Pengertian Paper Bag Manfaat, Ukuran, Harga Dan Fungsinya

Saat ini penggunaan paper bag atau yang disebut juga sebagai paper sack semakin meningkat dan menjadi populer sebagai pengganti kantong plastik. Modelnya cukup beragam dengan warna dan desain yang bervariasi untuk berbagai keperluan.

Paper bag adalah model tas serbaguna yang bisa Anda gunakan untuk berbelanja sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik yang kurang ramah lingkungan. Apakah fungsinya sama seperti kantong plastik? Berikut penjelasannya.

Pengertian Paper Bag

Apa itu paper bag? Yaitu tas sederhana yang terbuat dari bahan dasar kertas (Paper). Jenis kertas yang digunakan biasanya berupa kertas tebal sehingga tidak mudah sobek saat digunakan membawa beban.

Contohnya kertas karton, kertas hard cover, kertas manila, kertas kalender dan lain-lain. Penggunaan jenis tas ini mulai banyak di gandrungi karena dinilai memiliki banyak manfaat positif. Terutama kaitannya dengan dampak lingkungan yang ditimbulkan.

Tas yang terbuat dari kertas tentu lebih ramah lingkungan dibanding tas plastik. Beberapa minimarket dan pusat perbelanjaan mulai mengganti kantong plastik mereka dengan paper bag.

Harga Paper Bag

Mengenai harga paper bag di pasaran cukup bervariasi, tergantung ukuran, jenis kertas yang digunakan dan desain atau modelnya. Namun kisaran harga untuk jenis tas belanja ini mulai Rp 500-50.000.

Anda bisa menemukan toko online yang jual paper bag dengan berbagai ukuran dan harga terkini. Berikut kisaran harga untuk model tas kertas polos.

  1. Polos cokelat ukuran 12x8x15 cm – Rp 1.300 per pcs
  2. Polos cokelat ukuran 20x20x20 cm – Rp 2.200 per pcs
  3. Polos cokelat ukuran 15x1x25 cm – Rp 700 per pcs
  4. Polos cokelat ukuran 30x40x10 cm – Rp 2.100 per pcs
  5. Polos warna peach ukuran 26x13x32 cm – Rp 1.550 per pcs

Manfaat Menggunakan Paper Bag

Paper bag termasuk jenis tas belanjaan yang simple dan modern. Berikut beberapa manfaat dan keuntungan menggunakannya.

Pengurangan Sampah Plastik

Paper sack ini memiliki peran untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Dalam jangka panjang, ini membantu mengurangi limbah plastik dan kebutuhan akan tempat pembuangan akhir.

Kemampuan Terurai Secara Alami

Tas belanja yang terbuat dari bahan alami ini dapat terurai lebih cepat dibandingkan tas plastik. Jadi Anda bisa ikut menyelamatkan lingkungan dengan beralih ke tas kertas ini.

Penghematan Sumber Daya Alam

Cara membuat paper bag dianggap lebih hemat energi jika dibandingkan proses pembuatan tas plastik.

Anda bahkan bisa membuatnya tanpa menggunakan mesin maupun peralatan elektronik. Selain itu bahan yang dibutuhkan adalah kertas yang dapat diperoleh dari hutan yang dikelola secara berkelanjutan.
Manfaat Paper Bag

Ramah Terhadap Satwa Liar

Jika paper bag dibuang ke alam, risiko melukai satwa lebih kecil dibandingkan plastik. Tas kertas umumnya lebih mudah dikenali oleh satwa dibandingkan plastik bening yang terkadang secara tidak sengaja dimakan hewan atau membuat hewan terperangkap.

Kemungkinan Penggunaan Ulang

Kertas merupakan bahan yang mudah terurai dan dapat di daur ulang. Sifat inilah yang menjadi keunggulan dari paper sack. Bahan kertas yang digunakan bahkan bisa berasal dari bahan daur ulang.

Contohnya saja produk eco paper bag yang menggunakan kertas daur ulang. Selain itu paper sack dengan kertas yang berkualitas juga memungkinkan Anda untuk menggunakannya secara berulang (reusable).

Ukuran Paper Sack

Dalam dunia packaging, terdapat beberapa ukuran paper bag yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari ukuran bag kecil, sedang, hingga jumbo. Nah jika Anda ingin memesan tas kertas ini, ada beberapa pilihan ukuran seperti berikut.

Tas Ukuran Jumbo

Tas kertas belanjaan ukuran jumbo biasanya memiliki tinggi yang lebih besar dibanding ukuran di bawahnya. Anda mungkin bisa menemukan beberapa penjual yang menawarkan ukuran jumbo atau disebut juga Extra Large Bag.

Ukuran Paper Bag

Ini termasuk ukuran paper bag untuk sepatu atau barang-barang dengan dimensi besar. Berikut ukuran (panjang x lebar x tinggi) yang paling umum antara lain;

  • 30 cm x 7 cm x 23 cm
  • 34 cm x 9 cm x 32 cm
  • 36 cm x 17 cm x 27 cm
  • 36 cm x 15 cm x 15 cm
  • 43 cm x 10 cm x 35 cm
  • 44 cm x 10 cm x 32 cm
  • 46 cm x 14 cm x 48 cm
  • 44 cm x 14 cm x 54 cm

Tas Ukuran Besar

Di bawahnya, ada paper bag dengan ukuran besar atau Large Bag. Cocok bagi Anda yang mencari ukuran paper bag untuk baju. Pilihan ukuran standar untuk tas kertas belanjaan ini antara lain;

  • 30 cm x 13 cm x 41 cm
  • 31 cm x 13 cm x 41 cm
  • 32 cm x 14 cm x 45 cm
  • 30 cm x 15 cm x 45 cm
  • 28 cm x 13 cm x 35 cm

Tas Ukuran Sedang

Berikut adalah tas kertas belanjaan dengan ukuran sedang atau Medium Bag. Pilihan bagi Anda yang mencari ukuran paper bag makanan.

Untuk membantu Anda memilih tas belanjaan yang cocok, berikut beberapa ukuran yang paling umum digunakan untuk paper bag sedang.

  • 17 cm x 13 cm x 22 cm
  • 17 cm x 16 cm x 25 cm
  • 19 cm x 9 cm x 32 cm
  • 22 cm x 6 cm x 30 cm
  • 22 cm x 10 cm x 31 cm
  • 22 cm x 21 cm x 25 cm
  • 25 cm x 7 cm x 25 cm
  • 25 cm x 9 cm x 34 cm
  • 25 cm x 10 cm x 35 cm
  • 26 cm x 11 cm x 41 cm

Tas Ukuran Kecil

Jika contoh paper bag di atas terlalu besar, Anda bisa memilih ukuran kecil atau Small Bag.

Ini cocok untuk mengemas aksesoris atau benda-benda dengan ukuran kecil. Tas kertas belanjaan kecil tersedia dalam pilihan ukuran seperti berikut.

  • 15 cm x 7 cm x 17 cm
  • 12 cm x 7 cm x 21 cm
  • 11 cm x 7 cm x 17 cm
  • 11 cm x 10 cm x 16 cm
  • 12 cm x 12 cm x 20 cm
  • 17 cm x 4 cm x 30 cm
  • 19 cm x 6 cm x 22 cm

Ukuran-ukuran di atas umumnya tersedia untuk paper bag yang siap pakai atau dijual di pasaran. Jika Anda membutuhkan ukuran tertentu, biasanya beberapa penjual juga menyediakan ukuran custom.

Semakin besar ukuran yang dipesan, tentu harganya lebih mahal. Selain itu tambahan desain atau motif juga berpengaruh. Jika Anda memilih paper bag kado dengan motif tertentu, biasanya akan lebih mahal dibanding tas kertas cokelat polos.

Fungsi Dan Kegunaan Paper Sack

Di Indonesia penggunaan tas kertas belanjaan ini mungkin terlambat dibanding negara-negara lain seperti di Amerika dan Eropa. Paper bag sendiri memiliki banyak fungsi dan kegunaan.

Tas Belanjaan Pengganti Kantong Plastik

Salah satu fungsinya adalah sebagai tas belanjaan untuk menggantikan kantong plastik yang berbahaya untuk lingkungan.

Anda mungkin bisa mendapatkannya saat berbelanja di minimarket atau supermarket tertentu dan biasanya berupa paper bag kecil tanpa tali pegangan.

Namun ada juga yang berukuran besar sesuai ukuran dari barang belanjaan. Tas belanjaan ini umumnya menggunakan paper bag coklat dengan desain yang sangat sederhana alias polos.

Bungkus Makanan

Fungsi lainnya adalah sebagai pembungkus makanan. Jika Anda jajan makanan di suatu restoran atau tempat makanan, Anda bisa mendapatkan paper bag makanan secara gratis. Biasanya plastik bagian dalamnya memiliki lapisan lilin untuk menjaga kualitas makanan.

Beberapa perusahaan tempat makan memilih menggunakan paper bag polos sebagai kemasan makanan yang mereka jual agar terkesan lebih rapi dan bersih. Apalagi untuk makanan yang memang membutuhkan wadah yang steril.

Kemasan Produk

Fungsi tas kertas belanjaan ini mungkin sudah sering Anda jumpai ketika berbelanja di mall. Banyak brand yang memanfaatkan paper bag custom untuk membungkus produk mereka, baik itu pakaian, sepatu, tas, aksesoris dan lain sebagainya.

Bentuk packaging seperti ini terkesan lebih mewah jika dibandingkan hanya menggunakan kantong plastik. Jadi dapat membantu perusahaan untuk menampilkan image positif kepada konsumen.

Bingkisan Suvenir

Dengan bentuk, warna, desain dan ukuran yang beragam, tas kertas juga banyak digunakan untuk wadah bingkisan suvenir. Misalnya untuk suvenir pernikahan, seminar, ulang tahun, akikah, oleh-oleh haji dan lain-lain.

Anda bisa menggunakan paper bag besar maupun kecil sesuai kebutuhan. Jika ingin lebih menarik, bisa ditambahkan tulisan dan gambar-gambar pada bagian luarnya.

Media Promosi

Apakah Anda pernah melihat paper bag dengan tulisan atau logo menarik dari suatu brand? Tas kertas tersebut memang digunakan perusahaan sebagai media promosi mereka.

Tas kertas yang dipakai untuk membingkis suvenir, secara tidak langsung digunakan perusahaan untuk meningkatkan nama brand mereka. Ini merupakan salah satu media promosi yang cukup bagus untuk bisnis, organisasi, dan lain sebagainya.

Pengertian Paper Bag

Jenis Kertas Untuk Cetak Paper Sack

Terdapat beberapa jenis kertas yang paling umum digunakan untuk keperluan cetak paper bag. Masing-masing memiliki karakteristik dan keunggulan-nya tersendiri.

Kertas Kraft / Samson

Kertas kraft atau samson termasuk jenis kertas yang paling umum digunakan sebagai bahan tas belanjaan. Memiliki tampilan klasik dengan warna cokelat kayu dan gramasi antara 125-150 gsm.

Kertas Art Paper

Kemudian jenis kertas art paper yang memiliki karakteristik permukaan licin dan mengkilap. Ketebalan kertas per gram atau gramasi dari art paper antara 100-150 gsm.

Kertas Art Carton

Beberapa tas kertas belanjaan menggunakan kertas jenis art carton. Karakteristik kertas ini antara lain permukaan yang halus, berwarna putih cerah dan gramasi mulai dari 190-310 gsm.

Kertas Ivory

Jenis kertas ini dapat dikenali dari permukaannya yang mengkilap di satu sisi dan sisi lainnya lebih doff. Memiliki gramasi mulai dari 210-400 gsm.

Kesimpulan

Jadi paper bag pada dasarnya adalah tas belanjaan yang terbuat dari kertas tebal dengan beragam jenis bahan, model dan ukuran.

Tas kertas ini mungkin saja tidak 100% ramah lingkungan karena beberapa tas kertas memiliki lapisan plastik untuk membuatnya terlihat lebih mewah.

Jika Anda tertarik untuk cetak paper bag di percetakan terdekat, maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi desain, ukuran dan bahan yang akan digunakan nantinya.


error: Content is protected !!