11 Jenis Kertas Yang Digunakan Di Percetakan

Berikut berbagai jenis kertas percetakan yang umumnya paling sering digunakan. Industri percetakan merupakan industri yang masih sanggup mempertahankan eksistensinya hingga sekarang. Semakin cepatnya laju peradaban industri digital tentunya sangat berdampak pada konsumsi masyarakat untuk menggunakan jasa industri percetakan.

Kita dapat mengambil contoh larisnya industri percetakan oleh konsumen-konsumen tetapnya yang mayoritas berasal dari kalangan masyarakat yang berkutat dengan dunia pendidikan, administrasi, perkantoran dan lain sebagainya. Fakta ini mengindikasikan kemampuan industri percetakan untuk melariskan pasarnya.

Berbagai Jenis Kertas Percetakan

Industri percetakan sangat berhubungan erat dengan alat-alat perlengkapannya yang salah satunya adalah kertas. Kertas menjadi komoditi utama dalam industri percetakan.

Industri percetakan tentu membutuhkan berbagai jenis kertas di dunia percetakan yang bermacam-macam sesuai dengan permintaan pelanggan. Berikut 11 jenis kertas yang perlu Anda ketahui sebelum mencetak sebuah projek.

Kertas HVS

Kertas yang satu ini adalah yang paling populer di telinga kita. Kertas ini memiliki tekstur permukaan yang agak kasar. Biasanya kertas ini sering ditemukan di toko-toko sekitar kita seperti tempat yang menyediakan jasa printing.

Kertas HVS memiliki berat yang beragam. Banyaknya pilihan inilah yang memudahkan konsumen bebas memilih kertas mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kertas HVS tersedia dengan berbagai macam berat, yakni 71, 80, dan 100 gram.

Karena kertas ini yang paling sering digunakan oleh perusahaan, maka kertas HVS dipakai untuk berbagai jenis kebutuhan seperti cetak Kop Surat, Kwitansi, Laporan Bulanan, Laporan Kinerja dan sebagainya yang ditempatkan di dalam Ordner atau Map Besar.

Kertas Art Carton

Kertas Art Carton memiliki tekstur permukaan yang licin dan halus seperti Art Paper. Kertas Art Carton berbentuk lebih tebal dan keras. Biasanya kertas ini digunakan untuk membuat Map perusahaan, Cover Buku, Katalog, Kartu Nama dan lain sebagainya. Pilihan yang tersedia adalah 190 gram hingga 400 gram.

Kertas Dupleks / Duplex / Coated

Kertas Dupleks memiliki ciri khas yang membedakannya dengan kertas percetakan lainnya. Duplex atau coated ini memiliki warna yang berbeda antara bagian depan dan belakangnya.

Biasanya bagian depan berwarna putih dan bagian belakangnya berwarna abu-abu. Kertas jenis ini umumnya digunakan untuk mencetak kardus obat atau makanan. Untuk gramaturnya dimulai dari 250 gram, 270 gram, 310 gram, 350 gram, 400 gram, 450 gram dan 500 gram.

Kertas Jasmine

Kertas Jasmine adalah jenis kertas yang biasanya digunakan untuk membuat undangan pernikahan karena kertas ini memiliki banyak pilihan warna serta efek glitter. Kertas percetakan ini hanya memiliki dua pilihan, yakni tebal dan tipis.

Khusus untuk kertas jasmine terbilang lebih mahal dibandingkan kertas lainnya yang berfungsi untuk cetak undangan. Tapi kertas jasmine memang paling bagus kualitasnya saat digunakan untuk mencetak undangan pernikahan.

Untuk prosesnya kertas jasmine tidak dapat menggunakan teknik percetakan melainkan dengan teknik emboss dan deboss. Untuk teknik emboss yaitu membuat tulisan pada undangan terlihat timbul dan sebaliknya teknik deboss yaitu membuat tulisan pada undangan menjadi cekung ke dalam area kertas.

Kertas Samson Kraft

Kertas Samson Kraft biasanya digunakan untuk membuat Paper Bag karena kertas samson kraft adalah kertas yang dibuat dari olahan kertas daur ulang yang telah diproses dan akhirnya berwarna coklat. Gramastur yang tersedia untuk kertas samson kraft ada dua pilihan, yakni 70 dan 80 gram.

Kertas BC, BW, Concord dan Linen Jepang

Jenis kertas ini biasa digunakan untuk membuat kartu nama dan sertifikat karena pilihan warnanya yang beragam. Dengan ukuran yang tebal dan memiliki tekstur, maka kertas ini cocok sekali digunakan untuk mencetak sertifikat dan kartu nama.

Kertas BC, BW, Concord dan Linen Jepang tersedia dengan berbagai macam gramatur, yakni 220, 250, dan 160 gram.

Kertas Ivory

Kertas yang bernama ivory ini hampir sama dengan karakteristik kertas Art Carton. Namun hal yang membedakan keduanya adalah teksturnya.

Kertas ivory ini memiliki tekstur yang licin pada salah satu bagiannya saja. Gramatur yang tersedia adalah 210 gram, 230 gram, 250 gram, 310 gram, dan 400 gram. Kertas Ivory sangat cocok digunakan untuk mencetak kardus kosmetik atau Paper Bag.

Kertas Art Paper

Kertas Art Paper adalah salah satu kertas percetakan yang bertekstur sangat licin pada permukaannya. Selain licin tekstur kertas ini juga sangat halus.

Karena keunikan teksturnya inilah art paper biasa digunakan untuk mencetak brosur, majalah, katalog, booklet dan lain sebagainya. Untuk gramatur dari kertas Art Paper dimulai dari 85 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram, sampai 150 gram.

Kertas Yellow Board

Kertas Yellow Board adalah kertas percetakan yang memiliki volume cukup tebal. Biasanya kertas Yellow Board digunakan sebagai hard cover buku atau undangan. Yellow board biasa dilapisi dengan kertas duplex atau art paper. Jenis kertas yang satu ini dibedakan berdasarkan ketebalannya yang biasa disebut YB 30 dan YB 40.

Kertas Corrugated

Kertas Corrugated adalah kertas percetakan yang memiliki tekstur yang bergelombang dan berwarna coklat. Kertas ini biasa kita temui pada kardus mi instan, kardus CPU, Air Mineral yang ketika dipegang menimbulkan kesan tebal yang berasal dari gelombangnya kertas tersebut.

Kertas Fancy Paper

Kertas Fancy Paper memiliki berbagai macam pilihan warna yang biasa digunakan untuk membuat undangan. Jenis kertas fancy paper ada berbagai macam pilihan seperti millenium, jasmine, java embos, hawaii dan lain sebagainya. Gramatur-nya juga beragam, mulai dari 80 gram, 100 gram, 220 gram, sampai 300 gram.

Ternyata ada banyak sekali jenis kertas percetakan. Kertas yang dipilih disesuaikan dengan kebutuhan sang pemakai. Biasanya pemilik percetakan telah menyediakan stok kertas yang bermacam jenis ini untuk memuaskan keinginan konsumen.

Anda dapat berkonsultasi mengenai pemilihan kertas yang sesuai dengan kebutuhan cetak. Sekian informasi mengenai 11 jenis kertas yang sering digunakan oleh industri percetakan.


error: Content is protected !!