Berbagai Jenis Balon Promosi Yang Sering Digunakan

Apa saja jenis balon promosi? Pada saat Anda berjalan-jalan atau datang ke suatu event, tentu pernah melihat sebuah balon berukuran kecil ataupun besar dengan sebuah merek yang tertera. Balon ini sering kali disebut sebagai balon promosi, karena memang tujuan utamanya adalah untuk promosi.

Manfaat Penggunaan Balon Promosi

Media iklan dan promosi yang semakin berkembang membuat banyak orang menjadi semakin kreatif. Tidak jarang mereka mengeluarkan budget lebih untuk membuat balon promosi dengan berbagai bentuk. Lantas apa sajakah kegunaan balon promosi tersebut?

Dinilai Lebih Efektif

Penggunaan balon promosi dinilai jauh lebih efektif dibandingkan dengan promosi menggunakan cara lain seperti banner atau spanduk.

Hal ini karena bentuknya yang cenderung unik sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak kalangan, terutama bagi Anda yang menyasar konsumen anak-anak.

Bisa Dijadikan Souvenir

Balon promosi yang berukuran kecil juga bisa digunakan sebagai hadiah. Secara tidak langsung, tentunya hal ini juga menjadi sebuah ajang promosi meskipun pada akhirnya bisa menjadi mainan anak-anak.

Akan tetapi, bagi para pengunjung event tentunya juga akan senang dengan hadiah tersebut dan menjadikan mereka tertarik untuk mengenal lebih dekat produk yang tengah dipromosikan.

Harga Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan media lain seperti billboard, harga balon promosi ini cenderung lebih terjangkau tergantung jenis dan ukuran balon. Harga ini juga dapat dilihat berdasarkan harga produksi dari tempat pembelian atau-pun penyewaan balon tersebut.

Jenis Balon Promosi Yang Umum Digunakan

Berbagai jenis dan ukuran balon promosi kerap menjadi pilihan para tim marketing untuk mempromosikan produk atau event mereka. Berikut beberapa jenis balon yang biasa digunakan.

Balon Udara (Sky Balloons / Gas Ballons)

Balon udara digunakan di berbagai tempat untuk dapat membantu mempromosikan brand / produk perusahaan. Balon udara memang dapat melayang atau terbang karena di isi oleh gas helium dan di ikat menggunakan tambang.

Ada berbagai macam jenis balon udara yang dapat Anda gunakan untuk acara perusahaan seperti; Balon Udara Zeppelin, Balon Udara Kotak / Kubus, Balon Udara Oval, Balon Udara Bulat dan lainnya.

Balon Zeppelin

Balon udara Zeppelin adalah balon udara yang dapat terbang karena berisikan gas helium. Jenis balon ini memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki bentuk yang unik seperti peluru.

Balon Zeppelin memiliki ukuran beragam dan dapat di tempatkan di acara dalam ruangan dan luar ruangan. Balon ini juga ada yang bisa digerakkan menggunakan remote control untuk maju, mundur dan berbelok.

Balon Kubus

Sama halnya dengan balon oval, namun hanya berbeda bentuk saja. Ukurannya pun beragam, ada yang 3x3x3 meter hingga 4x4x4 meter. Penggunaan balon udara jenis ini cukup sering karena dapat memuat 4 sisi desain promosi sehingga dinilai lebih efektif diketahui banyak orang.

Balon Oval / Bulat

Secara umum, jenis balon oval kerap menjadi salah satu pilihan promosi yang digunakan. Berdiameter sekitar 12 feet dengan dimensi sekitar 2×2 meter, dan berbagai PVC Vinyl. Balon ini kerap dipasang di atas gedung toko dengan sistem penyewaan dan maintenance per bulan seperti reklame.

Balon Karakter / Custom

Pernah melihat balon berbentuk botol atau tabung berukuran besar yang dipasang di suatu tempat event? Ya, balon ini memang menjadi salah satu bentuk balon promosi yang cukup sering digunakan.

Tentunya balon ini memiliki bentuk yang menyerupai aslinya sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen atau pengunjung.

Balon Gate / Gapura

Balon Gate (Inflatable Gates) adalah balon yang digunakan dalam berbagai acara outdoor seperti jalan sehat, pameran, hingga garis start / finish untuk sejumlah perlombaan.

Balon Gate Balon Gerbang Promosi

Namun tidak jarang juga ditemui pada beberapa toko untuk sekedar menyambut tamu yang datang. Balon ini kerap dijual dengan atau tanpa blower sehingga bongkar pasang-nya cenderung lebih mudah.

Balon Dancing

Balon Dancing (Air Dancers) dengan ciri khas berbentuk orang dengan gerakan-gerakan khas ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Ada berbagai ukuran, mulai dari yang seukuran orang dewasa hingga yang tingginya mencapai 4 meter.

Balon Dancing Air Dancers

Balon ini memiliki kelebihan dapat dibongkar pasang sendiri karena dibekali dengan mesin blower yang membuatnya seolah-olah sedang menari / bergerak untuk memanggil.

Balon Tabung / Tepuk

Pernah menyaksikan pertandingan badminton atau event olahraga lainnya? Tentunya Anda tidak asing dengan balon yang berbentuk tabung panjang dan dapat digunakan sebagai media untuk menyemangati para atlet yang sedang bertanding.

Dikenal dengan nama Balon Tepuk / Cheer Sticks tentunya bisa menjadi media promosi yang efektif, mengenalkan produk yang tertera, bahkan dapat dibawa pulang sebagai souvenir.

Bagaimana Memilih Balon Promosi

Menggunakan balon sebagai sebuah media promosi memang sudah lazim saat ini. Akan tetapi, perlu diperhatikan terlebih dahulu beberapa hal sebelum kemudian memilih balon seperti apa yang akan dipakai untuk mempromosikan produk atau event Anda. Berikut beberapa referensinya.

Sesuaikan Dengan Event

Hal yang penting adalah menyesuaikan dengan event atau produk yang dipromosikan. Misalnya jika Anda ingin mengiklankan produk pada toko berlantai satu, akan lebih baik menggunakan balon promosi berbentuk gerbang atau balon dancing yang tidak terlalu besar.

Kemudian untuk event yang berkaitan dengan outdoor, menggunakan balon dancing besar atau balon berukuran oval / kubus bisa menjadi pilihan sehingga dapat dipasang di tempat yang tinggi dan luas. Dengan begitu, promosi juga akan lebih efektif dan tahu tempat.

Perhatikan Budget

Budget juga menjadi salah satu pertimbangan yang penting diperhatikan. Balon promosi seperti ini ada yang sistem-nya sewa per bulan, ada juga yang sistem-nya pembelian. Ingin memilih yang seperti apa, tentu diperhatikan juga dari kegunaan dan anggaran yang Anda miliki.

Sekian pembahasan mengenai berbagai jenis balon promosi yang sering digunakan untuk membantu promosi atau menarik perhatian calon klien. Semoga artikel promosi dari Makin Tahu dapat memberikan manfaat untuk Anda!


error: Content is protected !!