Kumpulan Situs Sumber Referensi Karya Tulis Ilmiah

Berikut kumpulan situs sumber referensi karya tulis ilmiah. Apakah Anda sedang membutuhkan berbagai kumpulan referensi karya ilmiah untuk mengerjakan tugas kuliah atau skripsi?

Saat menyusun sebuah karya ilmiah maka wajib menggunakan referensi yang terpercaya, baik dari buku, jurnal, karya ilmiah lain, dan lain sebagainya.

Saat ini untuk mendapatkan referensi ilmiah tidak terlalu sulit dilakukan karena bisa diperoleh lewat internet. Ada berbagai kumpulan situs yang dijadikan sumber referensi dalam menulis sebuah karya tulis ilmiah bahkan dapat di unduh secara gratis.

Di era digital saat ini, segala sesuatu lebih mudah diakses bahkan tanpa harus memenuhi syarat dan ketentuan khusus. Begitupun dalam mencari sumber referensi ilmiah, Anda dapat meng-unduhnya di berbagai situs terpercaya yang open-source.

Situs Referensi Karya Tulis Ilmiah Terpercaya

Pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai beberapa situs yang menyediakan kumpulan referensi karya ilmiah terbaik dan terpercaya.

Anda dapat menggunakannya sebagai sumber dan pedoman dalam menulis karya ilmiah sehingga dapat memperkuat data. Berikut merupakan beberapa situs sumber referensi karya tulis ilmiah yang dapat Anda akses.

LIPI.go.id

Anda dapat membaca berbagai jurnal ilmiah sebagai referensi di sini. LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia adalah sebuah lembaga non kementerian tetapi dikoordinasi langsung oleh Kemenristekdikti.

Jika Anda tidak suka membaca jurnal bahasa Inggris seperti di web jurnal lainnya, Anda dapat memanfaatkan situs web ini untuk membaca jurnal bahasa Indonesia. Tidak perlu khawatir karena semua jurnal di sini dapat diunduh gratis.

E-resources.perpusnas.go.ig

Anda juga dapat berburu berbagai jurnal ilmiah di web perpusnas republik Indonesia. Di sini terdapat berbagai referensi karya ilmiah lengkap untuk semua bidang studi baik sains maupun sosial. Anda cukup menjadi anggota perpus online untuk dapat mengakses jurnal dari mana pun.

Google Scholar

Bagi Anda para akademisi, tentu sudah tidak asing lagi dengan web Google Scholar. Web karya tulis ilmiah ini sering sekali dijadikan sebagai situs yang menyediakan sumber referensi ilmiah terpercaya, baik dalam bentuk skripsi maupun jurnal.

Ada berbagai topik yang dapat diselesaikan dengan kajian yang ingin Anda teliti sehingga sangat mudah untuk mendapatkannya. Cukup masukan kata kunci di bagian kolom pencarian, Anda langsung menemukan referensi yang dibutuhkan.

Researchgate.net

Anda sangat direkomendasikan untuk mengetahui situs yang satu ini. Selain menyediakan berbagai jurnal ilmiah, Anda juga dapat memperoleh teman baru karena terdapat komunitas peneliti online.

Jadi akan lebih mudah untuk melakukan sharing jurnal atau karya ilmiah. Untuk upload jurnal pun dapat dilakukan gratis, tetapi harus mempunyai email kampus atau institusi terlebih dahulu.

Ijern.com

Ijern atau Internasional Journal of Education and Research merupakan situs web yang menyajikan tentang ulasan jurnal penelitian yang secara langsung diterbitkan oleh CRC Publications.

Bagi Anda para akademisi, peneliti, praktisi, profesional, dan mahasiswa, dapat berbagi ilmu pengetahuan yang dimiliki melalui platform ini.

Doaj.org

Directory of Open Access Journal (DOAJ) merupakan sebuah situs yang menyediakan kumpulan referensi karya ilmiah secara gratis. Di sini ada kumpulan jurnal internasional bahasa Inggris dengan berbagai topik kajian.

Situs web ini sangat direkomendasikan bagi akademisi atau mahasiswa yang sedang mencari referensi dalam menulis karya tulis ilmiah.

Freefullpdf.com

Apakah Anda bingung menentukan situs web yang gratis untuk mengakses berbagai jenis sumber ilmiah terpercaya? Freefullpdf merupakan situs web yang sering digunakan oleh mahasiswa untuk mencari referensi terpercaya dalam bentuk file PDF.

Untuk mengakses paper ilmiah secara gratis Anda dapat melakukan registrasi atau membuat akun terlebih dahulu. Melalui situs ini juga dapat melakukan publikasi karya ilmiah untuk dapat diakses oleh orang lain.

Sciencedirect.com

Di situs web ini ada berbagai artikel, buku, dan jurnal ilmiah yang dapat membantu Anda menyelesaikan tugas dalam membuat karya tulis ilmiah. Terdapat berbagai kumpulan referensi karya ilmiah yang lengkap dan pastinya merupakan publikasi terbaru.

Sebenarnya situs web ini merupakan situs yang berbayar jika ingin mengakses sumber referensi yang lebih lengkap. Namun apabila Anda ingin mencoba yang gratis maka dapat mencari referensi di bagian Open Access.

Libgen.org

Libgen atau Library Genesis menyediakan berbagai jurnal dengan topik yang bervariasi baik untuk sosial maupun sains. Di sini tersedia jurnal lama maupun jurnal baru sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Uniknya lagi, situs web yang menyediakan kumpulan referensi karya ilmiah ini dapat diakses secara gratis. Meskipun terdapat banyak referensi, tetapi tentu tidak selengkap situs web yang berbayar.

JSTOR

Apakah Anda pernah mendengar situs JSTOR yang menyediakan berbagai referensi karya ilmiah? Perlu diketahui bahwa situs ini cukup kredibel, bahkan banyak para dosen yang merekomendasikan mahasiswa untuk mengakses berbagai referensi melalui situs karya ilmiah ini.

Pasalnya, situs web jurnal internasional yang satu ini memiliki banyak sekali jurnal baru dan lama. Bahkan sudah lebih dari 15 tahun situs ini menyediakan arsip jurnal yang lengkap.

Keunggulan lainnya yaitu bahwa JSTOR telah terkurasi dengan baik sehingga semua jurnal yang tersedia sudah disortir.

Dengan begitu Anda pasti akan lebih mudah mendapatkan jurnal sesuai kebutuhan untuk referensi karya ilmiah. Untuk mendapatkan kumpulan referensi karya ilmiah terbaru dapat langsung mengunjungi jstor.org.

SAGE Journal

Para akademisi seringkali mengakses SAGE Journal untuk mendapatkan referensi terpercaya dalam menulis karya ilmiah. Perlu diketahui bahwa banyak sekali jurnal yang dipublikasikan lewat situs yang satu ini.

Anda dapat memilih satu dari tiga pilihan untuk mengakses SAGE Journal, yaitu sebagai akun institusi karena komunikasi. Seringkali dosen memanfaatkan situs ini untuk mendapatkan bahan atau materi pembelajaran untuk mengajar di kelas.

Jenis topik yang tersedia juga sangat lengkap mulai dari topik kesehatan, psikologi, sastra, pendidikan, hubungan internasional, hingga politik dan pemerintahan.

Oxford Journal

Untuk para mahasiswa internasional pasti sudah tidak asing lagi dengan Oxford jurnal yang secara langsung dikelola oleh Oxford University.

Di sini ada berbagai jurnal internasional dengan berbagai jenis topik untuk membantu penulisan karya tulis ilmiah yang sedang dikerjakan.

Situs web ini dapat menjadi alternatif untuk menemukan kumpulan referensi karya ilmiah. Hanya saja, semua jurnal yang dipublikasikan pada situs web ini ditulis menggunakan bahasa Inggris.

Jadi biasanya mahasiswa yang mencari referensi lewat situs ini merupakan mahasiswa kelas internasional atau para dosen maupun akademisi.

Microsoft Academic

Mungkin Anda tidak familiar dengan nama situs yang satu ini. Memang benar bahwa Microsoft akademik kurang populer di kalangan akademisi, tetapi situs ini merupakan sumber rujukan terpercaya untuk menemukan referensi ilmiah.

Keunggulan lainnya, berbagai referensi jurnal tersedia dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Untuk mengakses jurnal lewat situs ini juga cukup mudah karena hanya perlu memasukkan kata kunci pada kolom yang tersedia.

Bisa juga dengan memasukkan nama penulis, sumber jurnal, tahun terbit, dan subjek studi yang sedang dicari. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan jurnal yang sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi dari Makin Tahu mengenai situs website yang menyediakan kumpulan referensi karya ilmiah untuk membantu Anda dalam menyelesaikan tugas.

Masih ada berbagai situs ilmiah lainnya yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh para akademisi. Dengan adanya beberapa situs tersebut maka Anda semakin mudah untuk menyelesaikan karya ilmiah yang sedang digarap.


error: Content is protected !!