Mengenal Apa Itu Skylift Crane Fungsi Dan Jenisnya

Apa itu Skylift Crane? Kebutuhan konstruksi akhir-akhir ini sangat meningkat dengan pesat karena banyaknya peminat yang ingin membangun gedung tinggi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pembangunan gedung besar dan tinggi memiliki resiko yang cukup besar dan dapat mengancam nyawa manusia.

Ada beberapa alat yang bisa menunjang pekerjaan konstruksi yang berat, salah satunya ialah Skylift Crane. Cek pembahasan terkait pengertian dari Skylift Crane dibawah ini.

Pengertian Skylift Crane

Skylift Crane adalah kendaraan yang berfungsi sebagai mobil tangga berjalan. Alat ini digunakan mengangkat atau memindahkan material konstruksi.

Skylift Crane merupakan alat berat yang mampu mengangkat beban berat, selain itu mesin ini juga mampu berputar hingga 360 derajat dan bisa menjangkau hingga ketinggian 10 meter.

Biasanya alat berat ini digunakan dalam proyek konstruksi, perbengkelan, industri dan pergudangan.

Manfaat Dan Fungsi Skylift Crane

Adapun beberapa manfaat dan fungsi Skylift Crane, seperti;

Untuk Mempermudah Pekerjaan

Penggunaan Skylift Crane adalah mempermudah pekerjaan yang dilakukan pada ketinggian. Alat ini terdiri dari dua komponen yang terdiri atas mobil sebagai kendaraan dan sarana yang digunakan untuk tangga.

Maka dengan adanya Skylift Crane akan mempermudah pekerjaan yang berada di ketinggian dengan memanfaatkan fitur dari Crane tersebut.

Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi

Selain bisa menjangkau pekerjaan di area yang tinggi, Skylift Crane juga dapat membuat pekerjaan yang tadinya sulit menjadi mudah dan cepat.

Dengan begitu pekerjaan dengan menggunakan alat berat ini terbukti cukup efektif dan efisien.

Menjaminkan Keamanan Pekerja

Skylift Crane merupakan salah satu sarana di bidang konstruksi yang cukup aman digunakan karena sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang menjamin keamanan bagi penggunanya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Skylift Crane

Fungsi dan manfaat dari Skylift Crane menjadikan alat berat ini banyak diminati oleh para pekerja konstruksi. Akan tetapi saat memilih Skylift Crane, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah pilih.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih Skylift Crane;

Melihat Spesifikasi

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat memilih Skylift Crane yaitu memperhatikan spesifikasi-nya terlebih dahulu. Sebaiknya sesuaikan spesifikasi dengan kebutuhan proyek.

Sebagai contohnya apabila Anda ingin mengerjakan proyek yang tingginya menjangkau sampai 14 meter, maka pilihlah Skylift Crane yang memiliki kapasitas ketinggian tersebut, untuk panjang kap yang standar sekitar 8 meter.

Mempertimbangkan Merk

Selain spesifikasi, pertimbangkan juga merk Skylift Crane dan memiliki tingkat kualitas yang terbaik dari produk tersebut. Sebaiknya Anda memilih merk Skylift Crane yang terkenal dan memiliki reputasi yang baik seperti XCMG, Kobelco, Sany, Tadano dan lainnya.

Mempertimbangkan Harga

Selain merk dan spesifikasi, perhatikan pula perbandingan harganya. Pilih harga yang sesuai dengan anggaran dan bandingkan harga antara produk satu dengan yang lainnya karena harga dapat bervariasi.

Jenis Skylift Crane

Kebutuhan yang beragam dalam industri konstruksi membuat ada beberapa jenis Skylift Crane. Jenis mesin Crane ini biasanya disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya di lapangan.

Beberapa jenis dari Crane untuk menunjang pekerjaan yang tinggi diantaranya, seperti;

Crawler Crane

Jenis Crane ini digunakan untuk mengangkat material di area proyek yang memikili jangkauan terbatas. Crane ini disebut crawler karena memiliki roda rantai untuk beroperasi di berbagai medan.

Mobile Crane

Jenis Crane ini sudah terpasang di truk atau kendaraan dan dapat langsung dibawa ke lokasi proyek tanpa menggunakan kendaraan lain.

Tower Crane

Merupakan jenis Crane yang paling banyak digunakan untuk proyek konstruksi.

Crane jenis ini terdiri dari berbagai bagian yang bisa di bongkar pasang dan menjadikan Tower Crane fleksibel atau bisa dibawa ke mana saja.

Merk  Skylift Crane Yang Terkenal

Terdapat beberapa merk dari Skylift Crane yang terkenal di Indonesia, mulai dari merk dengan kualitas baik hingga harga yang lebih terjangkau.

Untuk membantu memilih merk Crane apa yang akan disewa atau dibeli, maka perlu mengetahui berbagai merk yang disertai dengan berbagai keunggulan-nya. Adapun beberapa merk dari Skylift Crane yang paling banyak diminati di Indonesia, seperti;

Tadano

Merk Crane yang terkenal dan sering digunakan dalam proyek konstruksi yaitu Tadano. Banyak produk dari merk Tadano sendiri sudah berkontribusi hampir semua sektor.

Merk Crane ini biasanya digunakan untuk konstruksi pertambangan gas dan minyak. Merk ini terkenal memiliki kualitas yang bagus sehingga tidak heran banyak yang memilih merk ini untuk keperluan proyeknya.

Sany

Selain Tadano, ada juga merk lainnya yang terkenal yaitu merk Sany. Dimana Sany Group mampu memproduksi alat berat yang dapat mempermudah pekerjaan konstruksi dan industri.

Sany Grup tadinya hanya lah sebuah bengkel las kecil di Cina, akan tetapi karena kualitasnya yang baik dan banyak diminati menjadikan Sany grup perusahaan besar yang memproduksi alat berat seperti Skylift Crane.

XCMG

Merk Crane lainnya ialah XCMG atau singkatan dari kata Xuzhou Construction Machinery Group.

XCMG merupakan perusahaan milik pemerintahan Tiongkok yang memproduksi berbagai alat berat seperti Crane dan berbagai alat berat lainnya.

Produk dari merk ini sering digunakan pada proyek konstruksi di Indonesia. Bila Anda ingin melewati tempat penyewaan Crane pasti akan terlihat merk XCMG di depannya.

Kobelco

Merk Kobelco merupakan merk Crane yang terkenal dan banyak digunakan. Merk Crane ini memiliki kualitas yang bagus dari segi spesifikasi, merk, dan juga harganya.

Kobelco merupakan perusahaan yang memproduksi alat-alat berat seperti Crane dan memiliki alamat kantor di Tokyo, Jepang. Merk dagang Kobelco ini sering dijumpai pada alat-alat berat karena memiliki kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kesimpulan

Demikian beberapa informasi penting terkait dengan Skylift Crane. Dengan membaca artikel ini diharapkan Anda dapat memahami pengertian Skylift Crane, fungsi, jenis dan merknya.

Skylift Crane merupakan alat berat yang membantu pekerjaan manusia dalam pekerjaan berat dan tinggi, serta mempermudah pekerjaan di bidang konstruksi.


error: Content is protected !!