Cara Menghemat Air Di Kehidupan Sehari-Hari

Berikut tips menghemat air dalam kehidupan Anda sehari-hari. Air merupakan kebutuhan paling mendasar bagi manusia untuk bertahan hidup. Bahkan tak hanya manusia, makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan juga memerlukan air.

Maka dari itu berbagai cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari wajib kita dilakukan. Adapun tujuan dari menghemat air tersebut adalah agar pasokan air untuk menunjang kehidupan selalu tersedia untuk jangka panjang.

Bayangkan jika Anda harus hidup dengan pasokan air yang sangat minim seperti masyarakat di beberapa daerah yang kesulitan akses air bersih.

Untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari, mereka mengandalkan tandon untuk menampung air hujan. Hal itu dikarenakan tak adanya fasilitas air bersih seperti sumur maupun air PAM akibat sulitnya medan dan karakteristik wilayah tersebut.

Tekstur berbukit dan jauh dari mata air membuat wilayah tersebut benar-benar hanya mengandalkan air hujan untuk bertahan hidup. Jika musim kemarau mereka harus berswadaya membeli air dari luar daerah yang dikirim menggunakan mobil tangki.

Maka dari itu selagi Anda tak mengalami kesulitan dalam mendapatkan akses air bersih maka sebaiknya memanfaatkan air dengan bijak. Lantas apa saja cara menghemat air dalam kehidupan sehari-hari yang bisa Anda lakukan?

Cara Sederhana Untuk Menghemat Air

Menghemat Air dari Kamar Mandi

Salah satu pos dengan pemakaian air yang cukup banyak adalah kamar mandi. Selain untuk mandi, air juga diperlukan dalam aktivitas lain seperti menggosok gigi.

Sebenarnya tak menjadi masalah, tapi beberapa dari kita memiliki kebiasaan untuk menyalakan keran saat menggosok gigi. Jika selama ini Anda merupakan salah satunya, maka Anda bisa menghentikan kebiasaan tersebut.

Keran air yang Anda biarkan terbuka selama aktivitas menggosok gigi tentu akan menjadikan air yang mengalir lewat keran tersebut terbuang begitu saja.

Jadi sebaiknya Anda menyalakan keran seperlunya dan matikan keran selagi Anda menggosok gigi. Ini adalah cara sederhana, tetapi sangat bermanfaat.

Selain itu jika Anda selama ini terbiasa mandi menggunakan bathup, maka bisa beralih menggunakan ember demi menghemat air. Dengan menggunakan ember Anda bisa menakar air sesuai dengan kebutuhan.

Lupakan acara berendam demi penghematan Air. Selanjutnya Anda bisa mengurangi durasi waktu di dalam kamar mandi.

Semakin lama Anda beraktivitas di dalam kamar mandi maka secara otomatis penggunaan air juga akan semakin bertambah. Jadi untuk menghemat air maka sebaiknya jangan berlama-lama di dalam kamar mandi.

Periksa Pipa Saluran Air Secara Berkala

Cara hemat air di kehidupan sehari-hari yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan rutin memeriksa pipa saluran air. Ini sangat penting dilakukan untuk menjaga pasokan air untuk kebutuhan rumah tangga Anda selalu lancar.

Selain itu pengecekan juga untuk memastikan ada tidaknya kebocoran pipa yang terjadi pada saluran air tersebut. Jika terjadi kebocoran dalam jangka waktu yang lama, maka selain akan banyak air yang terbuang, Anda juga harus membayar mahal untuk air yang terbuang tersebut.

Jika tagihan air Anda terasa tak wajar dimana Anda merasa penggunaannya tak terlalu banyak, tetapi harus membayar dengan jumlah yang besar, maka bisa jadi itu adalah efek terjadinya kebocoran pipa.

Air yang telah melewati meteran air akan terhitung meskipun air tersebut hanya terbuang. Jadi Anda harus melakukan pengecekan secara rutin dan berkala pada pipa saluran air Anda agar tak mengalami hal tersebut.

Mencuci Kendaraan ke Tempat Pencucian Umum

Memang mencuci kendaraan sendiri terlihat lebih hemat. Namun tahukah Anda jika dengan mencuci kendaraan sendiri di rumah sebenarnya Anda melakukan pemborosan air?

Mencuci kendaraan yang benar adalah menggunakan air bertekanan. Dengan begitu. air yang digunakan bisa dihemat bahkan hingga 80 persen. Maka untuk menghemat air sebaiknya Anda mencuci kendaraan ke tempat pencucian yang menggunakan air bertekanan.

Mencuci Sayur dan Buah dalam Wadah

Jika selama ini Anda terbiasa mencuci buah dan sayur satu persatu menggunakan keran maka untuk menghemat air Anda bisa meninggalkan cara lama tersebut.

Cara menghemat air di dalam kehidupan sehari-hari lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencuci buah dan sayur menggunakan wadah. Cucilah buah dan sayur sekaligus dengan menggunakan wadah, bukan mencuci-nya satu persatu.

Pasalnya jika mencuci-nya satu persatu di keran, maka air yang digunakan juga akan semakin banyak dan kurang efisien. Sebaiknya cucilah sayur dan buah dalam wadah.

Memanfaatkan Air Bekas Pakai

Air bekas pakai sebaiknya jangan langsung dibuang, tapi manfaatkan-lah kembali air bekas pakai tersebut. Misalnya Anda mencuci piring di dalam ember, maka air bekas cucian piring tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menyiram tanaman.

Jadi Anda tak harus mengambil air bersih kembali untuk menyiram-nya. Dengan melakukan kebiasaan tersebut, maka Anda telah menghemat dan memanfaatkan air dengan baik.

Tutup Rapat Kran Air Jika Selesai Digunakan

Pastikan Anda menutup dengan rapat keran air jika telah selesai digunakan. Cara ini sepintas memang sangat sepele, tetapi jika Anda praktek-kan maka manfaatnya akan sangat besar.

Air yang menetes dari keran yang tak tertutup rapat akan terbuang percuma. Jika ini terus terjadi maka air yang terbuang semakin banyak. Jadi pastikan keran air Anda selalu tertutup dengan rapat jika tidak digunakan.

Mengingat pentingnya air bagi kehidupan kita dan kelestarian lingkungan maka cara-cara penghematan air memang sepatutnya dilakukan semua orang. Dengan harapan agar air bersih untuk menunjang kehidupan selalu terjaga dan terus ada.

Cek juga pembahasan mengenai cara menghemat listrik. Itulah tips dari Makin Tahu mengenai cara menghemat air di kehidupan sehari-hari yang dapat Anda praktek-kan. Anda bisa melakukan beberapa cara menghemat air di dalam kehidupan sehari-hari di atas mulai dari sekarang!


error: Content is protected !!