Jenis Kertas Sertifikat Yang Sering Digunakan Di Percetakan

Apakah Anda sedang ingin cetak sertifikat? Berikut pembahasan nama jenis kertas sertifikat yang sering digunakan di percetakan. Sebelum memutuskan untuk membuat sertifikat atau dokumen resmi lainnya, sebaiknya memahami jenis kertas sertifikat yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Jangan sampai salah memilih kertas karena jenis kertas yang dipilih akan menentukan harga, kualitas dan keawetan hasil cetakan sertifikat, berikut ini ulasannya.

Jenis Kertas Sertifikat

Sertifikat yang dipakai sebagai bukti keterampilan, penghargaan dan pencapaian pendidikan umumnya menggunakan kertas berukuran A4. Agar hasil cetakan bisa bertahan lama, sebaiknya pilih jenis kertas sertifikat yang berkualitas.

Bila menggunakan kertas berkualitas, maka dokumentasi sertifikat akan lebih terlihat kredibel dan otentik serta dapat tahan lama. Beberapa jenis kertas yang sering dipakai untuk print sertifikat di antaranya sebagai berikut;

Kertas Art Carton

Jenis Kertas Art Carton adalah kertas yang memiliki tekstur yang halus, licin dan berwarna putih. Kertas Art Carton tersedia dalam beberapa ketebalan mulai dari 190 gram, 210 gram, 230 gram, 260 gram hingga 310 gram.

Agar hasil cetakannya tampil lebih memuaskan, biasanya setelah print sertifikat kemudian kertas tersebut dilapiskan laminating berupa laminasi doff dan glossy. Selain dipakai sebagai kertas sertifikat, kertas Art Carton juga sering dipakai untuk keperluan membuat cover buku, kartu nama, Paper Bag, Map dan brosur.

Jika Anda membuat sertifikat yang masih membutuhkan tanda tangan manual, sebaiknya jangan menggunakan kertas Art Carton karena kertas ini sulit menyerap tinta tulisan tangan. Saran Makin Tahu jika ingin membubuhi tanda tangan, sebaiknya tanda tangan sudah berada dalam desain yang ingin dicetak.

Kertas Art Paper

Seperti Kertas Art Carton, Kertas Art Paper adalah kertas yang memiliki permukaan yang licin dan halus. Ketebalan kertas Art Paper yang tersedia mulai dari 85 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram hingga 150 gram. Kertas Art Paper juga umum digunakan sebagai kertas untuk print majalah, brosur, flyer dan katalog produk.

Kertas BW Carton

Kertas karton lainnya yang sering dipakai untuk kertas sertifikat adalah Kertas BW (Blues White) Carton. Kertas ini memiliki tekstur yang halus dengan ketebalan yang paling banyak ditemui adalah 250 gram. Meski namanya Blues White Carton, tapi kertas ini tersedia dalam beberapa warna.

Kertas Linen Jepang

Jenis kertas lainnya adalah kertas linen Jepang. Berbeda dengan kertas Art Carton yang bertekstur halus, kertas linen Jepang justru memiliki tekstur permukaan yang kasar. Kertas Linen Jepang yang biasa dipakai untuk print sertifikat umumnya yang memiliki ketebalan 250 gram.

Karena kertas ini teksturnya tidak licin dan masih bisa menyerap tinta tulisan tangan, kertas linen Jepang biasa dipakai untuk membuat sertifikat yang masih membutuhkan tanda tangan manual.

Kertas Untuk Sertifikat Piagam Penghargaan

Kertas Concorde

Kertas Concorde yang sering dipakai membuat sertifikat memiliki tekstur kasar dengan permukaan sedikit timbul membentuk garis. Kertas ini tersedia dalam beberapa pilihan warna pastel yang lembut. Beberapa varian ketebalan yang tersedia untuk kertas ini adalah 160 gram, 220 gram dan 250 gram.

Kertas Ivory

Kertas Ivory memiliki karakter mirip dengan kertas Art Carton. Tapi jenis kertas ini hanya memiliki satu sisi yang licin bukan kedua sisinya dan tidak memiliki lapisan coating. Kertas Ivory banyak dipakai sebagai kertas dus-dus kosmetik dan paper bag. ketebalan yang tersedia untuk kertas ini adalah 210 gram, 230 gram, 250 gram, 310 gram dan 400 gram.

Kertas Yellow Board

Kertas Yellow Board cukup tebal sehingga tak hanya dipakai sebagai kertas sertifikat, tapi juga sebagai bahan pembuat undangan hard cover. Karena kertas ini tak bisa dicetak offset, maka sering dilapisi dengan kertas duplex atau art paper. Kertas Yellow Board tersedia dalam dua pilihan ketebalan yakni YB 30 dan YB 40.

Kertas Dupleks

Kalau Anda melihat kertas di mana satu sisinya berwarna abu-abu dan sisi lainnya putih, maka kertas tersebut adalah kertas Dupleks. Jenis kertas sertifikat ini sering dipakai sebagai kemasan makanan maupun obat-obatan. Ketebalan Kertas Dupleks yang tersedia mulai dari 250 gram, 270 gram, 310 gram, 350 gram, 400 gram, 450 gram dan 500 gram.

Kertas Fancy Paper

Kertas Fancy Paper tersedia dalam beberapa pilihan warna dan karakteristik dan biasanya dipakai sebagai kertas undangan. Beberapa jenis Kertas Fancy Paper yang banyak dipakai di antaranya java emboss, jasmine, millennium dan lainnya. Kertas Fancy Paper tersedia dalam varian ketebalan 80 gram, 100 gram, 220 gram dan 300 gram.

Kertas HVS

Kertas HVS biasa dipakai sebagai kertas fotocopy maupun cetakan isi buku contohnya Manual Book. Tak seperti jenis kertas sertifikat lainnya, kertas HVS cukup tipis dengan karakter permukaan yang kasar. Ketebalan yang tersedia untuk kertas HVS mulai dari 60 gram, 70 gram, 80 gram dan 100 gram.

Kertas Samson Kraft

Jenis kertas lainnya adalah kertas Samson Kraft. Kertas Samson Kraft memiliki warna kecoklatan karena merupakan hasil proses daur ulang. Kertas ini biasa dipakai sebagai kertas pembungkus atau Paper Bag. Kertas Samson Kraft tersedia dalam varian ketebalan 70 gram dan 80 gram.

Ukuran Kertas Sertifikat

Berikut berbagai jenis ukuran kertas untuk cetak sertifikat pada umumnya digunakan seperti;

  • Ukuran Kertas A4 (210 mm x 297 mm)
  • Ukuran Kertas A5 (148 mm x 210 mm)
  • Ukuran Kertas Letter (215 mm x 279 mm)
  • Ukuran Kertas F4 Folio ( 210 mm x 330 mm) atau (215 mm x 330 mm)

Kesimpulannya bahwa bila Anda ingin mencetak sertifikat dapat memilih kertas Concorde atau Art Paper dengan ukuran standar sertifikat F4 atau A4. Anda dapat menyesuaikan desain sertifikat dengan ukuran kertas yang akan dicetak nantinya. Pastikan untuk menyimpan desain dengan format warna CMYK.

Tips Memilih Kertas Sertifikat

Sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk mencetak sertifikat, maka ada baiknya untuk memilih kertas yang tepat. Hal ini agar tidak terjadi kesalahan saat cetak dalam jumlah yang banyak.

Warna Kertas

Warna kertas akan berperan penting saat Anda mencetak sertifikat, karena warna kertas harus disesuaikan pula dengan warna desain yang telah dibuat. Pastikan Anda memilih warna kertas yang terang seperti putih, biru muda, cream, hijau muda dan kuning muda.

Pemilihan warna kertas akan berpengaruh sekali dengan desain yang akan dicetak. Sebaiknya Anda mencoba mencetak sampel terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil cetak dan lihatlah apakah warna tulisan, desain terlihat jelas atau tidak.

Ketebalan Kertas

Ketebalan kertas yang digunakan juga perlu dipertimbangkan saat mencetak sertifikat. Sebaiknya pergunakan kertas yang minimal ketebalan adalah 190gr untuk mendapatkan hasil terbaik.

Dengan ketebalan tersebut akan membuat sertifikat tidak mudah rusak. Warna yang dihasilkan juga menjadi terlihat lebih baik karena menyerap sempurna dan tidak tembus ke bagian belakang kertas.

Tekstur Kertas

Memilih kertas yang memiliki tekstur dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan kualitas sertifikat yang dicetak. Namun Anda perlu memperhatikan desain yang dibuat apakah sesuai dengan tekstur kertas yang akan digunakan.

Karena terkadang desain dengan kertas bertekstur harus disesuaikan agar hasilnya dapat sempurna. Memilih kertas bertekstur untuk sertifikat juga akan memberikan efek elegan.

Namun yang menjadi kekurangannya adalah sertifikat menjadi susah di laminating jika memiliki tekstur yang kasar. Sekian pembahasan mengenai jenis kertas sertifikat yang sering digunakan di percetakan.


error: Content is protected !!