Pengertian Perforator Dan Fungsinya

Berikut pengertian perforator dan fungsinya yang perlu Anda ketahui. Mendengar istilah perforator bisa ditebak banyak orang tidak memahami makna kata tersebut, bahkan tidak mengetahui bentuk peralatan kearsipan tersebut.

Namun jika Anda diminta untuk mengambilkan plong-plongan, bolongan kertas atau mungkin sebutan lain yang sesuai dengan bahasa Anda, mungkin hal tersebut masih bisa dipahami. Maka dari itu penting bagi Anda dapat memahami pengertian dan fungsi perforator lebih jauh.

Pengertian Perforator

Pengertian Perforator adalah sebuah alat yang terbuat dari besi dan difungsikan untuk membuat lubang dengan rapi pada sebuah permukaan kertas. Cara kerja perforator dilakukan dengan menjepit beberapa kertas tersebut dan memposisikan pada baja tajam berbentuk silinder dengan bagian tengah ujungnya berbentuk cekung.

Anda dapat menekan tuas perforator, maka pada kertas akan terbentuk lubang. Perforator ada yang hanya bisa digunakan untuk membuat satu lubang saja sedangkan beberapa jenis lainnya bisa digunakan untuk menciptakan dua lubang atau bahkan tiga lubang sekaligus.

Memang untuk perforator standar peralatan kantor memiliki lubang lebih sedikit dibandingkan pabrik pembuat kertas binder yang menggunakan mesin perforator dengan lubang lebih dari sepuluh lubang. Dengan beragamnya desain dari perforator, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

Kecenderungan peralatan kearsipan memilih dua lubang untuk membuat kertas tersebut bisa dimasukkan dengan rapi pada map snelhecterordner dan map lainnya yang memiliki penyangga atau penjepit kertas di tengahnya.

Cara Menggunakan Perforator

Berikut cara menggunakan perforator atau pelubang kertas;

  1. Siapkan beberapa kertas yang akan dilubangi dan tumpuk secara rapi
  2. Arahkan kertas ke area tengah ke perforator dan pastikan tepi kertas menyentuh tepi dalam perforator (Umumnya ada tanda panah di tengah perforator)
  3. Kemudian tekan pegas perforator dengan telapak tangan hingga semua susunan kertas berlubang dengan rapi dan rata

Fungsi Perforator

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa fungsi perforator itu sendiri untuk melubangi kertas. Akan tetapi lebih spesifiknya, perforator itu sendiri memiliki berbagai fungsi yang perlu Anda ketahui lebih lanjut.

  1. Untuk jenis perforator dengan lubang satu, maka seringkali jenis perforator ini akan digunakan untuk membuat lubang pada kartu perpustakaan, kartu plastik hingga berbagai kartu-kartu lainnya.
  2. Untuk perforator dengan lubang dua akan membantu Anda dalam menghasilkan dua lubang yang selanjutnya akan ditempatkan pada snelhechter. Beberapa jenis kertas yang disimpan tersebut seringkali berupa arsip ataupun dokumen penting lainnya.
  3. Perforator dengan lubang lima atau tiga digunakan untuk melubangi kertas panjang. Dengan menghasilkan lubang sebanyak lima atau tiga buah, maka kertas tersebut nantinya bisa dimasukkan dalam binder ring.

Perforator terbuat dari besi dengan bagian pelubang dibuat dari besi ini sering kali ditemukan pada peralatan kearsipan. Keberadaan alat ini sangat penting dalam membuat lubang pada sebuah kertas yang nantinya akan digunakan sebagai arsip dan simpan dalam berbagai jenis map.

Harga Perforator

Untuk harga perforator 1 atau 2 lubang standar dimulai dari harga Rp 10.000 hingga Rp 60.000 untuk paling mahal dengan spesifikasi lebih baik, yaitu bentuk yang kokoh, lebih tahan lama, mampu melubangi beberapa kertas sekaligus dengan merk yang tersedia Bantex, Joyko dan VTec.

Untuk perforator 3 lubang dimulai dari harga Rp 100.000 dengan merk Bantex dan EAGLE. Jadi sekarang jika ada seseorang yang menyebut perforator, Anda tidak lagi bingung dengan piranti yang satu ini. Sekian pembahasan mengenai pengertian perforator dan fungsinya.


error: Content is protected !!