Pengertian Dan Fungsi Binder Clip

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu Binder Clip atau Penjepit Kertas? Berikut ini pembahasan mengenai pengertian dan fungsi binder clip. Perlu diketahui bahwa binder clip merupakan salah satu dari sekian banyak alat tulis kantor yang sering digunakan.

Binder clip sangat membantu merapikan dan mengunci dokumen atau arsip kertas agar tidak berceceran kemana-mana. Umumnya juga sering digunakan oleh mahasiswa dalam keseharian tugasnya banyak menggunakan kertas print out sebagai hasil tugas mereka.

Pengertian dan Fungsi Binder Clip

Selain dengan jilid, kertas print out yang berbentuk makalah ataupun laporan tersebut bisa dengan mudah dirapikan dan di kunci dengan binder clip. Lalu sebenarnya apa sih pengertian dan fungsi binder clip secara umum?

Pengertian Binder Clip MakinTahu

Pengertian Binder Clip

Pengertian Binder Clip adalah sebuah penjepit yang umumnya berwarna hitam dan digunakan untuk merapikan benda-benda yang terbuat dari kertas agar dapat menguncinya sehingga menjadi lebih tertata rapi.

Binder clip sudah hadir dan terkenal sejak lama untuk berbagai kalangan karyawan kantor. Fungsi dan kegunaannya pun sudah tidak diragukan lagi karena mampu membantu merapikan berbagai kertas dokumen perusahaan.

Fungsi Binder Clip MakinTahu

Fungsi Binder Clip

Fungsi binder clip juga berbeda-beda tergantung ukuran dan penggunaannya. Binder clip yang juga masuk dalam pelengkap peralatan kearsipan, memang secara umum fungsinya di kantor untuk merapikan berbagai kertas dokumen dengan cara menjepitnya.

Namun fleksibilitas dari binder clip ini juga dibuktikan dengan fungsinya yang tidak hanya terbatas untuk merapikan dokumen saja. Ada banyak benda lain yang bisa dirapikan oleh binder clip, seperti;

  1. Yang pertama adalah kabel. Ya, benar. Binder clip bisa digunakan untuk merapikan kabel. Cukup pasang beberapa binder clip di meja kamar kalian dengan ukuran yang agak besar dan gunakan itu sebagai pembatas kabel.
  2. Fungsi yang kedua adalah untuk penjepit makanan di kulkas. Jika Anda memiliki snack atau makanan lain yang berada di kemasan plastik dan sudah terlanjur dibuka, mungkin Anda bisa memanfaatkan binder clip untuk mengunci kemasan plastik tersebut lagi dan menaruhnya di kulkas Anda. Dengan begitu makanan akan tetap terjaga dalam kemasan plastiknya.
  3. Fungsi binder clip yang ketiga adalah sebagai penjepit kabel earphone. Untuk Anda yang sering mengalami masalah kabel earphone yang terlilit dan sudah di luruskan, binder clip bisa menjadi salah satu solusi untuk menghindari hal tersebut. Cukup lilitkan earphone kedalam binder clip dan letakkan di tempat yang Anda inginkan.
  4. Dan fungsi yang terakhir adalah sebagai penyangga gadget. Terkadang Anda pasti memerlukan posisi yang nyaman ketika melihat film atau video dari smartphone Dan tidak mungkin jika Anda harus memegang smartphone tersebut dengan tangan dalam waktu yang lama. Solusinya bisa menggunakan binder clip, cukup gabungkan dua buah binder clip dan disusun sedemikian rupa hingga bisa digunakan untuk menyangga gadget

Ukuran Binder Clip

Binder clip juga memiliki banyak varian ukuran mulai dari lebar 15 mm sampai 51 mm (2 inch). Selain ukurannya yang beragam, ternyata binder clip juga mempunyai banyak varian bentuk seperti terbuat dari plastik, atau bahkan memiliki lebar ukuran penjepit yang lebih lebar (Extra Wide Binder Clip) dengan lebar 10 cm dan 15 cm.

Untuk binder clip berukuran besar umumnya digunakan untuk dokumen atau kertas dengan ukuran dan ketebalan yang besar pula. Binder clip sangat familiar terutama karena fungsi binder clip ini sangat fleksibel dan sangat mudah digunakan untuk jenis model kertas apapun.

Ukuran Merk Harga Binder Clip Terbaru MakinTahu

Merk Binder Clip

Di Indonesia binder clip dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko peralatan alat tulis atau di toko fotocopy terdekat. Merk binder clip yang tersebar di pasaran seperti binder clip Joyko, ZRM, Kenko, Comix, BIG, GM, dan lainnya. Namun yang paling terkenal adalah binder clip Kenko dan Joyko.

Beberapa merk tersebut pun menyediakan binder clip yang Colorful atau berwarna-warni yang sangat cocok digunakan untuk anak-anak untuk kegiatan yang tidak terlalu formal.

Harga Binder Clip

Untuk harga binder clip memang akan lebih murah bila dibeli satu kotak yang umumnya berisi 12 pcs binder clip. Dari pantauan tim MakinTahu dengan melihat berbagai toko di Tokopedia, maka untuk harga binder clip mulai dari Rp 200,- sampai Rp 1.000 per pcs.

Untuk harga memang bervariasi tergantung dari ukuran dan merk yang tersedia. Merk yang tersedia seperti Binder Clip Joyko, Debozz, Combo, Borneo dan lainnya. Bila memang Anda memerlukan banyak Binder Clip atau Penjepit Kertas, sebaiknya membeli langsung 1 kotak.

Sekian pembahasan mengenai pengertian dan fungsi binder clip atau penjepit kertas yang merupakan salah satu peralatan kantor bagian arsip. Semoga pembahasan diatas dapat memberikan manfaat.


error: Content is protected !!