Berbagai Perusahaan Alat Berat Terbesar Di Dunia

Berikut pembahasan mengenai perusahaan alat berat terbesar di dunia. Saat ini perkembangan ekonomi dalam dunia bisnis sangat berkembang pesat dan semakin maju.

Kenapa bisa dikatakan cepat berkembang, hal ini dimulai dari perubahan-perubahan yang serba cepat dalam bidang komunikasi, informasi maupun teknologi yang menyebabkan perubahan dalam persaingan.

Perubahan-perubahan tersebut semakin lama semakin membuat para pengusaha khawatir akan perusahaannya. Sehingga dengan adanya perubahan saat ini, perusahaan harus mempersiapkan diri untuk memasuki lingkungan global baik dari bidang manufaktur maupun jasa.

Sewa Alat Berat

Pada era globalisasi saat ini, teknologi informasi hampir memasuki semua bidang di kehidupan. Saat ini salah satu bisnis yang bisa menjadi potensi yaitu bisnis sewa.

Dari bisnis sewa tersebut dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Termasuk bagi perusahaan penyewaan alat berat. Dan salah satu alasannya yaitu perusahaan tidak perlu mengeluarkan modal besar di tahun pertamanya.

Selain dari bidang sewa, saat ini pemerintah sedang melakukan infrastruktur besar-besaran. Hal tersebut menjadi proyek pembangunan untuk beberapa perusahaan sewa alat berat.

Dengan adanya penyewaan alat berat perusahaan penyewa maupun kontraktor sama-sama terbantu. Bagi kontraktor yang ingin membangun bangunan dengan cepat dan efisien dibutuhkan alat untuk membantu dalam pengerjaan proyek pembangunan.

Penggunaan alat berat yang dibutuhkan oleh kontraktor pada umumnya merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan lagi dalam kegiatan pembangunan khususnya pemindahan tanah.

Pekerjaan pemindahan tanah disini yang dimaksud ialah pemindahan tanah yang menggunakan alat berat dan dinamakan Pemindahan Tanah Mekanis (P.T.M).

Contoh pengerjaan-nya seperti jalan, jembatan, pengairan serta gedung dan pabrik, pekerjaan pemindahan tanah sangat penting bahkan terkadang menjadi bagian terbesar dari seluruh pekerjaan proyek.

Jika Anda ingin melaksanakan pekerjaan tanah tersebut, sebelumnya harus mengenal terlebih dahulu alat beratnya.

Pengertian Alat Berat

Pengertian alat berat adalah mesin yang berukuran besar dan didesain untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti melakukan pengerjaan tanah (Earthworking) dan memindahkan bahan bangunan.

Ada beberapa komponen pada alat berat yaitu implemen, struktur, alat traksi, sumber tenaga dan transmisi-nya (Power Train), serta sistem kendali. Sejak zaman Romawi, manusia sudah mulai menggunakan alat berat.

Definisi alat berat ini sendiri tidak hanya ada di pekerjaan konstruksi melainkan ada juga di bidang pertanian seperti traktor, truk pengangkut, dan lain sebagainya juga bisa disebut sebagai alat berat.

Dalam bidang teknik sipil pun alat-alat berat digunakan untuk membantu para pekerja dalam melakukan pekerjaan pembangunan suatu proyek bangunan atau pengolahan tanah. Menurut (Wilopo, 2009) terdapat keuntungan-keuntungan yang diperoleh dalam penggunaan alat berat antara lain:

  1. Waktu mengerjakan dan prosesnya menjadi lebih cepat, sehingga untuk pekerjaan yang sedang dikejar target bisa segera diselesaikan.
  2. Tenaga besar, melakukan pekerjaan yang manusia pun tidak dapat mengerjakan.
  3. Ekonomis, menjadikan lebih aman, ekonomis, dan tenaga kerja yang terbatas.
  4. Mutu hasil kerja lebih baik, karena menggunakan peralatan berat.

Kelompok Alat Berat

Alat berat ada berbagai macam jenis dan fungsinya. Berikut alat berat menurut kelompoknya masing-masing:

  1. Pengelompokan berdasarkan penggerak utama (Prime Mover).
  2. Pengelompokan menurut fungsinya.

Pengelompokan Berdasarkan Penggerak Utama (Prime Mover)

  • Traktor
    1. Traktor roda kelabang
    2. Traktor roda karet
  • Buldozer ( Alat penggusur)
    • Dibedakan menurut Blade
      • Straight Buldozer (dengan blade lurus)
      • Abgling Buldozer (dengan blade miring)
      • Universal Buldozer (dengan blade universal)
      • Cushion Buldozer (dengan blade cushion)
  • Menurut Tracknya
    • Buldozer roda kelabang
    • Wheel Buldozer roda ban karet
  • Ripper sebagai alat pembajak
    • Hinge (bajak kaku tunggal)
    • Parallellogram
    • Adjustable parallellogram
      • Single Shank (bajak tunggal)
      • Multi Shank (bajak banyak)
  • Scrapper (Alat pengelupas)
    • Standard Scrapper (Scrapper bermesin)
    • Towed Scrapper (Scrapper yang ditarik)
  • Motor Grader (Alat untuk Grading)
  • Loader (Alat pemuat)
    • Wheel Loaders (Loader dengan roda ban)
    • Track Loaders (Loader dengan roda kelabang)

Pengelompokan Menurut Fungsinya

  • Traktor
  • Alat Pembersih Lapangan
    • Buldozer (mesin-mesin penggusur)
    • Ripper (mesin-mesin pembajak)
  • Alat Pengangkat dan Pemuat:
    • Backhoe (mesin-mesin pengaduk belakang)
    • Power Shovel (mesin-mesin pengeduk depan)
    • Dragline (mesin-mesin pengeduk tarik)
    • Clamshell (mesin-mesin pengeruk japit)
    • Loaders (mesin-mesin pemuat)
  • Alat Penggali dan Pengangkut:
    • Scrapper (mesin-mesin pengelupas dan pengangkut)
    • Truck (alat angkut)
  • Alat Pembentuk Permukaan:
    • Motor Grader (mesin-mesin perata)
  • Alat Pemadat:
    • Roller (mesin gilas)

Alat berat yang banyak macam-nya seringkali digunakan dalam bisnis pertambangan. Namun selain pertambangan bisa juga dalam bidang pembangunan gedung-gedung bertingkat.

Saat ini banyak perusahaan berlomba-lomba dalam memasarkan usahanya ke konsumen. Sekarang ini sudah banyak berbagai cara yang dilakukan perusahaan-perusahaan alat berat dalam memudahkan konsumen-nya pada sistem pembayaran untuk mendapatkan alat berat yaitu sistem cash atau tunai dan sistem credit.

Sehingga nantinya konsumen tidak perlu khawatir lagi. Nah, Anda bisa mengetahui apa saja pabrik / perusahaan alat berat di Indonesia dan di dunia.

Perusahaan Alat Berat di Dunia

Hitachi

Perusahaan yang sudah tidak asing di telinga yaitu Hitachi. Hitachi sendiri perusahaan alat berat di dunia yang hingga kini masih eksis.

Terlepas dari padatnya persaingan banyak perusahaan alat berat, kontraktor sering menjadikan perusahaan alat berat Hitachi yang merupakan pabrikan asal Jepang ini sebagai pilihan yang baik.

Sany

Perusahaan selanjutnya adalah Sany. Perusahaan yang memiliki kantor pusat di China yang sampai saat ini masih terlihat keberadaannya sebagai perusahaan yang menyediakan alat-alat besar.

Caterpillar

Caterpillar merupakan perusahaan alat berat dari Amerika Serikat dan sampai dengan saat ini masih menjadi yang terbaik, bahkan jumlah net sales alat berat mereka kini sangatlah tinggi jika dilihat dari skala global.

Komatsu

Perusahaan multinasional yang memiliki kantor pusat di Minato, Tokyo, Jepang ini adalah penyedia alat berat Koyang berfokus memproduksi peralatan pertambangan, konstruksi, militer, dan peralatan industri seperti mesin press, laser, serta generator termoelektrik.

John Deere

John Deere dikenal sebagai perusahaan alat berat yang berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan ini populer sebagai perusahaan alat berat dengan teknologi, fitur dan fungsionalitas yang unggul dan canggih.

Volvo

Secara garis besar Volvo merupakan pabrikan mobil ternama dan terbesar, namun selain mobil mereka juga membuat perusahaan alat berat.

Bahkan bisa dikatakan pabrikan asal Swedia ini juga memiliki jumlah produk alat berat yang cukup banyak dan bisa dibilang hampir semua jenis alat berat sudah dimiliki perusahaan satu ini.

Zoomlion

Berikutnya ada Zoomlion. Zoomlion juga mempunyai cukup banyak produk top brand yang bisa digunakan / difungsikan sesuai dengan kebutuhan dan berasal dari Tiongkok.

Produk yang dipasarkan oleh Zoomlion seperti kategori alat berat Mobile Crane, Concrete, Tower Crane, Earthmoving. Foundation, MEWP, dan Agriculture.

Terex

Perusahaan Terex bisa menjadi solusi untuk kontraktor yang tengah mencari alat berat untuk pengangkatan konstruksi, material industri, penggalian, infrastruktur, ataupun pertambangan dan daur ulang.

Liebherr

Perusahaan Liebherr adalah sebuah perusahaan yang berasal dari Jerman ini juga menjadi yang terbesar dan terbaik dan melakukan pemasaran di beberapa negara besar di Eropa seperti Jerman, Prancis, Spanyol dan Denmark.

Doosan Infracore

Korea Selatan juga tidak ingin tertinggal oleh negara-negara tetangga. Dengan nama Doosan, perusahaan tersebut memberikan gebrakan baru dengan merilis alat berat model Concept-X yang penuh dengan teknologi canggih serta multifungsi.

BOMAG

BOMAG adalah produsen alat berat di bidang teknologi pemadatan untuk tanah, Stabilizers atau Recyclers, Land Milling, aspal dan sampah serta Finisher. BOMAG ini menjadi pemimpin pasar alat berat saat ini.

Tadano

Tadano yang didirikan di Jepang pada tahun 1948, saat ini bisa disebut sebagai perusahaan alat berat yang memproduksi Crane Hidrolik. Fungsi Crane Hidrolik sendiri digunakan di industri pertambangan, konstruksi, gas dan minyak.

Scania

Scania adalah salah satu produsen alat besar yang bergerak di bidang transportasi seperti bus, truk, dan truk kargo. Saat ini perusahaan Scania juga memproduksi mesin industri dan kelautan yang dinamakan Scania Marine Engines.

UD Trucks

UD Trucks adalah salah satu distributor Nissan Diesel resmi yang ada di Indonesia. UD Trucks sendiri menyediakan jasa alat berat berupa truk.

Ada 3 jenis truk yang disediakan, yaitu Truk kelas ringan yang dapat mengangkut dengan beban antara 5.000 – 10.000 kg, Truk kelas menengah antara 10.000 – 24.000 kg, dan Truk kelas berat >24.000 kg.

Perusahaan Alat Berat di Indonesia

Trakindo Utama

Trakindo Utama salah satu perusahaan alat berat yang ada di Indonesia yang menjadi anak perusahaan Tiara Marga Trakindo (TMT). PT Trakindo utama punya merk dagang alat berat yaitu Caterpillar Inc.

Intraco Penta

Intraco Penta sampai saat ini masih beroperasi bahkan sudah banyak menyediakan berbagai macam jenis dan macam alat berat termasuk seperti tambang, Excavator aspal, tanah, batu serta Wheel Loader, Articulated Haulers, dll.

Kobexindo Tractors

Kobexindo Tractors merupakan anak perusahaan Doosan Group yang saat ini Exist sebagai spesialis perusahaan penyedia alat berat yang memfokuskan diri ke bidang konstruksi.

Hexindo Adiperkasa

Hexindo Adiperkasa melakukan pemasaran alat berat Indonesia namun asal berdirinya yaitu di Jepang. Hexindo memiliki produk unggulan yang bisa Anda jumpai di pasar Indonesia adalah Excavator Hidrolik.

United Tractors

United Tractors salah satu perusahaan alat berat terbaik yang bisa Anda temukan di Indonesia. Peran utama PT. United Tractors sendiri sebagai distributor resmi produk-produk alat berat buatan Komatsu Ltd.

Kesimpulan

Itulah informasi dari Makin Tahu mengenai beberapa daftar perusahaan alat berat terbesar dan terbaik di Indonesia dan bahkan dunia. Keberadaan dari perusahaan alat berat ini penting karena tanpa alat berat, melaksanakan proyek pembangunan bertingkat akan sulit dan memakan waktu lebih banyak.

Dengan adanya perusahaan alat berat ternama di Indonesia, pembangunan lebih berkualitas, efisien dan tentu menjadi lebih cepat. Sekian pembahasan dari Makin Tahu mengenai berbagai perusahaan alat berat terbesar di dunia.


error: Content is protected !!