Pengertian Dan Fungsi Manual Book

Apakah Anda mengetahui apa itu Manual Book? Berikut ini pengertian dan fungsi Manual Book atau buku manual atau terkadang disebut buku petunjuk.

Secara umum manual book adalah buku yang berisikan petunjuk penggunaan suatu produk dengan baik dan benar. Dengan mengetahui isi manual book maka akan membuat produk yang digunakan dapat berfungsi dan terawat dengan baik.

Fungsi manual book adalah untuk memberikan informasi petunjuk penggunaan, peringatan dan informasi penting bagi pemilik produk tersebut. Perlu diketahui bahwa sangat penting untuk membaca isi Manual Book sebuah produk sebelum Anda menggunakannya.

Cara tersebut merupakan salah satu hal yang sangat umum untuk dilakukan pada saat akan membeli barang yang ingin Anda gunakan, Misalnya AC, Gadget, Kamera, Headset, Kulkas, TV, Speaker, Kendaraan dan produk lainnya yang ada Manual Book di dalamnya.

Pengertian Manual Book

Pengertian Manual Book adalah buku yang berisikan penjabaran panduan penggunaan, fitur, perawatan, penyelesaian masalah yang timbul, serta panduan lainnya yang penting untuk diketahui sebelum menggunakan produk.

Pada setiap produk yang Anda beli pastinya memiliki tata cara penggunaan yang berbeda dan hal apa saja yang diperbolehkan serta dilarang.

Walaupun hal tersebut sederhana, namun kebanyakan orang akan menyesal karena produk yang digunakan rusak karena ketidaktahuan penggunaan dan perawatan produk yang baik dan benar. Maka dari itu sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk membaca Manual Book produk yang Anda gunakan.

Fungsi Manual Book

Berikut ini beberapa fungsi Manual Book dan keuntungan yang bisa memberikan pencerahan untuk Anda mengapa penting membaca Manual Book;

Cara Menggunakan Produk Atau Barang

Biasanya dari beberapa orang tidak suka membaca Manual Book karena dianggap sangat membosankan. Padahal di dalam Manual Book dijelaskan dengan detail cara mengoperasikan sebuah produk. Dimulai saat Anda mulai menyalakan dan proses penjelasan setiap dari tombol yang ada di produk tersebut.

Tentu saja setiap penjelasan dari tombol ini akan dilengkapi dengan gambar sehingga akan sangat mudah untuk Anda membaca dengan jelas sehingga sebagai pembaca Anda juga bisa melihat dan membandingkan fitur atau tombol yang ada secara langsung.

Contohnya bila Anda membeli kendaraan bermotor baru, maka Anda akan mendapatkan Buku Petunjuk Pemilik. Di buku tersebut akan ada banyak sekali penjabaran penting yang disusun berkelompok di daftar isi.

Salah satunya adalah cara menggunakan fitur yang ada di motor Anda. Seperti sekarang ini telah banyak motor yang mulai menggunakan Smart Key System atau biasa disebut Keyless.

Bila Anda awam dalam penggunaan Keyless, maka penting bagi Anda membaca setiap daftar isi mengenai Smart Key. Umumnya akan dijelaskan pemahaman Smart Key, jarak kerja, penanganan, mengganti baterai dan lainya.

Karena setiap merk kendaraan bermotor memiliki fitur Smart Key System yang berbeda-beda, maka penting bagi Anda yang pernah memakai Keyless untuk tetap membacanya. Disinilah salah satu fungsi yang sangat penting dari Manual Book.

Cara Perawatan Produk

Untuk setiap alat elektronik sendiri memiliki perawatan yang sangat berbeda dan cara untuk perawatannya juga sangat sudah jelas ada di dalam Manual book.

Dimulai dari bagaimana cara Anda menyimpan produk hingga hal yang sangat perlu Anda hindari saat Anda menggunakan produk ini.

Jika Anda membaca Manual book, maka Anda dapat mengetahui cara menjaga produk atau barang ini sehingga tetap awet dan harga jualnya tidak akan turun secara drastis.

Mengetahui Kelebihan Dari Produk

Setiap produk elektronik sendiri sebenarnya memiliki banyak keunggulan yang mana semua ini dijelaskan singkat di Box kemasan. Untuk lebih jelasnya biasanya kelebihan dan manfaat dari produk tersebut akan dijabarkan di dalam Manual Book.

Selain itu terkadang ada sebuah peringatan yang diselipkan agar Anda tidak melakukan kesalahan saat menggunakan produk ini. Dan Anda bisa mengikuti aturan pemakaian produk dengan baik sehingga akan terhindar dari kerusakan yang fatal sehingga produk tidak akan rusak.

Pentingnya Membaca Manual Book

Apakah Anda pernah membaca isi Manual Book ini? Tentu saja sangat jarang. Adapun Booklet yang tujuannya sama yaitu memberikan penjelasan produk, namun Manual Book memiliki penjelasan yang lebih detail daripada Booklet perusahaan yang hanya memberikan penjelasan singkat saja.

Menurut Survey yang ada setiap orang yang membeli peralatan elektronik hanya 15% saja yang membaca buku petunjuk, sedangkan 80% langsung menggunakan peralatan tanpa membaca manual book, serta 5% tidak pernah membaca Manual Book.

Dan alasan seseorang sangat malas untuk membaca Manual Book karena memang terkesan membosankan untuk membaca manual book atau karena bahasa yang tersedia tidak sesuai. Memang perkembangan elektronik atau suatu produk ada yang pesat dan ada yang tidak mempunyai perkembangan yang signifikan.

Hal ini membuat Manual Book terasa sama saja bila produknya sejenis yang sering pula Anda gunakan. Berikut penjelasan penting mengenai pengertian dan fungsi Manual Book. Hingga akhirnya setiap orang langsung menggunakan barang tersebut dan menghiraukan petunjuk dari penggunaannya.

Dan sebagian besar orang umumnya akan lebih percaya jika pemahaman akan penggunaan barang akan lebih cepat jika langsung menggunakan alatnya. Padahal pada kenyataannya membaca Manual Book dahulu sebenarnya jauh lebih efektif.

Kesimpulan Manual Book

Selama ini Manual Book memang dianggap sangat sepele dan sangat jarang dibaca sehingga sering kali Anda melihat Manual Book tetap saja rapi di dalam box nya. Padahal memperhatikan Manual Book memang sangat penting sebelum Anda menggunakan salah satu barang atau produk.

Dengan membaca Manual Book ini maka Anda bisa mengetahui cara dan hal apa saja yang tidak diperbolehkan saat Anda menggunakan salah satu alat. Dan kelancaran dalam menggunakan alat ini juga akan lebih terjamin sehingga lebih cepat untuk Anda menggunakannya.

Dan cara ini sangat berbeda dengan mereka yang tidak membaca Manual Book. Dengan melihat penjelasan ini maka bisa dilihat jika Manual Book ini memang memiliki banyak fungsi dan keuntungan.

Sehingga jangan mengabaikan Manual Book ini, hal ini tentu saja untuk keamanan dan menjaga kebaikan dari produk Anda. Untuk itu sangat penting bagi Anda membiasakan diri membaca Manual Book.

Anda juga tak perlu khawatir jika Anda membeli barang dari beberapa negara asing. Di dalam Manual Book biasanya dibuat dengan banyak bahasa tujuannya justru untuk memudahkan pembacanya. Sekian penjelasan dari Makin Tahu mengenai pengertian dan fungsi Manual Book.


error: Content is protected !!