Pengertian Banner, Fungsi, Tujuan Dan Jenisnya

Berikut penjelasan terkait pengertian banner, fungsi, tujuan dan jenisnya. Tidak asing bagi Anda melihat banyak sekali banner yang terletak di kantor atau instansi pemerintah. Tapi beberapa dari Anda mungkin tidak mengetahui, apa itu banner? Karena ada banyak jenis banner yang sering digunakan.

Banyak sekali masyarakat yang tidak bisa membedakan spanduk, baliho, billboard dan banner. Sebenarnya perbedaannya adalah terletak pada ukurannya, karena kegunaan atau fungsinya adalah sama, berikut penjelasan lengkap terkait banner itu sendiri.

Pengertian Banner

Pengertian Banner adalah sebuah media berisi informasi dan konten promosi, yang mana bertujuan menjual sesuatu atau hanya memperkenalkan sesuatu. Atau pengertian lainnya adalah sebuah media publikasi yang menggunakan cetak print digital berbentuk vertikal atau portrait.

Sebuah cara jitu juga dalam penggunaan banner untuk media promosi. Karena media ini bisa disaksikan oleh semua masyarakat tanpa batasan. Penempatannya juga beragam, namun biasanya pada tempat yang memang strategis.

Pengertian Banner Menurut Para Ahli

Rachmat Kriyantono

Menurut Rachmat Kriyantono, Banner adalah suatu bentuk komunikasi non-personal yang menyampaikan pesan menjual sebuah produk yang memungkinan semakin banyak konsumen membeli produk yang dijual dan membayar media yang digunakan.

Darmadi Durianto

Menurut Darmadi Durianto, Banner adalah suatu proses komunikasi yang memiliki tujuan membujuk banyak orang untuk membeli dan menggunakan yang diiklankan dan menjadi sebuah promosi yang dapat meningkatkan daya beli orang-orang yang menginginkan produk yang diiklankan.

Pengertian Banner Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, Banner web adalah bentuk iklan yang digunakan di jaringan Internet. Bentuk iklan online ini umumnya bagian dari suatu halaman website yang digunakan untuk menarik perhatian penjelajah internet agar mengunjungi situs website yang dimaksud.

Pengertian Banner Menurut KBBI

Menurut KBBI, pengertian banner adalah sebuah media promosi yang terdapat konten berita atau pesan untuk masyarakat yang diiklankan. Sebelum melalui proses pencetakan, sebuah banner sebelumnya didesain melalui aplikasi, seperti CorelDraw maupun Adobe Photoshop.

Ciri-Ciri Banner

Terdapat beberapa ciri-ciri yang membedakan banner dengan media lainnya. Ciri yang pertama adalah ukuran banner lebih kecil dari spanduk, baliho serta billboard dan biasanya berbentuk vertikal maupun portrait. Ciri yang kedua hampir sama, yaitu berisi gambar dan logo perusahaan.

Namun ukurannya juga lebih kecil, karena medianya juga lebih kecil. Yang ketiga adalah konten informasi yang diberikan lebih rinci. Menurut buku “Simple Promotion dan Branding Untuk UKM” yang ditulis oleh Daru Redono mengatakan bahwa spanduk termasuk sebagai banner dan sifatnya menyampaikan informasi dengan cepat dan singkat.

Fungsi Banner

Terdapat 4 fungsi banner secara umum, salah satunya adalah media informasi dan promosi. Untuk lebih lanjut, pahamilah informasi berikut.

Menambah Daya Tarik

Fungsi banner yang pertama adalah sebagai penambah daya tarik untuk para pengunjung. Karena menggunakan banner sendiri memang bertujuan untuk menarik perhatian dari para pengunjung, seperti toko maupun dalam pameran. Berawal dari rasa penasaran akan apa yang dilihat, yang akhirnya mendorong untuk berkunjung.

Media Promosi

Fungsi banner yang kedua adalah sebagai media promosi. Fungsi ini merupakan fungsi utama sebuah banner itu sendiri. Alat yang paling efektif dalam media promosi adalah dengan menggunakan banner. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan sendiri untuk desain dan ukurannya. Promosi yang ingin disampaikan juga disesuaikan dengan keinginan Anda sendiri.

Media Informasi

Fungsi banner yang ketiga adalah sebagai media informasi. Selain bahan promosi, Anda juga menggunakan banner untuk media memberikan informasi yang cepat dan terarah. Anda dapat memberikan semua penjelasan secara rinci dan tidak banyak basa-basi. Sebagai contoh media informasi untuk puskesmas, seperti penyuluhan cara mencuci tangan yang baik atau informasi tentang COVID-19.

Dekorasi dan Petunjuk Arah

Kemudian banner itu sendiri tidak selamanya menjadi media informasi dan promosi saja. Banner juga bisa digunakan untuk dekorasi maupun petunjuk arah. Sebagai contoh dekorasi dalam sebuah acara atau sebagai petunjuk arah sebuah gedung yang bertingkat.

Tujuan Banner

Tujuan banner adalah untuk mengiklankan, mempromosikan, memberikan info produk maupun jasa ke masyarakat luas, sehingga membuat masyarakat mengetahui isi banner dan tertarik untuk membeli produk serta menyebarkan info produk tersebut.

Jenis-Jenis Banner

Mungkin tidak banyak yang tahu, beberapa media informasi dalam pameran atau depan toko memiliki banner yang berbeda-beda jenisnya. Terdapat 4 jenis biasanya banner yang Anda temui. Tentunya keempatnya memiliki bentuk dan ukurannya sendiri.

X-Banner

Jenis banner yang pertama adalah X-Banner, banner jenisnya ini memiliki karakteristik penyangga yang berbentuk huruf X, maka dari itu dinamakan X-Banner. Tiang penyangga itu sendiri berasal dari aluminium dan ringan untuk dibawa kemana saja dan digunakan berkali-kali.

Biasanya pemasangan X-banner satu ini berada di bagian depan toko atau ruang seminar. Namun tidak menjadi masalah ketika ingin memasang banner ini di dalam ruangan seperti di booth pameran. Ukuran X-Banner beragam yaitu 80×180 cm, 60×120 cm, 25×40 cm, 60×160 cm.

Y-Banner

Tidak jauh berbeda dari jenis X Banner, letak perbedaannya adalah pada tiang penyangga banner itu sendiri yang berbentuk huruf Y. dan juga terdapat penyangga alas dibagian bawah, untuk menyokong Y-Banner lebih kuat. Ukuran Y-Banner biasanya adalah 60×160 cm.

Mini X-Banner

Jenis yang selanjutnya adalah mini X-Banner. Dari kata mini saja sudah nampak bahwa bentuknya lebih kecil dari jenis-jenis sebelumnya. Tidak ada perbedaan dalam fungsi, cuman meletakkan banner ini lebih pada tempat yang spacenya kecil.

Ukuran banner ini biasanya adalah 26×38 cm dengan jenis bahan ada yang dilapisi stainless dan tidak. Mungkin ada sebagian yang pernah menjumpainya pada menu-menu di di meja makan restoran.

Roll Banner

Jenis yang terakhir adalah Roll Banner. Seperti namanya, banner ini berbentuk dalam gulungan yang bisa digunakan dimana saja. Ukuran yang biasa digunakan dalam pembuatan banner ini adalah 120×200 cm, 85×200 cm dan 80×200 cm, 150×200 cm. Dari semua banner, jenis satu ini yang lebih efektif dan awet. Selain bahannya memang kuat, harganya lebih murah serta tampilannya lebih bagus tanpa lipatan.

Biasanya perusahaan advertising selalu menawarkan jasa pembuatan banner. Saat ini juga banner mulai dipasang pada media digital seperti blog dan website berita. Karena tentunya banner ini tidak hanya praktis dan bisa digunakan terus menerus, namun juga media yang efektif dalam penyampaian informasi.

Ukuran Banner

Berikut berbagai jenis ukuran banner yang paling sering digunakan;

  • Ukuran X Banner : 60 x 160 cm, 80 x 180 cm, dan 25 x 45 cm
  • Ukuran Y Banner : 60 x 160 cm, 80 x 180 cm
  • Ukuran Mini X Banner : 25 x 45 cm, 25 x 40 cm dan 26 x 38 cm
  • Ukuran Roll Up Banner : 60 x 160 cm, 80 x 200cm, 85 x 200 cm, 120 x 200 cm dan 150 x 200m
  • Ukuran Vertical Banner : 90 x 150 cm, 90 x 200 cm dan 90 x 300 cm
  • Ukuran Banner Panggung : 400 x 200 cm

Perbedaan Banner dan Spanduk

Bagaimana membedakan media lainnya itu sendiri dengan banner? Spanduk adalah sebuah media promosi yang ukurannya lebih besar dibanding banner. Dan selain itu, pengertian banner juga berbeda dengan pengertian baliho dan pengertian billboard.

Bila dilihat dari bentuknya banner umumnya memiliki bentuk vertikal dan spanduk lebih ke bentuk horizontal. Namun pada intinya fungsi baliho dan media lainnya adalah sebagai sarana penyampaian informasi dengan tujuan yang berbeda-beda.

Sebelum akhirnya melakukan cetak banner pastikan juga untuk mengetahui jenis bahan pembuatan spanduk dan banner. Semoga artikel tentang pengertian banner, fungsi, tujuan dan jenisnya dapat memberikan manfaat untuk Anda.

SourceSlideshare | Books Google | Wikipedia


error: Content is protected !!