Berbagai Jenis Tinta Printer Dan Fungsinya

Berikut berbagai jenis tinta printer dan fungsinya yang sering digunakan untuk menghasilkan produk cetak seperti dokumen, brosur, banner, packaging dan lainnya. Tidak dipungkiri lagi bahwa hampir setiap harinya, Anda yang bekerja di kantor pasti menggunakan printer.

Kegiatan mencetak dokumen dari sebuah computer tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya printer yang berkualitas. Namun demikian keberadaan printer yang berkualitas tidak sepenuhnya bisa mendukung kinerja yang sangat baik ketika tidak diisi dengan tinta printer yang tepat.

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa ada banyak sekali jenis dari tinta printer yang beredar di pasaran. Semua tinta tersebut nantinya akan digunakan untuk keperluan sendiri yang berbeda.

Tentu saja perbedaan tinta printer ini juga akan mempengaruhi harga tinta tersebut di pasaran. Jadi pastikan Anda mengetahui jenis-jenis tinta printer sebelum memasukkan-nya ke dalam bagian printer. Kesalahan dalam pengaplikasian akan menyebabkan rusaknya printer tersebut.

Jenis Tinta Printer dan Fungsinya

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa ada banyak sekali kelompok tinta printer yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda nantinya bisa membeli jenis tinta yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut beberapa jenis tinta yang digunakan pada printer yang bisa Anda ketahui lebih dalam beserta fungsinya. Kenali dan pahami dengan baik untuk menghindari kesalahan dalam pembelian ataupun pemakaian. Jenis tinta tersebut diantaranya.

Tinta Printer Pigment (Durabrite)

Tinta printer yang cukup dikenal di masyarakat adalah tinta printer pigment atau durabrite yang diformulasikan dari colorant pigment, air diluents dan beberapa bahan pendukung lainnya.

Jenis tinta ini dipercaya mampu menghasilkan hasil cetakan dokumen ataupun gambar yang sangat tajam, pekat dan pastinya juga tahan air.

Perlu diperhatikan jika Anda mengabaikan tinta ini dalam waktu yang lama, maka cartridge akan mengalami penyumbatan yang berakibat pada pengendapan nozzle head.

Untuk tinta printer yang dikenal dengan sebutan tinta printer pigment ini memiliki beberapa jenis produk lainnya yang dalam hal ini adalah sebagai berikut.

  1. Art Paperink digunakan oleh percetakan kecil ataupun besar yang menggunakan kertas ivory sebagai bahan cetak untuk pencetakan full color.
  2. Art Paper Korea sering kali digunakan dalam pencetakan foto yang memerlukan kualitas terbaik dan pastinya tahan lama. Hasil tinta ini jauh lebih tajam dan halus.
  3. Art Paper China digunakan untuk proses pencetakan yang menghasilkan kesan lebih natural sekaligus juga tahan lama. Pencetakan dengan menggunakan tinta ini akan menyebabkan hasil cetakan tidak mudah pudar.

Tinta Printer Dye Base

Didominasi dari bahan air yang dicampur dengan menggunakan colorant. Tinta printer yang satu ini sering kali digunakan untuk printer standar yang menghasilkan warna cerah.

Untuk media kertas yang digunakan dalam pencetakan menggunakan tinta printer ini diantaranya adalah Glossy Paper, kertas HVS, inject paper hingga canvas. Sayangnya hasil pencetakan dengan tinta ini mudah luntur ketika terpapar sinar matahari.

Tinta Sublimation Ink

Untuk tinta printer Sublimation Ink sering digunakan oleh pihak pengguna infuse printer. Secara umum, tinta ini akan digunakan dalam proses pencetakan sablon, mug, kaos, pin ataupun topi.

Keuntungan penggunaan tinta ini dalam proses pencetakan akan memberikan hasil yang sangat permanen dan tahan lama.

Dari sisi ekonomis, tinta ini terbilang lebih efisien dan pastinya membuat hasil sablon bisa langsung disetrika. Sayangnya, tinta ini beresiko menyebabkan print head tersumbat.

Tinta Solvent

Ada juga tinta printer yang dikenal dengan nama tinta solvent. Jenis tinta ini juga sering digunakan oleh mereka yang ingin mencetak spandukneonboxbannerbillboardoutdoor printing dan beberapa lainnya.

Hasil pencetakan dengan menggunakan tinta ini akan memberikan kualitas terbaik yang tahan terhadap panas dan juga tahan air.

Dalam pembuatan-nya, tinta ini berasal dari cat duco dan beberapa bahan campuran lainnya. sayangnya, tinta ini memiliki aroma yang menyengat.

Tinta Eco Solvent

Memiliki kemiripan dengan tinta solvent, untuk tinta printer Eco Solvent tidak terlalu tahan dengan paparan sinar matahari.

Tidak mengherankan jika kemudian hanya digunakan untuk keperluan indoor saja. Sama seperti halnya tinta solvent, aroma tinta ini juga sangat menyengat.

Tinta Textile DTG

Untuk printer jenis DTG sering kali menggunakan tinta printer yang berbeda dengan lainnya. Disebutkan bahwa tinta yang sering digunakan untuk jenis ini adalah head piezo.

Penggunaan tinta ini nantinya akan menjadikan hasil cetakan yang jauh lebih halus, tajam, cerah, dan pastinya tidak mudah luntur. Tinta ini juga digunakan pada jenis kain lacos, tetoron, polo, TC-Hi Tech, dan beberapa jenis kain lain.

Itulah pembahasan dari Makin Tahu mengenai beberapa jenis tinta printer yang digunakan untuk mencetak berbagai hal, baik dokumen ataupun untuk keperluan tekstil.

Adanya beragam jenis tinta tersebut, sudah sepatutnya Anda memilih tinta yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu pada saat diaplikasikan pada printer, tidak akan menyebabkan kerusakan.


error: Content is protected !!