetak;

  • Pemberian katalog produk terkadang tidak tepat sasaran. Contohnya pembagian katalog promosi produk swalayan yang dibagikan ke setiap rumah sekitar. Dimana belum tentu warga rumah sekitar memang membeli produk di swalayan tersebut.
  • Tidak mendukung Go Green karena menggunakan kertas sebagai bahan untuk mencetak katalog produk. Karena terkadang katalog hanya dilihat dan kemudian dibuang begitu saja.

Kesimpulan Katalog Produk

Katalog produk masih diminati dan akan terus menjadi salah satu alat promosi untuk meningkatkan penjualan. Walaupun sekarang telah hadir E-Katalog, namun katalog konvensional masih memiliki efek positif bagi perusahaan mempromosikan produknya.

Contoh perusahaan yang masih menggunakan katalog produk dalam bentuk media cetak seperti IKEA, Oriflame, Lottemart, Giant, Tupperware, Carrefour, Superindo, Alfamart, Indomaret dan lainnya.

Sekian informasi mengenai pengertian katalog produk dan penjelasan lainnya mengenai katalog. Semoga artikel dari Makin Tahu dapat menambah wawasan Anda.


error: Content is protected !!