20 Jenis Font Yang Cocok Untuk Desain Kartu Nama

Apakah Anda sedang mencari referensi font untuk desain kartu nama? Berikut ini 20 jenis font yang cocok untuk desain kartu nama / Name Card Anda. Saat sedang desain kartu nama terkadang pemilihan jenis huruf menjadi kendala.

Kartu nama merupakan salah satu elemen penting yang dapat memuat informasi mengenai identitas seseorang atau sebuah instansi. Melalui sebuah kartu nama, seseorang dapat memberikan sebuah penilaian atau kesan tertentu.

Oleh karena itu dalam desain kartu nama diperlukan pemilihan jenis huruf yang cocok dan sesuai dengan jenis bisnis. Setiap Font atau biasa disebut juga dengan Huruf, Typeface, Tipe dan Tipo memiliki karakteristik tersendiri dan pastinya dengan bentuk yang unik.

Jenis font yang umumnya sering digunakan dalam dokumen namun bisa juga digunakan pada kartu nama adalah Times New Roman, Cambria, Calibri, Arial, Helvetica dan Serif.

Font Yang Cocok Untuk Desain Kartu Nama

Mengingat begitu pentingnya pemilihan bentuk huruf pada kartu nama, maka diperlukan beberapa referensi mengenai informasi tentang font kartu nama yang cocok digunakan dalam penggunaannya.

Font Kartu Nama Nella Sue Demo MakinTahu.com

Nella Sue Demo

Font Nella Sue Demo memberikan kesan yang lembut, manis, bersahabat, akrab, feminim dan hangat. Pemilihan font jenis ini sangat cocok digunakan pada desain kartu nama untuk sebuah salon kecantikan, toko kosmetik, Eyelash, Microblading dan lain sebagainya.

Font Kartu Nama Edwardian Script MakinTahu.com

Edwardian Script

Font Edwardian Script yang satu ini didesain oleh Edward Benguiat yang menambah kesan luwes, indah, artistik pada desain sebuah kartu nama. Huruf ini biasanya digunakan untuk desain undangan pernikahan.

Namun huruf ini juga sangat cocok untuk desain sebuah kartu nama milik restoran yang syarat akan keromantisan atau hotel, resort dan lainnya. Terkadang juga font Edwardian Script digunakan sebagai Tag Line dan sepenggal kata positif di kartu nama.

Font Kartu Nama Stencil MakinTahu.com

Stencil

Font Stencil yang ini terdiri dari huruf-huruf kapital yang setiap sudutnya membentuk bundar. Huruf ini cocok digunakan oleh kartu nama milik perusahaan yang berjalan pada bidang furniture maupun industri kayu, tekstil dan lainnya.

Anda pun dapat memadukan penggunaan Font Stencil dengan huruf lainnya agar dapat membuat daya tarik tersendiri dari kartu nama yang akan dibuat.

Font Kartu Nama Bell MT Regular MakinTahu.com

Bell MT

Font Bell MT ini memiliki desain tegak yang di setiap ujungnya agak meruncing. Kesan yang ditimbulkan oleh font ini adalah kesan yang tegas dan resmi. Font jenis ini cocok digunakan pada kartu nama sebuah perusahaan otomotif.

Font Kartu Nama Century Gothic Regular MakinTahu.com

Century Gothic

Font Century Gothic memiliki karakteristik berupa huruf-huruf yang terkesan membentuk bulatan dengan ujung yang statis.

Font ini terkesan lucu dan imut, tetapi tidak mengurangi kesan elegan yang ada dalam kartu nama. Font jenis ini sangat cocok digunakan pada desain kartu nama milik pribadi atau perorangan.

Terkadang jenis Font Century Gothic cocok juga penggunaannya dalam penulisan jabatan, alamat dan nomor telepon di kartu nama.

Hal ini akan membuat orang yang menerima kartu nama Anda menjadi langsung fokus dan mudah melihat ke tulisan dengan font tersebut.

Font Kartu Nama Baskerville Old Face Standard MakinTahu.com

Baskerville Old Face

Kesan yang ditimbulkan oleh font Baskerville Old Face adalah elegan dan mewah. Oleh karena itu font yang satu ini sangat cocok digunakan pada desain kartu nama milik perusahaan parfum, kosmetik, produk kecantikan, nama perusahaan, brand, sutradara dan lain sebagainya.

Font Kartu Nama Futura MakinTahu.com

Futura

Font Futura memiliki bentuk yang tegas dengan sudut lancip membuat jenis font ini mudah untuk dibaca. Maka dari itu jenis font Futura sangat cocok untuk digunakan pada penulisan setiap elemen di dalam kartu nama.

Perlu diketahui juga bahwa font Futura yang sering juga digunakan untuk berbagai produk cetak jenis buku.

Font Kartu Nama Felix Titling Regular MakinTahu.com

Felix Titling

Font Felix Titling memiliki bentuk sangat tajam dan ramping. Jenis huruf ini sebenarnya terlihat mirip dengan Baskerville Old Face. Pada kartu nama Font Felix Titling mampu membuat Name Card Anda terlihat jadi lebih berkelas, bersih, dan berkualitas tinggi.

Untuk penggunaan font ini dapat digabungkan dengan font lainnya. Umumnya font ini digunakan untuk penulisan elemen nama dan jabatan.

Font Kartu Nama Twentieth Century MT MakinTahu.com

Twentieth Century MT

Font Twentieth Century MT dibuat oleh Sol Hess pada tahun 1937 untuk perusahaan Lanston Monotype. Jenis huruf ini berkembang pesat dalam 10 tahun pertama perilisannya.

Dimana hadir bentuk yang lebih tinggi dan tebal untuk melengkapi kebutuhan penulisan. Font Twentieth Cent MT sangat cocok digunakan untuk desain kartu nama bisnis yang profesional.

Font Kartu Nama Tahoma MakinTahu.com

Tahoma

Font Tahoma merupakan salah satu jenis font yang paling sering digunakan untuk berbagai kebutuhan dan salah satunya adalah untuk desain kartu nama. Font Tahoma dibuat oleh Matthew Carter untuk perusahaan Microsoft.

Kumpulan Font Kartu Nama Elegan MakinTahu.com

Font Kartu Nama Elegan

Bila beberapa font diatas masih belum cukup untuk menyesuaikan kartu nama dengan bidang bisnis yang dijalankan, maka berikut ini 10 jenis font tambahan bagi Anda yang ingin membuat desain kartu nama yang elegan.

Font Kartu Nama Elegan Helvetica Bold Makin Tahu

Helvetica

Font Helvetica yang merupakan grup font Sans Serif yang paling populer sepanjang masa dikarenakan paling sering digunakan. Font klasik ini cocok digunakan dalam desain setiap kartu nama. Bentuknya yang sederhana membuat font ini menjadi tidak membosankan untuk selalu digunakan.

Font Kartu Nama Elegan Myriad Pro Makin Tahu

Myriad Pro

Myriad Pro merupakan jenis font berkelas dan profesional karena font ini mempunyai bentuk bersih dan enak untuk dibaca. Myriad Pro juga memiliki beragam bentuk seperti lebih tebal, tipis dan rapat. Font yang masuk grup Sans Serif ini memang cocok digunakan untuk desain kartu nama dengan tipe elegan.

Font Kartu Nama Elegan Code Makin Tahu

Code

Font Code memiliki 3 jenis bentuk, yaitu Light, Regular dan Bold. Setiap bentuk memiliki karakteristik tersendiri, namun Font Code memiliki ciri khas seperti tampilan yang bersih dan mudah untuk dibaca.

Untuk membuat kesan eksklusif dan elegan Anda dapat menggunakan Font Code dengan bentuk Light dan Regular saat desain kartu nama.

Font Kartu Nama Elegan Campton Medium Makin Tahu

Campton

Tampilan dari Font Campton yaitu memiliki bentuk yang sederhana dan netral. Font Campton yang merupakan grup font Sans Serif sering digunakan untuk desain web, editorial dan desain produk.

Anda dapat memperhatikan bentuk huruf besar O dan C pada Font Campton yang membentuk lingkaran. Bisa dikatakan Font Campton memang memiliki daya tarik tersendiri ketika membuat desain kartu nama.

Font Kartu Nama Elegan Nevis Makin Tahu

Nevis

Font Nevis memiliki bentuk yang kuat dan tegas pada setiap sudutnya. Font ini umumnya cocok digunakan untuk judul, Tag Line, brand dan nama pada desain kartu nama. Bila Anda ingin mempertegas suatu kata dengan huruf besar, maka Font Nevis ini sangat cocok untuk digunakan.

Font Kartu Nama Elegan Futura Makin Tahu

Futura

Font Futura memiliki kemiripan dengan Font Helvetica yang juga merupakan salah satu grup Sans Serif. Tampilannya yang bersih dan tegas membuat Font Futura sering digunakan untuk judul dan isi buku.

Seiring berjalan waktu Font Futura yang dirilis pada tahun 1924 pun digunakan oleh berbagai brand terkenal seperti  IKEA (sampai 2010), Supreme, Volkswagen, Royal Dutch Shell, FremantleMedia dan HP.

Font Kartu Nama Elegan Trajan Regular Makin Tahu

Trajan

Font Trajan memiliki bentuk seperti huruf romawi klasik yaitu tinggi, tipis dan dengan ujung huruf yang semakin meruncing. Font ini sangat cocok digunakan untuk penegasan suatu kata atau kalimat.

Huruf besar pada Font Trajan adalah ciri khasnya. Hal dikarenakan pembuatan Font Trajan terinspirasi dari berbagai prasasti bangsa romawi yang tidak pernah menggunakan huruf kecil.

Font Kartu Nama Elegan Jura Makin Tahu

Jura

Bila Anda ingin tampilan yang sedikit lebih lembut pada sudut huruf, maka Anda harus mencoba menggunakan Font Jura. Bentuknya yang tipis dan tinggi membuat jenis huruf dengan nama Jura dapat menjadi alternatif dari jenis font Sans Serif yang disebutkan diatas. Font jura tetap mampu membuat kartu nama menjadi lebih elegan.

Font Kartu Nama Elegan Gotu Makin Tahu

Gotu

Font Gotu adalah Modern Serif Typeface yang biasanya digunakan untuk desain branding, produk dan tipografi. Ada berbagai macam karakter yang dapat digunakan di Modern Serif Typeface seperti huruf besar / kecil, angka dan simbol.

Keunikan tampilan huruf “T” membuat Font ini menjadi unik dan tegas. Bentuknya tipis dan enak untuk dibaca, maka dari itu Font Gotu yang dirilis pada tahun 2016 ini mampu menjadi salah satu font alternatif untuk pembuatan desain kartu nama yang elegan.

Font Kartu Nama Elegan Glasgow Pro Medium Makin Tahu

Glasgow

Berbicara mengenai desain kartu nama yang elegan, maka Font Glasgow juga dapat menjadi pilihan tepat. Jenis huruf Glasgow memiliki kemiripan dengan Times Roman dan mempunyai bentuk yang tegas serta formal.

Bentuk formal akan sangat terlihat saat Anda menggunakan huruf “g” kecil dan besar. Anda dapat memanfaatkan Font Glasgow tebal untuk mempertegas elemen di desain Name Card.

Ragam Fungsi Font Kartu Nama

Banyak hal yang menjadi pertanyaan tentang pentingnya pemilihan font kartu nama. Berikut adalah paparan mengenai pentingnya pemilihan font pada sebuah kartu nama.

Tanda Pengenal Karakter

Fungsi utama dari pembuatan kartu nama memang diperuntukkan sebagai tanda pengenal mengenai profil seseorang. Informasi mengenai biodata seseorang yang memiliki kartu nama dapat diketahui orang lain melalui informasi yang tersedia dalam isi desain kartu nama tersebut.

Melalui jenis huruf untuk kartu nama, kita dapat menyimpulkan karakter seseorang atau sebuah instansi dalam kartu nama tersebut. Kita juga dapat mengambil informasi mengenai tingkat keseriusan, motto perusahaan, maupun lingkungan tentang seseorang atau instansi hanya dari jenis font yang tertera dalam kartu namanya.

Tanda Penguat

Penggunaan Name Card oleh sebuah instansi atau perorangan sangat berpengaruh terhadap eksistensi perusahaan atau perorangan tersebut.

Hal-hal yang dimuat dalam isi kartu nama berkenaan dengan kepercayaan orang lain terhadap keberadaan perusahaan atau instansi tersebut terutama dalam dunia bisnis.

Pemilihan huruf pada kartu nama yang kaku, tegas dan dinamis akan semakin menambah kesan resmi sang pemilik kartu nama. Pemilihan font yang lebih luwes dan estetik akan menambah kesan hangat dan bersahabat.

Pengukur Profesionalitas

Name Card sangat berguna apabila dalam suatu waktu kita harus membandingkan profesionalitas seseorang atau instansi. Komponen-komponen font dan pemilihan font juga dapat menjadi tingkat profesionalitas seseorang atau instansi.

Beberapa referensi font yang sangat cocok digunakan pada desain kartu nama yang telah Makin Tahu jabarkan. Font kartu nama tersebut dapat dipilih berdasarkan perusahaan atau lembaga yang ingin membuat kartu nama.

Pemilihan font juga dapat didasarkan pada produk ataupun jasa yang menjadi unggulan masing-masing instansi. Setiap font akan memberikan kesan tersendiri saat diterima oleh partner bisnis atau calon konsumen.

Untuk memperoleh setiap font diatas dapat di unduh di berbagai situs Free Fonts terkenal. Apakah Anda telah menemukan jenis huruf yang cocok bagi desain kartu nama Anda?

Makin Tahu harap berbagai pilihan jenis font / huruf diatas dapat membantu Anda membuat desain kartu nama yang profesional dan elegan. Sekian pembahasan mengenai jenis huruf yang cocok untuk desain kartu nama Anda.


error: Content is protected !!