Pengertian Billboard, Jenis, Teknologi Dan Aplikasinya

Pernah Anda melihat papan iklan yang dipasang di atas gedung-gedung tinggi atau yang hanya berdiri sendiri seperti tiang listrik? Media promosi tersebut sering disebut dengan billboard. Pengertian billboard sendiri cenderung mengarah pada papan iklan yang sering Anda lihat.

Papan iklan saat ini sangat diperlukan saat ini untuk sarana komunikasi, bahkan sudah ada perubahan karena mengikuti perkembangan teknologi digital. Untuk mengetahui lebih dalam apa pengertian billboard sebenarnya, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Billboard Sebagai Media Promosi

Dalam bahasa Inggris papan iklan disebut juga dengan billboard. Orang-orang Indonesia pada umumnya juga jarang menyebut media iklan ini sebagai papan iklan, melainkan spanduk besar.

Secara fungsi sama saja, tapi secara konstruksi dan cara penyampaiannya sangat berbeda. Billboard adalah jenis reklame luar ruangan yang ditempatkan di tempat ramai untuk tujuan promosi suatu produk barang atau jasa.

Papan iklan ini biasanya ditemukan berdiri sendiri atau menempel pada konstruksi bangunan dan umumnya berukuran besar. Mengapa banyak perusahaan yang menggunakan billboard sebagai sarana promosi?

Itu karena biaya operasionalnya murah dan durasinya juga dapat diatur, bahkan dapat lebih dari 1 bulan. Untuk masalah biaya operasional yang murah itu dikarenakan sebagian besar billboard saat ini sudah mengusung sistem komputer dalam satu paket.

Dengan kata lain, pihak perusahaan tidak perlu membeli perangkat terpisah untuk mengatur sistem yang ada pada billboard tersebut. Billboard juga dapat dikatakan poster yang berukuran besar.

Saat ini, cara penyampaian informasi suatu produk melalui iklan terus berkembang mengikuti tren teknologi digital. Dahulu pembuatan iklan baru sebatas menggunakan media kertas yang disebar ke banyak orang.

Tetapi sekarang dengan adanya teknologi digital yang membawa kesan visual audio membuat iklan tidak hanya berisi tulisan-tulisan statis. Sekarang konten yang terkandung dalam iklan dipenuhi dengan animasi-animasi menarik dan gaya-gaya visual lainnya.

Jenis-Jenis Billboard

Billboard terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan durasi dan gaya penyampaiannya. Berikut jenis-jenis billboard yang sering digunakan:

Baliho

Billboard atau papan iklan Baliho memiliki durasi penayangan yang relatif sebentar, sehingga tidak dipasang secara permanen. Biasanya isi yang dibawa berupa informasi suatu event sementara seperti konser, pilgub dan sebagainya.

Megatron

Ini merupakan inovasi selanjutnya yang menerapkan unsur grafis di dalamnya. Bisa dibilang megatron merupakan papan iklan digital yang berisi animasi atau gambar bergerak dengan memanfaatkan teknologi visual.

Videotron

Sama seperti megatron yang menggunakan teknologi digital sebagai upaya menarik perhatian orang-orang. Tetapi, videotron lebih mengutamakan unsur perfilman atau video digital untuk tujuan promosinya. Sehingga tidak hanya animasi bergerak saja yang disajikan, tapi juga ada video panjangnya.

Perkembangan Teknologi Billboard

Era digitalisasi sudah berkembang pesat hingga saat ini, penyebaran suatu informasi sebagian besarnya dilakukan secara digital. Begitu pula dengan dunia pemasaran yang menggunakan billboard untuk promosi.

Sejatinya billboard yang memproyeksikan gambar visual disebut dengan papan merek digital atau billboard digital, contohnya Megatron dan Videotron. Penggunaan jenis ini tidak hanya mengundang perhatian tetapi juga programmable.

Artinya pemilik iklan tersebut bisa menyesuaikan, memperbaharui dan mengatur konteks iklannya sesuka hati dengan sangat mudah, karena menggunakan sistem komputer sebagai akses utamanya.

Konten yang ditampilkan umumnya berbentuk gambar, animasi, video atau interaktivitas atau sekedar tulisan bergerak yang dihiasi dengan lampu warna-warni. Jenis layar yang digunakan adalah LCD, LED dan plasma.

Untuk mengoperasikannya biasanya pihak perusahaan akan mendapati piranti lunak yang sesaui dengan perangkat kerasnya. Infrastruktur billboard juga pada umumnya sudah menggunakan jaringan komputer yang memiliki sistem kendali jarak jauh.

Sayangnya, karena sistem ini menggunakan jaringan komputer membuatnya rentan terkena serangan hacker. Papan merek digital bisa saja disalahgunakan, misalnya untuk menampilkan hal-hal yang tidak senonoh atau peringatan yang membuat masyarakat resah.

Oleh sebab itu pihak perusahaan yang mengoperasikan sebuah papan iklan harus memiliki sistem pertahanan atau firewall yang kuat untuk mengatisipasi tindakan kejahatan seperti itu.

Aplikasinya Di Area Publik Dan Privat

Pengaplikasian billboard tidak harus untuk sarana promosi barang. Dalam ruang lingkup yang lebih luas, billboard justru dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain yang juga bermanfaat bagi masyarakat.

Karena papan iklan ini termasuk ke dalam reklame, maka ia membawa fungsi-fungsi dari reklame itu sendiri. Salah satu fungsi reklame adalah sebagai sarana komunikasi antara yang membuat dengan pembaca. Berikut penerapan fungsi tersebut pada billboard;

  1. Informasi umum, informasi lokal sesuai lokasi, cuaca, berita dan informasi perjalanan. Misalnya, berita cuaca terkini untuk wilayah DKI Jakarta, isinya mengandung detail suhu, prakiraan hujan dan cuaca setempat.
  2. Informasi internal, kesehatan dan keselamatan. Contohnya adalah larangan melanggar lampu lalu lintas atau saran kesehatan seperti ajakan untuk melakukan sunat.
  3. Penamaan merek, papan merek di dalam toko. Contohnya papan nama berukuran besar yang mengatakan sebuah merek produsen. Anda bisa temukan di pusat-pusat perbelanjaan.
  4. Periklanan, papan merek digital yang mengandung promosi suatu produk barang atau jasa. Contohnya papak merek digital produk gadget.

Beberapa aplikasi billboard di atas pasti sering Anda temukan di pusat kota-kota besar, tempat perbelanjaan dan tempat-tempat ramai lainnya. Dan dari semua itu, kebanyakan yang digunakan oleh suatu organisasi adalah jenis billboard digital.

Kesimpulan

Sampai di situ saja pengertian billboard dan rincian lainnya. Kesimpulanya, dunia periklanan akan terus mengikuti era digital dan mengubah gaya penyampaiannya.

Billboard dahulu hanya berisi tulisan statis yang membosankan, tetapi sekarang sudah mulai memasukkan seni grafis yang dapat di program sesuka hati. Itulah penjelasan dari Makin Tahu mengenai pengertian billboard, jenis, teknologi dan aplikasinya.


error: Content is protected !!