30 Ucapan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei Penuh Makna

Hari Pendidikan Nasional merupakan hari penting yang diperingati setiap tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Hari itu bertepatan dengan hari lahir Bapak Pendidikan Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara. Mendekati tanggal ini, biasanya orang Indonesia akan mulai mencari ucapan hari pendidikan nasional.

Kata “ucapan” ternyata memiliki beberapa makna yang beragam. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia versi terbaru, pengertian “ucapan” adalah “perkataan sebagai pernyataan rasa hati (seperti rasa sukacita, rasa terima kasih, dan sebagainya)”.

Hari Pendidikan Nasional merupakan salah satu hari sakral di mana rakyat Indonesia mengakui kedudukannya sebagai seorang pelajar seumur hidup serta menghargai jasa pahlawan pendidikan bangsa, Ki Hajar Dewantara.

Mengenal Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara, yang bernama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, adalah salah seorang tokoh berpengaruh sebagai pelopor pendidikan di Indonesia serta pendiri Taman Siswa, sebuah lembaga pendidikan.

Beliau terkenal dengan semboyannya yang berbunyi, “Ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.” semboyan tersebut memiliki arti di depan menjadi teladan, di tengah membangun semangat, di belakang memberikan dorongan.

Tak dapat dipungkiri bahwa semboyan beliau merupakan semboyan ikonik yang senantiasa bergema di seluruh penjuru negeri ini. Anda dapat dengan menemui tulisan-tulisan berisi semboyan ini di logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Oleh karena itu, sebagai wujud rasa terima kasih dan bangga rakyat Indonesia dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional ini, rakyat Indonesia berbondong-bondong membuat untaian kata sebagai ucapan.

Umumnya, orang Indonesia membutuhkan ucapan-ucapan ini guna diunggah di halaman media sosial masing-masing. Umumnya, konten ucapan akan diunggah di platform seperti WhatsApp, Instagram, Twitter, dan lain-lain melalui tulisan maupun disertakan dalam sebuah gambar.

Jika Anda sedang mencari ucapan hari pendidikan nasional 2022, maka Anda akan menemukan jawabannya di sini. Inilah contoh ucapan hari pendidikan nasional penuh makna guna memenuhi kebutuhan konten medsosmu!

Ucapan Hari Pendidikan Nasional

Di sini, Anda akan menemukan dua kategori berbeda, sebagai inspirasi  ucapan, yaitu ucapan hari pendidikan nasional untuk guru dan ucapan untuk murid. Ucapan ini bersifat kondisional dan cocok Anda gunakan di kesempatan apapun.

Nah, untuk tahu lebih lengkapnya, scroll down, ya!

Ucapan Hari Pendidikan Nasional untuk Guru

“Generasi muda harapan bangsa. Pendidikan tulus pilar generasi muda. Mantapkan tekad, satukan langkah. Jadikan hari ini semangat untuk terus melaju ke depan.”

“Bulatkan tekad sebagai guru, supaya upaya anak didik meraih impiannya dapat terbantu! Maju selalu guru bangsaku, jasamu kan abadi selalu.”

“Jika menjadi guru adalah panggilan jiwa, maka maksimalkan upaya Anda demi masa depan harapan bangsa.”

“Gemilang harapan anak bangsa untuk mengenyam pendidikan setinggi-tingginya. Gemintang menyebar di angkasa serupa upaya guru mendidik para siswanya.”

“Gerakkan roda pendidikan demi menggapai cita-cita bangsa yang mulia. Bangun prinsip kuat memajukan bangsa dan negara.”

“Menjadi guru bukan hanya soal gaji atau materi. Lebih penting dari itu, ini semua semerta-merta adalah demi mengantar anak didik menggapai cita-citanya selama ini.”

“Wahai pahlawan tanpa tanda jasa, terima kasih telah mengantarkan kami menuju pintu gerbang masa depan yang lebih bersahaja. Wahai pahlawan tanpa tanda jasa, baktimu akan kukenang untuk selama-lamanya.”

“Harta dan tahta hanyalah sementara. Namun, ilmu dan pendidikan adalah warisan berharga untuk kemajuan bangsa.”

“Pertahankan integritas, utamakan kualitas, jadikan siswa pribadi cerdas. Maju terus guru Indonesia.”

“Mengemban amanah menjadi guru memanglah tak mudah. Menjadi seorang guru berarti telah menyanggupi tugas negeri untuk mendewasakan pikiran dan diri bersama anak didik.”

“Terima kasih bapak ibu guru. Kami dapat berada di titik ini atas jasamu.”

“Semarakkan Hari Pendidikan Nasional dengan terus menyalakan semangat mencerdaskan bangsa, demi kehidupan yang adil, makmur, dan sejahtera. Hidup masa depan pendidikan Indonesia!”

“Seperti menuang tinta di kertas putih, seperti itulah jasamu wahai guruku. Semoga bapak/ibu guru sejahtera selalu.”

“Dari mana kami dapatkan air kalau tidak di sungai, dari mana kami dapatkan ilmu kalau bukan darimu. Wahai guruku, semoga engkau senantiasa sejahtera selalu, demi bangkitnya pendidikan lebih dari masa lalu.”

“Bangsa yang hebat dibangun dengan gotong-royong rakyatnya membangun pendidikan. Kuatkan pilar pendidikan Indonesia, satukan tujuan dalam bernegara. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022.”

Ucapan Hari Pendidikan Nasional untuk Murid

“Pelajar yang hebat adalah mereka yang pantang menyerah dalam menimba ilmu dan menghormati guru.”

“Mereka yang berdaya adalah mereka yang pantang menyerah mengutamakan pendidikan sepanjang hidupnya.”

“Di hari pendidikan ini, mari berlomba menjadi siswa yang berkarakter dan berbudi pekerti.”

“Langkahkan kaki, tegakkan kepala. Satukan niat, luruskan tekad. Ayo maju bersama membangun pendidikan Indonesia.”

“Dengarlah nyanyian kebanggan tanah air di ujung sana. Bila engkau mau belajar, niscaya kamulah yang akan meneruskan nyanyian tersebut ke generasi selanjutnya. Selamat Hari Pendidikan Nasional.”

“Janganlah kamu menjadi siswa yang setengah-setengah; maksimalkan potensi, raihlah prestasi.”

“Tidak ada pendidikan yang menjamin kesuksesan. Namun, dengan pendidikan, niscaya pola pikirmu akan menjadi tercerahkan.”

“Ilmu pengetahuan adalah guru, kita semua adalah muridnya. Serap segalanya dari sang guru, agar kelas dapat mengambil faedahnya.”

“Tuntutlah ilmu hingga akhir hayatmu, agar kelak kau bisa makmur bersama masa depanmu.”

“Segala pencapaian adalah hasil dari proses pembelajaran. Maka dari itu, belajarlah kamu.”

“Menuntut ilmu tidak harus melulu di sekolah. Seraplah ilmu sebanyak mungkin dari setiap pengalaman hidupmu. Belajarlah dari pengalaman itu, agar kelak kamu dapat memetik buah kesuksesanmu.”

“Wahai putra putri bangsaku, jadilah kamu pejuang pendidikan di garda terdepan. Raih panji-panji kemenangan dalam ilmu pengetahuan. Selamat Hari Pendidikan Nasional. Jadilah kamu insan yang cerdas lagi membumi.”

“Tiada kata terlambat untuk menuntut ilmu, tiada kata telat untuk berguru kepada siapapun itu. Carilah pengalaman sebanyak mungkin, agar kelak terang jalanmu.”

“Setiap tetes peluh mengandung arti. Setiap tetes air mata menyimpan beribu kisah perjuangan untuk negeri. Gaungkan pentingnya pendidikan guna kecerdasan bangsa di masa depan nanti.”

“Siswa yang hebat adalah bangsa yang gemar belajar. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang berisi kaum-kaum terpelajar. Mari bersama-sama memajukan kualitas dan martabat bangsa.”

Kesimpulan

Hari Pendidikan Nasional memang-lah suatu hari yang patut diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Jadikan momen Hari Pendidikan Nasional ini  sebagai momen untuk selalu mengingat dan melanjutkan jasa para pahlawan pembangun pendidikan bangsa.

Untuk Anda para putra-putri masa depan negeri, jadilah masyhur dan membumi. Pijak-kan kaki menuju masa depan yang berbudi pekerti, untuk kualitas pendidikan Indonesia yang semakin maju lagi.

Semoga contoh ucapan Hari Pendidikan Nasional penuh makna dari Makin Tahu dapat Anda jadikan sumber inspirasi untuk mengucapkannya ke keluarga, teman, kolega, maupun guru yang ingin Anda apresiasi.


error: Content is protected !!