25 Ucapan Selamat Hari Guru 25 November

Apakah Anda masih sekolah atau sudah alumni? Berikut ini berbagai referensi kata-kata dan ucapan selamat hari guru pada tanggal 25 November. Guru adalah sebutan bagi mereka yang mengajarkan ilmu pengetahuan kepada setiap siswanya dari dasar pengetahuan dan berbagai panduan dari buku kurikulum.

Guru ada di segala jenjang mulai dari Play Group, Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, SMP, SMA dan perguruan tinggi. Sedangkan guru yang ada di perguruan tinggi sering dipanggil dengan dosen atau profesor.

Lalu apakah kalian tahu sejarah lahirnya hari guru? Serta Ucapan Selamat Hari Guru? Guru juga terkenal dengan sebutan pahlawan tanpa tanda jasa, artinya mereka mengajari anak-anak bangsa supaya bisa pandai dan menjadi orang hebat, tanpa mengenal kasta, suku, budaya, agama dan lain sebagainya.

Jadi sudah sepantasnya Ucapan Selamat Hari Guru kita lontarkan untuk para guru kita. Hal ini sebagai bentuk penghargaan kepada guru yang telah mendidik dengan sabar dan penuh perjuangan.

Sejarah Hari Guru 25 November

Ucapan Selamat Hari Guru menjadi satu hal yang penting, sebab menjadi satu bentuk ucapan yang sederhana tetapi membawa kesan tersendiri bagi guru-guru. Lalu bagaimana awal mula sejarah hari guru 25 November?

Awal mula penetapan tanggal 25 November sebagai hari guru yaitu atas Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994. Hal ini tidak sama dengan perayaan hari guru di berbagai negara lainnya.

Di Indonesia sendiri saat perayaan hari guru, ada acara yang rutin dijalankan masyarakat Indonesia, terutama para guru dengan upacara. Perayaan jasa guru dan pengabdian diperingati sesuai dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sejarah PGRI berdiri di tanggal dan bulan yang sama dengan hari Guru, yaitu 25 November, namun mempunyai tahun yang berbeda yaitu untuk PGRI pada tahun 1945. Pembentukan PGRI yaitu oleh Rh Koesman, Amin Singgih, Djajeng Soegianto, Ali Marsaban, Soetono, Abdullah Noerbambang, serta Soemidi Adisasmito.

Sebelum menjadi PGRI persatuan ini mempunyai nama yang berbeda, yaitu PGHB (Persatuan Guru Hindia Belanda), sebab jaman dahulu Indonesia masih dengan sebutan Hindia Belanda. PGHB sendiri berdiri di tahun 1912 dengan anggota guru bantu, kepala sekolah, guru desa, hingga perangkat sekolah yang lain.

Dengan demikian anggota mereka semakin berkembang dan besar. Alhasil mereka mengubah nama PGHB menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) di tahun 1932. Hal inilah yang membuat pemerintah Belanda kaget, sebab nama Indonesia ada di antaranya.

Belanda merasa ada ancaman yang besar dari nama persatuan ini yang menganggap membahayakan pemerintahan Belanda di Indonesia. dari sini jalan terang satu per satu terbuka dan Indonesia sangat kuat atas bersatunya para guru.

Tetapi pada zaman Jepang PGI menghentikan aktivitasnya sebab organisasi ini dilarang. Kemudian setelah Indonesia Merdeka 17 Agustus 1925. PGI melakukan gelar Kongres Guru Indonesia yang pertama pada 24-25 November 1946 yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah.

Hasil kongres yang dilakukan salah satunya menghapus perbedaan antar ras, suku, agama, serta politik dan lainnya untuk menggabungkan jadi satu Indonesia. Tanggal 25 November 1945, PGRI disahkan dan sebagai bentuk penghormatan kepada para guru. pemerintah menetapkan hari lahir PGRI menjadi Hari Guru Nasional.

Ucapan Selamat Hari Guru 25 November

Ucapan Selamat Hari Guru bisa menjadi tanda cinta kita terhadap guru, sebab seorang guru akan merasa bangga jika murid yang mereka ajar mengerti bagaimana cara memperlakukan orang yang telah mengajarkan dengan sabar. Lalu apa saja Ucapan Selamat Hari Guru yang bisa Anda ucapkan, selengkapnya di bawah ini:

1. Guru kau adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang selalu sabar menuntun kami memahami berbagai hal yang baik. Selamat hari Guru.

2. Guruku meskipun kami kadang nakal, selalu membantah, namun engkau selalu sabar mengajari Kami semua, Anda adalah guru terbaik. Selamat hari Guru!

3. Kalian adalah para Guru yang selalu mengajari kami dengan sabar, meskipun kami bukan anak-anak kandungmu. Doa kami selalu untukmu. Terimakasih guruku. Selamat hari Guru!

4. Wahai guru meskipun nanti kita akan berpisah, namun doa kami akan setia untukmu, selamat hari Guru!

5. Disini guru mengajari kami ilmu, sehingga kami bisa mengerti pengetahuan yang luas, terimakasih Ibu dan Bapak Guru.. Selamat Hari Guru..

6. Terimakasih Ibu guru kau mengajariku bahwa sabar itu sangat besar dan luar biasa, selamat hari Guru.

7. Guruku tak pernah lelah mengajariku karena mereka inginkan melihat kesuksesan kita semua. Terimakasih guru-guruku, selamat Hari Guru.

8. Keberhasilanku karena guruku, kesuksesanku karena guruku, dan kesabaran ini ku peroleh dari guruku. Selamat hari Guru.

9. Terimakasih guruku yang menemani hari-hari kami dengan sabar waktu di sekolah dengan wajah yang semangat. Kami selalu ingat itu semua saat engkau menjadi wali kelas kami. Selamat hari Guru.

10. Pahlawan tanpa tanda jasa yang hadir membimbing kami agar menjadi pandai, memahami setiap dasar pengetahuan, dan membuat kami mengetahui mana yang baik dan yang buruk. Kalian adalah Superhero kami. Selamat Hari Guru.

11. Kami ucapkan Selamat hari Guru. Untuk semua guru semoga Tuhan selalu memberikan kesehatan dan kesabaran untuk mengajar setiap generasi bangsa ini, terimakasih Guru-guru Indonesia.

12. Harapan itu selalu ada, Semangat itu kekuatan, Menuntun kami dengan sabar setiap hari. Menjadi guru adalah pilihan yang sangat luar biasa. Kami bangga telah menjadi murid-murid kalian. Doa kami semoga kalian selalu sehat. Selamat hari guru.

13. Terimakasih guruku, jasamu begitu membuatku gagah dan kuat berdiri menghadapi kehidupan yang semakin rumit ini. Selamat hari Guru.

14. Guru meskipun kini kami sering membuatmu kesal, tapi percayalah nanti kami akan membuatmu bangga. Selamat hari Guru.

15. Lelahmu se-akan hilang dikala melihat kami siap mendengarkanmu di kelas dan semangatmu lah yang terus memancar dengan sempurna, membuat kami memahami berbagai hal. Terimakasih guruku. Selamat hari Guru.

16. Hukuman yang kau berikan, mengajari kami dan membuat kami paham bahwa setiap tindakan pasti ada hasilnya. Dengan demikian kami harus berhati-hati dalam bertindak, terimakasih guruku. Selamat Hari Guru.

17. Tidak ada manusia yang hidup didunia tanpa guru, maka guru sesuatu yang wajib digugu dan ditiru. Selamat Hari Guru.

18. Setiap aku memandangmu, kadang lelah terpancar di wajahmu. Tetapi kau tersenyum seolah luluhlah lelah itu, terimakasih guruku. Selamat hari guru.

19. Jika diberi umur panjang, izinkan kami muridmu memberikan penghargaan atas kesuksesan yang kami dapatkan. Terimakasih, Selamat Hari Guru.

20. Guru terimakasih telah menghukumku sebab inilah yang aku tunggu, supaya nanti bisa dijadikan cerita ke anak cucu. Selamat Hari Guru.

21. Guruku adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang selalu mengajariku kesabaran dan kasih, terimakasih guru. Selamat Hari Guru.

22. Guru bisa menjadi sahabat, bisa menjadi orangtua, dan guru bisa menjadi panutan, terima kasih untuk selalu sabar mengajari kami setiap ilmu pengetahuan yang menjadi bekal terindah. Selamat hari guru.

23. Orangtuaku dirumah bapak dan ibu, tetapi orang tuaku di sekolah adalah para guruku, terimakasih guruku atas nilai-nilai kesabaran dan pengetahuan yang engkau berikan. Selamat hari Guru!

24. Kami ngeyel bukan karena kami nakal, tapi karena Allah ingin menguji kesabaran mengangkat derajatmu.

25. Guruku doakan kami sukses dan suatu saat membawakanmu penghargaan, sebagai bukti kami tetap mengingat dan menyayangimu. Selamat hari Guru.

Ucapan Selamat Hari Guru di atas semoga menjadi inspirasi dan pengingat kepada kita bahwa gurulah yang mengajar kita sampai kita mengerti apa yang belum kita mengerti.

Guru juga menggantikan kita sebagai orangtua saat disekolah, jadi sepatutnya kita menghormati guru kita. Sudahkah kalian memberikan ucapan sederhana untuk guru kalian di tanggal 25 November?

Itulah beberapa referensi mengenai ucapan selamat hari guru yang dapat kalian gunakan dan rangkai untuk diberikan ke guru kalian. Semoga referensi dari MakinTahu dapat bermanfaat.


error: Content is protected !!