Berbagai Jenis Infografis Dan Kegunaannya

Berikut pembahasan berbagai jenis infografis dan kegunaannya yang perlu diketahui. Banyak dari kita melihat berbagai informasi seputar kumpulan data yang disajikan dengan detail kurang menarik karena tampil banyak angka dengan subjek yang beragam.

Namun dengan infografis pengembangan informasi setiap data ditampilkan dalam bentuk grafis yang lebih menarik dan mudah dimengerti. Hal ini yang membuat setiap jenis infografis berkembang pesat dan bisa diandalkan serta manfaatnya memberikan dampak lebih luas di masyarakat.

Dari pengumpulan data, input, hingga menampilkannya data di infografis dibuat lebih ringkas dan langsung pada inti data. Sayangnya masyarakat masih belum mengerti secara luas seperti apa manfaat penting dari infografis tersebut.

Apalagi dari segi tampilannya masih kurang detail dan eye catching, sehingga diperlukan beberapa pengembangan informasi seputar bagaimana cara membuat infografis lebih menarik dan mudah dimengerti. Baca juga penjelasan mengenai pengertian infografis dan manfaatnya.

Jenis Infografis Dan Kegunaannya

Tidak semua orang mengetahui bagaimana prosedur untuk membuat infografis. Bahkan dari pengembangan manfaatnya juga sudah lebih luas dan bisa mencakup berbagai macam kebutuhan tampilan data.

Karena itulah infografis sering dianggap sebagai bentuk penyajian data dengan konsep visual, sehingga ada susunan dan tambahan gambar yang mendukung data. Tidak heran ada beberapa jenis dan fungsi infografis yang wajib Anda kenali. Seperti 3 jenis infografis berdasarkan bentuknya berikut ini.

Infografis Animasi

Pengertian Infografis Animasi adalah jenis infografis yang memadukan antara model audio, visual ataupun pergerakan gambar dalam bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi dan paling sering ditemukan di website yang khusus memuat video seperti Youtube dan Vimeo.

Tidak heran jika konsep infografis ini dirasakan lebih menarik dan paling sering digunakan. Di beberapa bidang akademik, jenis infografis animasi dikenal juga dengan nama Animated Infographics.

Ada beberapa alasan kenapa banyak kalangan menggunakan jenis animasi salah satunya bisa menyematkan banyak hal seperti gerakan, gambar dan juga suara. Dalam proses pembuatan infografis animasi biasa ditangani oleh director, seniman musik, Voice Over, seniman musik, ilustrator dan profesi lainnya.

Contoh Infografis Animasi

Contoh infografis animasi sebenarnya sudah banyak diterapkan di Youtube, misalnya seperti memuat infografis pengetahuan umum, data wisata, kepemerintahan dan lainnya.

Infografis Statis

Pengertian Infografis Statis adalah jenis infografis yang ditampilkan dalam bentuk statis yaitu gambar tanpa adanya audio dan animasi yang dapat bergerak. Jenis infografis statis ini paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan di berbagai event internasional banyak kalangan memanfaatkannya.

Karena itulah jenis dan konsep infografis statis tersebut bisa memberi data dan dari tampilannya cukup menarik serta banyak digunakan untuk menayangkan berbagai macam data lebih mudah dibuat. Tidak membutuhkan waktu lama dalam membuat infografis statis ini, sehingga beberapa event internasional pun masih menggunakan jenis statis ini.

Infografis Statis
Infografis Statis

Setiap kajian data akan ditampilkan secara tepat, bahkan dari semua porsi tampilan datanya juga dianggap lebih mudah dipelajari. Infografis statis dapat Anda jumpai pada website Pinterest, dimana terdapat berbagai referensi infografis statis yang dibuat dengan tujuan berbeda-beda.

Contoh Infografis Statis

Contoh infografis statis seperti gambar infografis gas alam, ujian nasional, energi terbarukan, energi strategis Indonesia, data statistik kependudukan, infografis pengguna sosial media dan lainnya.

Infografis Interaktif

Pengertian Infografis Interaktif adalah jenis infografis yang dianggap paling kompleks dibanding infografis statis dan animasi karena pengguna dapat melakukan interaksi terhadap data yang ditampilkan. Pengembangan infografis interaktif masih dianggap rumit oleh beberapa kalangan. Tetapi akses informasi data yang ditampilkan sangat cepat dan efisien.

Infografis interaktif dibuat oleh beberapa profesi seperti bidang desain grafis, UI/UX dan developer atau programmer. Karena penggabungan tersebut membuat tipe interaktif selalu memberi tampilan menarik dengan informasi detail dari sebuah data valid.

Saat mengakses infografis interaktif juga mudah dan jelas, dimana Anda dapat klik informasi yang diinginkan, hingga akhirnya informasi tersebut muncul. Kelebihan seperti dapat melakukan interaksi kepada infografis yang sedang disajikan membuat infografis interaktif menjadi lebih luas penggunaannya di masyarakat.

Contoh Infografis Interaktif

Contohnya seperti pemilihan penyajian infografis spesies langka, penjualan produk bulan ini, absensi kelas seluruh siswa dalam diagram, denah gedung mall dengan bentuk 360 derajat, dan infografis interaktif lainnya.

Contoh website yang dibuat oleh developer bernama Bryan James yang bernama Species in Pieces yang menampilkan 30 jenis spesies langka dalam pameran online. Setiap spesies dibuat dalam bentuk desain Geometris dan berisi informasi penting setiap spesies dan mengapa mereka hampir punah serta ada latar suara.

Cek Species in Pieces di URL Web species-in-pieces.com

Jenis Infografis Lainnya

Adapun pembagian jenis infografis berdasarkan bentuk penyajian dan isi data yang digunakan, seperti bentuk infografis statistik, timeline, geografis, perbandingan, Chart, dan lainnya.

Infografis Statistik

Pengertian Infografis Statistik adalah jenis infografis yang menampilkan data statistik pertumbuhan, perkembangan, peningkatan suatu objek dengan rentan skala waktu yang telah ditentukan.

Umumnya infografis statistik menggunakan berbagai bentuk elemen desain seperti ikon, Chart, shapes, karakter, bentuk huruf, angka, persentase dan elemen yang mewakili data yang akan ditampilkan.

Contoh Infografis Statistik

Ada banyak jenis infografis statistik yang digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai bidang seperti statistik pertumbuhan penduduk, peningkatan ekonomi, statistik sampah jakarta, banjir dan tanah longsor di suatu area, adapun statistik penggunaan QR Code, data statistik obesitas pada anak, jumlah statistik penggunaan Search Engine di Smartphone, statistik konsumsi kopi di dunia selama setahun, dan lainnya.

Infografis Informasi

Pengertian Infografis Informasi adalah jenis infografis yang berfokus menampilkan informasi penjelasan dengan judul deskriptif yang disertai total angka penjelasan. Infografis informasi cocok untuk menjelaskan topik pembahasan secara poin per poin.

Dimana tingkat penasaran seseorang menjadi tinggi ketika melihat angka dalam judul infografis. Adapun ciri lainnya dimana penjelasan dibuat berurutan per poin dan disertai dengan angka, icon, penjelasan dengan warna yang berbeda namun selaras.

Contoh Infografis Informasi

Contoh infografis informasi seperti 10 cara menjaga kebersihan diri, 7 jenis buah untuk mencerahkan kulit, 7 Tren Digital Marketing, 9 cara bekerja secara efektif, dan lainnya.

Infografis Timeline

Pengertian Infografis Timeline adalah jenis infografis yang menampilkan visual data berurutan sesuai patokan tanggal, tahun atau waktu yang menjadi poin pembahasan.

Ciri infografis Timeline adalah memiliki garis tegas secara vertikal maupun horizontal yang membagi dua area pembahasan, adapun patokan waktu seperti tahun atau tanggal, dan penjelasan setiap patokan dengan ikon yang menarik.

Tipe infografis Timeline ini menjadi satu cara efektif bahkan sering digunakan untuk visualisasi sejarah, hingga proses dari beberapa hari sampai tahun mengenai sebuah peristiwa penting.

Waktu spasial dan juga timeline dari berbagai gambaran informasi bisa langsung diolah dari visualisasi timeline. Karena itulah penggunaan timeline ini memberi tampilan informasi dari perkembangan yang bisa kita ikuti.

Contoh Infografis Timeline

Ada banyak perusahaan menggunakan infografis Timeline untuk menjelaskan perkembangan perusahaan dari awal berdiri hingga sekarang, timeline rencana metropolitan Jakarta, sejarah perkembangan mobil listrik, timeline penerimaan mahasiswa baru, timeline wabah virus corÓna, dan lainnya.

Infografis Proses

Pengertian Infografis Proses adalah jenis infografis yang menampilkan informasi secara detail dan bertahap dengan poin angka atau alur SmartArt sesuai dengan topik pembahasan.

Ciri utama infografis proses dimana setiap langkah memiliki nomor yang berurutan dengan alur dari atas ke bawah berbentuk tabel penjelasan, alur S dan lainnya. Adapun penggunaan anak panah sebagai pengarah alur penjelasan jika tidak menggunakan nomor.

Ada berbagai SmartArt yang digunakan dalam desain infografis proses seperti SmartArt Process horizontal, vertikal dan yang berbentuk S (Bending Process).

Contoh Infografis Proses

Contoh Infografis Proses seperti tahap optimasi SEO sebuah website, proses pembuatan artikel, proses pembuatan desain infografis, tahap pembuatan website, proses pendaftaran mahasiswa baru dan lainnya.

Infografis Geografis

Pengertian Infografis Geografis adalah jenis infografis yang menampilkan data informasi berdasarkan data lokasi, demografis, provinsi, negara dan lainnya yang ditampilkan dalam bentuk map.

Adapun ciri infografis Geografis yaitu penggunaan Heat Map atau visualisasi data yang menunjukan besaran suatu fenomena berdasarkan warna dua dimensi seperti rona atau intensitas.

Keduanya akan membantu menginformasikan isyarat visual yang baik bagi pembaca infografis tersebut. Skema warna yang digunakan juga berbagai macam, ada yang memakai gradasi warna, atau penggunaan warna menonjol yang berbeda.

Contoh Infografis Geografis

Contoh infografis geografis yang sering dibuat seperti total gempa di berbagai area Indonesia selama 1 tahun, peta penyebaran suatu penyakit di wilayah A, peta penyebaran banjir di Jakarta, dan lainnya.

Infografis Perbandingan

Pengertian Infografis Perbandingan adalah jenis infografis yang menampilkan data perbandingan dua atau lebih objek untuk dilihat persamaan dan perbedaan pada setiap objek tersebut.

Ciri infografis perbandingan umumnya menampilkan dua bagan tabel yang berisikan informasi perbandingan dalam bentuk poin penjelasan antara kiri dan kanan atau secara horizontal perbandingan objek atas dan bawah.

Contoh Infografis Perbandingan

Contoh Infografis perbandingan seperti perbandingan antara Smartphone tipe A dan tipe B, perbandingan telur ayam kampung dan ayam negeri, tipe-tipe konsumen yang melakukan pembelian tiket pesawat, perbandingan rumah A dan B dengan ukuran yang sama, perbandingan kopi A dan B, perbandingan spesifikasi material atap A dan B, perbandingan penyakit A dan B, perbandingan aturan yang boleh dan yang dilarang dan lainnya.

Infografis Hierarkis

Pengertian Infografis Hierarkis adalah jenis infografis yang menampilkan informasi dari level tertinggi hingga level terendah dengan bentuk Piramid atau Hierarki.

Contoh Infografis Hierarkis

Contoh infografis hierarkis seperti hierarki struktur jabatan sebuah perusahaan, hierarki kebutuhan manusia, hierarki kebutuhan internet, hierarki susunan keluarga, hierarki pembahasan suatu permasalahan dan lainnya.

Infografis Daftar

Pengertian Infografis Daftar adalah jenis infografis yang menampilkan daftar informasi dengan berbagai pembahasan seperti tips, trik dan pembahasan lainnya.

Ciri infografis daftar yaitu memiliki angka berurutan dan tidak berurutan, memiliki list dengan icon, list dengan warna berbeda-beda, list dengan gambar pembahasan yang berbeda-beda dan bentuknya terkadang Circle dan bentuk lainnya.

Bisa dikatakan infografis daftar memiliki persamaan dengan infografis informasi dimana sama-sama berbentuk poin dengan penjelasan yang lebih panjang namun infografis daftar dapat tidak berurutan poin penjelasannya karena hanya sebuah daftar.

Contoh Infografis Daftar

Contoh infografis daftar seperti 5 cara meningkatkan kemampuan desain grafis, berbagai elemen penting pembuatan website, 9 cara meningkatkan kekebalan tubuh, 10 jenis bahan kain yang cocok untuk musim panas, 7 jenis makanan terfavorit dari Jepang, dan lainnya.

Infografis Resume

Pengertian Infografis Resume adalah jenis infografis yang menampilkan informasi profil seseorang yang sedang mencari lowongan pekerjaan dengan bentuk resume yang menarik.

Ciri infografis resume yaitu memiliki bentuk resume yang terstruktur dengan baik dengan tambahan warna, icon, timeline, pembagian area kiri dan kanan, terdapat poin-poin penting, penegasan huruf tebal, foto dan lainnya.

Contoh Infografis Resume

Contoh infografis resume yaitu informasi resume lowongan kerja dengan hiasan yang dapat digunakan sesuai dengan bidang Jobdesk.

Infografis Chart

Pengertian Infografis Chart adalah jenis infografis yang menampilkan informasi dengan menggunakan berbagai jenis Chart atau grafik yang disesuaikan dengan poin utama informasi.

Ada banyak pemilihan Chart yang dapat digunakan seperti metode ICCOR (Inform, Compare, Change, Organize, Reveal Relationships). Pemilihan grafik tersebut dibagi sesuai dengan kebutuhan informasi yang ingin disajikan.

Inform

Pada Inform terdapat pilihan chart seperti Single Big Number, Donut Chart, dan Pictograph. Inform digunakan untuk menampilkan data yang hanya memiliki satu pesan penting dimana data ditampilkan dalam bentuk angka, grafik lingkaran dan lambang atau simbol.

Compare

Pada Compare terdapat pilihan chart seperti Bar Chart, Bubble Chart, Pie Chart, Stacked Bar Chart, Bubble Cloud, Treemap dan Word Cloud. Compare digunakan untuk menunjukan perbedaan atau persamaan nilai atau fakta yang ingin disampaikan.

Change

Pada Change terdapat pilihan chart seperti Line Chart, Area Chart, Timeline dan Map Chart. Change dapat digunakan untuk menampilkan data tren perubahan, peningkatan, penurunan objek dari skala waktu dan area tertentu.

Organize

Pada Organize terdapat pilihan chart seperti List, Flow Chart, Venn Diagram, Mind Map, Pyramid Diagram, Table dan Ordered Bar Chart. Organize dapat digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk urutan poin, tingkatan, kelompok dan tabel.

Reveal Relationships

Pada Reveal Relationships terdapat pilihan chart seperti Scatter Plot, Histogram dan Multi-Series Chart. Reveal Relationships dapat digunakan untuk menampilkan data untuk menunjukan korelasi untuk setiap variabel dan nilai.

Berdasarkan pengalaman penggunaan jenis infografis bisa kita simpulkan ada banyak manfaat bisa dirasakan. Karena itulah ada sejumlah porsi lebih menguntungkan yang kemudian semuanya dapat dihadirkan dengan berbagai macam kebutuhan pengguna. Detail informasi dan juga tampilan lebih menarik biasa memberi akses lebih mudah. Akan tetapi semuanya bisa berubah dan penggunaan infografis selalu membuahkan manfaat lebih luas.


error: Content is protected !!