Jenis Kertas Foto Yang Digunakan Untuk Cetak Foto

Berikut jenis kertas foto yang sering digunakan untuk cetak foto. Sekarang ini teknologi semakin canggih ditambah lagi banyaknya penemuan oleh orang-orang ahli yang bisa membantu kehidupan saat ini.

Salah satunya adalah foto dimana sekarang ini menjadi sebuah media yang digunakan untuk menyimpan kenangan-kenangan dari berbagai aktivitas. Jika membahas sebuah foto pastinya harus mengetahui jenis kertas foto yang digunakan.

Pasalnya kertas foto juga mempunyai kualitas dan jenis yang beragam mulai dari yang murah hingga yang mahal. Kertas cetak foto merupakan sebuah kertas yang mempunyai tekstur peka terhadap cahaya sehingga gambar dari hasil pemotretan melalui Hp maupun kamera digital dapat tercetak di atasnya.

Kertas foto berwarna putih bening namun kualitas dan jenisnya sangat beragam. Melihat dari sejarahnya kertas foto bermula dari Joseph Nicephore Niepce. Beliau menggunakan lempengan timah dan zat kimia untuk merekam gambar.

Setelah itu ia berhasil mencetak foto pertama kalinya dengan warna hitam putih. Selanjutnya dunia fotografi mengalami perkembangan pesat hingga saat ini.

Jenis Kertas Foto Untuk Cetak Foto

Jenis kertas foto sangatlah beragam mulai dari kualitas hingga perusahaan yang mengeluarkan pun juga berbeda. Foto tidak melulu berasal dari dunia fotografi, banyak jenis kertas foto yang menghasilkan seperti goresan tinta atau lukisan. Mari simak jenis-jenisnya di sini!

Glossy Photo Paper

Kertas foto Glossy yang sering digunakan untuk dunia fotografi. Ia mempunyai permukaan kertas yang halus dan ia bisa memantulkan cahaya sehingga terlihat mengkilap. Hasil cetak foto pada kertas jenis ini akan lebih bagus dan tentunya jelas.

Glossy Photo Paper juga menjadi standar kertas untuk cetak foto.  Kertas Glossy juga mempunyai kelemahan seperti hasil cetakan jika langsung diletakkan pada figura akan mudah lengket. Bisa menyisakan sidik jari hingga goresan. Lama-kelamaan hasil cetak foto akan mudah memudar.

Premium Glossy Photo Paper

Kertas foto Premium Glossy hampir sama dengan jenis kertas foto yang di atas. Namun pada kertas ini bisa menghasilkan cetakan yang lebih mengkilap dan berkualitas tinggi. Kertas Premium Glossy cocok untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi.

Hasil cetak foto dengan Premium Glossy Photo Paper akan lebih cerah dan menghasilkan warna maksimal saat dicetak. Untuk ukuran yang tersedia 120 gsm-240 gsm dengan ukuran kertas F4 dan A4.

Kelebihan kertas foto ini, yaitu mendukung Dye Ink, kompatibel dengan semua Printer Inkjet dan Dots Per Inch mulai dari 720 hingga 5760 dpi. Kelemahan dari kertas sedikit mirip dengan Glossy Photo Paper biasa namun dengan harganya lebih mahal.

Canvas Photo Paper

Canvas Photo Paper mempunyai tekstur yang lebih kasar daripada dua jenis di atas karena seperti bahan kanvas untuk melukis. Hasil foto bisa tercetak seperti sebuah lukisan dengan kesan garis-garis khas goresan tangan.

Dalam proses mencetak ia juga tidak membutuhkan waktu yang lama karena tinta akan mudah terserap dan cepat kering. Kertas Canvas juga lebih tahan lama dari pada dua jenis di atas. Sayangnya untuk membeli kertas ini Anda harus merogoh uang lebih karena bahan kertas kanvas foto yang berkualitas.

Sticker Glossy Photo Paper

Cetak foto biasanya selain untuk dipajang di pigura juga untuk ditempel di berbagai media seperti kaca, almari, maupun yang lainnya. kertas yang sering ditempel ini dinamakan Sticker Glossy Photo Paper.

Kertas foto stiker glossy mempunyai tekstur yang halus dan mengkilap. Bedanya dengan jenis lainnya pada bagian belakang kertas bisa dibuka fungsinya untuk menempel.

Kertas jenis ini sering digunakan oleh pengusaha pembuat stiker untuk mencetak desain stiker. Kelebihan Sticker Glossy Photo Paper adalah permukaannya terlapisi oleh Coating Glossy membuat hasil cetak foto lebih cemerlang dan halus.

Kelemahannya kertas foto stiker glossy tidak tahan terkena air, maka bila Anda ingin menggunakannya diluar ruangan perlu diberikan tambahan plastik pelindung. Kertas foto ini tersedia dengan ukuran A4 dengan berat 135 gram dengan isi 20 lembar.

Laster Photo Paper

Kertas foto jenis ini mempunyai ciri khas permukaan yang sedikit kasar seperti kulit jeruk. Ia bisa menghasilkan foto yang berkualitas tinggi karena ia bisa bertahan sangat lama dari belasan hingga puluhan tahun.

Hasil cetak menggunakan Laster Photo Paper juga tidak akan mudah pudar dan bisa menghasilkan kesan doff. Kertas ini juga sering digunakan untuk mencetak keperluan dokumenter.

Kelebihan lainnya dari Luster Photo Paper adalah jenis kertas ini mampu memberikan kontras warna tinggi, tidak meninggalkan sidik jari jika tersentuh, foto yang dicetak memberikan kesan profesional, bila terkena cahaya maka kertas ini tidak akan memberikan efek silau, sangat cocok untuk mencetak foto resolusi tinggi.

Inkjet Paper

Kertas foto ini mempunyai keunggulan yang banyak, beberapa keunggulan tersebut, yaitu kertas Inkjet tahan air sehingga Anda tidak perlu khawatir jika foto tidak sengaja terkena air, karena hasil cetak tidak akan memudar.

Inkjet Paper tidak hanya bisa digunakan untuk cetak foto namun juga bisa untuk cetak poster, kalender, sketsa dan lainnya. Hal ini karena ukuran kertas inkjet yang lebih tipis.

Foto yang tercetak di kertas ini bisa terlihat bagus, tajam, jelas, dan tentunya awet. Tinta yang digunakan bisa mudah terserap dan cepat kering. Kekurangannya ia tidak cocok untuk foto konvensional, ia hanya bisa menghasilkan refleksi cahaya sedikit sehingga foto yang dihasilkan tidak terlalu Glossy.

Matte Paper (Doff)

Kertas foto jenis ini cocok untuk mencetak foto yang akan dipasang di frame atau album. Kelebihan dari Matte Paper adalah foto akan lebih awet tidak mudah memudar walaupun sering dipegang. Kertas Matte juga lebih mudah menyerap tinta ketika proses mencetak.

Hasil cetak foto pada kertas Matte juga terlihat lebih halus dengan permukaan tidak mengkilap dan tidak mudah tergores. Cocok sekali digunakan untuk mencetak foto hitam putih klasik, foto wedding dan foto bayi.

Kelemahannya Matte Paper adalah menghasilkan refleksi cahaya yang sedikit dan bertekstur lebih kasar sehingga saat dipindai ke bentuk digital akan ada efek tekstur kasar yang tampil.

Double-Side Paper

Sesuai dengan namanya kertas foto ini dapat digunakan untuk cetak foto di kedua sisi kertas. Hasil cetak yang cukup baik dengan efek dominan yaitu Doff atau tidak mengkilap. Kelebihan kertas Double-Side lainnya adalah saat proses cetak tinta lebih cepat kering.

Hasil cetak kertas ini lebih tajam dari kertas HVS. Kertas Double-Side Paper juga cocok digunakan untuk mencetak kartu undangan, brosur, kartu nama, laporan kerja, proposal dan lainnya.

Metallic Paper

Metallic Paper memiliki ciri-ciri seperti kertas foto Glossy, yaitu tampak mengkilap bahkan lebih mengkilap dari kertas foto Glossy. Kertas ini juga ada sedikit efek warna keemasan dan titik metallic pada permukaannya. Kertas jenis ini memiliki ketahanan yang lama.

Hasil cetak foto dengan kertas ini akan terlihat seperti efek mengkilap chrome atau logam sehingga warna foto terlihat tajam karena warna yang timbul lebih kaya. Metallic Paper juga tersedia dalam 2 jenis, yaitu Metallic Paper tanpa laminating dan dengan laminating.

Banyaknya jenis kertas foto seperti yang sudah dipaparkan di atas bisa digunakan untuk membuka sebuah usaha percetakan foto. Namun perlu diingat bahwa hasil foto yang bagus tidak hanya dipengaruhi oleh kertas foto saja tetapi kualitas printer, warna, resolusi dan tinta juga berpengaruh.

Jika semua alat yang digunakan dalam kualitas yang bagus maka hasil foto juga bisa lebih bagus lagi. Sekian pembahasan mengenai jenis kertas foto yang sering digunakan untuk cetak foto.


error: Content is protected !!