30 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Terbaru

Sudah hampir memasuki pertengahan bulan Ramadhan dan sebentar lagi sebagai umat Islam akan merayakan hari besar Idul Fitri 1444 H. Sudah waktunya bagi Anda untuk mempersiapkan sebanyak mungkin kata-kata mutiara ucapan selamat hari Raya Idul Fitri untuk orang-orang terdekat Anda.

Lalu bagaimana caranya mengucapkan kata “maaf” kepada orang tua kita atau orang-orang terdekat lainnya di saat lebaran 2023 nanti? Kumpulan kata-kata mutiara di bawah ini mungkin bisa dijadikan referensi buat Anda di kala lebaran nanti.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Untuk Keluarga

Sebagai anak yang masih memiliki orang tua yang lengkap beserta keluarga besar, haruslah bersyukur karena itulah salah satu nikmat terbesar. Mungkin ada sebagian dari kita yang merasa gengsi untuk meminta maaf kepada kedua orang tuanya.

Supaya Anda bisa mengungkapkan maaf di hadapan orang tua kalian, pasangan atau saudara. Kata ucapan idul fitri di bawah ini mungkin dapat Anda gunakan di Whatsapp, Line atau dijadikan status di Instagram dan Facebook.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Untuk Orang Tua

Orang tua adalah orang pertama yang harus didatangi oleh kita untuk mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri. Berikut beberapa ucapan yang bisa Anda gunakan;

1. Wahai ibu, sudah tiba hari kemenangan bagi umat Islam. Saat ini saya hanya bisa berharap agar engkau memaafkan apa yang telah saya perbuat dan saya berjanji untuk memperbaiki diri saya. Selamat lebaran ibu

2. Di hari raya besar umat Islam ini, Allah swt memberikan rahmatnya sebesar-besarnya. Ibu Ayah, Saya ucapkan selamat hari raya idul fitri 1444 H dan mohon maaf atas kekhilafan yang pernah saya lakukan kepada kalian.

3. Hari raya lebaran sudah tiba dan orang-orang mulai berkumpul kepada keluarga mereka masing-masing. Teruntuk Ibu Ayah, aku hanya bisa mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri melalui surat ini. Semoga kalian di sana baik-baik saja.

4. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir batin untuk Ibu dan Ayah yang ada di kampung. Semoga kalian berdua diberi kesehatan oleh-Nya. Insya Allah, saya akan segera balik ke kampung jika ada kesempatan waktu.

5. Selamat Idul Fitri ayah ibu. Semoga Allah merahmati kita semua di hari istimewa ini bagi umat muslim di seluruh dunia. Untuk kalian berdua, maafkan kesalahan saya sebagai anak kalian selama ini yang mungkin tidak sengaja menyakiti hati kalian.

6. Tak ada anak yang berbakti kepada orang tuanya, kecuali ia selalu meminta maaf kepada keduanya. Selamat hari lebaran ayah ibu, mohon maaf lahir dan batin.

7. Kemarin malam adalah terakhir berbuka puasa dan terakhir tarawih pula, takbir berkumandang dan suara kebahagian terdengar di mana-mana. Teruntuk Ayah Ibu, maaf saya tidak bisa balik ke kampung lebaran kali ini. Maafkan atas kesalahan saya, selamat lebaran Idul Fitri minal ‘aidin wal faizin.

8. Papa Mama, hari ini adalah hari yang sangat dinantikan kita semua umat muslim di seluruh dunia. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk anakmu meminta maaf yang sebesar-besarnya atas keburukan yang telah saya lakukan.

Ucapan Selamat Lebaran Untuk Saudara

Ada beberapa ucapan idul fitri yang benar sesuai kebiasaan para sahabat ketika berjumpa dengan sahabat lain. Berikut contoh yang bisa Anda terapkan:

1. Selama 30 hari kita berpuasa menahan hawa nafsu demi pahala, akhirnya hari yang dinantikan kita bersama telah tiba. Melalui kalimat pendeknya ini, saya ucapkan selamat hari raya Idul Fitri minal ‘aidin wal faizin. Semoga kalian semua diterima puasa dan pahalanya di sisi Allah SWT.

2. Tenangkan pikiran, hindari kemaksiatan, suci kan hati dengan berzikir semoga Allah merahmatimu. Dengan kerendahan hati, saya ucapkan selamat hari lebaran 1444 H, taqabbalallahu minna wa minka. Semoga Allah mempererat tali persaudaraan kita serta merahmati kita

3. Jarak memang memisahkan kita, tetapi hati yang dilandasi keimanan tidak akan memisahkan saudara sesama muslim meskipun terpisah sejauh timur dan barat. Bagi saudara ku di kampung, dengan penuh rasa bahagia saya ucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1444 H.

4. Ya Allah pencipta langit dan bumi, ampunilah kami dan angkatlah derajat kami pada hari raya Idul Fitri ini. Untuk saudara yang saya cintai, mohon maaf bila ada kata-kata saya yang tidak mengenakan hati kalian dulu. Sebagaimana kalian memaafkan saya, maka saya juga memaafkan kalian.

5. Berbuat salah itu sifat manusia, tapi memaafkan adalah salah satu sifat seorang mukmin. Marilah kita menjadi manusia yang mukmin, dengan cara saling memaafkan. Selamat hari lebaran saudara-saudaraku sekalian.

6. Berkali-kali sudah kita berjumpa dengan Idul Fitri, pertanda Allah masih memberi kita semua kesempatan untuk memperbaiki diri. Salah satu cara untuk memperbaiki diri adalah dengan meminta maaf kepada saudaranya. Perkenankan diriku untuk meminta maaf kepada kalian semua, selamat hari raya lebaran Idul Fitri 1444 H.

Ucapan Selamat Hari Raya Untuk Pasangan Suami Istri

Sebagai suami istri yang sudah berumah tangga, pasti menginginkan keharmonisan di dalamnya. Idul fitri adalah gerbang kebahagiaan umat muslim, jadikan hari itu untuk membahagiakan pasangan Anda. Ucapan kalimat di bawah ini dapat Anda coba untuk pasangan Anda.

1. Sudah bertahun-tahun kita bersama, sudah banyak rasa suka dan duka yang kita lalui dan sebagian besar dari itu semua berasal dari ku. Aku kuatkan hati ku pada hari istimewa ini, untukmu wahai suamiku. Maafkanlah atas kesalahan yang telah membuatmu kecewa, minal ‘aidin wal faizin.

2. Menaruh harapan kepada orang lain terkadang hanya membuat hati kita sakit, seperti engkau menaruh hati kepada diriku. Entah sudah berapa banyak harapan yang engkau percayakan padaku lenyap begitu saja sehingga maukah kau memaafkan ku karena itu semua?

3. Istriku, kau memang benar-benar wanita terbaik yang pernah aku temui sepanjang hidupku. Sebagai satu-satunya wanita yang ku cintai karena Allah, dengan sepenuh hati maukah kau memaafkan kesalahan ku?”

4. Selamat hari lebaran istriku yang paling ku cintai. Mohon maaf lahir dan batin, semoga ibadah puasa yang telah engkau jalani dengan ikhlas diterima di sisi Allah swt. Semoga Allah mengampuni kita berdua di hari suci ini.

5. Di hari lebaran yang penuh dengan kasih sayang ini, aku sebagai suamimu hanya bisa mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri. Maafkan segala bentuk kekecewaan yang telah suamimu perbuat, aku akan memperbaiki itu semua setelah ini. Semoga rumah tangga kita semakin harmonis dan dicintai oleh Allah swt.

6. Tak terhitung berapa banyak kata-kata yang membuat hatimu sakit karena rasa egoisku. Saat ini, aku hanya bisa memohon maaf atas semua kesalahan yang telah aku lakukan kepadamu suamiku. Allah Maha Pengampun, semoga Allah mengampuni kita berdua di hari Raya Idul Fitri ini.

Ucapan Selamat Lebaran Untuk Teman Dan Sahabat

Sahabat maupun teman adalah orang-orang penting di sekitar kita yang pasti mendukung apa yang kita lakukan. Berkunjung ke rumah mereka masing-masing di saat lebaran adalah hal yang istimewa, namun berbeda dengan keadaan sekarang yang sedang pandemi.

Selamat Idul Fitri Untuk Teman Alumni Sekolah

Teman alumni sekolah biasanya sudah lama tidak bertemu, mungkin Anda masih memiliki grup WhatsApp alumni sekolah Anda. Kirim kalimat di bawah ini sebagai pesan broadcast.

1. Selamat hari lebaran Idul Fitri 1444 H, semoga amalan ibadah kalian di bulan puasa diterima oleh Allah swt dan dilipat pahala-pahala tersebut. Mohon maaf jika ada kesalahan kata serta tingkah yang tidak menenangkan hati semasa sekolah dahulu. Mohon maaf lahir dan batin kawan-kawan ku, saya harap kalian semua baik-baik saja.

2. Hari kemenangan sudah di depan kita, inilah yang kita tunggu-tunggu selama sebulan. Izinkan diriku ini untuk meminta maaf karena kekhilafan ku kepada kalian. Saya harap kita bisa memperbaiki diri bersama setelah ini dengan cara mendekatkan diri kepada-Nya.

3. Dahulu kita bersalam-salaman menjelang lebaran, sekarang mungkin hanya sebagian kecil dari kita yang dapat bertemu. Idul fitri yang penuh kebahagiaan, minal ‘aidin wal faizin mohon maaf lahir batin.

4. Tak terasa sudah beberapa tahun kita berpisah, saya berharap kita semua masih bisa berjumpa dengan ramadhan tahun esok. Bagi teman-temanku, selamat menyambut hari Raya Idul Fitri 1444 H. Kuatkan terus iman kalian.

5. Raga kita mungkin terpisah karena waktu, tapi hati yang menyatu bersama dan membentuk ikatan pertemanan yang kuat tidak akan pernah terputus. Teman-teman, kita sudah menyambut hari lebaran dan maafkan saya kalau ada salah. Saya ucapkan kepada kalian semua, selamat menyambut Idul Fitri.

Ucapan Selamat Lebaran Untuk Sahabat

Sahabat juga tidak kalah penting untuk disambut di saat lebaran. Memberi nasihat kepada sahabat adalah hal yang biasa dilakukan oleh para sahabat nabi dahulu ketika bertemu. Anda dapat menggunakan referensi kata-kata di bawah ini untuk memberikan ucapan kepada sahabat Anda menjelang Idul Fitri.

1. Bulan tidak akan seindah di malam hari tanpa adanya sinar Matahari. Sahabat yang baik adalah orang yang selalu mendukung sahabatnya, minal ‘aidin wal faizin. Insya Allah saya selalu mendukungmu setiap saat.

2. Di bulan puasa kemarin kita sudah menjalani ibadah bersama-sama, sekarang adalah waktunya bagi kita untuk saling menasihati. Tidak lupa juga, mari kita saling memaafkan satu sama lain. Jaga diri baik-baik, selamat lebaran

3. Teman yang sholeh adalah teman yang selalu mengingatkan tentang Allah, selalu mendukung dan mudah baginya untuk memaafkan. Kau adalah teman terbaik, tidak pernah kutemui orang sebaik engkau. Selamat hari Raya Idul Fitri, maafkan saya jika dahulu saya pernah menyakitimu.

4. Tidak akan ada siang tanpa adanya matahari, tidak ada laut tanpa adanya air, dan tidak ada hujan tanpa adanya awan. Maka, tak akan ada kata minal ‘aidin wal faizin tanpa adanya hari Idul Fitri yang suci. Semoga Allah merahmatimu dan mengampunimu.

5. Tidak peduli seberapa jauh jarak kita berdua, kata maafmu akan tetap sampai kepadaku. Hai sahabat kecilku, dari jauh aku hanya bisa menulis untukmu melalui surat ini dan mengucapkan selamat lebaran Idul Fitri. Maaf kalau aku punya salah padamu, maaf kalau aku pernah mengecewakan dirimu, semoga Allah mengampunimu.

Kesimpulan

Itulah referensi dari Makin Tahu mengenai kata-kata ucapan selamat hari raya idul fitri terbaru. Selain beberapa ucapan di atas, Anda bisa mengucapkan selamat Idul Fitri 1444 H sesuai sunnah nabi.

Semoga hari lebaran nanti dapat menyucikan hati kita bersama dan mempererat tali silaturahmi. Mudah-mudahan Ucapan selamat hari raya idul fitri di atas dapat menjadi referensi dan bermanfaat.


error: Content is protected !!