Pengertian Dan Contoh Seni Grafis

Berikut pengertian dan contoh seni grafis yang dapat menambah referensi pembelajaran. Bila Anda mendengar kata Seni Grafis, apakah yang ada di pikiran Anda?

Umumnya pasti memikirkan karya lukisan, membuat pola, gambar dan lainnya. Seni grafis merupakan salah satu cabang dari Seni Rupa yang berarti membuat karya seni yang memiliki visual dan dapat dirasakan dengan menyentuhnya.

Pengertian Seni Grafis

Pengertian Seni grafis adalah pembuatan karya seni dengan melakukan teknik cetak di atas permukaan kain, kertas, karton dan media lainnya. Hasil seni grafis disebut karya seni orisinal yang dapat diperbanyak dengan cara yang mudah.

Ada beberapa teknik mencetak dalam seni grafis seperti cetak saring, cetak dalam, cetak datar dan cetak tinggi. Setiap teknik cetak tersebut memiliki proses cetak yang berbeda-beda dan dengan hasil yang memiliki keunikan tersendiri.

Media Seni Grafis

Media pada seni grafis dimulai dari bahan tradisional sampai pada bahan kontemporer atau seni grafis yang telah terkena dampak modernisasi.

Bahan-bahannya meliputi tinta yang dicampur air, tinta minyak, cat air, pastel minyak dan crayon. Tinta akan digunakan untuk mentransfer gambaran pelat yang telah diukir ke permukaan kertas pada umumnya.

Pelat yang digunakan seperti batu kapur, logam, papan kayu, kaca akrilik, linoleum dan lainnya. Selain pelat adapula mentransfer tinta ke kain dengan Screen atau biasa disebut dengan cetak sablon.

Dimana Screen yang telah memiliki pola gambar direntangkan. Kemudian tinta di tuang ke dalam Screen dan diratakan. Hasil sablon akan langsung terlihat ketika tinta telah melewati gambar pada Screen dan mengenai kain.

Contoh sederhana teknik cetak seni grafis lainnya, yaitu saat kita TK / SD dimana kita bisa membuat bentuk pola pada kentang. Kemudian area pola di kentang diberikan tinta, lalu di tekan ke kertas.

Berikut ini contoh hasil teknik seni grafis seperti cetak saring, cetak dalam, cetak datar dan cetak tinggi. Penjelasan lengkapnya “Teknik Mencetak Dalam Seni Grafis“.

Teknik Cetak Saring (Silkscreen)

Pengertian dan Contoh Seni Grafis Cetak Saring Silkscreen

Contoh Seni Grafis Cetak Saring Silkscreen

Teknik Cetak Saring Sablon Silkscreen

Cetak saring sampai sekarang masih digunakan untuk mencetak berbagai kebutuhan sehari-hari. Sablon adalah nama lain cetak saring yang paling sering kita dengar.

Sekarang yang paling di sablon adalah bahan kain seperti kaos, jaket, kuli imitasi, karung, karton dan kebutuhan lainnya. Screen yang sudah memiliki pola akan menjadi area tinta keluar.

Tinta yang keluar dari Screen akan menghasilkan gambar cetak yang sama dengan gambar pada Screen.

Cetak Dalam (Intaglio)

Pengertian dan Contoh Seni Grafis Cetak Dalam Intaglio
Contoh Seni Grafis Cetak Dalam Intaglio

Cetak dalam merupakan teknik mencetak yang memanfaatkan pelat logam sebagai media cetak. Pelat logam diukir dengan Burin (Alat Ukir) yang mempunyai ujung yang runcing dan tajam.

Terbalik dengan cetak relief, cetak dalam  memakai  ukiran (Cekungan) menjadi tempat tinta tersimpan, lalu pelat di tekan ke kertas. Maka tinta pada cekungan setiap ukiran akan ditransfer menjadi gambar yang serupa pada pelat logam.

Cetak Datar (Lithography)

Pengertian Cetak Datar Lithography

Cetak datar merupakan salah satu teknik cetak seni grafis yang paling unik. Hal ini dikarenakan dalam melakukan proses cetak-nya, cetak datar memanfaatkan batu kapur sebagai media-nya.

Batu kapur diproses agar memiliki area positif dan negatif. Pada area positif tinta minyak dapat terserap dan area negatif tinta minyak tidak dapat terserap.

Kemudian hasil gambar atau pola (Positif) pada batu kapur diberikan tinta minyak untuk dicetak ke bahan kertas.

Cetak Tinggi (Cetak Relief)

Pengertian dan Contoh Seni Grafis Cetak Tinggi Relief

Cetak tinggi merupakan salah salah satu contoh teknik seni grafis untuk mencetak gambar pada kertas dengan memanfaatkan gambar timbul pada cetakan. Gambar atau bentuk yang timbul pada cetakan akan menjadi sisi positif karena terkena tinta.

Kemudian gambar di tekan ke media kertas, maka gambar akan ditransfer ke kertas tersebut. Sekian pembahasan mengenai pengertian dan contoh seni grafis. Semoga artikel dari Makin Tahu dapat menambah wawasan Anda.

Source : elementaryartfun.blogspot.co.id | gomedia.com | www.koffmansignsltd.ca | www.yp.sg | jillgrahamink.wordpress.com | www.behance.net


error: Content is protected !!