Berbagai Standar Ukuran Brosur Yang Sering Digunakan

Berikut standar ukuran brosur dan penjelasan mengenai pengertian serta fungsi brosur yang sering dibagikan. Brosur sering digunakan sebagai media promosi tentang produk atau jasa milik sebuah instansi perusahaan atau lembaga.

Penggunaan brosur dirasa cukup berpengaruh untuk menarik minat konsumen demi suksesnya usaha bisnis sebuah instansi atau lembaga. Ada berbagai macam jenis dan ukuran brosur yang digunakan dalam dunia marketing.

Hal ini berdasarkan kepentingan masing-masing instansi yang mengeluarkan brosur tersebut atau mungkin juga berdasarkan batas jumlah modal yang ingin dikeluarkan oleh lembaga atau instansi yang bersangkutan.

Pengertian Brosur

Pengertian brosur adalah alat komunikasi untuk media promosi dalam dunia bisnis demi memasarkan sebuah produk atau jasa dari perusahaan kepada konsumen.

Karena itu ukuran dari brosur memiliki standar yang berbeda-beda sesuai kepentingan masing-masing isi dari brosur itu sendiri. Lalu apa saja fungsi dari brosur? Simak penjelasannya dibawah ini.

Fungsi Brosur

Brosur yang memiliki berbagai macam fungsi sebagaimana terurai dalam 2 poin penting dibawah ini;

Sumber Informasi

Brosur merupakan sumber informasi bagi para konsumen mengenai sebuah perusahaan yang menjual produk atau jasa. Konsumen dapat menemukan berbagai macam informasi mengenai segala hal tentang sebuah produk atau jasa milik sebuah perusahaan.

Dari sebuah brosur konsumen dapat mengetahui informasi mengenai spesifikasi produk atau jasa yang dipromosikan dan harga yang ditawarkan.

Melalui sebuah brosur pula konsumen dapat mengetahui alamat atau arah kemana konsumen harus melakukan transaksi lebih lanjut dengan pemilik bisnis.

Ukuran brosur yang berbeda-beda juga berpengaruh terhadap komponen informasi yang disampaikan. Biasanya semakin besar ukuran suatu brosur, maka akan semakin banyak pula informasi yang akan diperoleh begitu pula sebaliknya.

Namun hal tersebut bukanlah sebuah patokan yang menjadi ukuran kualitas sebuah brosur. Karena terkadang ada beberapa jenis bisnis yang menampilkan brosur dengan informasi yang sedikit, namun memiliki makna yang dapat langsung dipahami penerima brosur.

Media Promosi

Tujuan utama brosur adalah sebagai media promosi yang dikeluarkan oleh produsen kepada para konsumen.

Tidak jarang banyak perusahaan yang rela mengeluarkan ribuan lembar brosur dengan ukuran brosur yang berbeda-beda demi menjaring konsumen seluas-luasnya dan sebanyak-banyaknya.

Dalam sebuah brosur terdapat berbagai macam bahasa promosi yang digunakan untuk menarik minat konsumen agar tertarik untuk membeli ataupun menggunakan produk atau jasa yang dijual.

Bahasa promosi pada brosur terkadang mampu membuat pembaca menjadi lebih penasaran dan ingin mengetahui lebih mengenai produk yang dipromosikan di brosur.

Bahasa promosi juga sering di sandingkan dengan desain brosur yang menarik, sehingga terkadang pemilihan warna desain yang tepat mampu membangun keinginan konsumen untuk melakukan pembelian produk dan jasa yang ditawarkan.

Ukuran Brosur Dalam Dunia Percetakan MakinTahu.com

Macam-Macam Brosur

Selain berbagai macam ukuran brosur ada pula berbagai macam jenis brosur dalam marketing seperti yang terperinci di bawah ini.

Brosur Iklan Produk

Banyak perusahaan lokal maupun internasional yang menggunakan berbagai macam jenis brosur sebagai media promosi akan produk yang menjadi unggulan perusahaan tersebut. Jenis brosur iklan produk adalah salah satu jenis brosur yang sangat banyak kita temukan dimana pun.

Produk yang ditawarkan juga beragam, mulai dari alat berat, komponen, aksesoris, otomotif, makanan, minuman, elektronik, gadget, produk interior dan eksterior, pakaian, peralatan dapur dan lainnya.

Brosur Iklan Jasa

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa juga turut memanfaatkan brosur sebagai media promosi untuk menarik konsumen agar tertarik pada jasa yang ditawarkan. Inilah yang dimaksud dengan brosur iklan jasa.

Ada berbagai jenis brosur iklan jasa yang sering ditemukan seperti jasa percetakan, desain, service, ekspedisi, digital marketing dan lainnya.

Brosur Iklan Kesehatan

Banyak iklan-iklan kesehatan yang juga menggunakan brosur untuk sosialisasi masalah kesehatan. Biasanya brosur iklan kesehatan seperti ini dikeluarkan oleh dinas kesehatan milik pemerintah maupun klinik pribadi.

Contohnya seperti penjelasan mengenai suatu penyakit dan cara mencegahnya, imunisasi, bahaya rokok dan berbagai hal lainnya. Dapat dikatakan brosur untuk iklan kesehatan juga mengambil bagiannya tersendiri dalam mengedukasi masyarakat.

Jenis Ukuran Kertas Untuk Cetak Brosur

Brosur saat ini digunakan dalam berbagai macam kepentingan yang berbeda-beda sehingga brosur dibuat dengan berbagai macam variasi ukuran.

Namun ada beberapa standar ukuran kertas untuk membuat brosur dan sering digunakan dalam kehidupan berbisnis seperti A4 dengan ukuran 29,7 x 21 cm, A5 dengan ukuran 21 x 14,8 cm, A3 dengan ukuran 29,7 x 42 cm dan Dimension Lengthwise (DL) dengan ukuran 21 x 10 cm.

Ukuran Brosur

Setiap ukuran kertas tersebut dapat dibentuk menjadi berbagai jenis ukuran dan bentuk standar brosur. Maka dari itu setiap jenis ukuran kertas tersebut akan mampu membuat brosur menjadi berbagai bentuk seperti penjelasannya dibawah ini.

Brosur Flyer

Brosur yang satu ini merupakan brosur yang tidak memiliki lipatan atau sering dikenal dengan nama Flyer. Ukuran yang banyak digunakan dalam pembuatan flyer adalah A5, A4 dan DL.

Flyer biasanya memuat informasi yang lebih singkat dan padat dalam penyampaiannya. Dikarenakan hanya selembar, maka harga cetak brosur flyer lebih murah dan terjangkau.

Dalam proses cetak brosur dapat dilakukan di kedua sisi. Sehingga informasi yang dapat diberikan menjadi sedikit lebih banyak dibandingkan hanya satu sisi saja.

Brosur 2 Lipatan

Brosur jenis ini digunakan untuk mengoptimalkan fungsi ruang dalam sebuah brosur. Brosur 2 lipatan ini biasanya lebih banyak memuat informasi berupa gambar-gambar dibandingkan dengan tulisan.

Informasi yang dimuat juga lebih banyak karena mengoptimalkan halaman bagian depan dan belakang. Dengan desain yang baik, maka pemanfaatan brosur 2 lipatan untuk promosi produk dan jasa menjadi lebih jelas dan mudah dimengerti penerima brosur.

Brosur 3 Lipatan

Ukuran 3 lipatan ini adalah yang paling populer dan paling sering digunakan oleh para produsen. Ada banyak alasan tentang banyaknya pemilihan brosur jenis ini.

Namun hal yang paling mendasar adalah karena informasi yang dimuat akan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan brosur tanpa lipatan dan brosur 2 lipatan.

Biasanya informasi yang terkandung di dalam brosur 3 lipatan lebih sering dimanfaatkan untuk promosi produk perusahaan.

Dengan menggunakan brosur 3 lipatan diharapkan mampu memberikan informasi lebih banyak ke konsumen seperti sedikit detail spesifikasi produk, promo, harga, gambar produk / jasa, info perusahaan, merk, brand, Tagline dan informasi penting lainnya yang mampu membuat pembaca brosur menjadi tertarik.

Sebenarnya ada berbagai macam ukuran brosur yang digunakan dalam dunia industri marketing. Namun beberapa jenis ukuran tersebut adalah ukuran standar yang paling sering ditemui dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sekian info mengenai berbagai standar ukuran brosur yang umum digunakan saat ini. Cek juga penjelasan mengenai ukuran kertas buffalo yang sering digunakan.


error: Content is protected !!