5 Keutamaan Sedekah Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan mestinya dinanti oleh setiap muslim, dimana di bulan ini banyak keberkahan dan limpahan pahala yang dijanjikan oleh Allah SWT jika Anda melakukan amal soleh. Termasuk salah satunya melakukan sedekah di Bulan Ramadhan.

Sehingga sekalipun sedekah yang Anda lakukan itu ter-kategori hukumnya sunnah, namun melewatkan bersedekah di Bulan Ramadhan akan menjadi sebuah kerugian dan penyesalan mengingat banyaknya keutamaan-nya.

Bahkan ini disinggung dengan jelas oleh Rasul Saw. Beliau secara spesifik menyatakan, bahwa sedekah yang paling baik adalah sedekah di bulan ini.

Dalam sebuah riwayat Rasul Saw pernah ditanya oleh salah seorang sahabatnya, “Ya Rasulullah, sedekah apakah yang paling utama?” Maka Rasulullah Saw menjawab, “Sedekah pada Bulan Ramadhan,” (HR At-Tirmidzi).

Keutamaan Sedekah Di Bulan Ramadhan

Lantas apa saja keutamaan sedekah di Bulan Ramadhan? Berikut Makin Tahu sajikan pembahasan-nya khusus untuk Anda.

Di Contoh Kan Langsung Oleh Nabi Muhammad Saw

Nabi Muhammad SAW adalah sebaik-baik contoh bagi seorang muslim. Oleh karena itu, meneladani jejak amalnya sama dengan menyusuri jalan menuju surga-Nya.

Berkaitan dengan hal ini sesungguhnya memperbanyak amalan sedekah bukanlah sesuatu yang tak berdasar. Hal ini contoh-kan langsung oleh Beliau.

Rasul Saw yang dikenal sosok dermawan dalam suatu riwayat disebutkan menjadi lebih murah lagi memberikan pemberian ketika memasuki Bulan Ramadhan.

Dalam sebuah riwayat, dikisahkan oleh Ibnu Abbas:

“Rasulullah SAW adalah sosok yang paling dermawan. Dan Rasul SAW menjadi lebih dermawan lagi ketika Bulan Ramadhan saat Beliau bertemu dengan malaikat Jibril. Jibril menemui-nya setiap malam untuk mengajarkan Alquran. Dan kedermawanan Rasul SAW melebihi angin yang berembus.”

Maka dari itu jika Anda memang muslim yang benar-benar mencintai Nabi Muhammad Saw, maka sudah sepatutnya juga menambah level kedermawanan di bulan yang suci ini.

Sedekah Di-Ganjar Pahala Berkali-Kali Lipat

Pada dasarnya pahala sedekah yang dilakukan diluar Bulan Ramadhan juga sudah besar ganjarannya. Namun jika Anda melakukannya di bulan yang mulia ini, pahala yang besar tersebut akan di-ganjar dengan balasan yang lebih besar lagi.

Hal ini mengingat setiap amal soleh di Bulan Ramadhan ganjaran berkali-kali lipat. Dalam sebuah hadis, Baginda Nabi Saw. bersabda:

“Setiap amalan baik yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan jumlah sepuluh kebaikan yang semisalnya, hingga tujuh ratus kali lipat,” (HR Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu kepada umatnya, Nabi Muhammad SAW mendorong agar menambah intensitas dan kualitas sedekahnya ketika memasuki bulan penuh rahmat ini.

Tentu saja Anda yang tak punya banyak harta tak perlu khawatir tidak kebagian ganjaran ini. Mengingat sedekah maknanya luas. Jika Anda tak memiliki harta, Anda bisa bersedekah membantu orang lain dengan pikiran, tenaga, bahkan dengan senyuman yang sangat mudah dilakukan.

Sedekah Membuat Pelakunya Mendapat Pahala Puasa Orang Lain

Salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh seorang muslim adalah memberi sedekah makanan di Bulan Ramadhan untuk berbuka puasa.

Memberikan hidangan makanan atau minuman bagi orang lain yang berpuasa apalagi kepada orang yang fakir dan miskin, memiliki keutamaan tersendiri di hadapan Sang Maha Pencipta.

Mengenai hal ini dalam suatu riwayat Rasulullah SAW bersabda:

“Orang yang memberi hidangan untuk orang lain yang sedang berpuasa, maka ia akan mendapatkan pahala orang tersebut (yang diberi hidangan) tanpa sedikitpun mengurangi pahala orang tersebut.” (HR At-Tirmidzi)

Tidak ada ketentuan seberapa banyak hidangan yang diberikan. Dengan demikian meskipun hanya segelas air putih atau makanan takjil yang sederhana, itu juga kiranya akan mendapatkan ganjaran yang sama. Terlebih lagi jika yang diberikan lebih banyak dan didasari keikhlasan..

Bayangkan saja meski Anda puasa hanya sehari, namun dengan memberikan hidangan berbuka, Anda bisa mendapat ganjaran pahala puasa dari puluhan atau bahkan ratusan orang. Luar bisa kan?

Oleh karena itu alangkah baiknya jika Anda berkecukupan, Anda lakukan hal ini kepada banyak orang.

Sedekah Memberikan Rasa Tenang

Ibadah puasa tentunya akan semakin khusyuk Anda laksanakan jika hati tenang. Kegalauan dan gangguan yang menyelimuti pikiran, kadangkala membuat manusia jadi malas beramal. Padahal melalaikan berbagai ibadah di bulan Ramadhan adalah kerugian nyata.

Nah tahukah Anda? Sesungguhnya sedekah itu adalah salah satu cara yang dapat membuat hati Anda menjadi tenang. Mengenai hal ini, Allah SWT berfirman yang artinya;

“Orang-orang yang menafkahkan harta di malam hari serta siang hari secara sembunyi dan terang-terangan, maka mereka itu mendapat pahala di sisi Rabb-nya. Tidak ada hal yang lain terhadap mereka dan tidak (juga) mereka bersedih hati.” (TQS Al-Baqarah ayat 274)

Orang-orang yang gemar bersedekah akan diberikan rasa tenang di hatinya. Sehingga mereka bisa lebih nyaman dalam menghadapi berbagai urusan dunia. Tentu imbas nya, aktivitas ibadah juga menjadi lebih khusyuk.

Menambah Rezeki bagi yang Memberinya

Dalam konsep Islam menabung yang hakiki itu bukanlah menyimpan uang di Bank, namun mengeluarkan harta untuk diberikan di jalan Allah Swt. Itulah kelak yang akan menjadi tabungan di Hari Akhir.

Oleh karena itu Islam juga memberikan peringatan, bahwa seseorang tak perlu takut hartanya habis jika ia bersedekah dalam rangka meraih ridho-Nya. Mengenai hal ini, Allah SWT menyampaikan dalam firman-Nya:

“Dan barang apapun yang kamu nafkah kan, maka Allah akan menggantikannya dan Ia lah Pemberi rizki yang sebaik-baiknya.”(TQS Saba ayat 39)

Nah demikianlah pembahasan dari Makin Tahu mengenai keutamaan sedekah di Bulan Ramadhan. Tunggu apalagi, ayo sedekah jangan ditunda-tunda! Siap?


error: Content is protected !!