Sejarah Printer Dari Masa Ke Masa

Sejarah printer dari masa ke masa setidaknya perlu untuk kita ketahui. Perkembangan teknologi memberikan sebuah pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan termasuk diantaranya adalah hadirnya mesin pencetak atau printer.

Keberadaan printer sangat membantu masyarakat dalam mencetak dokumen yang jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan zaman mesin ketik, baik dari segi font hingga hasil cetakan yang lebih halus.

Namun siapa sangka jika sejarah printer ini terbilang sangat panjang. Tidak banyak orang tahu dengan betul mengenai sejarah dari printer.

Kemungkinan Anda sendiri yang setiap harinya menggunakan printer tidak selalu tahu dengan betul asal mula kemunculan printer. Sekalipun demikian akan jauh lebih baik, jika kemudian Anda mengetahui sekilas tentang asal mula kemunculan printer sehingga lebih menghargai penemu-nya.

Sejarah Printer Tercipta

Awal mula sejarah ini disaat munculnya pemikiran untuk melakukan sebuah salinan yang menyerupai cetakan majalah ataupun buku. Seiring dengan berjalannya waktu seorang pria berkebangsaan Jerman, Johannes Gutenberg yang tinggal di kota Mainz mencoba untuk menciptakan sebuah metode pencetakan yang sempat populer.

Sekalipun disebutkan bahwa metode yang serupa juga telah berkembang di China dan Korea. Kembali kepada Gutenberg, dirinya kemudian mencoba untuk menciptakan sebuah potongan huruf dari timah melalui proses pengecoran.

Sejarah Printer Old Wooden Press Makin Tahu

Selanjutnya penemuan tersebut digabungkan dengan teknologi yang berkembang di Asia Timur sehingga memunculkan sebuah penemuan mesin cetak dari balok kayu. Dari sinilah awal dan kemudian berkembang mesin printer.

Hasil kerja Gutenberg nampaknya memberikan sebuah kesuksesan tersendiri dimana karyanya tersebut digunakan untuk proses pencetakan Alkitab pertama kali. Tentu saja hal ini memberikan pengaruh yang sangat besar di Eropa, khususnya.

Memang pembahasan mengenai sejarah ini nampaknya juga sangat sulit untuk ditelaah lebih mendalam mengingat pada zaman dahulu perkembangan teknologi juga sedikit terabaikan. Namun dengan referensi video diatas, setidaknya Anda menjadi tahu awal mula sejarah printing dan teknik yang digunakan.

Sejarah Printer Menurut Jenisnya

Dengan ditemukannya printer yang mengalami berbagai perkembangan sangat pesat tersebut, kini juga muncul berbagai jenis printer untuk dijadikan sebagai pilihan dengan menyesuaikan kebutuhan.

Namun munculnya berbagai jenis printer tersebut kembali lagi tidak pernah terlepas dari sejarah printer itu sendiri. Inilah beberapa sejarah adanya printer menurut jenisnya:

Printer Dot Matrix

Tidak banyak yang mengetahui dengan pasti asal mula dari printer Dot Matrix. Jika melihat dari namanya, bisa disimpulkan jika penamaan dari printer ini didasarkan pada hasil printer yang berupa titik-titik.

Pertama kali ditemukan pada tahun 1957, dunia sejarah printer menyebutkan jika Perusahaan IBM-lah yang pertama kali mengeluarkan printer ini untuk dijual di pasaran.

Selanjutnya di tahun 1968, sebuah pabrikan yang ada di Jepang, OKI mencoba merilis printer Dot Matrix pertama kali. Jenis printer ini kemudian dikenal dengan sebutan OKI Wiredot Printer.

Dikatakan pula bahwa printer seri ini sangat mendukung generator dengan jumlah 128 karakter dengan ukuran matrik cetakan adalah 5×7. Dalam pemasarannya printer ini telah menjangkau wilayah pemerintahan dan lembaga.

Sejarah printer Dot Matrix tersebut tidak hanya berhenti sampai disana, sebab di tahun berikutnya beberapa perusahaan mulai berinisiatif dalam meluncurkan produk printer Dot Matrix dengan mengunggulkan produk mereka. Hingga kini jenis printer ini dikenal dengan Print Head Electronic.

Printer Inkjet

Di awal abad ke-20 atau tepatnya pada tahun 1950 an, beberapa perusahaan terkemuka seperti Canon, HP, Epson mulai mengembangkan sebuah penemuan baru yang menjadi bagian dari sejarah printer.

Kinerja printer Inkjet ini didasarkan pada penggunaan tinta cair yang didorong pada sebuah kertas sehingga akan bisa mencetak gambar yang ada pada komputer. Saat ini printer Inkjet ini banyak digunakan dalam dunia percetakan hingga studio foto.

Jika dalam keseharian Anda menemukan sebuah printer ip2770 Canon, maka itulah printer legendaris yang menjadi tonggak sejarah bagi perusahaan Canon yang masih diproduksi hingga saat ini seperti hadirnya printer dengan teknologi scan.

Printer Jet Laser

Selain beberapa jenis printer di atas, terdapat juga printer Jet Laser yang juga menjadi bagian dari sejarah di tahun 1969. Printer jenis ini dikembangkan oleh Gary Starkweather yang menjadi bagian dari perusahaan produsen printer Jet Laser tersebut.

Di bawah naungan Perusahaan Digital Electronic Xerox, printer ini kemudian diperkenalkan kepada masyarakat dengan penambahan teknologi mesin foto copy. Dari sini Ronald Rider bersama Starkweather mencoba memberikan kombinasi atas penggunaan control generator karakter sehingga menghasilkan sebuah printer yang dikenal dengan sebutan printer Jet Laser.

Berbagai perubahan tersebut terjadi pada tahun 1972 yang kemudian dalam sejarah printer mencatat atas kemunculan printer Laserjet Xerox dengan tipe 9700.

Printer Flatbed Plotter

Printer Plotter adalah printer cetak yang terhubung dengan komputer untuk memindai bentuk grafik dan gambar menjadi hasil cetak. Ada banyak gambar yang bisa dicetak seperti gambar denah interior, arsitektur, landscape, dan visual lainnya.

Flatbed Plotter awal adalah CalComp dengan model 738 yang telah digunakan pada tahun 1970 dengan alas area cetak yang besar. Dengan alas besar maka CalComp 738 dapat mencetak gambar dalam ukuran besar.

Perlu diketahui bahwa CalComp 738 adalah Flatbed Plotter Offline atau bisa dikatakan bahwa gambar yang akan dicetak harus di input manual menggunakan pita magnetic ke mesin terlebih dahulu.

Printer Plotter menggunakan mata pena sebagai alat untuk menghasilkan bentuk gambar secara terus menerus sesuai dengan area cetak. Mata pena akan terletak di gantungan pena di Flatbed Plotter (Table Top Plotters).

Dimana gantungan pena akan terus bergerak sesuai alur visual komputer yang dikirim ke Printer Plotter. Penekanan mata pena juga akan dilakukan untuk menghasilkan garis dan titik halus maupun tegas, agar sesuai dengan gambar yang akan dicetak.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat video pengoperasian Printer Plotter yang MakinTahu temukan di Youtube. Selain printer Plotter dengan mata pena, sebenarnya ada juga Inkjet Plotters yang dapat mencetak gambar lebih cepat, tepat dan tidak berisik seperti Printer Plotter yang menggunakan pena.

Semprotan dari tinta akan bekerja cepat untuk mencetak gambar dari komputer ke kertas yang tergulung di Drum Plotter. Komputer yang terhubung juga akan mengatur pergerakan dari Drum Plotter dan waktu untuk semprotan tinta harus dilakukan.

Daisy Wheel Printer

Printer ini hanya bekerja untuk mencetak huruf saja. Setiap huruf akan tersusun pada sebuah piringan logam atau plastik dengan bentuk lingkaran. Daisy Wheel pertama kali ditemukan oleh Dr Andrew Gabor pada tahun 1970 dan pada tahun 1889 desain dari Daisy Wheel dipatenkan oleh Arthur Irving.

Cara kerja Daisy Wheel Printer adalah motor penggerak (Servomotor) menggerakan piringan sesuai dengan huruf yang akan ditekan oleh palu ke pita karbon dan membuat huruf tercetak di kertas. Daisy Wheel Printer pun dikenal dengan nama Character Printer karena kemampuannya mencetak huruf satu persatu.

Line Printer

Line Printer adalah mesin cetak yang bekerja mencetak huruf secara satu-satu dalam sebuah barisan huruf. Printer jenis ini melakukan proses cetak huruf lebih cepat dibandingkan dengan printer Daisy Wheel (Character Printer).

Line Printer mampu mencetak 10 halaman per menit (600 baris) pada tahun 1950. Kemudian berkembang dan bertambah cepat dalam proses mencetaknya menjadi 2500 barus per menit. Printer ini dibagi menjadi 3 yaitu Drum Printer, Band Printer dan Bar Printer.

Dimana setiap printer tersebut berfokus pada penekanan setiap huruf pada kertas. Yang membedakan ketiganya adalah setiap huruf tersebut berada di Drum, Band dan Bar. Bisa dikatakan Line Printer bekerja seperti mesin ketik.

Digital Printer

Digital printer adalah mesin printer yang mencetak gambar yang berasal dari gambar berbasis digital dari komputer atau perangkat lainnya (Kamera). Digital printer berkembang pesat menunjang segala kebutuhan pasar untuk mencetak segala jenis gambar dengan hasil maksimal.

Walaupun harganya lebih mahal dari proses cetak offset, namun proses cetak digital jauh lebih cepat dan tanpa memusingkan plat untuk printing. Adapun hadirnya Portable Printer yang mampu dioperasikan dengan mudah dan tanpa harus menggunakan PC untuk proses cetak gambar.

Anda hanya perlu menghubungkan atau memindai gambar yang akan dicetak dengan jaringan wireless pada Kamera ke Portable Printer. Sungguh perkembangan yang luar biasa bukan?

All in One Printer

Printer berkembang seiring meningkatnya kebutuhan pasar, seperti All in One Printer yang hadir sekitar tahun 2000-an mengambil pekerjaan yang terpisah menjadi 1 perangkat untuk kebutuhan perkantoran. Printer jenis ini mampu melakukan berbagai tindakan seperti mencetak (Print), Menyalin (Copy), Memindai Gambar Pada Kertas Ke Gambar Digital (Scanner), dan Fax.

Sejarah Printer All in One Printer Makin Tahu

Pengoperasiannya pun sudah lebih mudah dan juga tersedia dalam berbagai penghubung seperti Lan dan Wireless. Walaupun harga printer All in One terbilang jauh lebih mahal, namun dengan segala fiturnya, printer ini tetap dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.

3D Printer

Di tahun 2010an perkembangan printer semakin maju, dimana hadirnya perangkat printer 3D ke masyarakat. Printer jenis ini mampu mencetak berbagai bentuk 3 dimensi suatu objek digital menjadi nyata.

Sejarah Printer dari Masa Ke Masa Makin Tahu

Awalnya printer jenis ini hadir dalam ukuran kecil dan untuk keperluan medis, namun sekarang 3d printer hadir dengan ukuran yang besar dan mungkin saja kedepannya setiap perusahaan dan rumah akan memiliki mesin printer 3 dimensi untuk keperluan sehari-hari.

Bahkan mungkin kedepannya Anda bisa mencetak rangka bangunan, rangka peralatan yang rusak, membangun prototipe mesin, mencetak makanan dan lainnya dengan 3D Printer.

Itulah sejarah panjang printer mengenai kemunculan printer yang kemudian sering digunakan dalam proses pencetakan berbagai dokumen ataupun gambar yang berasal dari komputer, sampai kepada munculnya 3D Printer.

Merupakan sebuah perjalanan panjang dalam mencapai kesempurnaan demi menjawab kebutuhan masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan zaman yang semakin canggih. Sekian pembahasan dari Makin Tahu mengenai sejarah awal printer dari masa ke masa.


error: Content is protected !!