6 Keistimewaan Sedekah Anak Yatim Bagi Kaum Muslimin

Apakah Anda tahu bahwa sedekah anak yatim itu merupakan salah satu amalan mulia yang dipuji oleh Allah SWT dan Rasul-Nya? Jika iya sesungguhnya tak ada alasan bagi Anda untuk tidak melakukannya.

Anda perlu untuk mengetahui berbagai keistimewaannya agar ter-motivasi untuk melakukannya. Sesungguhnya persoalan anak yatim termasuk yatim piatu banyak disinggung oleh Allah SWT dalam al-Quran dan oleh Nabi Muhammad Saw dalam berbagai riwayat yang dikisahkan oleh para ulama.

Keistimewaan Sedekah Anak Yatim

Lantas apa saja keistimewaan sedekah kepada anak yatim? Berikut ini Makin Tahu jabarkan beberapa poin-nya untuk Anda.

Dekat Dengan Rasulullah Saw Di Akhirat Nanti

Jika Anda punya kerabat atau tetangga yatim dan disaat yang sama Anda berkecukupan harta, maka sebaiknya Anda pertimbangkan untuk segera memuliakannya.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw memberikan dorongan untuk menanggung anak yatim, karena dengan itu Anda akan bersama Beliau kelak di surga-Nya. Rasul Saw bersabda;

“Aku dan orang yang menjadi penanggung anak yatim (kedudukannya) saat di Surga seperti ini (Beliau mengisyaratkan kedekatan-nya seperti jarak antara jari telunjuk dan jari tengah)” (H.R. Imam Bukhari).

Apakah Anda ingin sedekat itu dengan manusia mulia yang Anda cintai itu? Maka dekatilah anak yatim ketika di dunia.

Menjadi Bukti Keimanan Dan Ketakwaan Kepada Allah SWT

Selain akan menjadi orang dekat Nabi Saw, sedekah kepada anak yatim juga adalah tanda yang bisa Anda persembahkan kepada Allah SWT, bahwa Anda memang orang yang beriman. Dalam sebuah hadis yang, Nabi Muhammad Saw pernah menyampaikan:

“Bukanlah orang yang beriman, yakni ia sendiri yang kenyang sedangkan tetangga (di sampingnya) mengalami kelaparan.”(H.R. Imam Bukhari). Cobalah Anda tengok sekitar Anda, kiri dan kanan Anda mungkin ada janda-janda yang susah payah menghidupi anak-anaknya yang sudah yatim.

Bahkan bukan tak mungkin juga ada di dekat rumah Anda anak yatim yang hidup sebatang kara dan menghadapi kerasnya hidup tanpa perlindungan orangtuanya yang sudah tiada.

Jika Anda memang orang beriman, mestinya Anda tak mengabaikan itu semua. Tunjukkan kepedulian Anda sebagai bukti bahwa Anda memang manusia yang beriman kepada-Nya.

Diberikan Rezeki Yang Baik Oleh Allah

Sedekah secara umum akan memberikan kemudahan rezeki bagi pelakunya. Hal ini sudah banyak dijelaskan oleh Allah SWT dalam firman-Nya. Bahwa apa yang manusia sedekah kan hakikatnya tidak akan mengurangi harta.

“Sebenarnya para manusia yang bersedekah, baik itu laki-laki maupun itu perempuan dan meminjamkan kepada Allah SWT pinjaman yang baik,  maka niscaya akan dilipat gandakan (ganjaran kebaikannya) kepada mereka dan bagi mereka (mendapat) pahala yang banyak.” (TQS al-Hadid ayat 18).

Bersedekah kepada orang biasa saja diberi ganjaran. Lebih-lebih jika Anda memutuskan untuk menanggung secara penuh kehidupan anak yatim. Harta dan energi yang Anda keluarkan tentunya akan sangat berlipat.

Jadi Anda tak perlu takut akan kekurangan rezeki. Karena setiap makhluk yang ada di muka bumi sudah dijamin rezekinya oleh Allah SWT. Termasuk ketika Anda memutuskan bertanggung jawab menghidupi anak yatim.

Terhindar Dari Golongan Pendusta Agama

Dengan menunjukan kepedulian kepada anak yatim, Anda juga bisa terhindar dari ancaman Allah SWT yang melabeli sebagian manusia dengan karakter pendusta agama. Dalam al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Tahukah kamu (manusia) yang mendustakan agama? Maka itulah orang yang melakukan hardikan kepada anak yatim dan tidak mendorong untuk memberi makan orang miskin.” (TQS al-Maun ayat 1-3).

Jelas sekali bahwa Allah Swt mendorong manusia untuk tidak memperlakukan anak yatim dengan buruk. Sebaliknya, mereka justru layak untuk dilindungi dan diberi sedekah untuk anak yatim.

Dengan demikian jika Anda ingin terhindar dari golongan pendusta agama yang kelak menempati neraka, maka perlakukanlah anak yatim dengan baik.

Membebaskan Diri Dari Api Siksa Kubur

Apakah Anda tergolong manusia yang takut dengan siksa di alam kubur? Jika iya, maka berusahalah memberi sedekah kepada anak yatim sejak hari ini. Aktivitas tersebut bisa membantu Anda bebas dari siksa api neraka.

Dalam sebuah hadis, Baginda Nabi Saw pernah menyampaikan: “Sedekah itu akan memadamkan api siksaan ketika di dalam kubur.” (H.R. Tabrani).

Jika Anda belum mampu memberikan sedekah berupa harta, maka sedekah anak yatim mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperlakukannya secara baik.

Bahkan walau dengan ungkapan kalimat thayyibah, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasul Saw: “Jika kamu tidak punya (harta), maka bisa dengan kalimat thayyibah.”(H.R. At-Tabrani)

Menghindarkan Diri Dari Bala Dan Bencana

Jika Anda menginginkan kehidupan yang jauh dari berbagai ancaman bala yang menimpa hidup Anda, maka bentuk penjagaan-nya tak melulu dengan menyewa satpam atau bahkan bodyguard.

Anda bisa melindungi diri Anda dengan cara bersedekah kepada anak yatim. Ketahuilah bahwa hal tersebut bisa membantu Anda untuk terhindar dari berbagai hal buruk.

Dalam sebuah hadis yang cukup terkenal, Nabi Saw bersabda: “Bersegeralah untuk bersedekah, karena bala bencana tidak pernah mampu mendahului sedekah.” (H.R. Baihaqi).

Jelas sekali bahwa sedekah bisa memagari bencana yang mungkin datang. Oleh karena itu, santunilah anak yatim dan muliakanlah mereka agar Anda bisa tergolong manusia yang diberikan perlindungan oleh Sang Maha Kuasa.

Sampai sini apa yang Anda pikirkan? Apakah Anda masih untuk melakukan sedekah anak yatim? Jika masih ragu, ada baiknya Anda perbaiki iman agar hati menjadi semangat dengan tawaran pahala dan takut dengan ancaman siksa neraka.


error: Content is protected !!