Perbedaan Stiker Kiss Cut Dan Die Cut Yang Perlu Diketahui

Berikut pembahasan perbedaan stiker Kiss Cut dan Die Cut. Saat ini penggunaan stiker masih sering dipakai untuk menjadi aksesori pelengkap informasi seperti stiker untuk alat promosi produk, label nama atau barang dan lain sebagainya.

Sesuai dengan proses pembuatan-nya, stiker jenis die cut dan jenis kiss cut memiliki perbedaan yang terletak pada proses pemotongan-nya.

Dalam artikel berikut, Makin Tahu akan membahas tentang perbedaan jenis stiker die cut dan kiss cut yang banyak digunakan masyarakat masa kini.

Perbedaan Stiker Die Cut Dan Kiss Cut

Di dalam proses pencetakan dikenal ada proses pemotongan kertas yang umum disebut dengan proses cutting.

Pada proses pemotongan stiker, ada beberapa metode Cutting yang terbagi menjadi dua jenis yaitu teknik kiss cut dan die cut. Berikut perbedaan yang dimiliki oleh kedua jenis teknik pemotongan tersebut.

  • Teknik Die Cut

Adalah merupakan sebuah teknik Cutting yang dipotong dengan mengikuti atau menyesuaikan desain stiker yang sudah dibuat. Alat untuk memotong stiker Die Cut disebut dengan alat “Die Tool” yang terbuat dari bahan kayu dan besi.

Uniknya lapisan dasar kertas yang terdapat pada jenis stiker Die Cut ini akan ikut terpotong bersamaan dengan dipotongnya lapisan atas stiker.

Stiker Die Cut ini memiliki 3 lapisan yang terdiri dari plastik pelindung, lapisan gambar dan lapisan belakang. Untuk melakukan proses pemotongan stiker Die Cut ini dibutuhkan kejelian dan ketelitian tingkat tinggi.

Umumnya jenis stiker Die Cut dipakai untuk hiasan kendaraan, meja, Scrapbook hingga dinding bangunan. Stiker yang dipotong dengan teknik Die Cut memiliki cara mengaplikasikan sebagai berikut;

  • Siapkan stiker Kiss Cut yang ingin di tempel-kan
  • Bersihkan media yang ingin ditempeli stiker dari debu atau kotoran dengan menggunakan kanebo
  • Lepaskan Cutting stiker vinyl dari lembaran kertas belakang
  • Tempel-kan ke media yang ingin ditempel dengan menggunakan stiker Die Cut
  • Gunakan alat khusus untuk meratakan penempelan stiker dan membuatnya bisa menempel erat di media yang diinginkan seperti misalnya dengan menggunakan kartu ATM atau penggaris
  • Langkah terakhir dalam pemasangan stiker Die Cut adalah dengan melepaskan lapisan pelindung stiker secara perlahan sehingga tak muncul gelembung

Usahakan untuk menempelkan stiker Die Cut hanya dengan sekali coba saja. Biasanya jenis stiker diet cut akan bisa menempel dengan erat dan sempurna ketika dilakukan proses pengaplikasian stiker dengan benar.

Stiker jenis Die Cut juga sangat sulit untuk mencoba melepaskan stiker-nya dari media yang ditempeli. Secara umum jenis stiker Die Cut terbuat dari bahan bontaq atau vinyl yang menjadi banyak pilihan untuk menjadi media promosi terbaik dalam bisnis.

Stiker die cut akan dipotong sesuai dengan bentuk desain yang dipesan baik pada lapisan Backing Paper atau lapisan vinyl-nya. Teknik pemotongan tersebut itulah yang membuat penampilan stiker terlihat bagus meski untuk proses cutting stiker jenis ini tergolong lebih mahal biasanya.

  • Teknik Kiss Cut

Kemudian jenis teknik pemotongan stiker yang kedua adalah teknik Kiss Cut.

Untuk jenis stiker ini banyak ditemui dengan menggunakan berbagai macam desain model, dari mulai karakter anak-anak hingga logo produk atau perusahaan yang digunakan untuk sarana promosi.

Stiker jenis Kiss Cut ini dipotong hingga lapisan kedua stiker yaitu hanya sampai pada lapisan vinyl saja.

Untuk proses pemotongan stiker jenis Kiss Cut ini terhitung unik dan menarik karena pisau pemotong hanya akan memotong bagian stiker hingga lapisan vinyl-nya.

Alhasil saat Anda akan melepaskan stiker, maka akan tersisa Cacking Paper atau lembaran kertas.

Stiker yang dipotong dengan teknik Kiss Cut ini bisa digunakan untuk label produk, kerajinan tangan, label identitas, dekorasi Scrapbook hingga dekorasi benda atau ruangan.

Cara mengaplikasikan jenis stiker yang dipotong dengan teknik Kiss Cut adalah sebagai berikut;

  • Siapkan stiker Kiss Cut yang ingin ditempel atau diaplikasikan
  • Bersihkan media yang akan ditempeli stiker dengan menggunakan kanebo hingga bersih dari kotoran atau debu
  • Lepaskan Cutting stiker vinyl dari lembaran belakangnya
  • Kemudian segera tempel-kan stiker pada media yang diinginkan
  • Ratakan dengan menggunakan alat khusus untuk menempelkan stiker sehingga tidak ada gelembung di bagian dalam stiker yang membuat stiker kurang menempel dengan erat

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengaplikasikan stiker Kiss Cut dengan baik dan benar sehingga bisa menempel dengan erat di media-nya.

Stiker kiss cut biasanya dijual dalam bentuk per set atau per lembaran sesuai dengan kebutuhan. Sekilas untuk potongan stiker Die Cut atau Kiss Cut terlihat sama atau serupa.

Untuk stiker Die Cut akan dipotong sesuai dengan bentuk stiker (setengah putus) dan menyisakan bagian belakang yang memiliki potongan sesuai dengan bentuknya.

Perbedaan Stiker Kiss Cut Dan Die Cut

Memilih Kualitas Dan Jenis Stiker Terbaik

Masih banyak pengguna stiker potong yang bingung untuk memilih jenis stiker Die Cut atau Kiss Cut yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. Ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda gunakan untuk memilih jenis stiker sesuai dengan kebutuhan bisnis dan kemampuan anggaran yang tersedia.

Jenis Stiker Kiss Cut

  • Stiker jenis kiss cut menjadi salah satu jenis stiker yang paling banyak tersedia di pasaran bisnis cetak digital Indonesia.
  • Proses pemotongan stiker kiss cut dilakukan sesuai dengan desain yang tercetak pada lapisan vinyl dan bagian backing paper tak akan ikut terpotong.
  • Biaya pembuatan stiker kiss cut bisa jauh lebih murah dengan hasil akhir yang terbaik tanpa adanya pengurangan nilai dari sebuah desain yang menjadi bentuk stiker.

Jenis Stiker Die Cut

  • Pemotongan stiker dilakukan sesuai dengan bentuk desain baik pada lapisan vinyl maupun backing paper kertas stiker yang digunakan.
  • Tampilan stiker terlihat jauh lebih bagus dan menarik bahkan meski belum ditempel di sebuah media.
  • Terdapat tambahan biaya yang membuat harga potong stiker ini menjadi lebih mahal.

Saat ini ada banyak sekali layanan jasa cutting stiker sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki kesibukan dan keterbatasan waktu, tenaga dan biaya karena bisa dipesan dari mana saja secara online.

Tersedia berbagai jenis bahan stiker yang bisa disesuaikan dengan anggaran biaya yang dimiliki sekaligus kebutuhan bisnis Anda.

Dipastikan jenis bahan yang digunakan untuk membuat stiker adalah terbuat dari bahan yang berkualitas untuk menghasilkan hasil cetak yang lebih bagus serta optimal.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari Makin Tahu tentang apa saja perbedaan stiker kiss cut dan stiker die cut yang bisa digunakan sebagai sarana promosi yang efektif saat ini.

Pastinya lebih mudah, cepat, praktis dan juga lebih efektif untuk menjadi media promosi yang paling tepat di masa sekarang ini. Dengan mengetahui perbedaan jenis stiker yang disebutkan di atas, diharapkan Anda bisa memilih kualitas stiker yang terbaik sesuai kebutuhan.


error: Content is protected !!