Pengertian Dan Cara Menggunakan Stapler

Berikut pengertian dan cara menggunakan stapler dengan benar. Dalam kehidupan sehari-hari, peralatan kantor yang dikenal dengan sebutan stapler ini memang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas perkantoran setiap hari.

Namun kebutuhan akan stapler akhir-akhir ini telah merambah pada lini kehidupan dengan digunakannya stapler pada rumah makan, sekolah hingga kios fotokopi. Tentu saja dengan banyaknya fungsi dari stapler itu sendiri, maka penting bagi Anda mengetahui pengertian dan cara menggunakan stapler dengan benar.

Pengertian Stapler

Pengertian Stapler adalah sebuah alat yang terbuat dari besi dan di dalamnya terdapat isi yang dikenal dengan nama staples yang difungsikan untuk membantu menjepit kertas dalam jumlah tertentu agar tidak tercecer.

Seiring perkembangannya stapler memiliki banyak ragam ukuran, bentuk dan warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan salah satunya perlengkapan peralatan kearsipan. Pengertiannya mungkin saja berbeda antara satu orang dengan lainnya, namun hal ini tidak menutup kemungkinan kesamaan inti dari pengertiannya sebagai alat penjepit kertas.

Ukuran Stapler

Terkait dengan pengertian dan cara menggunakan stapler, ada berbagai ukuran yang bisa Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk isi yang biasa disebut staples ukuran terkecil akan diberi kode nomer 10 dengan kemampuan menjilid hingga 20 lembar.

Sedangkan untuk nomor 3 memiliki kemampuan dalam menjilid kertas sebanyak 30-75 lembar dan nomer 1 bisa menjilid kertas dalam jumlah 50-250 lembar. Dengan banyaknya variasi stapler membuat Anda lebih mudah memilih sesuai dengan kebutuhan. Mengapa demikian?

Pasalnya ketika Anda memilih jenis stapler dengan ukuran yang salah, bisa jadi kertas yang akan Anda jepit tidak bisa dijepit secara sempurna. Dengan kata lain ada beberapa lembar yang terlepas.

Oleh sebab itu masih berbicara mengenai pengertian dan cara menggunakan stapler, pastikan untuk selalu mempertimbangkan ketebalan dari kertas yang akan Anda gabung tersebut.

Pengertian Stapler MakinTahu

Cara Menggunakan Stapler

Bagaimana cara menggunakan stapler? Beberapa orang pasti telah memahami menggunakan alat penjepit yang di dalamnya diisi dengan staples. Namun terkadang beberapa orang kesusahan saat sedang mengisi kembali stapler yang telah habis isinya.

Untuk menjepit kertas Anda hanya perlu menata rapi tumpukan kertas arsip tersebut sehingga nantinya akan bisa memasukkannya pada area ujung kiri atas kertas kemudian tekan stapler hingga membuat bendelan kertas menyatu dengan rapi dan tidak lagi terlepas.

Sedangkan untuk pengisian dari stapler tersebut staples yang terdapat didalamnya telah habis bisa dilakukan dengan membuka bagian staples tersebut. Selanjutnya Anda bisa membuka penahan dari staples yang ada di dalamnya dan mengisikan stapler secukupnya.

Kemudian Anda bisa menutup penahan tersebut hingga akhirnya stapler bisa digunakan kembali. Sangat mudah bukan?

Harga Stapler Dan Staples

Anda sebenarnya dapat membeli stapler di toko peralatan alat tulis serta di berbagai toko fotocopy. Untuk harga stapler mulai dari ukuran kecil dengan kode HD-10, yaitu Rp 6.000 sampai Rp 13.000 per pcs-nya.

Untuk bentuk stapler kode HD-10D mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 30.000 per pcs-nya. Untuk harga isi staples ukuran No 10-1M mulai dari Rp 1.000 sampai Rp 3.000 per kardus kecil.

Untuk stapler ukuran besar atau Max dengan kode HD-50 dimulai dari harga Rp 15.000 sampai Rp 20.000 per pcs-nya dan untuk isi staples dengan ukuran No 3 harganya mulai dari Rp 1.600 sampai Rp 9.000 per kotak kecil. Untuk harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu dan disesuaikan dengan merk stapler dan isi staplesnya.

Merk Stapler MakinTahu

Merk Stapler

Untuk merk stapler yang beredar saat ini yang dapat Anda beli seperti, merk stapler Joyko, Novus, Kenko, Deli, stapler SDI dan Max. Untuk yang paling banyak dijual di pasaran adalah merk stapler Kenko dan Joyko. Untuk merk isi staples mulai dari Joyko, Kenko, Grand Hall, Nakaya, Kangaro, Max, Etona, ZRM, TUODAO dan lainnya.

Kebutuhan akan stapler memang tidak bisa dihindarkan mengingat benda ini sangat membantu dalam menyatukan beberapa kertas yang tercecer untuk menjadi satu.

Adanya ulasan sekilas tentang pengertian dan cara menggunakan stapler yang tersebut di atas, Anda kini tidak perlu lagi bingung cara menggunakan sekaligus mengisi stapler saat Anda kehabisan staples di dalamnya.


error: Content is protected !!