Pengertian Poster Tujuan, Jenis Dan Ciri-Cirinya

Berikut pengertian poster tujuan, jenis dan ciri-ciri poster yang perlu diketahui. Anda pasti tahu poster yang ditempel atau digantung di perempatan jalan. Walaupun kadang terkesan merusak pemandangan ternyata punya makna tersendiri.

Namanya poster dan masuk dalam kategori media untuk promosi berbagai hal. Tapi tahukah Anda apa pengertian poster dan hal-hal penting terkait dengan keberadaannya? Menurut sejarah di kawasan Yunani beberapa abad yang lalu, poster dibuat berbentuk surat yang diedarkan, media pembuatannya adalah kayu tembok bangunan atau kayu.

Kemudian berkembang sejak akhir awal abad ke-18, dan masterpiece poster adalah karya Jules Cheret (Bapak Poster Modern) dan Toulouse Lautrec tahun 1891. Sebenarnya ada banyak karya poster yang dibuat oleh berbagai tokoh saat itu, Anda dapat mengetahuinya disini Desain Poster Dari Masa Ke Masa.

Sekarang poster hadir memberikan berbagai informasi dan ditempatkan di berbagai tempat penting seperti pemberhentian bus, bioskop, mall, sekolah dan tempat lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Pengertian Poster

Secara umum pengertian poster adalah gabungan desain tulisan dan gambar yang diletakkan pada lokasi tertentu yang mudah terlihat, untuk menyampaikan sebuah pesan. Ahli Zanu menyebutkan bahwa poster adalah gambar yang didesain semaksimal mungkin dengan kata-kata yang sedikit, lalu hasilnya di tempel di lokasi tertentu.

Lain lagi menurut Sudjana dan Rivai yang menyebutkan bahwa poster merupakan desain kolaborasi antara visualisasi yang kokoh, terdiri dari banyak warna dengan tujuan menarik perhatian.

Tujuan Poster

Poster biasanya digunakan untuk tujuan tertentu seperti;

  1. Mengajak orang yang melihat untuk melakukan hal yang disampaikan melalui poster, bisa untuk tujuan komersial seperti membeli produk tertentu. Tapi bisa juga untuk tujuan sosial yang berkaitan dengan simpati masyarakat akan kondisi tertentu.
  2. Mengingatkan kembali pada masyarakat, tentang sebuah pesan penting yang sebenarnya sudah ada sebelumnya. Contohnya, pesan menjaga diri melalui poster kesehatan yang sebenarnya sejak dulu sudah diketahui masyarakat.
  3. Mencari perhatian masyarakat terkait pesan yang disampaikan, sehingga mereka jadi lebih peduli pada pesan dan tersugesti untuk melakukan pesan tersebut.

Ciri-Ciri Poster

Kalau Anda ingin membuat sebuah poster, pastikan terlebih dahulu semua ciri-ciri berikut ini ada di dalam hasil karya tersebut.

  • Menggunakan gambar untuk menyampaikan sebuah pesan. Bisa berupa gambar orang, tempat, hingga objek-objek tertentu.
  • Gambar dibuat menarik sesuai dengan tujuan pembuatan poster. Perpaduan warnanya dibuat maksimal agar punya daya tarik sendiri. biasanya dipilih warna gambar terang dan mencolok. Contohnya untuk mempromosikan produk sesuai pengertian poster niaga yang bertujuan promosi, tentu perlu gambar ikonik yang menarik.
  • Dipasang pada permukaan yang datar, agar mudah dilihat dan menarik perhatian. Contohnya ditempel di dinding, media kayu, atau kain dengan ukuran yang cukup besar.
  • Kata-kata yang dipakai bersifat ajakan, sugesti dan harus mudah diingat. Jumlah kata yang dipakai cenderung singkat tapi mampu mewakili pesan yang ingin disampaikan.
  • Siapapun bisa membacanya dengan cepat, bahkan sambil melewati sebuah persimpangan jalan.

Syarat Poster Yang Baik

Lantas apa saja syarat untuk menghasilkan sebuah poster terbaik? pertama adalah Anda harus memastikan penggunaan tata bahasa yang mudah dimengerti oleh masyarakat. Pertama, Tak tertutup kemungkinan menggunakan bahasa daerah setempat untuk menyampaikan pesan dari poster tersebut.

Kedua yaitu kombinasi gambar dan tulisan harus menyatu dan menghasilkan sebuah pesan. Jangan sampai ada perbedaan persepsi antara gambar yang ditampilkan dengan kalimat yang dipakai. Ketiga adalah pastikan untuk menggunakan media berkualitas, agar tidak mudah rusak sebab poster pada umumnya diletakkan di tempat terbuka yang rawan kena panas dan hujan.

Keempat adalah penggunaan kalimat singkat tapi kaya makna, seperti slogan yang menarik, sehingga orang mudah mengingatnya. Dan terakhir adalah menyesuaikan ukuran dari poster dengan lokasi pemasangan, sehingga tidak terkesan terlalu besar atau malah terlalu kecil.

Jenis Poster

Banyak jenis poster yang beredar, tapi secara garis besar jenisnya dibagi atas dua yaitu poster kategori tujuan dan poster kategori isi. Berikut ini penjelasannya;

Kategori Tujuan

Poster jenis ini lebih menitikberatkan pembuatan untuk mencapai sebuah tujuan, sehingga tidak terlalu mementingkan informasi yang ada di dalamnya.

Cheesecake

Poster Cheesecake adalah poster yang tujuannya untuk mengajak orang berkontribusi pada sebuah kegiatan. Seperti pemilihan model, pemain sinetron, atau kompetisi menyanyi.

Buku

Poster buku merupakan poster yang bertujuan untuk menambah popularitas judul buku tertentu. Begitu juga dengan komik, atau film.

Kampanye

Poster kampanye tujuannya menarik simpati banyak orang kepada sebuah organisasi atau individu tertentu. Biasanya dibuat pada masa pemilihan umum suatu daerah.

Komersial

Pengertian poster komersial yaitu poster yang bertujuan mempromosikan sebuah produk, sehingga eksistensinya semakin maksimal di tengah masyarakat.

Riset

Poster riset tujuannya untuk mempromosikan sebuah kegiatan riset, sehingga semakin banyak orang yang datang menghadiri acara riset tersebut.

Propaganda

Poster propaganda bertujuan untuk melawan kelompok tertentu, namun saat ini jenis poster propaganda dilarang, karena memiliki efek perpecahan antara berbagai kelompok masyarakat dan pemerintah.

Wanted

Poster Wanted tujuannya untuk menginformasikan kondisi tertentu yang membutuhkan bantuan orang lain. contohnya poster kehilangan barang, lowongan kerja, atau poster pencarian buronan polisi.

Afirmasi

Poster Afirmasi tujuannya adalah untuk memotivasi pembaca pada pokok pembahasan poster. Misalnya tentang patriotisme, atau menjadi pribadi yang gemar menabung.

Kategori Isi

Poster yang berdasarkan kategori isi adalah poster yang dibuat untuk menyampaikan informasi penting, untuk dimengerti oleh publik.

Kegiatan

Poster kegiatan menginformasikan sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan pada jadwal tertentu. Lengkap dengan tema, lokasi hingga harga tiket jika berbayar.

Iklan Layanan Masyarakat

Poster iklan layanan masyarakat isinya menambah wawasan masyarakat tentang sebuah kondisi. Contohnya poster tentang membayar pajak, bahaya tidak menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor. Pengertian poster layanan masyarakat ini sangat mudah dipahami, karena pada umumnya orang sudah mengetahui pesan yang mau disampaikan.

Niaga

Poster niaga isinya adalah penawaran terhadap sebuah produk milik perusahaan tertentu.

Pendidikan

Poster pendidikan isinya tentang dunia pendidikan, biasanya dipasang pada sekolah-sekolah untuk menambah wawasan siswa tentang berbagai hal di dunia pendidikan.

Kelebihan Poster

Kelebihan utamanya adalah poster dapat membantu berbagai pihak untuk menyampaikan pesan yang terkandung di dalam poster tersebut. Selanjutnya adalah poster bisa dipasang dimana saja tanpa batasan lokasi, selama memiliki izin dan tidak mengganggu aktivitas banyak orang.

Kelebihan lainnya yaitu memberi dampak positif seperti perubahan sifat masyarakat akibat pesan dari poster yang mudah dipahami dan juga bisa menjadi media promosi yang sangat tepat untuk berbagai tujuan, seperti promosi produk, kegiatan, hingga personal.

Kekurangan Poster

Kekurangan utamanya adalah poster bisa menimbulkan pemahaman yang berbeda di tengah masyarakat, jika penyampaiannya tidak tepat. Kemudian bisa sangat membosankan ketika poster berada di sebuah lokasi untuk waktu yang sangat lama.

Kekurangan lainnya yaitu tidak semua orang bisa paham maksud yang disampaikan melalui poster, alhasil tak semua orang terpengaruh pada isi poster. Target pembaca yang diinginkan bisa saja bertambah ataupun berkurang tergantung pada makna yang mereka simpulkan dari pesan sebuah poster.

Dengan memahami pengertian poster dan semua hal yang berkaitan dengannya, setidaknya bisa menambah wawasan Anda. Siapa tahu suatu saat nanti Anda diminta membuat poster untuk kebutuhan perusahaan atau bisnis tertentu, sehingga bisa menghasilkan sebuah poster yang tepat sasaran. Cek juga penjelasan berbagai ukuran poster yang sering digunakan.


error: Content is protected !!