Pengertian Stempel Fungsi Dan Jenisnya

Apa itu stempel? Apakah Anda mengetahui pentingnya keberadaan sebuah stempel saat ini. Bukan hanya saat ini stempel dianggap begitu penting, stempel sudah ada sejak zaman dulu. Berikut ulasan lengkap terkait pengertian stempel, fungsi hingga jenisnya.

Stempel sendiri sudah ditemukan penggunaannya pada zaman prasejarah. Terdapat berbagai artefak yang menunjukkan eksistensi dalam penggunaan stempel ini. Sekarang stempel sering digunakan di berbagai perusahaan hingga toko-toko.

Stempel juga masuk dalam kategori peralatan kearsipan karena keterkaitan penggunaannya untuk mendukung kegiatan pengarsipan. Untuk lebih lengkap dan rinci dapat Anda ketahui melalui penjelasan tentang stempel berikut.

Pengertian Stempel

Pengertian Stempel adalah alat yang memiliki permukaan terukir tulisan, gambar atau keduanya yang digunakan dengan tinta untuk menghasilkan sebuah cap pada berkas atau dokumen.

Hasil cap stempel dapat digunakan untuk pengesahan berkas, berupa surat resmi, pengesahan ijazah, nota, tanda terima kasih atau pengesahan pelunasan transaksi.

Pengertian Stempel Flash

Pengertian stempel flash adalah stempel otomatis dimana stempel ini tidak membutuhkan bantalan tinta, karena pada stempel flash sudah tersedia tempat khusus untuk menyimpan tinta.

Karet pada stempel jenis ini juga khusus, yaitu karet flash yang dapat menyerap dan menyimpan tinta dalam waktu yang lebih lama.

Pengertian Stempel Agenda

Pengertian stempel agenda adalah cap yang berbentuk segi empat dan digunakan pada surat masuk yang telah dicatat pada buku agenda dan datanya diisi sesuai dengan data yang diperoleh dari buku agenda tersebut.

Data yang diisi seperti nomor surat, tanggal surat diterima, tanggal surat diteruskan dan terakhir tanda tangan. Stempel agenda memang diperlukan bagi perusahaan, apalagi memiliki banyak surat masuk.

Pengertian Stempel Menurut KBBI

Menurut KBBI arti kata Stempel adalah CapTera, stem.pel [n].

Pengertian Stempel Kayu (Runaflek)

Pengertian stempel kayu adalah jenis stempel yang menggunakan bahan  dasarnya karet runaflek dengan gagang kayu, plastik dan kristal. Stempel kayu atau stempel runaflek memiliki kelebihan yaitu harga paling murah, tersedia di berbagai jasa pembuat stempel, memiliki hasil tajam dan tahan lama.

Pengertian Stempel Tanggal

Pengertian stempel tanggal adalah stempel yang memiliki ukiran tanggal, bulan dan tahun pada karet cap yang dapat diubah sesuai kebutuhan. Terkadang pada stempel tanggal juga ada tulisan LUNAS, PAID dan lainnya.

Stempel tanggal digunakan pada saat menerima atau mengirim surat / dokumen dan juga pengesahan pelunasan pembayaran. Stempel tanggal memiliki beragam jenis bentuk penanggalan yang dapat diputar dan memiliki tempat tinta khusus.

Sejarah Stempel

Ada sebuah ilmu yang memang khusus mempelajari tentang cap, materai atau stempel yaitu Sigillography. Ilmu ini tentunya merekonstruksikan kehidupan manusia pada zaman prasejarah hingga sejarah saat ini.

Untuk pengertian ketiga istilah cap, materai atau stempel adalah mirip, walau berasal dari bahasa yang berbeda. Penggunaan stempel ini sudah sangat lama diterapkan pada negara Cina pada saat dinasti Ying dan Yang.

Sejarah Stempel
Asian Seal

Penerapannya sendiri dengan cara dibubuhi pada sebuah dokumen penting yang hanya bisa dibuka oleh orang yang tertentu. Metode surat menyurat juga sudah ada pada saat zaman kerajaan, apalagi penyampaian berita cukup terbatas saat itu.

Pada zaman itu, surat tidak dimasukkan dalam wadah, hanya menggunakan sebuah surat yang ditandai dengan menggunakan cap atau Feng Ni (Stempel Penyegelan). Hingga saat ini penggunaannya mulai menjadi penting secara menyeluruh, yang mana digunakan untuk hampir semua perusahaan hingga lembaga resmi.

Proses Pembuatan Stempel

Dalam proses pembuatan sebuah stempel manual ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah pada permukaannya stempel harus di ukir terbalik (Negatif), hal ini bertujuan untuk menghasilkan cap yang sesuai dengan gambar atau tulisan yang diinginkan.

Poin pertama ini biasanya diterapkan pada tulisan maupun gambar yang tidak terlihat simetris. Yang kedua adalah jika tulisan dan gambar dianggap simetris, maka tidak menjadi persoalan untuk mengukir permukaan stempel tidak terbalik.

Selain terbuat dari bahan karet, stempel juga biasanya terbuat dari bahan keras. Contohnya yaitu dari bahan batu semi permata hingga logam. Proses pencetakan stempel secara manual memang memakan waktu dan ketelitian yang tinggi.

Fungsi Stempel

Terdapat 3 fungsi stempel saat ini.  Tidak dapat dipungkiri, benda kecil ini memiliki nilai yang sangat penting dalam hidup individu atau lembaga, terutama dalam sebuah pengesahan perjanjian hingga dokumen.

Pengesahan

Fungsi stempel yang pertama adalah sebagai pengesahan. Pada sebuah kegiatan, maupun itu dalam kontrak perjanjian dan surat menyurat, stempel dipergunakan sebagai tanda pengesahan oleh atasan terhadap dokumen. Ketika sebuah dokumen telah dibubuhi stempel, maka isi dari dokumen sudah tidak dapat diganggu gugat.

Yang mana akhirnya dokumen tersebut akan lebih sah, karena saat ini ketika hanya menggunakan tanda tangan mudah untuk dipalsukan. Kekuatan stempel juga dimata hukum lebih kuat dibanding dengan yang tidak menggunakan.

Dan tentunya menjadi tanggung jawab seorang atasan terhadap dokumen yang telah dibubuhi stempel dan tanda-tangan.  Jadi bisa dikatakan sebagai perwakilan dari suatu lembaga itu sendiri. Keberadaan dari stempel dalam dokumen apapun yang berasal dari lembaga adalah legalitas.

Penguat

Fungsi stempel yang kedua adalah sebagai penguat sebuah keputusan. Sebuah perusahaan atau lembaga biasanya melakukan sebuah rapat, yang mana dalam rapat akan menghasilkan sebuah keputusan. Keputusan tadi yang akan diwujudkan dalam sebuah surat keputusan.

Kemudian surat tadi akan dibubuhi tanda tangan dan stempel sebagai bentuk penguat keputusan bersama disetujui oleh pimpinan. Seperti yang Anda ketahui secara mendasar juga, kegunaan sebuah stempel adalah sebagai tanda. Atau juga bisa dikatakan sebagai bentuk perwakilan seseorang atau lainnya.

Namun pada saat zaman dulu, kegunaan dari stempel ini juga menarik. Sebagai segel yang menandai sebuah dokumen, apakah sudah disentuh atau belum oleh orang yang dituju. Walaupun demikian, pada dasarnya adalah sebagai tanda.

Pertanggungjawaban

Fungsi stempel yang terakhir adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban. Tentunya ketika suatu dokumen sudah dibubuhi tanda tangan dan stempel, hal ini merupakan bentuk tanggung jawab dari pimpinan yang telah mengesahkannya. Apapun konsekuensi ditanggung atas nama pimpinan.

Jenis-Jenis Stempel

Terdapat 4 jenis stempel yang mungkin perlu Anda ketahui. Jenis berikut tidak memiliki perbedaan dalam pengaplikasiannya dalam kehidupan. Namun hanya berbeda dalam segi ekonomisnya.

Stempel Runaflek

Yang pertama adalah stempel runaflek atau biasa disebut stempel biasa / manual. Jenis stempel ini banyak diaplikasikan pada zaman dahulu. Terdapat gagang kayu dengan cap karet lengkap dengan bak tinta stempelnya, tentunya dari segi harga, stempel ini lebih ekonomis sekali.

Jenis Stempel Runaflek

Dari segi bahannya saja sudah tidak praktis, pembuatannya juga sedikit rumit. Namun pada saat ini pembuatannya sudah mengalami pembaharuan yaitu menggunakan mesin stempel runaflek. Untuk masalah warna, stempel ini hanya bisa menggunakan satu warna saja.

Stempel Emboss

Yang kedua adalah stempel emboss. Jenis stempel ini cukup unik, karena pengaplikasiannya akan menjadi timbul saat dibubuhi diatas kertas. Uniknya lagi stempel satu ini tidak memerlukan tinta untuk pengecapannya.

Jenis Stempel Emboss

Stempel ini biasa digunakan pada dokumen-dokumen penting, seperti sertifikat, ijazah dan lainnya. Kelebihannya juga stempel ini sangat awet, karena terbuat dari logam. Lebih praktis dari stempel lainnya, karena tidak ada bak tintanya.

Stempel Lax / Wax

Jenis stempel ketiga adalah stempel lax / wax. Mungkin Anda biasa melihat pengaplikasiannya pada film Eropa. Ketika petinggi negara menggunakan sebuah lilin dan dibakar, lalu ditetesi pada dokumen.

Jenis Stempel Lax

Setelah itu sebelum lilin dingin, maka dibubuhi stempel lak tadi diatasnya. Hasilnya akan nampak unik, seperti sebuah segel pada surat-surat berharga. Jadi ketika segel tersebut rusak, sudah dipastikan dokumen sudah pernah dibuka sebelumnya.

Stempel Flash

Keempat adalah stempel flash. Stempel yang tintanya menjadi satu dengan gagang stempel ini biasa paling sering digunakan perusahaan. Bukan hanya praktis, tetapi karena harganya juga tidak terlalu mahal.

Jenis Stempel Flash

Ketika tinta stempel habis, Anda bisa langsung saja melakukan pengisian ulang. Stempel ini juga disebut sebagai stempel warna, Anda bisa custom untuk menentukan warna apa yang bagus untuk stempel perusahaan.

Stempel Trodat

Jenis stempel yang terakhir adalah stempel trodat. Stempel trodat memiliki kesamaan dengan stempel flash, namun perbedaannya ada pada gagang dan tinta yang digunakan. Kata Trodat merupakan merek dagang untuk gagang (Holder) yang berasal dari Australia.

Jenis Stempel Trodat

Pada stempel trodat terdapat bantalan tinta pada area gagang, dimana saat tidak digunakan karet cap akan menempel pada bantalan tinta. Stempel trodat tersedia dalam bentuk persegi panjang, kotak dan bulat.

Penggunaan Stempel Yang Benar

Dalam penggunaan stempel dalam pengesahan sebuah dokumen juga terdapat aturannya. Tidak hanya asal stempel pada dokumen dengan letak yang sembarang. Posisi cap stempel yang benar adalah pada bagian sebelah kiri dari tanda tangan pimpinan yang menandatangani.

Karena ketika posisi cap tidak sesuai, selain Anda nampak amatir, terkadang dokumen tersebut tidak sah. Jadi tentunya Anda harus berhati-hati dalam membubuhi dokumen penting menggunakan stempel yang ada.

Saat ini buat stempel perusahaan terbilang mudah, Anda bisa menemukan jasa ini dimana-mana. Stempel perusahaan PT maupun CV dapat disesuaikan dengan permintaan dan logo masing-masing perusahaan. Untuk masalah warna juga bisa disesuaikan, ketika Anda menggunakan jenis stempel flash.

Tidak dapat dipungkiri, saat ini semua dokumen-dokumen penting membutuhkan sebuah pengesahan yang benar. Karena tidak jarang beberapa dokumen harus di cek kembali karena diragukan keasliannya. Semoga penjelasan terkait pengertian stempel, fungsi hingga jenis stempel dapat berguna bagi Anda.

Sourcewikipedia.org


error: Content is protected !!