Pengertian Kaligrafi Dan Jenisnya

Kata kaligrafi sudah sangat familiar di telinga orang Indonesia. Hal pertama yang melintas di pikiran kita ketika pertama kali mendengar kata kaligrafi adalah tulisan Arab. Namun apakah pengertian kaligrafi yang hanya berdasarkan pandangan awam kita itu memang benar?

Pengertian Kaligrafi

Pengertian kaligrafi dapat diperoleh melalui berbagai sudut pandang seni, nilai jual, seni lukis, seni tulis dan kreativitas tangan seperti yang dijabarkan dibawah ini.

Bagian Dari Seni

Pengertian kaligrafi dimaknai sebagai bagian dari seni. Hal ini didasarkan pada nilai estetika yang terdapat pada setiap proses penciptaannya. Segala hal yang mengandung unsur keindahan adalah bagian dari seni. Namun ada hal yang membedakan keindahan dalam seni dan keindahan berdasarkan penilaian awam.

Memiliki Nilai Jual

Kaligrafi merupakan bagian dari seni karena ia memiliki nilai jual yang baik dalam dunia bisnis. Nilai jual tersebut berasal dari unsur keindahan yang diberikan oleh penciptanya. Maka dapat disimpulkan bahwa pengertian kaligrafi disebut sebagai bagian dari seni karena memiliki unsur keindahan dan memiliki nilai jual.

Seni Lukis

Kaligrafi dapat diciptakan di atas kanvas, kertas, tembok, maupun media lainnya yang dapat dimanfaatkan. Oleh karena itu pengertian kaligrafi juga dapat disandingkan dengan seni lukis. Keduanya dapat diciptakan dengan alat dan media yang sama. Hal ini dapat menjadi kesimpulan baru bahwa kaligrafi dan seni lukis adalah hal yang saling berkaitan.

Seni Tulis

Pengertian kaligrafi juga dapat disejajarkan dengan seni tulis. Hal ini dikarenakan proses penciptaan kaligrafi adalah dengan cara menulis diatas media. Kaligrafi disusun dari rangkaian huruf-huruf yang berjajar atau bertumpuk dan membentuk sebuah tulisan yang dapat dibaca oleh penikmatnya.

Kreativitas Tangan

Pengertian kaligrafi selanjutnya dapat diambil dari proses penciptaannya. Kaligrafi diciptakan menggunakan kreativitas dan gerak lincah tangan manusia. Tangan-tangan yang kreatif tersebut mampu berlenggok untuk melahirkan pemandangan mata yang cantik berupa tulisan-tulisan yang penuh estetika.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan besar bahwa pengertian kaligrafi adalah seni lukis berupa rangkaian huruf membentuk tulisan indah yang berasal dari olah gerak tangan manusia dan memiliki nilai jual.

Pengertian Kaligrafi Dan Beragam Jenis Tulisan Kaligrafi

Beragam Jenis Tulisan Kaligrafi

Berdasarkan pengertian kaligrafi di atas, maka dapat diperoleh pengetahuan baru bahwa tulisan kaligrafi tentunya memiliki jenis yang bermacam-macam. Hal ini dikarenakan setiap tangan dari berbagai belahan dunia dapat menciptakan sebuah seni kaligrafi. Berikut adalah pengelompokan jenis-jenis kaligrafi.

Berdasarkan Hurufnya

Kita sering berspekulasi bahwa kaligrafi hanya untuk tulisan Arab. Namun hal ini salah besar karena berdasarkan pengertian kaligrafi di atas, tidak disebutkan bahwa kaligrafi harus dengan tulisan Arab. Kaligrafi juga bisa berasal dari huruf-huruf unik dari seluruh belahan dunia seperti kaligrafi JepangChinaKorea dan lain sebagainya.

Berdasarkan Gaya Penulisannya

Ada banyak sekali jenis kaligrafi yang diciptakan oleh tangan yang berbeda-beda. Hal ini merujuk pada pengertian kaligrafi yang menyebutkan bahwa kaligrafi berasal dari olah gerak tangan manusia. Setiap pencipta kaligrafi memiliki gaya tulisannya sendiri-sendiri yang menambah keunikan hasil kaligrafi-nya.

Pengertian Kaligrafi

Tsuluts

Sering kita jumpai huruf-huruf utama pada seni tulis kaligrafi dikelilingi oleh komponen-komponen kecil yang dapat mempermudah proses pembacaannya. Selain itu adanya komponen-komponen kecil tersebut menambah nilai estetika kaligrafi itu sendiri. Penambahan komponen inilah yang disebut dengan gaya tsuluts.

Farisi

Gaya ini mengutamakan unsur lekuk garis horizontal maupun vertikal yang sangat memperhitungkan tebal dan tipisnya lekukan. Gaya farisi memiliki ciri khusus yakni tidak adanya pembubuhan harakat pada huruf-huruf yang menjadi komponen utamanya.

Diwani

Gaya diwani memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan gaya kaligrafi yang lain. Pemakaian gaya diwani dalam proses penciptaan kaligrafi dapat diketahui dengan model tulisannya yang membulat dan bebas dari pembubuhan harakat. Gaya diwani ini memberikan kesan tulisan yang terpisah satu sama lain.

Jali

Gaya yang satu ini juga biasa disebut gaya diwani jali. Hal ini dikarenakan gaya jali adalah hasil modifikasi dari gaya diwani. Keduanya memiliki dasar yang sama. Namun perbedaan keduanya komponen harakat yang lebih banyak pada diwani jali. Selain itu gaya diwani jali menggunakan tata letak hurufnya yang bertumpuk.

Pengertian kaligrafi juga berkaitan dengan lahirnya berbagai macam jenis tulisan kaligrafi di seluruh belahan dunia. Berdasarkan pengertian kaligrafi yang merupakan bagian dari seni, tentunya mengundang jiwa-jiwa seni tangan setiap insan untuk menciptakan berbagai jenis tulisan berdasarkan gayanya masing-masing.

Sekian pembahasan mengenai pengertian kaligrafi dan jenisnya dari Makin Tahu. Semoga penjelasan mengenai kaligrafi diatas dapat menambah wawasan Anda.

Source


error: Content is protected !!