Berbagai Jenis Bahan Pembuatan Spanduk

Berikut berbagai jenis bahan pembuatan spanduk atau banner yang bagus yang perlu diketahui sebelum cetak spanduk. Dahulu pembuatan spanduk hanya menggunakan bahan kain biasa, namun sekarang jenis bahan untuk spanduk sudah semakin bagus dan banyak jenisnya.

Maka dari itu perlu pemahaman akan jenis bahan untuk cetak spanduk yang digunakan nanti apakah sudah sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti bahan pembuatan spanduk untuk area outdoor, spanduk indoor, spanduk murah, spanduk tahan lama dan lainnya.

Memang di era sekarang ini promosi adalah salah satu teknik marketing untuk menjaring konsumen. Spanduk yang memiliki ukuran yang cukup besar umumnya mampu menarik calon konsumen dengan lebih cepat.

Hal ini dikarenakan harga pembuatan spanduk atau banner terjangkau dan mampu memberikan desain visual yang dapat dengan mudah dipahami oleh pembacanya walaupun dari jarak yang cukup jauh. Nilai lebihnya spanduk juga dapat ditempatkan di area luar ruangan (Outdoor) dan di dalam ruangan (Indoor).

Jenis Bahan Pembuatan Spanduk Dan Banner

Selain menjaring konsumen ternyata spanduk dan banner dapat berfungsi sebagai sarana informasi penting dalam bentuk himbauan, iklan layanan masyarakat, info kesehatan, pertandingan olahraga, spanduk ucapan dan lainnya. Berikut ini berbagai jenis bahan spanduk yang perlu Anda ketahui.

Flexi Korea

Bahan spanduk Flexi Korea memiliki ciri bahan yaitu cukup kasar dan tebal. Dari namanya sudah diketahui bahwa Flexi Korea berasal atau di import dari Korea.

Bahan Flexi Korea memiliki tingkat kualitas serta daya tahan yang baik dengan durasi penggunaan dapat mencapai 1 tahun bahkan lebih jika ditempatkan di dalam ruangan.

Bahan Spanduk Flexi Korea

Flexi Korea adalah pilihan tepat untuk bahan pembuatan spanduk, Backdrop dan berbagi jenis banner seperti Y Banner, X Banner dan Roll Up Banner. Saat ini tersedia Flexi Korea dengan gramasi 250 sampai 440 gram.

Flexi China

Bahan Flexi China memiliki ciri bahan yaitu tipis, halus dan berserat. Saat ini tersedia berbagai pilihan gramasi seperti 260 gram, 280 gram dan 340 untuk Flexi China. Dengan ragam gramasi tersebut bahan Flexi China menjadi bahan favorit untuk mencetak spanduk di dalam ruangan.

Umumnya penggunaan spanduk dengan rentan waktu lebih cepat seperti pameran atau bazaar disarankan menggunakan bahan Flexi China. Untuk harga Flexi China memang lebih murah dibanding Flexi Korea.

Kelemahan Flexi China adalah tidak dapat dipakai untuk jangka waktu yang cukup lama bila digunakan di luar ruangan. Umumnya akibat dari penggunaan bahan Flexi China di luar ruangan dalam waktu lama akan membuat warna pada spanduk memudar atau menjadi pecah-pecah.

Flexi Jerman

Bahan Flexi Jerman memiliki ciri bahan yaitu halus dan kasar. Bahan Flexi Jerman yang umumnya digunakan adalah gramasi 230 gram sampai 400 gram dalam proses cetak spanduk dan jenis banner lainnya.

Bahan Flexi Jerman memang jauh lebih tebal dibandingkan Flexi China dan Korea. Begitu pula dengan harganya yang juga lebih mahal yang berbanding lurus dengan ketahanan serta kualitasnya.

Untuk penggunaannya Flexi Jerman cocok digunakan di dalam maupun luar ruangan. Bahan Flexi Jerman pada spanduk sangat cocok digunakan dalam rentan waktu yang panjang.

Albatros

Bahan Albatros memiliki ciri tekstur lembut dan halus seperti kertas (Semi Glossy) dengan gramatur dari 180 gsm sampai 210 gsm. Bahan pembuatan spanduk ini sangat cocok digunakan untuk media cetak dalam ruangan seperti berbagai jenis Banner, poster dan spanduk pastinya.

Bahan Albatros juga dapat diaplikasikan untuk bahan untuk cetak foto dengan ukuran yang besar. Namun Anda perlu memperhatikan tingkatan kualitas foto yang akan dicetak apakah sudah sesuai atau belum. Untuk finishing hasil cetak dengan bahan Albatros dapat menambahkan laminating Doff dan Glossy.

Easy Banner

Bahan Easy Banner memiliki ciri tekstur kasar dan agak kaku. Disarankan bahan Easy Banner digunakan untuk membuat media cetak dalam ruangan seperti poster, peta, Mini X Banner dan foto.

Untuk area luar ruangan, maka Anda dapat menggunakan bahan Easy Banner untuk cetak X Banner, Mini X Banner dan Y Banner (Standing Banner). Dengan menggunakan bahan Easy Banner, maka hasil cetak banner lebih tahan lama dan tidak akan mudah melengkung.

Luster

Bahan banner Luster memiliki ciri tekstur agak kasar, mengkilap serta tipis. Untuk bahan Luster tidak perlu lagi melewati tahap laminasi dikarenakan sudah mengkilap.

Dengan tekstur yang agak kasar mampu membuat bahan luster menjadi lebih awet karena lapisan lain tidak mudah menempel pada permukaannya. Umumnya bahan Luster digunakan untuk mencetak Roll Up Banner dan X Banner.

Bahan Banner Cloth memiliki ciri tekstur seperti kain dan ringan (Kain Sintetis). Bahan untuk pembuatan spanduk ini umumnya digunakan untuk mencetak bendera dan umbul-umbul.

Dikarenakan sifat bahan yang ringan, maka terkadang digunakan pula sebagai bahan bendera pelepasan balon. Dengan bahan Banner Cloth Anda dapat mencetak foto, gambar dan separasi. Untuk tinta yang digunakan adalah tinta Eco Solvent yang aman untuk lingkungan.

TC 1 dan 2

Bahan TC 1 adalah bahan kain yang sering digunakan dengan konstruksi 60/40 dengan hasil yang lebih awet dan kuat. Bahan kain TC 1 dan 2 juga sering digunakan untuk mencetak bendera dan umbul-umbul.

Poly A dan B

Bahan Poly A dengan ukuran lebar 120 cm atau 96 cm dan konstruksi 50 x 46. Untuk Poly B memiliki konstruksi 50 x 34 dengan ukuran lebar yang sama dengan Poly A. Untuk Poly A dan B sangat cocok digunakan untuk acara dengan rentan waktu cepat dengan jumlah yang sedikit. Untuk harganya jauh lebih murah dari pada bahan banner lainnya.

Pengertian Gramasi

Dari pembahasan diatas apakah Anda sudah mengetahui apa itu Gramasi? Perlu diketahui bahwa Gramasi adalah satuan ukur untuk berat kain dalam hitungan Gram / Meter Persegi (m2). Berarti bila semakin besar gramasi dari sebuah kain, maka akan tebal pula bahan kain tersebut.

Pengertian Gramatur

Apakah Anda juga sudah mengetahui apa itu Gramatur? Pada bahan kertas Gramatur adalah satuan berat atau disebut sebagai GSM (Gram Per Square Meter / g/m2). Sudah dipastikan bahwa semakin besar nilai gsm pada suatu kertas, maka akan semakin berat pula kertas tersebut.

Sekian pembahasan mengenai berbagai jenis bahan pembuatan spanduk dan banner yang umumnya disediakan oleh industri Digital Printing. Sekarang Anda telah mengetahui berbagai jenis bahan untuk pembuatan spanduk, langkah selanjutnya Anda dapat menyesuaikan bahan cetak spanduk dan banner sesuai dengan kebutuhan.

Source : https://www.infopak.com/textile-fabric-banner-mockup-free-psd/


error: Content is protected !!