Pengertian Kertas Asturo Dan Fungsinya

Berikut pembahasan mengenai pengertian kertas asturo dan fungsinya, Sekarang beragam jenis kertas hadir melengkapi kebutuhan keseharian Anda. Umumnya di era ini kertas digunakan untuk berbagai aktivitas seperti menulis surat, mencetak gambar dan tulisan, membungkus benda, hingga untuk kerajinan tangan.

Berbicara kerajinan tangan, ada banyak jenis kertas kerajinan tangan (Papercraft) yang digunakan seperti; Photocopy Paper, Art Paper, Duo Paper, Washi Paper, Cardstock, Construction, HVS, Briefcard, Star Dream dan Asturo Paper yang dikenal sebagai salah satu kertas untuk membuat origami (Kertas Lipat).

Penjelasan mengenai Origami Anda dapat membaca buku World’s Best Origami: Over 100 Amazing Models From Top Origami Artists. Pada buku yang terbit tahun 2010 dan ditulis oleh Nick Robinson dijelaskan berbagai ilustrasi pembuatan berbagai bentuk origami yang menarik untuk dicoba.

Dari dulu hingga sekarang kertas terkenal di kalangan anak-anak sekolah untuk membuat prakarya seperti seni melipat kertas atau dengan bantuan peralatan seperti gunting, lem, penggaris dan lain-lain. Kertas jenis ini juga sering digunakan untuk membentuk hewan, tanaman, hiasan mading (Majalah Dinding) dan lainnya.

Pengertian Kertas Asturo

Pengertian kertas asturo adalah kertas persegi empat yang tersedia dengan warna solid, gradasi dan dengan perpaduan glitter. Kertas ini memiliki warna kedua sisinya yang berbeda. Umumnya pada salah satu sisi selalu berwarna putih sedangkan untuk sisi yang lainnya memiliki warna yang beragam.

Asturo yang merupakan merek dagang dari PT Asturo Paper Indonesia dapat dijumpai produknya di toko buku gramedia, tempat fotocopy, toko alat tulis dan toko lainnya. Perusahaan tersebut juga menjual produk lainnya seperti Kertas Stiker, Cat, Canvas, Styrofoam, Glitter Powder dan Styrofoam Glue.

Apa Itu Kertas Asturo PT Asturo Paper Indonesia

Warna

Selain itu kertas ini tersedia dalam satu warna seperti warna-warna primer maupun sekunder. Sehingga Anda dapat memilih warna yang ingin untuk membuat kerajinan dari kertas. Warna yang umumnya tersedia seperti merah, kuning, orange, biru, ungu, silver, gold, hijau, stabilo, pink, hitam dan coklat.

Ukuran

Kertas ini lebih tebal dibanding kertas Art Paper dan HVS yang umumnya digunakan sehari-hari. Sedangkan ukuran kertas asturo yang tersedia seperti ukuran 10 cm x 10 cm, 12 cm x 12 cm, 14 cm x 14 cm, 16 cm x 16 cm, 20 cm x 20 cm hingga ukuran roll 40 cm x 60 cm.

Fungsi Kertas Asturo

Kegunaan kertas asturo seperti yang disebutkan di atas yakni digunakan sebagai kerajinan tangan seperti;

DIY Papercraft

Membuat DIY Papercraft bentuk hewan (Kupu-Kupu dan Angsa), tanaman mawar (Paper Flower), kapal, pesawat, figura, pembatas buku, hiasan mading dan berbagai macam bentuk lainnya yang dapat dikombinasi dengan macam warna yang tersedia.

Fungsi Kertas Asturo Kerajinan Tangan

Kertas ini juga digunakan untuk membuat anyaman yang biasanya digunakan guru untuk kegiatan belajar mengajar yang menekankan praktek langsung kepada siswanya. Biasanya kegiatan ini diterapkan saat SD pada mata pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan yang biasa disingkat SBK.

Cover / Back Cover

Fungsi kertas asturo lainnya seperti digunakan di sekolah hingga perguruan tinggi. Contohnya saat diberikan tugas makalah, proposal, laporan tanggung jawab / LPJ, tesis dan lainnya, maka Cover / Back Cover menggunakan kertas ini. Terkadang guru / dosen menyarankan warna cover tertentu untuk menyesuaikan jurusan atau tingkatan pendidikan.

Harga Kertas Asturo

Selain di toko offline sebenarnya Anda juga dapat memesan di E-Commerce seperti Bukalapak, Tokopedia dan Shopee. Harganya dimulai dari seribu rupiah hingga belasan ribu rupiah. Harga kertas ini terbilang murah dan menyesuaikan jumlah, corak dan ukuran yang ingin dibeli.

Sekian pembahasan mengenai pengertian dan fungsi salah satu kertas yang sering digunakan dalam keseharian. Kertas Asturo memang memiliki keunikan tersendiri dibanding kertas lainnya. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan Anda di dunia kertas.

Sourceblog.cardsandpockets.com


error: Content is protected !!