Pengertian Manajemen SDM Fungsi Dan Tujuannya

Apa itu pengertian Manajemen SDM? Dalam ilmu manajemen, salah satu manajemen yang paling banyak di praktekan, serta dibutuhkan oleh berbagai tingkatan bisnis adalah manajemen SDM.

Manajemen SDM merupakan hal yang cukup vital untuk jalannya perusahaan. Untuk bisa melakukan sistem manajerial sumber daya manusia dengan baik, pastilah Anda harus paham mengenai apa itu manajemen SDM, fungsi, beserta tujuannya.

Pengertian Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)

Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) adalah suatu manajemen yang dikhususkan untuk melakukan manage, mengurus, mempersiapkan, dan koordinasi tenaga kerja manusia.

Manajemen SDM pada dasarnya berupa pengembangan dari sumber daya manusia atau tenaga kerja yang berfungsi sebagai;

  • Perencanaan sumber daya manusia
  • Perekrutan karyawan baru, pengembangan jaringan karyawan
  • Pelatihan karyawan
  • Pengembangan karir dari tenaga kerja
  • Sistem manajerial atau koordinasi untuk organisasi suatu perusahaan

Istilah dari manajemen sumber daya manusia di banyak perusahaan adalah HR (Human resources) dan bidang dalam suatu perusahaan yang mengurusnya disebut juga sebagai HRD (Human resources department).

HRD ini bertanggung jawab dalam sistem manajemen sumber daya manusia, perekrutan para pegawai baru, pelatihan skill karyawan, pengembangan jenjang karir karyawan, penyelesaian masalah yang berhubungan dengan karyawan, serta sistem manajerial SDM lainnya.

Dalam menjalankan sebuah perusahaan, institusi dan organisasi, sumber daya manusia atau tenaga kerja yang kompeten adalah salah satu pondasi vital dalam suatu institusi.

Oleh karena itulah sangat penting untuk adanya sebuah sistem manajerial sumber daya manusia dalam setiap perusahaan, baik itu institusi bisnis, institusi edukasi, maupun institusi pemerintahan.

Tantangan yang dihadapi dalam setiap pegawai yang menempati posisi HRD adalah sistem manajerial sumber daya manusia, karena sumber daya manusia itu sendiri merupakan aset yang hidup, memiliki kebutuhan, dan perasaan.

Oleh karena itu dibutuhkan pegawai yang memiliki Social Skills yang tinggi dengan kepandaian berbicara dan negosiasi di dalam suatu badan HRD itu sendiri.

Tujuan dari Manajemen Sumber Daya Manusia

Sudah diketahui bahwa pengertian manajemen sumber daya manusia itu mengenai sistem manajerial sumber daya manusia atau tenaga kerja, mengembangkan tenaga kerja, serta penyelesaian masalah yang dihadapi oleh tenaga kerja.

Tujuan dari adanya manajemen sumber daya manusia bervariatif, berbeda dari masing-masing perusahaan dan institusi.

Menurut pendapat ahli, tujuan dari manajemen sumber daya manusia adalah untuk memberikan pertimbangan manajerial dalam membuat keputusan yang terkait dengan tenaga kerja atau sumber daya manusia itu sendiri.

Dengan tujuan untuk memastikan bahwa suatu institusi selalu memiliki tenaga kerja yang berkualitas, kompeten, dan siap untuk menghadapi pekerjaan dibidangnya masing-masing.

Fungsi dari Manajemen Sumber Daya Manusia

Untuk fungsinya, fungsi dari manajemen SDM itu sendiri, terbagi ke dalam beberapa fungsi, antara lain:

  • Fungsi Perencanaan SDM

Perencanaan SDM itu sendiri adalah fungsi untuk pengkajian dan juga penelaahan kebutuhan karyawan, sumber daya manusia, secara sistematis, tergantung dari jumlah karyawan total. Kebutuhan karyawan itu sendiri, keselamatan tenaga kerja, dan perencanaan untuk sumber daya manusia di perusahaan dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

  • Fungsi Perekrutan Dan Pemberhentian Karyawan

Perekrutan karyawan baru menjadi fungsi serta tanggung jawab dari manajemen sumber daya manusia. HRD, bertanggung jawab untuk melakukan sistem perekrutan karyawan, serta pemberhentian karyawan jika terjadi suatu masalah tertentu atau sudah masanya karyawan pensiun.

  • Fungsi Pemberian Upah Dan Tunjangan

Upah tunjangan, baik itu tunjangan hari tua karyawan, tunjangan tanggungan dari karyawan, dana insentif, serta uang transportasi juga menjadi salah satu fungsi dan tanggung jawab dari HRD. Pemberian upah serta tunjangan itu sendiri bertujuan untuk menyejahterakan karyawan, serta meringankan beban kehidupan tanggungan dari karyawan juga.

  • Fungsi Pelatihan Dan Pengembangan

Training and development salah satu fungsi utama dari manajemen sumber daya manusia, dan menjadi alat vital untuk perusahaan.

Kepelatihan dan juga pengembangan ini bisa dalam bentuk workshop karyawan, training, pengembangan skill karyawan, pelatihan dan lain sebagainya. Ditujukan untuk karyawan memiliki kompetensi tambahan, atau memantapkan skill kerja mereka.

  • Fungsi Evaluasi Kinerja Dan Pengembangan Karir Karyawan

Fungsi untuk evaluasi kinerja karyawan, penilaian untuk karyawan apakah kinerja nya sudah cukup baik atau belum, apakah terdapat masalah dalam pekerjaan mereka, atau evaluasi kinerja mereka sudah cukup bagus.

Selain itu fungsi untuk pengembangan karir karyawan juga menjadi salah satu tanggung jawabnya, penilaian karyawan untuk mengambil keputusan apakah akan ada kenaikan pangkat atau gaji karyawan dalam waktu dekat.

Kesimpulan

Kesimpulannya manajemen sumber daya manusia merupakan sistem manajerial yang mengurus tentang kepegawaian, tenaga kerja atau sumber daya manusia.

Ruang lingkup dari manajemen sumber daya manusia merupakan segala urusan kesejahteraan karyawan, kinerja kompetensi karyawan, permasalahan yang dihadapi karyawan, pengembangan skill dan jabatan karyawan.

Cek juga Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Masuk Ke Dunia Kerja. Sekian penjelasan singkat terkait pengertian manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) fungsi dan tujuannya yang penting diketahui dalam sebuah perusahaan.


error: Content is protected !!