Mengenal Apa Itu Dolly Trailer, Fungsi Dan Jenisnya

Apakah Anda mengetahui apa itu Dolly Trailer? Truk trailer merupakan salah satu jenis kendaraan angkut yang memiliki daya angkut sangat kuat hingga puluhan ton.

Truk ini menggunakan trailer yang berbeda-beda tergantung dengan jenis muatan yang dibawa. Salah satu jenis trailer yang sering digunakan adalah Dolly trailer.

Truk trailer Dolly banyak digunakan untuk kebutuhan distribusi atau cargo yang besar dan berat. Bagi Anda yang belum tahu mengenai jenis truk trailer ini, berikut ulasan selengkapnya mengenai dolly trailer, ukuran, fungsi dan daya angkut yang dimilikinya.

Pengertian Dolly Trailer

Pengertian Trailer Dolly adalah salah satu jenis trailer yang digunakan untuk pendistribusian alat-alat berat. Trailer mampu mengangkut ekskavator, bulldozer dan berbagai jenis alat berat lainnya dengan aman melewati jalanan umum.

Beberapa perusahaan sering menyewa trailer ini untuk mengangkut cargo yang memiliki ukuran tidak biasa, baik itu panjangnya atau beratnya.

Namun tetap dengan standar dan ketentuan layak jalan agar pengiriman cargo ini dapat selamat sampai di lokasi tujuan.

Ukuran Dolly Trailer

Berbeda dengan truk biasa, trailer dolly truck memiliki ukuran yang lebih besar. Hal ini penting karena muatan trailer dolly juga besar dan berat.

Sehingga trailer membutuhkan ruang yang besar seperti dolly trailer ini. Ukuran panjang untuk trailer dolly ada yang 6 meter untuk mengangkut alat-alat berat.

Namun ada juga yang lebih panjang hingga 8 meter. Jika muatan-nya memang lebih panjang, tentu trailer dolly yang dibutuhkan juga panjang seperti trailer 8 meter tersebut.

Sedangkan untuk lebar dan tinggi trailer biasanya 3 meter dan 7 meter. Ukuran trailer yang besar dan panjang ini dapat memberikan ruangan yang cukup untuk muatan cargo spesial seperti bulldozer, crane dan alat berat lainnya.

Dolly trailer menggunakan beberapa gandar/ axle untuk menopang seluruh trailer. Gandar untuk dolly trailer ini umumnya 2-4 gandar. Semakin banyak gandar, maka daya angkut trailer dolly juga semakin besar.

Daya Tonase Dolly Trailer

Pada umumnya, trailer pada truk ini memiliki daya angkut besar hingga puluhan ton. Daya angkut atau daya tonase truk trailer Dolly cukup beragam, mulai dari 20 ton hingga yang paling besar adalah 50 ton.

Semakin panjang ukuran trailer, biasanya daya tonase yang dimiliki trailer juga akan lebih besar. Hal tersebut karena ruangan di trailer juga semakin luas.

Cargo yang lebih besar seperti bego pun dapat diangkut dengan lebih mudah dan aman dengan seluruh bagian alat berat tersebut berada di atas trailer.

Ketika menggunakan dolly trailer, maka berat dari cargo atau muatan-nya penting untuk dihitung terlebih dulu. Hal ini bertujuan agar trailer yang digunakan mampu untuk mengangkut beban muatan secara aman.

Setelah itu Anda dapat memilih jenis dolly trailer yang seperti apa yang dibutuhkan untuk muatan tersebut. Jika muatan-nya sekitar 20 ton, maka dolly trailer dengan 2 gandar/ axle sudah cukup untuk membawa beban tersebut.

Namun untuk muatan yang lebih besar misalnya 50 ton, maka dolly trailer yang digunakan adalah trailer dengan gandar lebih banyak yakni 4 gandar / axle.

Fungsi Dolly Trailer

Secara umum, fungsi dari dolly trailer adalah sebagai alat angkut untuk pendistribusian cargo besar. Trailer ini sering digunakan pada perusahaan di berbagai sektor seperti berikut.

  1. Pendistribusian Barang-Barang Ekspor

Perusahaan yang bergerak di sektor ekspor membutuhkan dolly trailer untuk mengangkut cargo ke pelabuhan atau bandara.

Trailer ini dapat membawa cargo dalam jumlah banyak dan tidak terkecuali barang-barang yang berukuran besar. Pengiriman cargo dalam jumlah banyak sekaligus ini tentu dapat menghemat biaya pengiriman.

  1. Pendistribusian Barang-Barang Impor

Selain untuk eksportir, dolly trailer juga banyak dimanfaatkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang impor.

Kegiatan impor seperti memasukkan produk-produk elektronik, kendaraan, atau produk lain dari luar negeri lebih mudah dengan kendaraan trailer untuk alat angkutnya.

Trailer dolly pun bisa menjadi pilihan untuk mengangkut barang dalam jumlah 20-50 ton sekaligus.

  1. Pengiriman Alat-Alat Berat

Perusahaan-perusahaan kontraktor juga sering menggunakan truk trailer Dolly untuk kendaraan angkut. Trailer ini memiliki karakteristik daya tonase yang cukup besar sesuai dengan muatannya yaitu alat-alat berat.

Semua bagian alat berat dari depan hingga belakang biasanya akan muat di atas trailer dengan diikat kuat ke tali pengaman.

  • Excavator

Excavator atau yang sering disebut sebagai bego merupakan alat berat yang fungsinya beragam seperti menggali tanah, memindahkan barang dan lainnya. Excavator dapat diangkut menggunakan trailer dolly yang panjang.

  • Bulldozer

Trailer dolly juga dapat mengangkut alat berat beroda seperti bulldozer. Alat berat ini memiliki roda yang berbentuk rantai dan biasanya akan dipindahkan dengan trailer jika lokasi proyek pertama sudah selesai.

  • Crane

Trailer dolly mengangkut crane yang tinggi dan panjang untuk pembangunan gedung. Pada proses pengangkutan, biasanya crane dilipat sedemikian rupa sehingga lebih rendah dan dapat diangkut dengan trailer.

  • Diesel Hammer

Dolly trailer juga dapat berfungsi untuk mengangkut diesel hammer. Alat berat ini memiliki berat yang berton-ton sehingga membutuhkan kendaraan sekelas trailer untuk mengangkutnya.

  • Forklift

Forklift merupakan salah satu alat berat yang biasa digunakan untuk memindahkan barang. Alat berat ini juga dapat diangkut menggunakan dolly trailer. Forklift yang kecil bisa diangkut dengan dolly trailer hingga 2 sekaligus.

  • Traktor

Traktor memiliki roda berupa besi yang bergerigi. Namun saat diangkut menggunakan dolly trailer, roda traktor dapat ditutup dengan ban berbahan karet kuat.

  • Roller

Dolly trailer juga bisa mengangkut alat berat seperti roller yang besar. Roller memiliki roda penggilas sehingga untuk mengangkutnya membutuhkan kendaraan khusus seperti trailer.

  1. Pengangkutan Mobil

Jenis trailer ini juga dapat digunakan untuk membawa kendaraan mobil. Biasanya untuk kebutuhan ini menggunakan dolly trailer yang berukuran lebih kecil. Jumlah mobil yang dapat diangkut menggunakan trailer tersebut hanya satu kendaraan saja.

Kelebihan dan Kekurangan

Dari sekian banyak jenis trailer truk, dolly trailer menjadi salah satu yang cukup populer dan banyak digunakan. Dolly trailer menawarkan beberapa keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Berikut kelebihan menggunakan dolly trailer untuk pengiriman barang.

  1. Pengiriman lebih ekonomis untuk jumlah besar.
  2. Pengiriman barang yang lebih aman.
  3. Pengiriman alat berat yang lebih mudah.
  4. Pengiriman mudah hingga ke daerah pelosok.

Penggunaan truk trailer Dolly dapat membantu pendistribusian cargo besar dan barang-barang yang membutuhkan penanganan khusus. Namun trailer dolly juga memiliki kekurangan apabila digunakan untuk pengiriman barang-barang berikut.

  1. Pengiriman lebih mahal jika barangnya sedikit.
  2. Tidak dapat mengangkut barang-barang cair.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi mengenai dolly trailer yang sering digunakan untuk mengangkut alat-alat berat dan cargo besar. Pada intinya jenis truk trailer Dolly memiliki fungsi yang hampir sama seperti trailer pada umumnya yaitu mengangkut cargo dalam jumlah puluhan ton.

Namun untuk trailer dolly lebih ke cargo alat-alat berat seperti bulldozer, ekskavator, forklift dan lainnya. Sekian pembahasan mengenai apa itu Dolly Trailer, semoga artikel dari Makin Tahu dapat menambah wawasan Anda.

Source: https://www.nc-engineering.com/commercial-trailers/nc-dolly-trailer/


error: Content is protected !!