Bisnis Online : Panduan Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar

Memulai bisnis online sendiri tanpa mengeluarkan modal bukanlah hal yang mustahil untuk sekarang ini. Bahkan bisnis model seperti ini bisa dilakukan di rumah dengan bermodalkan gadget yang sudah dimiliki, tapi dengan keuntungan yang sangat menjanjikan.

Pengertian Bisnis Online

Sesuai dengan namanya, bisnis ini dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet. Kategori bisnis ini pun sangat beragam, mulai dari bisnis jual-beli, menawarkan jasa, marketing dan masih banyak lagi kegiatan usaha yang bisa dilakukan secara online.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh bisnis ini adalah adanya calon konsumen yang tidak terbatas. Tidak hanya pembeli yang berasal dari dalam negeri saja, tapi bisa juga menjangkau hingga ke luar negeri.

Selain itu Anda juga tidak harus memiliki toko atau ruko dalam bentuk fisik. Cukup manfaatkan gadget yang Anda miliki sekarang maka toko online sudah bisa Anda buka.

Anda bisa memasarkan produk Anda melalui media sosial hingga marketplace. Pengerjaan-nya pun bisa dilakukan di mana saja, baik di rumah maupun saat sedang bepergian.

Jadi bisa dipastikan tidak banyak modal yang dibutuhkan atau malah tidak butuh modal sama sekali. Contohnya seperti menjadi dropshipper, bergabung dengan afiliasi, dan banyak lagi lainnya.

Bisa disimpulkan bahwa bisnis online adalah kegiatan usaha yang menghasilkan keuntungan tanpa modal dan bisa dikerjakan di mana saja tanpa ada batasan.

Mengenal Jenis Bisnis Online

Terdapat tiga jenis bisnis online sesuai dengan platform yang dipilih, yaitu;

Website

Pertama melalui website yang digunakan sebagai tempat berjualan. Bisa dikatakan bahwa website tersebut menjadi toko di mana Anda bisa memajang produk yang ditawarkan ke para konsumen.

Konsumen juga bisa melihat langsung informasi produk dari website, bertransaksi, menghubungi penjual, hingga kegiatan lain. Menggunakan website sebagai tempat usaha sudah menjadi pilihan banyak pengusaha.

Penggunaan website tentu memberikan banyak kelebihan, seperti kualitas branding, luasnya jangkauan pemasaran, desain yang tidak terbatas, dan masih banyak lagi lainnya.

Bahkan Anda sekarang sudah bisa menemukan banyak website khusus jual-beli dan bentuk usaha lainnya di internet.

Bisnis Media Sosial

Media Sosial

Dulu semua orang menggunakan media sosial hanya sebagai sarana bersosialisasi. Namun sekarang Anda sudah bisa memanfaatkannya demi keperluan bisnis online.

Sekarang Anda sudah bisa mendapati banyak sekali akun di media sosial yang ditujukan untuk berjualan online. Hal ini dikarenakan mudahnya memulai bisnis di media sosial dan juga kepopuleran-nya yang sangat tinggi.

Jika ingin memulai bisnis menggunakan media sosial, Anda bisa langsung memulainya dengan memanfaatkan akun pribadi. Tidak perlu repot membuat akun khusus agar bisa langsung memulai bisnis Anda.

Meski begitu, Anda bisa saja membuat akun khusus. Selain tidak mengganggu akun pribadi, ada fitur khusus yang bisa menunjang kegiatan bisnis Anda.

Contohnya seperti fitur pelacak performa bisnis, mencari tahu demografi konsumen dan lain sebagainya.

Untuk memulai bisnis juga simpel, tinggal pilih foto terbaik dari produk Ada, tulis deskripsi singkat dan menarik, masukkan harga dan tinggal posting.

Jika Anda calon konsumen yang tertarik, cukup gunakan kolom komentar atau bisa melalui pesan pribadi. Kemudahan seperti itu jelas membuat banyak orang memanfaatkan media sosial sebagai media bisnis rumahan.

Akan tetapi, terdapat kelemahan dalam penggunaan media sosial. Contohnya seperti;

  • Kontrol desain yang terbatas
  • Tidak ada perbedaan antara akun pribadi dan akun toko online yang bisa membuat bisnis Anda tidak tampil mencolok, terlebih dengan banyaknya kompetitor.

Marketplace

Jenis bisnis online terakhir adalah marketplace yang menjadi platform khusus untuk mempertemukan antara penjual dengan pembeli. Secara kasarnya marketplace adalah pasar online.

Contoh marketplace yang sekarang ini terkenal di Indonesia dan sudah pasti Anda langsung mengenalinya antara lain Shopee, Tokopedia, Blibli. Dalam membuka bisnis di marketplace juga tidak sulit dan tanpa biaya sama sekali.

Anda hanya perlu memilih marketplace yang ingin digunakan, buat akun penjualan, memasang produk, dan tinggal menunggu calon konsumen melakukan kegiatan transaksi.

Marketplace juga menawarkan berbagai macam kategori produk. Mulai dari produk fisik seperti elektronik, baju, kuliner, hingga produk jasa seperti wedding organizer dan travel agent.

Meski begitu, Anda harus bisa bersabar jika menggunakan marketplace sebagai tempat berbisnis. Ada banyak kompetitor yang Anda jumpai dan dengan persaingan yang sangat ketat dan perang harga yang tajam.

Ditambah dengan margin laba yang bisa sangat tipis jika produk yang Anda jual seperti baju atau aksesoris ponsel.

Manfaat Bisnis Online

Manfaat Bisnis Online

Setelah Anda mengetahui apa saja jenisnya, selanjutnya pelajari mengenai manfaat dari bisnis online. Khususnya bagi Anda yang penasaran seperti apa bisnis online untuk pemula. Berikut ini beberapa manfaatnya.

Hemat Modal

Memulai bisnis seperti ini tidak mengharuskan Anda mengeluarkan modal alias gratis. Meski harus mempersiapkan modal, jumlahnya pun tidak banyak.

Alasan yang pertama adalah karena tidak mengharuskan Anda memiliki tempat fisik seperti toko atau ruko. Anda bisa langsung berjualan di rumah yang bisa dijadikan sebagai gudang stok.

Bahkan Anda juga tidak perlu memiliki barang jualan, seperti dropshipper. Alasan lainnya adalah kegiatan promosi yang sangat mudah. Anda tidak butuh media cetak, televisi, atau baliho.

Cukup manfaatkan tulisan yang bisa Anda pasang di internet. Contohnya memanfaatkan Google Ads yang justru Anda akan dibayar per klik.

Fleksibel

Mengerjakan bisnis seperti ini juga sangat fleksibel alias tidak terbatas waktu dan tempat. Anda bisa mengerjakannya dari mana saja asal tetap bisa terkoneksi dengan internet dan gadget.

Jam operasional untuk membuka bisnis juga tidak terbatas. Bisa saja Anda menentukan waktu buka tutup toko, atau malah bisa terus buka 24 jam penuh.

Pasar yang Sangat Luas

Siapa saja bisa mengunjungi toko Anda saat membuka bisnis online. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri karena tidak terbatas wilayah. Apa yang Anda promosikan bisa dengan mudah menjangkau pasar yang tidak terbatas.

Tantangan Dalam Bisnis Online

Meski terbilang memiliki manfaat, memulai bisnis di internet tetap akan menemukan tantangan, seperti;

Ketatnya Kompetisi

Dengan jangkauan bisnis yang sangat luas sebenarnya bisa menjadi pedang bermata dua. Anda harus bisa bersaing dengan banyak pengusaha yang juga berasal dari seluruh Indonesia.

Bahkan jika cakupannya seluruh dunia, maka pesaing Anda pun berasal dari berbagai negara. Contohnya jika Anda mencari salah satu barang di marketplace, maka yang akan keluar bisa ribuan hingga jutaan produk.

Karena itu Anda tidak hanya memasarkan produk begitu saja. Perlu adanya keunikan dan nilai jual yang lebih agar bisa memenangkan persaingan dalam menjalankan bisnis online.

Contohnya seperti pelayanan berkualitas, pengiriman cepat, hingga membuat website khusus sehingga bisnis Anda terlihat kredibel.

Isu Keamanan

Dalam menjalankan sebuah bisnis ini juga tidak luput dari kejahatan atau Cybercrime. Mulai dari kebocoran data di marketplace, penipuan saat pembelian, hingga website yang di acak-acak hacker.

Agar Anda terhindar dari hal tersebut, perlu untuk mempelajari langkah-langkah pencegahan seperti membuat password yang rumit, menghindari link tidak dikenal, hingga mempelajari berbagai kemampuan IT meski hanya dasarnya saja.

Berkembangnya Ilmu Bisnis

Dunia online selalu berkembang dengan cepat. Setiap waktu pasti ada tips dan trik terbaru demi memaksimalkan keuntungan yang didapatkan pada saat menjalankan bisnis online.

Jika Anda tidak segera memperbarui ilmu bisnis Anda maka bisa saja tertinggal dari kompetitor lain. Karena itu, Anda harus mau terus belajar, mulai dari cara pemasaran, kebutuhan pasar, teknologi terkini dan sebagainya.

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Anda bisa segera memulai bisnis online tanpa modal lewat HP. Salah satunya adalah dengan menjadi reseller. Tidak sulit melakukannya dengan beberapa cara seperti di bawah ini;

Mencari Produk Menarik

Untuk memulai bisnis Anda, carilah produk yang ingin jual terlebih dulu. Pastikan produk yang Anda pilih memang menarik dan banyak diminati karena nilai jual-nya yang tinggi.

Jangan dulu mempermasalahkan keuntungan yang didapatkan, asalkan bisa terjual habis maka keuntungan bisa berlipat ganda. Setelah mencari produknya, pelajari produk tersebut.

Jangan hanya asal menjual produk tanpa tahu detail-nya. Tujuannya agar saat pembeli bertanya, Anda bisa menjelaskan produk sehingga bisa menarik minat pembeli.

Meski hanya reseller, Anda tetap bisa menghasilkan keuntungan tanpa mengeluarkan modal.

Memilih Rekan Terpercaya

Anda juga harus bisa memilih rekan terpercaya saat memulai berbisnis. Pilih juga yang memiliki kualitas. Dengan begitu, Anda tidak akan khawatir akan produk yang ditawarkan.

Semakin banyak rekan yang Anda pilih maka semakin besar peluang keuntungannya.

Melakukan Riset

Jangan lupa untuk melakukan riset saat akan memulai bisnis. Coba amati setiap produk, toko, hingga komentar atau review yang diberikan oleh para pembeli.

Tapi telitilah saat melakukan riset, tidak semua review yang ada merupakan asli dari pembeli dan bukan bayaran. Sekarang memang sangat marak praktik tersebut demi meningkatkan penjualan oleh para pebisnis besar.

Membuat Kesepakatan

Melakukan bisnis online juga tidak lepas dari membuat kesepakatan yang menjadi tahapan penting. Buatlah kesepakatan dengan rekan bisnis mengenai untung, rugi, hingga biaya pengiriman dari produk yang akan dijual.

Komunikasikan dari awal saat Anda akan memulai bisnis tanpa modal. Hal ini untuk mengantisipasi bahwa pembayaran akan dilakukan saat produk sudah terjual.

Cobalah untuk melakukan pendekatan secara akrab. Jika bisa maka Anda akan dengan mudah memulai bisnis tanpa modal.

Mulai Merencanakan Pemasaran

Jika kesepakatan sudah dibuat, Anda tinggal memikirkan pemasaran-nya. Hal seperti ini juga harus dikuasai oleh para reseller.

Seorang reseller harus pintar dalam menjual produknya demi mendapatkan keuntungan yang berlipat dari jumlah penjualan yang banyak.

Sebelum menjadi reseller, buat kesepakatan mengenai harga jual yang ditetapkan. Pastikan Anda bisa mendapatkan potongan harga dari rekan bisnis Anda. Jika mendapati ada rekan yang tidak memberikan potongan, lebih baik cari yang lain.

Memilih Tempat Berjualan

Memilih toko atau tempat berjualan juga menjadi salah satu cara dalam memulai bisnis online. Ada beberapa pilihan sesuai dengan jenisnya, yaitu media sosial, website dan marketplace.

Anda bebas memilih untuk membuat toko di salah satunya atau bisa sekaligus di semua tempat yang akan memperbesar peluang keuntungannya.

Namun, jika Anda memilih untuk membuka di beberapa tempat, Anda harus bisa membagi perhatian. Jangan sampai ada yang terbengkalai yang malah bisa membuat bisnis Anda jadi jelek menurut para pembeli.

Memperhatikan Pelayanan

Seorang reseller harus memperhatikan pelayanan kepada setiap pembeli. Pelayanan maksimal tidak akan mengecewakan para pembeli sehingga bisnis akan semakin lancar.

Dengan begitu, penjualan akan semakin meningkat karena kepercayaan. Penjualan yang meningkat juga bisa membuat rekan bisnis semakin menyukai dan mempercayai Anda.

Bisa saja Anda akan mendapatkan bonus atau bahkan diskon sehingga keuntungan yang didapatkan akan semakin besar.

Menguatkan Strategi

Pelajari berbagai strategi bisnis yang diperlukan agar memudahkan Anda dalam berbisnis.

Contohnya seperti mencari teknik baru dalam meningkatkan penjualan. Bisa dipastikan keuntungan akan semakin mudah didapat karena produk tidak akan menimbun.

Salah satu strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan Google Ads demi menyasar para pembeli melalui Google.

Masih banyak orang yang mencari produk melalui mesin pencarian Google menggunakan kata kunci, jadi manfaatkan strategi semacam itu.

Menjadi Penjual Yang Informatif

Dalam bisnis online, pemasaran masih kurang jika informasi yang dibutuhkan calon pembeli tidak sesuai keinginannya.

Jangan sampai mengecewakan pembeli karena barang yang sedang dicari ternyata sedang kosong, terlebih jika sudah membayar.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan membuat iklan sebagai sarana informasi. Cantumkan deskripsi lengkap mengenai produk. Jangan lupa untuk memperbarui stok barang secara berkala.

Melakukan Evaluasi

Cara terakhir adalah dengan rutin melakukan evaluasi. Kegiatan ini sangat diperlukan demi mencari tahu seberapa jauh perkembangan dari penjualan yang dilakukan.

Begitu juga untuk menghitung hasil yang didapat dan menentukan strategi yang tepat. Semakin sering melakukannya, maka penjualan bisa semakin berkembang.

Sudah pasti bisnis online yang Anda kerjakan tidak akan lagi memusingkan.

Tips Memulai Bisnis Dari Nol

Saat memulai bisnis online dari rumah, kebanyakan orang pasti memulai dari nol. Agar tetap bisa berjalan dengan baik, berikut beberapa tips-nya.

Meyakinkan Diri

Anda harus sudah memantapkan hati sebelum memulai bisnis. Jika masih setengah hati dalam melakukannya, Anda akan dengan mudah terjatuh karena keadaan. Jangankan meraih kesuksesan, malah bisnis Anda bisa terpuruk di tengah jalan.

Out of the Box

Menjadi seorang pebisnis diharuskan untuk bisa berpikir secara kreatif. Contohnya dengan bisnis transportasi online yang nantinya akan menjadi solusi bagi masyarakat urban.

Karena itu, cobalah untuk berpikir out of the box dengan cara mengasah terus cara berpikir kreatif.

Menyiapkan Visi Dan Misi

Pentingnya visi dan misi juga harus Anda perhatikan. Hal ini dikarenakan karakter bisnis yang akan dijalankan sangatlah fleksibel dan membutuhkan inovasi di dalamnya.

Dengan visi dan misi yang jelas, bisnis Anda akan memiliki arah tujuan yang jelas.

Mengorganisir Diri

Cobalah untuk mulai membiasakan diri secara ter-organisir. Penting untuk melakukannya karena bisa menjadi modal diri saat menjalankan bisnis.

Sederhananya, jika diri tidak di organisir, bagaimana nantinya dengan bisnis yang Anda jalankan.

Rutin Membuat Catatan

Catat jika ada hal penting yang didapat. Contohnya nasihat dan masukan dari orang lain demi keberlangsungan bisnis yang mungkin sedang dihadapkan dengan tantangan.

Harapannya nanti Anda tidak hanya akan mewariskan bisnis tersebut, tapi juga pengalaman yang didapatkan saat menjalankannya.

Fokus Pada Satu Bisnis

Banyak orang yang beranggapan membuat usaha lebih dari satu bisa menghasilkan keuntungan besar. Pada kenyataannya tidak demikian, dengan lebih dari satu maka Anda tidak akan bisa fokus karena harus membagi pikiran.

Fokus pada bisnis yang tengah Anda jalankan terlebih dulu dengan tujuan untuk membesarkan-nya.

Jika nanti sudah stabil dari segi SDM, modal, hingga kebutuhan lain, maka Anda bisa memikirkan untuk menjalankan bisnis lain.

Bersiap Menghadapi Kemungkinan Terburuk

Sebagai seorang pengusaha sangat membutuhkan nyali besar. Anda harus mempersiapkan segala hal jika nanti menghadapi kemungkinan terburuk pada bisnis online Anda.

Membuka Diri Untuk Evaluasi

Salah satu kunci sukses adalah proses belajar. Anda harus selalu menjadi orang yang terbuka dengan nasihat dan kritik orang lain. Lakukan juga evaluasi terhadap kekurangan yang dimiliki saat berbisnis.

Jangan Cepat Merasa Puas

Perjalanan bisnis pasti diwarnai dengan naik dan turun. Jika bisnis tengah naik, jangan langsung puas. Gunakan momen tersebut untuk mengakselerasi bisnis.

Namun jika bisnis tengah turun, jangan berputus asa dan buka diri dengan bertanya pada orang yang lebih berpengalaman.

Mental Baja

Kemungkinan terburuk dari berbisnis tidak hanya mengalami penurunan, tapi bisa saja kebangkrutan. Pada kondisi seperti itu, jangan langsung berputus asa.

Terlebih dengan pengalaman yang sudah didapatkan bisa Anda manfaatkan sebagai modal berharga demi meraih sukses di kemudian hari.

Beraksi

Hal penting dalam membangun bisnis online yaitu “memulainya”. Hal ini memang tidak mudah, tapi menjadi langkah yang diperlukan.

Sukses tidak begitu saja didapatkan karena perlu usaha yang tidak ada hentinya. Karena itu, segera mulai langkah pertama menuju kesuksesan.

Pengertian Bisnis Online

Contoh Bisnis Online Tanpa Modal Besar

Banyak contoh bisnis online modal kecil yang bisa Anda coba. Meski modal yang dibutuhkan tidak seberapa, Anda bisa meraih keuntungan besar jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Langsung saja berikut contoh bisnis yang bisa Anda kerjakan dengan modal kecil.

Youtuber

Menjadi seorang Youtuber berarti mengharuskan Anda untuk membuat konten berupa video.

Anda tidak harus memiliki perlengkapan mahal dan canggih untuk memulainya. Cukup manfaatkan apa yang sudah Anda miliki, seperti ponsel.

Untuk memulainya, buat akun terlebih dulu. Kemudian, buat video yang menarik dan mengunggah-nya ke akun Youtube Anda.

Jika sudah, daftarkan akun tersebut agar di monetisasi yang nantinya bisa menghasilkan bayaran saat video Anda ditonton orang.

Dropshipper

Menjadi dropshipper merupakan bisnis yang bahkan tidak membutuhkan modal. Barang yang Anda jual tidak perlu langsung Anda miliki.

Anda hanya perlu menjual barang atas nama Anda, tapi nanti pihak lain atau supplier yang akan mengirimkannya.

Keuntungan dari bisnis online ini sudah tentu didapatkan dari harga yang bisa Anda tetapkan sendiri. Anda bisa memasarkan barang di beberapa platform seperti media sosial atau marketplace.

Admin Media Sosial

Bisnis kali ini bisa Anda kerjakan dengan membuat konten menarik. Sekarang ada banyak akun media sosial yang khusus berjualan membutuhkan keahlian seperti ini.

Tugas Anda hanya perlu membuat konten, meningkatkan jumlah pengikut dan likes, dan berinteraksi dengan para pengikut akun.

Menawarkan Jasa

Kali ini ada bisnis online untuk pelajar yang sedang mencari selingan atau menambah uang saku.

Anda bisa memanfaatkan hobi untuk mendapatkan penghasilan dengan menawarkan jasa melalui media sosial. Jangan merasa malu dalam menjual jasa karena peluang yang dimilikinya sangatlah besar.

Contoh jasa yang bisa ditawarkan seperti freelancer, jasa konsultasi, fotografi, penulis, penerjemah, dan banyak lagi contoh lainnya.

Buzzers

Sekarang ini sedang popular istilah buzzer sebagai bisnis online yang bertujuan membagikan sebuah unggahan atau hal menarik demi mendapatkan insentif.

Besarnya insentif yang bisa didapatkan tergantung dari keaktifan dalam membagikan unggahan.

Web Desainer

Memiliki keahlian khusus akan sangat membantu Anda dalam menjalankan sebuah bisnis. Contohnya menjadi seorang desainer web yang semakin dicari orang.

Membuat website dengan tampilan menarik bisa meningkatkan kredibilitas pemiliknya. Karena itu, desainer web sangat dicari dan bisa sangat menghasilkan mengingat banyak sekali peminatnya.

Blogger

Jika Anda suka mengulas sebuah produk tertentu, jangan lagi melakukannya secara gratis. Anda bisa mempelajari teknik word-of-mouth yang masih mendatangkan keuntungan.

Masih banyak bisnis yang masih membagikan keuntungannya dengan individu bersifat persuasif sehingga bisa mempromosikan sebuah produk ke publik.

Jika Anda membuat blog dan dikunjungi banyak orang, manfaatkan sebagai peluang bisnis. Seorang PR dari berbagai bisnis pasti mencari orang untuk pemasaran, dan salah satunya adalah blogger.

Kerajinan Tangan

Produk kerajinan tangan semakin hari semakin diminati orang. Tidak hanya wanita saja, bahkan pria pun juga mulai menyukai-nya. Apalagi produk kerajinan tangan bisa menghadirkan nilai tersendiri bagi pemakainya.

Bisnis online kali ini tidak jauh berbeda dengan berjualan di internet. Anda bisa memasarkan produk hasil kerajinan tangan yang berkualitas dan unik di marketplace hingga media sosial.

Pengembang Aplikasi Dan Software

Software dan aplikasi smartphone semakin popular. Banyak orang yang bersedia membeli demi mendapatkan aplikasi demi menunjang mobilitas pekerjaan hingga masalah kehidupan lainnya.

Jika Anda memiliki kemampuan dalam mengembangkan software dan aplikasi, tidak ada salahnya untuk membuat sesuatu yang sedang dicari banyak orang. Dengan begitu, peluang bisnis ini akan sangat menjanjikan.

Konsultan Instagram

Instagram sudah menjadi media sosial yang ditujukan untuk berbisnis. Namun tidak semua orang bisa memanfaatkan Instagram dengan baik.

Jika Anda memiliki pengalaman dalam berbisnis, media sosial, desain, fotografi dan pemasaran, Anda bisa langsung menjadi konsultan Instagram.

Tidak hanya mendapatkan keuntungan dari bisnis ini, tapi Anda juga akan membantu orang lain dalam mengembangkan bisnisnya juga.

Online Business Freelance Writer

Freelance Writer

Agar bisa menarik pengunjung, sebuah website pasti membutuhkan konten di dalamnya, salah satunya adalah dengan artikel. Menjadi seorang penulis artikel yang menarik dan kreatif juga tengah dicari.

Kemampuan seperti ini bisa diasah seiring berjalannya waktu. Anda bisa mencobanya demi mendapatkan penghasilan sebagai seorang penulis lepas.

Kesimpulan

Bisnis tanpa mengeluarkan modal bisa dengan mudah diwujudkan pada era sekarang. Hanya dengan bermodal gadget yang dimiliki, siapa saja bisa langsung memulainya.

Jenis bisnis yang melibatkan jaringan internet, termasuk penjualan, pemasaran, hingga berbagai jasa ini memiliki kelebihan seperti jangkauan pasar yang tidak terbatas. Bahkan bisa dijalankan di tiga platform berbeda.

Meski ada keuntungan besar, jangan lupa dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi. Tapi sukses jelas tidak didapatkan dengan mudah dan butuh perjuangan.

Jika Anda ingin segera memulai bisnis online, jadilah seseorang yang mau terus belajar dan terbuka terhadap segala sesuatu yang bisa membangun diri dan juga bisnis Anda menjadi lebih baik.


error: Content is protected !!