Ukuran Kartu Nama Standar Yang Perlu Diketahui

Apakah Anda sedang membuat desain kartu nama? Berapa ukuran kartu nama standar di Indonesia? Pertanyaan tersebut sering di jumpai baik itu pertanyaan yang diajukan oleh pemesan kartu nama atau bahkan oleh para desain grafis sendiri.

Bagi seorang yang membuka cetak kartu nama atau Anda yang ingin memiliki kartu nama, tentu wajib mengetahui berbagai ukuran yang digunakan. Perlu diketahui bahwa standar ukuran untuk kartu nama di setiap negara berbeda-beda dan inilah mengapa penting untuk diketahui.

Ukuran Kartu Nama Indonesia

Ada dua ukuran yang paling sering digunakan untuk pembuatan kartu nama di Indonesia, yakni ukuran 90 mm x 55 mm atau ukuran kartu nama cm menjadi 9 cm x 5,5 cm. Ukuran ini adalah ukuran standar kartu nama Indonesia.

Sedangkan ukuran lain yang juga sering digunakan yakni 80 mm x 53 mm. Maka besaran ukuran kartu Pixel yang sesuai 300 dpi adalah 1063 x 650 pixels.

Kartu nama atau tanda pengenal ini bukan hal yang baru di dunia bisnis. Sebuah kartu berisikan identitas si pemilik mulai dari nama, kontak, dan serta bisnis inilah yang membuat mereka, para pebisnis, lebih mudah berbisnis dengan relasinya.

Biasanya kartu nama dipakai oleh manajer, direktur, orang penting dalam perusahaan, dan juga sales marketing. Sama halnya dengan ID Card, kartu nama juga memiliki besaran tertentu.

Ukuran Kartu Nama di Word

Bila Anda ingin membuat kartu nama sendiri dapat menggunakan Ms. Words. Untuk ukuran kartu nama di Word, yaitu dengan menggunakan Shapes > Text Box dengan ukuran 2 x 3,5 Inchi.

Ukuran Kartu Nama di Photoshop dan Corel Draw

Untuk mengatur ukuran kartu nama di Photoshop atau Corel Draw maka di awal Anda dapat mengatur ukuran langsung menjadi Centimeter. Ukurannya yaitu Width 9 cmHeight 5,5 cm, Resolution 300 pixel/inch dan Color Mode CMYK Color.

Standar Ukuran Kartu Nama di Berbagai Negara di Dunia

Berikut ukuran kartu nama untuk berbagai negara Internasional. Standar Internasional ISO nya, ukuran untuk pembuatan kartu nama adalah 74 mm x 52 mm.

Sedangkan di Indonesia sendiri 90 mm x 55 mm. Sedikit ada perbedaan untuk panjang dan lebarnya bukan? Lain di Indonesia, lain pula di negara lain. Berikut ini beberapa standar ukuran business card di beberapa negara;

  1. Credit Card dengan ISO 7810 ID1 = 85.60 mm x 53.98 mm
  2. Kartu nama di Inggris(United Kingdom), PerancisSpanyol dan Italia = 85 mm x 51 mm
  3. Kartu nama di KanadaBelandadan Amerika = 89 mm x 51 mm
  4. Kartu nama di  Cekodan juga Hungaria = 90 mm x 50 mm
  5. Kartu nama di Cina= 90 mm x 54 mm
  6. Kartu nama di New Zealanddan Australia = 90 mm x 55 mm
  7. Kartu nama di Jepang= 91 mm x 55 mm

Pada intinya ukuran standar kartu nama tidak mengikat. Hal ini diketahui dari perbedaan ukuran di tiap negara diatas. Memang bedanya hanya sedikit kisaran 10 mm saja, meski begitu sebagai seorang desain grafis, kita harus memperhatikan segala sesuatunya dengan detail, meski hanya 1 mm.

Variasi setiap negara pasti memiliki maksud dan tujuannya tersendiri, mungkin karena budaya atau karena ukuran tempat penyimpanan kartu nama di dompet. Berikut beberapa hal juga yang perlu diketahui, yaitu isi kartu nama dan referensi font kartu nama.

Kartu nama sangat penting untuk menunjang hubungan bisnis dengan relasi atau dalam mengenalkan perusahaan, maka disarankan bagi pebisnis memilikinya. Sebenarnya membuat kartu nama sendiri bukan hal yang sulit asalkan memiliki komputer dan printer sendiri.

Apalagi saat ini banyak software yang memiliki template kartu nama. Jadi tinggal kita mengganti beberapa bagian saja dan desain sudah siap. Cek juga standar ukuran brosur yang sering digunakan.

Sekian pembahasan dari Makin Tahu mengenai ukuran kartu nama standar yang perlu diketahui sebelum mulai mencetak kartu nama. Cek informasi produk percetakan lainnya hanya di Makin Tahu.


error: Content is protected !!