Pengertian Printer Fungsi Dan Jenisnya

Berikut penjelasan mengenai pengertian printer, fungsi printer dan jenis-jenisnya. Perkembangan perangkat komputer kini semakin maju, sehingga perangkat keras pendukung komputer juga ikut mengalami perkembangan dengan cepat.

Beberapa perangkat keras yang sering digunakan yaitu power supply, keyboard, mouse, scanner dan printer. Pembahasan kali ini mengenai printer yang setiap hari digunakan.

Pengertian Printer

Pengertian printer adalah alat yang dapat menampilkan data (gambar, grafik, bagan, teks) dalam bentuk cetakan di atas kertas. Pengertian printer lainnya yaitu sebuah alat yang bisa menampilkan data software digital berupa cetakan.

Print berasal dari kata cetak, sehingga alat printer digunakan sebagai pencetak. Dalam dunia perangkat komputer, printer sangat dibutuhkan untuk menghasilkan output tulisan, gambar maupun dokumen lainnya dalam bentuk cetakan.

Sejarah Printer

Sejarah printer mulai dikenalkan pada abad 19. Saat itu Epson telah meluncurkan printer elektronik. Nama printer pertama yaitu EP 101, printer ini diluncurkan pada tahun 1968.

Printer yang diproduksi berikutnya masih memakai sistem mesin ketik elektrik namun, konsumen lebih menginginkan printer yang kinerjanya lebih cepat.

Akhirnya diciptakan printer dengan spesifikasi lebih bagus. Untuk memenuhi permintaan konsumen, produsen membuat printer yang spesifikasinya lebih bagus. Diluncurkannya printer yang memakai sistem dot matrix, daisy wheel, dan line printer.

Perkembangan printer semakin cepat tahun 1984 diluncurkan printer laser, tahun 1988 diluncurkan printer HP Deskjet, tahun 2000 diluncurkan printer inkjet, dan tahun 2010 muncul printer 3D. Hingga sekarang masih banyak printer baru yang tidak kalah bagus dengan kinerja cepat.

Fungsi Printer

Selanjutnya mengenai fungsi printer secara spesifik yaitu sebagai alat yang bisa menampilkan atau mencetak data yang berasal dari komputer. Cetakan tersebut dapat diserahkan kepada penggunanya.

Hasil cetakan data bisa berupa apa saja, misalkan dokumen penting, arsip, surat, undangan dan lainnya. Adanya printer mempermudah semua orang dalam membuat dokumen cetak.

Melalui software aplikasi MS. Word kemudian dicetak pada printer, maka jadilah dokumen tersebut.

Jenis Printer Yang Sering Digunakan Saat Ini

Saat ini banyak jenis printer yang dijual di pasar, sehingga Anda bisa memilih jenis printer mana yang disukai. Variasi jenis printer, tentunya membuat Anda bingung dalam memilih untuk membeli yang mana. Oleh karena itu Anda bisa melihat berbagai jenis printer berikut yang bisa dipilih.

Printer Label

Printer label merupakan perangkat khusus yang digunakan untuk mencetak label dalam jumlah sangat banyak. Jika Anda memakai printer label untuk mencetak logo, angka, simbol suatu elektronik, maka prosesnya lebih cepat dan mudah.

Printer Label MakinTahu

Jenis printer label ada juga yang dapat digunakan mencetak barcode produk dalam bentuk kertas stiker. Biasanya printer yang mencetak barcode sering digunakan pada supermarket dan namanya adalah Printer Label Inkjet.

Printer Direct to Garment

Printer Direct to Garment atau disebut dengan DTG. Secara umum printer DTG sering digunakan oleh masyarakat untuk mendukung usahanya. Biasanya digunakan pada usaha cetak kaos sablon.

Pemilik usaha menggunakan printer DTG karena hasil sablon terlihat bagus serta rapi. Kelebihan lain dari printer DTG yaitu cetakan sablon dapat meresap ke bahan kaos, cetakan yang dihasilkan sangat halus, warna sablon terlihat lebih tajam dan sablon tidak mudah rusak.

Printer Direct to Garment Sablon Kaos MakinTahu

Printer DTG juga dapat mencetak sablon full colour, tidak perlu memakai transfer paper, tidak perlu memakai mesin press untuk merapikan kaos, dan masih banyak kelebihan lainnya.

Printer DTG membuat penjual kaos lebih mudah. Apabila Anda terjun dalam bidang bisnis kaos, maka bisa membuat kaos sendiri dengan memakai printer DTG. Ada merk printer DTG yang dapat dibeli dengan harga murah.

Printer Bubble Jet

Jenis printer bubble jet menawarkan kualitas cetakan gambar yang terbaik karena masuk dalam kategori printer inkjet. Bahkan hasil gambarnya hampir mirip seperti cetakan film. Sayangnya buble hanya dapat mencetak pada ukuran kecil.

Printer Bubble Jet MakinTahu

Proses kerjanya dengan menggunakan elemen pemanas kecil di dalam nozzle untuk membantu mengarahkan tinta. Untuk cetak dalam ukuran besar masih belum bisa dilakukan. Penggunaan printer bubble jet sangat praktis, karena dapat digunakan langsung tanpa perantara printer.

Anda dapat mencetak dokumen langsung melalui smartphone dan USB. Keunggulan bubble jet yaitu respon suara lembut, hasil gambar bagus, dan awet.

Printer Solid Ink

Printer solid ink sangat berbeda dengan jenis printer lainnya. Solid ink menggunakan tinta yang telah dililinkan. Printer memiliki cara kerja dengan mencairkan tinta lilin kemudian ditaruh pada wadah khusus.

Printer Solid Ink MakinTahu

Setelah cair, tinta tidak boleh digunakan langsung. Anda harus menunggu agar tinta agak dingin. Tinta yang telah cair akan digunakan untuk mencetak gambar maupun tulisan.

Wide Format Printing

Wide format printing atau plotter adalah printer yang digunakan mencetak sebuah grafik pada kertas stiker, seperti stiker vinyl, dan jenis kertas lainnya. Printer dapat mencetak di kertas ukuran kecil hingga besar.

Wide Format Printing MakinTahu

Printer wide format printing sangat cocok dipakai oleh pengusaha cutting, sticker, poster serta banner. Wide format printing terdiri dari dua jenis yaitu Drum Plotter dan Flatbed Plotter.

Printer wide format printing memiliki kelebihan. Diantaranya kecepatan printing begitu cepat, kualitas gambar yang dihasilkan sangat tinggi, tidak menimbulkan suara bising dan bisa mencetak di kertas ukuran besar.

Printer Thermal / POS Printer

Printer thermal sering Anda temui di meja kasir. Biasanya digunakan untuk mencetak total belanjaan konsumen. Printer thermal memiliki kualitas hampir mirip sama dot matrix.

Printer Thermal Kasir MakinTahu

Hanya saja panas yang digunakan bukan dari impact. Kelebihan yang dimiliki printer yaitu tidak mengeluarkan suara bising, harganya mahal, proses mencetak cepat dan bentuknya kecil. Meskipun memiliki kelebihan, printer thermal juga memiliki kekurangan yaitu harus menggunakan kertas khusus dan tidak dapat mencetak ukuran besar.

Printer Laserjet

Printer laserjet adalah jenis printer terbaru yang cara kerjanya memanfaatkan sinar laser. Sistem kerja hampir sama dengan mesin fotocopy (memakai photographic drum).

Printer Laserjet MakinTahu

Hanya saja berbeda pada bayangan yang dihasilkan di silinder putar. Kalau di printer laser jet, bayangannya dihasilkan melalui titik-titik semiconductor laser.

Kelebihan printer laserjet yakni bisa mencetak dengan cepat, catridgenya bertahan lama, dapat mencetak dengan kombinasi warna Black, Yellow, Magenta, dan Cyan (CMYK), tidak bising dan kualitas hasil cetakan lebih baik dari printer dot matrix.

Printer InkJet

Printer inkjet sering ditemui di percetakan, sistem kerja printer inkjet yaitu menyemprotkan cairan tinta printer ke permukaan kertas hingga gambar terbentuk.

Printer InkJet MakinTahu

Dalam printer dilengkapi plat magnet, plat inilah yang mampu mengalirkan tinta sesuai dengan gambar yang diinginkan. Hasil cetakan jenis printer inkjet hampir sama dengan jenis laser.

Printer menggunakan tinta dengan kombinasi warna bervariasi CMYK. Cetakan warna disesuaikan dengan keinginan pencetak. Kelebihan printer inkjet yaitu tidak mengeluarkan suara berisik, kualitas cetakan cukup bagus, cetakan cepat kering dan proses cetakan lebih cepat.

Printer 3D

Printer 3 dimensi hadir di masyarakat untuk melengkapi setiap kebutuhan 3 dimensi seperti pembuatan patung karakter atau Action Figure, Prototype, peralatan rumah tangga, produksi alat skala kecil, mainan dan sebagainya.

Printer 3D MakinTahu

Printer 3D adalah inovasi yang nyata dan dapat digunakan oleh masyarakat dan dimulai pada tahun 2010. Diawali dengan hasil cetakan kecil, namun sekarang hadir printer 3D dengan tinggi dan lebar ukuran mesin mencapai 3 meter.

Anda bisa menemukan berbagai jasa cetak 3 dimensi di berbagai e-Commerce untuk mencetak berbagai kebutuhan. Dimana setiap jasa cetak 3D akan memberikan opsi untuk ketebalan cetak dengan harga terjangkau.

Itulah jenis-jenis printer yang ada di masyarakat. Penjelasan detail mengenai jenis printer membantu Anda dalam memilih printer. Saat memilih printer usahakan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Misalkan Anda sedang menjalankan bisnis kaos maka membeli printer DTG. Sekarang Anda telah mengetahui mengenai pengertian printer, fungsi printer serta jenis printer.

Waktunya membeli printer yang Anda inginkan sekarang. Sekian penjelasan dari Makin Tahu mengenai pengertian printer beserta fungsi dan jenisnya semoga bermanfaat.


error: Content is protected !!