Manfaat Kegiatan Ekspor Impor Bagi Ekonomi Negara

Kegiatan ekspor impor umum dilakukan di suatu negara dan memiliki banyak manfaat bagi perekonomian negara tersebut, seperti contohnya bisa meningkatkan produktivitas industri di dalam negeri.

Manfaatnya tidak hanya mempengaruhi di bidan bisnis saja, namun juga bisa memberikan dampak secara signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian secara menyeluruh.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam serta budaya. Hal ini memiliki peran penting di dalam perdagangan internasional.

Perekonomian di suatu negara tidak bisa tumbuh dan berkembang jika tidak aktif dalam kegiatan ekspor dan juga impor. Itulah sebabnya di suatu negara kerap menemukan kegiatan ini untuk menunjang perekonomian negara tersebut.

Manfaat Ekspor Dan Impor Terhadap Perekonomian Negara

Manfaat kegiatan ekspor dan impor bagi perekonomian negara yang harus Anda ketahui adalah:

Meningkatkan Produktivitas Industri Di Dalam Negeri

Melalui kegiatan ekspor bisa memperluas pasar industri serta mengoptimalkan penggunaan beberapa faktor produksinya untuk mengurangi biaya produksi. Contohnya saat produksi hanya dapat dilakukan di dalam negeri.

Peralatan produksi hanya bisa diproduksi dalam jumlah sedikit dari kapasitas-nya sebab khawatir produk tidak terjual banyak.

Meskipun produksinya sedikit, namun biaya operasional-nya tetaplah sama apabila memproduksi dengan kapasitas secara maksimal.

Dengan adanya ekspor, maka bisa memperluas pasar dan permintaan akan lebih tinggi. Hal ini membuat produksinya bisa dilakukan dengan kapasitas secara maksimal serta biaya operasional-nya juga sama.

Menciptakan Lapangan Kerja

Kegiatan ekspor dan impor bukan sekedar mengenai layanan dan barang saja, namun juga menciptakan lapangan kerja.

Dengan adanya peningkatan volume perdagangan internasional, maka sektor impor dan ekspor jadi salah satu pendukung untuk menciptakan lapangan kerja.

Hal inilah yang bisa membantu mengurangi jumlah pengangguran dan juga bisa mengatasi kemiskinan dan mendorong kesejahteraan masyarakat di suatu negara.

Memenuhi Kebutuhan Nasional

Di setiap negara pasti mempunyai iklim, kondisi geografi dan tingkat penguasaan IPTEK yang berbeda-beda. Hal ini bisa mempengaruhi adanya produk yang tidak dapat diproduksi oleh suatu negara, namun dibutuhkan oleh rakyatnya.

Dengan kegiatan impor, dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Meskipun negara tidak bisa memproduksi suatu produk sendiri, namun bisa melakukan impor produk tersebut dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya.

Contohnya adalah Indonesia impor beras yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nasional. Kegiatan ini juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan saat produksi beras di Indonesia tidak bisa memenuhi permintaan nasional.

Mendorong Pertumbuhan Infrastruktur

Dengan adanya kegiatan ekspor dan impor akan membutuhkan infrastruktur secara efisien, seperti jaringan transportasi yang baik dan juga pelabuhan.

Investasi untuk infrastruktur tersebut tidak hanya dapat mendukung kegiatan perdagangan internasional saja, namun juga memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan perekonomian secara menyeluruh di suatu negara.

Memperoleh Bahan Baku

Cara memenuhi kebutuhan nasional termasuk dengan memenuhi bahan baku. Kegiatan impor memberikan manfaat untuk memenuhi bahan baku industri serta manufaktur yang tidak dapat diproduksi di suatu negara.

Dengan melakukan kegiatan impor dapat menjaga perusahaan di dalam negeri untuk menjalankan bisnisnya dengan baik.

Stabilitas Mata Uang

Melalui kegiatan ekspor dan impor, suatu negara bisa menjaga stabilitas mata uangnya secara baik.

Penyeimbangan perdagangan bisa membantu menghindari terjadinya fluktuasi mata uang secara ekstrem, pertumbuhan ekonomi jangka panjang dan juga menciptakan keadaan kondusif untuk investasi.

Memperoleh Teknologi Terbaru

Suatu negara bisa mendapatkan teknologi terbaru yang telah dikembangkan di luar negeri melalui kegiatan impor. Teknologi terbaru ini bermanfaat bagi perkembangan sejumlah bidang untuk mendorong kemajuan suatu negara.

Membangun Hubungan Diplomatik Yang Kuat

Perdagangan internasional dapat memperkuat hubungan diplomatik antara sejumlah negara.

Dengan adanya kegiatan ekspor dan impor, maka suatu negara bisa menjalin bisnis yang saling menguntungkan satu dengan lainnya dan menciptakan dasar yang kuat dalam kerja sama pada sejumlah bidang.

Tentunya kegiatan ekspor tidak dilakukan sembarangan, namun akan diawasi oleh pemerintah. Kegiatan ekspor membuat sejumlah negara menjalin kerja sama dan kegiatan ini akan membangun hubungan yang baik bagi antar negara.

Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Peningkatan pendapatan suatu negara dan menciptakan lapangan kerja, maka kegiatan ekspor dan impor bisa memberikan kontribusi secara langsung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini mencakup akses di bidang pendidikan, meningkatkan taraf hidup, peningkatan layanan kesehatan dan infrastruktur nasional.

Keberlanjutan Lingkungan

Ekspor dan impor bisa mendukung prinsip keberlanjutan lingkungan.

Adanya permintaan global untuk produk yang ramah lingkungan, maka ekspor dan impor bisa mendorong inovasi serta produksi secara berkelanjutan dan menciptakan dampak yang baik di lingkungan global.

Itulah beberapa manfaat kegiatan ekspor dan impor bagi perekonomian negara yang wajib Anda pahami.

Kesimpulan

Dengan adanya kegiatan ekspor dan impor dapat mendorong kemajuan suatu negara. Lapangan kerja terbuka luas, hubungan kerja sama antar negara dapat terjalin dengan baik dan menunjang pertumbuhan ekonomi bagi negara.


error: Content is protected !!