Memahami Apa Itu Boom Lift, Fungsi Dan Jenisnya

Dalam dunia konstruksi atau alat berat, boom lift pasti sudah cukup familiar di dengar. Keberadaan alat dengan nama boom lift ini cukup memudahkan berbagai pekerjaan yang ada pada dunia konstruksi.

Terutama sangat membantu dalam urusan menjangkau dan pemindahan barang ke tempat yang lebih tinggi. Fungsi boom lift yang beragam dapat sangat membantu berbagai proses konstruksi dengan lebih mudah.

Apa Itu Boom Lift?

Boom Lift adalah alat yang digunakan untuk menjangkau area tinggi yang sulit dijangkau, Boom Lift juga dapat digunakan untuk mengangkat dan meletakkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Keberadaan boom lift sebagai alat berat yang diperuntukkan membantu manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan di area yang cukup tinggi. Terutama pekerjaan berat yang sangat sulit untuk dilakukan.

Beban ringan hingga berat yang tidak memungkinkan dibawa oleh manusia ini dapat diangkut dan dipindahkan dengan mudah menggunakan alat yang dinamakan dengan boom lift ini.

Jenis & Fungsi Boom Lift

Boom lift yang masuk kategori Mobile Crane mempunyai jenis yang bermacam-macam dan memiliki fungsi boom lift berbeda-beda tentunya. Berbeda jenis bisa juga berbeda kapasitas angkut, berbeda fungsi, dan banyak perbedaan lainnya.

  • Articulating Boom Lift : alat ini merupakan boom lift yang biasa digunakan pada tempat yang sulit di jangkau. Alat ini akan memberikan jangkauan ekstra sehingga untuk pergi ke tempat sulit pun akan lebih mudah.
  • Telescopic Boom Lift : alat ini sangat cocok digunakan pada tempat – tempat yang sempit.
  • Aerial Order Picker : yang merupakan boom lift yang dapat mencapai ketinggian 2,7 meter hingga ketinggian 3,3 meter untuk tipe semi elektriknya. Sedangkan untuk tipe elektrik-nya bisa mencapai ketinggian 3 meter hingga ketinggian 3,5 meter.
  • Work Platform Lift : tangga elektrik ini dapat mencapai ketinggian yang lebih tinggi lagi yaitu 6 m, 8 m, 10 m, dan juga ketinggian 12 m.
  • Scissor Lift Electric Work Platform : merupakan tangga yang bisa mencapai ketinggian 8 meter, 10, meter, 12 meter hingga ketinggian 14 meter.
  • Boom Lift Work Platform : jenis ini bisa dibilang merupakan jenis dengan jangkauan tertinggi yaitu bisa mencapai 12 meter hingga batas ketinggiannya 42 meter.

Berbagai fungsi yang dimiliki oleh boom lift ini tentunya sudah disertai oleh keamanan. Bahkan standar keamanan tangga elektrik ini berdasarkan standar dari Eropa. Boom lift bertenaga baterai yang dapat di recharge dan dapat dibawa kemana-mana.

Tangga ini juga tidak menimbulkan kebisingan sehingga sangat ramah lingkungan untuk digunakan. Kapasitas beban yang bisa diangkat oleh boom lift bervariasi mulai dari 200 kg, 300 kg, hingga berat 1 ton.

Sangat cocok untuk mengangkat barang yang memakan banyak volume dengan berat rendah. Apabila Anda ingin menjangkau lebih tinggi lagi tentu beban juga harus dikurangi. Karena apabila dipaksakan akan membahayakan pekerja dan sekitarnya.

Fungsi boom lift sangat maksimal jika ditempatkan di ruangan terbuka atau outdoor. Tangga ini bisa bergerak secara vertikal maupun secara horizontal.

Keuntungan Menggunakan Boom Lift

Boom lift memberikan berbagai keuntungan bagi penggunanya dalam melakukan berbagai pekerjaan. Apa sajakah keuntungan dari boom lift ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

  • Dengan menggunakan boom lift akan lebih memudahkan proses pengangkutan barang. Seperti yang diketahui alat ini berfungsi juga sebagai tangga elektrik yang ketinggiannya dapat disesuaikan. Yaitu dapat berubah menjadi tinggi dan pendek sesuai keinginan dari operator.
  • Sehingga dalam hal pekerjaan di ketinggian operator hanya perlu meninggikan boom lift dan untuk turun kembali mengambil barang boom lift hanya perlu diturunkan. Pekerjaan jadi lebih mudah dengan penggunaan boom lift ini. Terlebih lagi untuk pekerjaan-pekerjaan yang sulit di jangkau.
  • Boom lift merupakan alat yang sangat mudah dipindahkan terutama dari atas ke bawah. Sehingga sangatlah mudah menjangkau setiap pekerjaan yang diinginkan.
  • Keuntungan dari penggunaan boom lift ini juga yaitu untuk keamanan pekerjaan di tempat yang lebih tinggi. Sebagai contoh untuk memperbaiki instalasi listrik yang rusak. Pekerja hanya perlu naik ke atas boom lift dan operator yang akan menjalankan boom lift tersebut.
  • Pekerjaan pasti akan terasa lebih mudah dan juga aman dengan menggunakan boom lift ini. Karena petugas tidak perlu memanjat dengan resiko akan terpeleset dan berbagai resiko lainnya.
  • Selain untuk membantu dalam kawasan konstruksi, boom lift ternyata juga sangat bisa digunakan dalam bongkar muat barang. Dengan menggunakan boom lift, kapasitas angkut barang jadi lebih besar sehingga waktu yang dibutuhkan juga jauh lebih efektif.
  • Untuk proses pengangkutan barang sendiri, boom lift punya jenisnya tersendiri yang berfungsi untuk pengangkutan barang.

Pembelian boom lift bisa dilakukan juga sebagai investasi jangka panjang. Dapat disewakan, karena harga sewa boom lift tidak murah.

Bagian-Bagian Boom Lift

Setelah diketahui fungsi boom lift untuk memudahkan pekerjaan, Anda juga perlu mengetahui bagian-bagian dari boom lift. Ada 3 bagian utama boom lift yang sangat terlihat yaitu sebagai berikut.

  • Platform : berfungsi untuk mengangkut beban yang akan dibawa oleh boom lift
  • Tiang : untuk menjangkau ke tempat yang lebih tinggi
  • Tuas Kendali : berfungsi untuk mengendalikan tangga elektrik sehingga tangga dapat bergerak sesuai keinginan dari operator.

Tips Memilih Boom Lift

Sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian boom lift tentu saja harus diketahui fungsi boom lift terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa mengetahui apakah dengan fungsi tersebut sudah sesuai dengan yang diinginkan. Ada juga beberapa hal lain yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut!

  • Tinggi Angkut

Tips pertama yang harus diperhatikan saat memilih boom lift yaitu memperhatikan tinggi angkut dari boom.

Apabila Anda hanya membutuhkan ketinggian boom lift untuk mengangkut sebatas ketinggian 3 meter saja maka bisa menggunakan Aerial Order Picker saja. Tetapi jika harus mengangkut ketinggian 14 meter ke atas maka gunakan tipe lebih tinggi.

  • Beban Angkut

Tips kedua yang harus diperhatikan saat akan memilih boom lift yaitu beban angkut dari boom lift. Setiap boom lift punya beban angkut yang berbeda berdasarkan dengan tipenya masing-masing.

Sehingga Anda harus menyesuaikan beban angkut yang akan diangkut nantinya dengan beban angkut maksimal boom lift. Sehingga nantinya keamanan kerja tetap terjaga karena memperhatikan protokol keselamatan.

  • Lokasi Penggunaan

Lokasi penggunaan juga akan sangat mempengaruhi, dimana boom lift nantinya akan digunakan apakah di area terbuka atau tertutup. Hal seperti itu akan sangat berpengaruh.

  • Jaminan Garansi

Pilih boom lift yang menyediakan jaminan garansi mengingat harganya yang sangat mahal. Dengan adanya garansi juga perusahaan menjamin bahwa produk mereka berkualitas.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa informasi dari Makin Tahu mengenai fungsi, jenis, bagian boom lift, keuntungan hingga tips dalam memilih boom lift yang baik. Dengan adanya boom lift ini pekerjaan pemindahan barang di ketinggian jadi lebih mudah untuk dilakukan.

Cek juga alat berat dengan nama Drop Hammer. Semoga penjelasan terkait salah satu alat berat diatas dapat memberikan manfaat.


error: Content is protected !!