Pengertian Bisnis MLM Contoh Dan Keuntungan

Pembahasan kali ini cocok bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam terkait pengertian Bisnis MLM contoh dan keuntungan bisnis ini. Istilah bisnis MLM tentu cukup familiar namun tidak sedikit juga yang bertanya-tanya apa itu bisnis MLM.

Jadi bagi Anda yang belum tahu, ini merupakan salah satu bentuk bisnis yang memanfaatkan strategi pemasaran berjenjang atau berantai yang di mana pihak yang menjual produk yaitu sales yang bertugas menjual produk dan juga merekrut pihak lain untuk ikut menjadi sales.

Karyawan atau sales nantinya bisa mendapatkan kompensasi atas penjualan produk yang dijual sendiri maupun yang dijual sales lain yang sudah berhasil direkrut. Ada berbagai macam contoh bisnis ini yang bisa ditiru dan berikut penjelasannya.

Pengertian Bisnis Multi Level Marketing (MLM) Menurut Para Ahli

MLM adalah singkatan dari Muliti Level Marketing yang merupakan salah satu sistem pemasaran yang menggunakan pelanggan atau konsumen sebagai jaringan distribusi.

Pengertian sistem pemasaran ini bukan sebatas itu saja karena ada beberapa ahli yang memiliki pemikiran yang berbeda. Untuk mengetahui secara pasti apa saja pengertian bisnis ini menurut ahli, bisa lihat penjelasan berikut ini.

Muslich

Menurut Muslich, bisnis Multi Level Marketing adalah suatu sistem pemasaran modern yang memanfaatkan jaringan distribusi yang sudah dibangun secara permanen dan bisa memberikan posisi pelanggan sebagai tenaga pemasaran.

Jadi bisnis ini akan menggunakan sistem pemasaran berjenjang melalui beberapa jaringan distribusi yang menggunakan pelanggan sebagai sales atau tenaga pemasaran produk.

Harefa

Menurut Harefa, bisnis MLM adalah suatu sistem pemasaran atau penjualan langsung atas sebuah produk baik itu produk berupa barang ataupun jasa kepada konsumen-nya sehingga biaya distribusi produk yang dikeluarkan dari jasa atau barang yang dijual menjadi sangat minim jumlahnya bahkan bisa mencapai nol.

Jadi bisa dikatakan kalau bisnis ini sama sekali tidak membutuhkan biaya distribusi dan juga tidak memerlukan biaya promosi karena semua biaya tersebut sudah ditanggung oleh mitra niaga yang bekerja dengan sistem berjenjang.

Bahaya Bisnis Multi Level Marketing Yang Harus Diwaspadai

Anda yang belum terjun dalam bisnis Multi Level Marketing pasti tidak tahu bahaya dari bisnis MLM itu apa saja.

Bisnis ini memang terbilang cukup menguntungkan tetapi ada bahaya yang mengintai apabila tidak bisa menjalankan bisnis ini dengan baik dan benar. Contoh bahaya yang nantinya bisa dialami akan dijelaskan secara lengkap berikut ini.

Struktur Piramida Yang Sangat Rentan

Bahaya bisnis MLM yang harus benar-benar di waspadai adalah struktur piramida yang terlalu mendalam.

Distributor yang berada di posisi paling puncak mempunyai potensi mendapatkan penghasilan yang jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan distributor yang ada di tingkat paling bawah.

Hal ini nantinya bisa membuat sebagian orang yang ikut dalam jaringan MLM akan berjuang sekuat tenaga agar bisa mendapatkan downline atau bawahan agar bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Ada banyak sekali tindakan yang akan dilakukan distributor agar bisa mendapatkan downline dalam jumlah yang banyak.

Tindakan-tindakan yang kurang terpuji seperti menipu anggota baru merupakan salah satu tindakan yang umum dilakukan oleh distributor atau upline yang kurang bertanggung jawab. Untuk Anda yang baru memulai bisnis MLM harus berhati-hati dengan distributor yang seperti itu.

Pengeluaran Awal Terlalu Tinggi

Bisnis MLM di Indonesia kadang mengharuskan distributor baru untuk membayar biaya di awal perjanjian dalam jumlah yang cukup banyak.

Distributor yang pertama kali bekerja sama dengan perusahaan MLM harus membeli produk dengan harga jauh lebih mahal dibandingkan produk yang sama di pasaran.

Adanya peraturan seperti ini sudah pasti sangat merugikan distributor karena harus mengeluarkan banyak uang sebelum mulai mendapatkan penghasilan.

Aturan bisnis MLM seperti itulah yang kadang membuat banyak distributor melakukan segala macam cara untuk bisa mendapatkan bawahan agar nantinya uang yang dikeluarkan di awal bergabung bisa cepat kembali.

Untuk yang berminat dengan bisnis ini sebaiknya berhati-hati dengan distributor atau perusahaan yang membuat peraturan seperti itu karena sangat merugikan.

Tekanan Merekrut Bawahan

Pelaku bisnis ini juga sering sekali mendapatkan tekanan dari atasan untuk mendapatkan banyak distributor baru agar jaringan MLM yang Anda miliki menjadi lebih luas.

Upline adalah sosok yang memiliki tugas mencari distributor baru tersebut, biasanya posisi ini akan menggunakan trik-trik khusus agar bisa memperoleh distributor baru atau downline sebanyak mungkin.

Trik atau cara yang biasanya digunakan upline kadang membuat orang lain tidak merasa nyaman karena pendekatan yang dilakukan terlalu agresif dan kadang terkesan memaksa.

Tindakan tersebut dilakukan karena upline mendapatkan tekanan yang terlalu keras dari pemilik bisnis MLM dan juga dikarenakan ingin cepat mengembalikan uang yang sudah digunakan untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang ditawarkan perusahaan.

Janji Penghasilan Melimpah

Distributor baru sering sekali diberikan janji penghasilan yang jumlahnya tidak realistis.

Bisnis yang memberikan janji seperti itu merupakan bisnis MLM penipuan yang sangat disarankan untuk dihindari karena yang namanya bisnis penipuan tidak mungkin akan menghasilkan keuntungan bila dijalankan hanya akan mendatangkan kerugian untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Saat ini mulai banyak bisnis MLM yang menawarkan janji seperti itu untuk bisa memperoleh downline sebanyak mungkin. Meskipun penawarannya tidak terlihat realistis tetapi banyak sekali orang yang tertipu dengan penawaran tersebut sehingga mau menjadi downline.

Kalau sudah mengikuti jaringan MLM yang seperti ini pasti akan kehilangan banyak sekali uang.

Produk Yang Dijual Tidak Memadai

Bisnis MLM halal atau haram? Jawabannya bisa haram apabila produk atau jasa yang dijual tidak memiliki nilai yang sebanding dengan harga produk.

Kalau seperti ini kondisinya bukan saja akan menyulitkan pihak distributor yang menjual produk tetapi juga akan merugikan konsumen yang membeli produk karena mengeluarkan uang banyak tetapi tidak bisa mendapatkan manfaat dari jasa atau produk yang dibeli.

Perusahaan bisnis MLM yang menjual produk seperti itu cukup banyak di Indonesia sehingga masyarakat diharuskan untuk berhati-hati dalam memilih produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan MLM.

Anda yang ingin terjun ke bisnis seperti ini juga disarankan untuk tidak menjual produk dengan sistem seperti itu karena bisa membuat bisnis yang dijalani tidak bertahan lama.

Bisnis Tidak Stabil

Bisnis MLM menurut Islam bisa halal dan bisa juga haram tergantung dari orang yang menjalankan bisnis tersebut.

Kalau pihak yang menjalankan bisnis bisa mendatangkan banyak keuntungan untuk orang banyak tanpa merugikan pihak-pihak tertentu bisa dianggap bisnis ini halal jika merugikan maka bisnis ini haram untuk dilakukan.

Bisnis MLM yang bisa dikatakan haram adalah bisnis yang tidak stabil, maksudnya adalah bisnis ini tidak bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama sehingga mengakibatkan kerugian untuk pihak yang menjalankannya.

Karyawan atau distributor yang ikut andil dalam bisnis tersebut juga akan mengalami kerugian apabila perusahaan bangkrut jadi sangat disarankan untuk berhati-hati kalau ingin menjalankan bisnis ini.

Contoh Bisnis Multi Level Marketing Yang Legal

Bisnis MLM dalam Islam termasuk bisnis yang halal apabila bisnis Ini bisa memberikan banyak manfaat untuk khalayak umum.

Tapi bisnis ini juga bisa dikatakan haram apabila konsep bisnis yang dijalankan hanya menguntungkan beberapa pihak saja dan lebih banyak mendatangkan kerugian untuk banyak orang.

Ada beberapa contoh bisnis ini yang sudah terbukti legal dan bisa menguntungkan banyak pihak. Untuk tahu apa saja contohnya bisa lihat ulasan berikut ini.

Contoh Bisnis Multi Level Marketing

Oriflame

Oriflame merupakan salah satu contoh bisnis MLM yang masih ada di Indonesia. Oriflame adalah perusahaan kosmetik Swedia yang berdiri sejak tahun 1967 yang menggunakan sistem MLM untuk memasarkan produk-produknya.

Perusahaan ini sudah berhasil mempunyai jaringan lebih dari 60 negara yang bisa menghasilkan omset sekitar 1,5 miliar dolar Amerika.

Bisnis MLM ini selain omsetnya besar juga sudah mempunyai anggota banyak sekali yang memiliki peran sebagai penjual dan mempromosikan produk kosmetik dari perusahaan ini.

Produk yang dikeluarkan Oriflame diklaim terbuat dari bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit dan mempercantik kulit. Karena produknya sudah terbukti berkualitas membuat perusahaan MLM ini berkembang dengan sangat pesat.

Tupperware

Tupperware merupakan perusahaan yang menggunakan sistem bisnis MLM. Perusahaan ini berpusat di Orlando, Amerika yang berdiri sejak tahun 1948.

Perusahaan ini termasuk perusahaan yang sangat sukses di negara asal maupun di Indonesia karena menggunakan sistem penjualan produk dengan diskon jika ada konsumen yang mau menjadi member Tupperware.

Resiko bisnis MLM ini terbilang cukup rendah karena banyak sekali yang suka dengan produk Tupperware dikarenakan kualitasnya yang sangat bagus dan juga produknya tersedia dalam berbagai macam varian.

Meskipun harga produknya terbilang cukup mahal tapi banyak sekali ibu-ibu yang memilih membeli produk Tupperware dibandingkan produk dari perusahaan lain.

Herbalife Nutrition

Herbalife Nutrition merupakan perusahaan MLM terbesar di Indonesia, tapi sekarang perusahaan ini sudah tidak lagi terkenal dikarenakan gaya hidup masyarakat Indonesia yang mulai mengalami perubahan.

Dulu sebelum adanya perubahan tersebut, perusahaan ini sangat terkenal karena menjual berbagai macam produk diet dan juga produk perawatan kulit yang diklaim bisa membantu menjaga pola hidup sehat.

Ada banyak sekali orang yang suka dengan produk perusahaan ini karena produk yang ditawarkan sangat bervariasi mulai dari suplemen nutrisi sampai produk perawatan kulit semuanya ada.

Untuk harga produk yang ditawarkan perusahaan ini bilang sangat terjangkau sehingga semua kalangan masyarakat bisa membeli produk Herbalife Nutrition.

Karena perusahaan ini berhasil sukses di Indonesia membuat banyak pihak tertarik untuk menjalankan bisnis MLM seperti ini.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Multi Level Marketing

Keuntungan bisnis MLM bukan saja dirasakan oleh pihak yang membuka perusahaan MLM tapi juga bisa mendatangkan keuntungan untuk orang-orang yang bertugas sebagai tenaga kerja maupun konsumen dari bisnis ini.

Contoh keuntungan yang sudah pasti akan Anda rasakan apabila menjalankan bisnis ini bisa dilihat ulasannya berikut ini.

Waktu Bekerja Yang Sangat Fleksibel

Menjalankan bisnis MLM tidak perlu meluangkan waktu seharian penuh untuk mengurus atau mengatur bisnis ini karena waktu kerjanya sangat fleksibel bisa ditentukan sendiri.

Kalau bekerja di kantor sudah pasti tidak bisa fleksibel karena sudah ada aturan mengenai jam kerja yang sudah dibuat perusahaan.

Bisnis ini jam kerjanya bisa ditentukan sendiri oleh orang yang menjalankannya, Anda bisa memulai bisnis MLM jenis apapun seperti MLM kosmetik pada siang hari, pagi hari maupun malam hari.

Meskipun waktu kerja yang dipilih tidak seperti jam kerja kantoran tapi bisnis ini bisa tetap mendatangkan banyak keuntungan karena yang namanya produk kosmetik banyak yang suka.

Jumlah Pendapatan Yang Melimpah

Bisnis Multi Level Marketing khususnya MLM Propolis merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan karena jumlah pendapatan yang bisa diperoleh dari bisnis ini bisa berlipat ganda.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan yang jumlahnya besar caranya cukup mudah yaitu dengan merekrut banyak orang untuk menjadi member yang bertugas menawarkan produk atau menjual produk.

Kalau Anda sudah berhasil merekrut minimal 10 orang nantinya orang yang sudah direkrut akan merekrut orang lainnya dan begitu selanjutnya.

Semakin banyak orang yang direkrut maka akan semakin besar penghasilan atau kompensasi yang bisa didapatkan. Apalagi saat menjalankan bisnis MLM ini juga ikut andil dalam menjual produk.

Jumlah Modal Minim

Anda yang ingin memulai menjalankan bisnis MLM tidak perlu mempersiapkan banyak modal karena jenis bisnis ini modelnya terbilang sangat kecil.

Jumlah modal yang dibutuhkan sekitar 2 juta agar bisa bergabung dengan bisnis ini. Dengan menggunakan modal tersebut nantinya bisa memulai untuk merekrut anggota baru dan menjual produk yang perusahaan tawarkan.

Modal yang sudah dipakai akan cepat sekali kembali jika berhasil menjual banyak produk dan mendapatkan banyak anggota baru.

Karena bisnis MLM ini modalnya kecil membuat bisnis ini sangat diminati di tahun 2023 dan dipastikan akan kembali populer di tahun 2024.

Cara Daftar Bisnis Multi Level Marketing

Apabila Anda tertarik dengan bisnis Multi Level Marketing sebaiknya harus mengetahui terlebih dahulu aturan yang dibuat pemerintah Indonesia untuk bisnis jenis ini.

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu kalau ingin daftar bisnis MLM legal di Indonesia dan berikut daftar persyaratan-nya.

Memiliki Izin Resmi

Bisnis MLM wajib mempunyai izin resmi dari berapa instansi pemerintah di Indonesia seperti Kementerian Perdagangan.

Untuk mendapatkan izin seperti ini, Anda harus mendatangi kantor instansi Kementerian yang bersangkutan untuk mengurus pembuatan surat izin.

Mempunyai Sistem Yang Jelas

Perusahaan yang menjalankan bisnis MLM juga harus mempunyai sistem yang jelas dan juga terperinci.

Perusahaan harus membuat sistem pemberian kompensasi dan juga struktur jaringan jelas mungkin agar tidak merugikan anggota-anggotanya.

Transparan

Maksud transparan di sini adalah bisnis MLM harus selalu transparan dalam memberikan informasi mengenai persyaratan, kompensasi dan juga peluang bisnis yang ditawarkan pihak perusahaan kepada distributor dan calon distributor.

Tidak Berubah Menjadi Skema Piramida Ilegal

Bisnis MLM yang diperbolehkan adalah bisnis yang dijalankan tanpa berubah menjadi skema piramida. Arti dari skema piramida ini adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari perekrutan anggota baru bukan dari hasil penjualan jasa atau produk.

Mengikuti Kode Etik

Bisnis MLM juga diharuskan untuk bisa mematuhi kode etik bisnis yang sudah berlaku di Indonesia. Contohnya adalah tidak memakai taktik penjualan yang merugikan konsumen dan juga tidak diperbolehkan memaksa atau mengancam orang lain untuk menjadi anggota baru.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang ada di atas tadi dapat disimpulkan bahwa bisnis MLM bisa sangat menguntungkan apabila dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak merugikan pihak mana pun.

Anda yang tertarik dengan bisnis ini tidak hanya perlu memperhatikan aturan tetapi juga memperhatikan produk atau jasa yang akan ditawarkan karena produk sangat menentukan perkembangan bisnis ini.


error: Content is protected !!