Berbagai Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya

Apakah Anda sedang mencari inspirasi usaha rumahan yang tidak ada matinya? Cek pembahasan usaha rumahan berikut. Berbisnis merupakan salah satu bentuk usaha menghasilkan untung dan menyambung hidup.

Berdagang menjadi salah satu pekerjaan yang banyak sekali digeluti oleh masyarakat di Tanah Air. Tidak melulu berdagang dalam skala besar, namun juga berdagang skala kecil.

Salah satu bentuk berdagang skala kecil yakni seperti adanya usaha rumahan yang sekarang ini mulai banyak ditekuni oleh masyarakat. Ya, seiring dengan pandemi yang mengharuskan setiap orang melakukan aktivitas di rumah membuat bisnis rumahan ini kian tumbuh subur.

Usaha rumahan telah ada sejak dahulu. Bahkan bisa dikatakan usaha rumahan yang tidak ada matinya masih banyak dijumpai hingga sekarang ini. Nah, guna mengetahui lebih lanjut tentang bisnis rumahan yang tidak ada matinya, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan adalah sebuah usaha berjualan produk maupun jasa yang mana dilakukan dari rumah. Umumnya bisnis rumahan ini masuk dalam kategori UMKM yang tidak membutuhkan kantor sehingga dapat dikerjakan dimana saja termasuk di rumah.

Bisnis rumahan ini cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga. Hal ini karena seluruh aktivitas yang dijalankan berada di rumah. Biasanya para ibu akan merasa bosan jika harus berada di rumah tanpa adanya aktivitas tertentu. Maka, bisnis rumahan ini dapat menjadi tambahan.

Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Rumahan

Seperti yang diketahui bahwa setiap kegiatan bisnis tentunya ada plus dan minus-nya. Maka dari itu berikut akan dijelaskan kelebihan dan juga kekurangan dari berbisnis yang dilakukan secara mandiri dan fleksibel dari rumah.

Kelebihan Bisnis Rumahan

  1. Lebih Fleksibel

Kelebihan dari menjalankan bisnis rumahan ialah lebih fleksibel. Dalam hal ini Anda dapat menjalankan bisnis tanpa harus terganggu oleh aktivitas yang rutin dikerjakan di rumah. Selain itu bisnis yang dilakukan di rumah umumnya tidak menuntut adanya jam kerja yang pasti seperti halnya di perkantoran.

  1. Dapat Menjadi Sampingan

Usaha rumahan merupakan kegiatan bisnis yang dapat disambi dengan mengerjakan hal lain tanpa harus terganggu. Bagi ibu-ibu tak perlu khawatir jika menjalankan usaha ini.

  1. Modalnya Kecil

Umumnya modal yang dikeluarkan untuk berbisnis rumahan tidak besar. Anda hanya perlu menyiapkan skill, gadget dan juga internet untuk mendukung jualan yang dilakukan di rumah.

Kekurangan Bisnis Rumahan

  1. Perlu Sewa Tempat Jika Berkembang

bila nantinya bisnis berkembang pesat, maka mau tidak mau usaha yang dijalankan tidak bisa lagi dikerjakan di rumah. Dengan begitu otomatis menyewa tempat usaha diperlukan sehingga dapat meningkatkan produksi dan penjualan.

  1. Memakan Ruang Di Rumah

Dengan menjalankan usaha atau bisnis di rumah maka secara otomatis ada ruangan yang harus direlakan untuk menjadi tempat usaha. Dalam hal ini kamar atau garasi dapat dikorbankan untuk menjadi tempat kerja.

  1. Pintar-Pintar Membagi Waktu

Walaupun fleksibel, namun bekerja dari rumah haruslah mampu mengatur waktu dengan sebaik-baiknya. Hal ini agar nantinya tidak bertabrakan dengan aktivitas yang dilakukan di rumah.

Ragam Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis atau usaha yang dijalankan dari rumah, berikut ada beberapa rekomendasi usaha rumahan yang tidak ada matinya. Sehingga nanti dapat terus berlanjut sebagai tambahan bagi rumah tangga.

  • Bisnis Kue Kering

Bisnis pertama yang dapat dijalankan dari rumah dan telah ada sejak dahulu ialah bisnis kue kering. Bisnis ini biasanya akan laku dan banyak dicari menjelang bulan Ramadhan, terlebih pada saat menjelang Idul Fitri.

Bila Anda kebetulan hobi memasak dan punya keterampilan membuat kue, maka bisnis kue kering ini patut dicoba. Modalnya sendiri tidaklah besar, Anda hanya memerlukan sekitar 500 ribu untuk membeli bahan baku. Adapun alatnya dapat menyesuaikan kebutuhan memasak.

Dengan bahan baku sebesar 500 ribu tersebut, Anda kiranya dapat menghasilkan kurang lebih 150 toples dengan harga per toplesnya sekitar Rp. 30.000, sehingga omsetnya dapat mencapai sekitar Rp. 4.500.000 pada waktu mendekati bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

  • Bisnis Konter Pulsa

Usaha rumahan yang tak ada matinya yang kedua ialah bisnis konter pulsa. Usaha ini sudah dijumpai sejak kehadiran ponsel pertama kali di awal 2000-an lalu. Hingga kini bisnis ini masih dijumpai baik itu di kota besar maupun di wilayah terpencil seperti pedesaan.

Jika Anda berniat membuka usaha, konter pulsa dapat menjadi alternatif usaha yang terus berjalan seiring dengan perkembangan zaman. Terlebih jika lokasi tempat tinggal berada di lingkungan pedesaan dimana pengaruh teknologi masih dalam masa transisi.

Sehingga banyak yang masih menggunakan ponsel biasa dan umumnya belum mengetahui pengisian pulsa secara mandiri. Untuk modalnya sendiri tidaklah terlalu besar, Anda dapat menggunakan garasi atau teras depan rumah untuk membuka usaha konter kecil-kecilan.

Apalagi sekarang pengusaha pulsa juga dapat mendaftar ke agen PPOB untuk rekomendasi pengisian ulang beberapa platform media sosial seperti Grab Kios, Mitra Tokopedia, PayFazz dan Kiosbank. Jika sudah, Anda akan memperoleh beberapa kelebihan mengisi pulsa.

Beberapa pulsa yang dapat diisi dengan menjadi agen PPOB tersebut ialah pulsa token listrik, pembayaran BPJS, pembayaran PDAM, pembayaran tiket transportasi dan pembelian data internet serta voucher game.

  • Bisnis Warung Kelontong

Usaha rumahan yang tidak ada matinya selanjutnya ialah bisnis warung kelontong atau sembako. Meskipun kini sudah banyak dijumpai Alfamart atau Indomaret namun tetap saja banyak masyarakat yang memilih berbelanja di warung kelontong.

Selain harganya yang lebih terjangkau, banyak barang yang dijual secara ecer dan lebih lengkap. Sehingga banyak dari ibu-ibu yang memilih untuk berbelanja kebutuhan dapur di warung kelontong atau sembako yang banyak dijumpai di perkampungan atau komplek.

Adapun untuk modalnya sendiri memang cukup lumayan, dimana modal awal dapat mencapai kisaran 3,5 juta rupiah. Akan tetapi omset yang dihasilkan juga cukup lumayan. Selain itu, kebutuhan barang-barang sehari-hari pasti dicari oleh masyarakat sehingga dipastikan laku.

Waktu yang dibutuhkan juga cukup fleksibel, Anda hanya perlu membuka toko pada pagi hari dan menunggu di bagian kasir sambil melakukan aktivitas sederhana lainnya. Bila sudah cukup besar, Anda juga dapat mempekerjakan orang untuk membantu melengkapi barang.

  • Bisnis Makanan Online

Satu bisnis yang sedang naik daun dan terkenal beberapa tahun terakhir ialah bisnis makanan online. Ya, dengan kehadiran GoFood, GrabFood dan ShopeeFood sekarang ini telah membantu masyarakat untuk memproduksi makanan rumahan yang dijual kepada umum.

Beberapa makanan rumahan yang dapat dijual secara online antara lain seperti risol, salad buah, martabak mini, burger mini, frozen food dan sari kurma atau sari lemon. Peminatnya sendiri tidak hanya kalangan muda namun juga beberapa keluarga yang mencoba bisnis ini.

Demikian tadi informasi dari Makin Tahu seputar usaha rumahan yang tidak ada matinya dan dapat menjadi referensi bagi Anda ketika ingin memulai usaha dari rumah. Semoga informasi Bisnis yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.


error: Content is protected !!