Pengertian Kertas Jenis Dan Karakteristiknya

Berbicara tentang kertas maka Anda akan berbicara mengenai segala sesuatunya seperti pengertian dari kertas, apa saja jenis dari kertas, serta beberapa karakteristik kertas.

Pengertian Kertas

Sebelum membahas lebih detail mengenai kertas maka Anda perlu mengetahui pengertian dari kertas.

Kertas adalah sebuah benda yang umum kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di rumah, di sekolah, di kantor maupun di tempat-tempat yang lainnya, biasanya kertas digunakan untuk tulis menulis atau surat menyurat.

Pengertian Kertas Menurut Beberapa Ahli

Kertas bukan suatu yang asing bagi manusia, sebagian besar sudah mengetahui bentuk kertas seperti apa.

Pengertian secara umum dari kertas adalah suatu jenis benda material yang memiliki bentuk berupa lembaran tipis akan tetapi ada juga yang tebal.

Proses pembuatan kertas umumnya terbuat dari serat kayu yang kemudian dicampur dengan berbagai bahan kimia yang mana bahan kimia tersebut berfungsi sebagai pengisi serta penguat untuk kertas.

Kebutuhan mengenai kertas cukup tinggi mengingat kertas digunakan dalam lingkup pembelajaran maupun pekerjaan kantor yang melibatkan tulis menulis dan surat menyurat.

Kertas sendiri dikenal sebagai suatu media utama dalam dunia penulisan, percetakan, peralatan kantor dan juga melukis gambar. Selain itu, masih banyak juga fungsi lain dari kertas.

Pengertian lain menurut beberapa ahli, kertas adalah suatu barang yang memiliki wujud berupa lembaran-lembaran yang tipis.

Kertas sendiri merupakan sebuah revolusi baru untuk dunia tulis menulis yang mana mampu menyumbangkan suatu peradaban yang cukup besar. Adapun beberapa pengertian lain terkait kertas diantaranya ialah:

  • Pengertian Kertas HVS

Kata HVS sendiri merupakan singkatan dari bahasa Belanda yaitu Houtvrij Schrifpapier yang berarti sebuah kertas tulis dengan menggunakan serat kayu.

Sedangkan HVS kertas adalah sebuah kertas untuk menulis yang memiliki kualitas yang tinggi yang mana tampil dengan berbagai jenis ukuran, baik ukuran berat kertas maupun ukuran dimensi kertas.

  • Pengertian Kertas dan Plastik

Kertas adalah suatu lembaran tipis atau tebal yang berbahan dasar berasal dari kompresi suatu serat kayu atau pulp, sedangkan pengertian dari plastik ialah suatu jenis produk hasil polimerisasi sintetik yang mana bisa dikenal dengan produk semi sintetik.

Sejarah Dari Kertas

Setelah mengetahui pengertian dan wujud kertas, Anda juga perlu mengetahui sejarah dari kertas yang sangat luar biasa.

Di mana pada zaman peradaban Mesir kuno saat itu masih menggunakan papirus untuk dijadikan sebagai media untuk melakukan tulis menulis.

Penggunaan papirus sebagai media untuk menulis ini sudah ada sejak zaman Firaun. Tidak lama kemudian penggunaan papirus ini menyebar ke seluruh daerah Timur Tengah hingga pada akhirnya menyebar juga sampai ke Benua Eropa.

Dalam sebuah sejarah juga dicatat bahwa bangsa Cina merupakan negara yang telah menyumbangkan ide kertas ke Dunia.

Dimana warga Cina berhasil menemukan kertas yang berbahan dasar bambu pada tahun 101 Masehi, dari penemuan tersebut kemudian menyebar ke berbagai negara lainnya seperti Korea dan Jepang.

Jenis-Jenis Dari Kertas

Setelah mengetahui pengertian dari kertas dan sejarahnya, Anda juga perlu mengetahui beberapa jenis kertas yang saat ini beredar. Adapun untuk jenis-jenis dari kertas sendiri diantaranya ialah sebagai berikut;

  • HVS

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya bahwa kata HVS berasal dari kosa kata belanda yang berarti media untuk menulis yang berasal dari serat kayu.

Kertas HVS ini memiliki tekstur yang halus, tipis, berwarna putih yang mana memiliki ketebalan mulai dari 60 gsm sampai dengan 100 gsm.

Fungsi dari kertas adalah untuk media penulisan di perkantoran, sekolah untuk berbagai tugas sekolah serta media kertas untuk sebuah buku.

  • Art Paper

Selain HVS, ada juga Art Paper yang mana kertas jenis ini memiliki tekstur yang hampir mirip dengan HVS yaitu halus, putih, licin dan mengkilap

Hanya saja art paper ini memiliki ketebalan yang lebih tebal dibandingkan HVS yaitu mulai dari 120 gsm dan 150 gsm. Adapun kegunaan dari kertas ini ialah biasa digunakan untuk poster, brosur, bagian dari isi majalah, serta bagian buku yang memerlukan adanya gambar.

  • Art Carton

Jenis dari kertas yang lainnya ialah Art Carton, kertas jenis ini juga memiliki karakteristik berupa tekstur yang halus, putih, mengkilap dan tebal.

Dimana untuk kertas ini memiliki ketebalan dari 190 gsm sampai dengan ada yang 310 gsm. Untuk kegunaan dari kertas adalah biasa digunakan untuk cover buku, kartu nama, cover suatu majalah, poster, sertifikat, undangan, serta box suatu produk.

  • Book Paper

Jenis dari kertas selanjutnya ialah Book Paper, kertas jenis ini memiliki tekstur yang sedikit kasar dibandingkan dengan kertas sebelum-sebelumnya.

Selain memiliki tekstur yang kasar cenderung halus, kertas ini juga memiliki warna ke-kuningan, ringan dan tipis yang mana memiliki ketebalan mulai dari 55 gsm sampai dengan 90 gsm. Biasanya kertas ini digunakan untuk buku yang hanya berisi teks saja tanpa gambar.

  • Linen Jepang

Kertas dengan jenis Linen Jepang ini memiliki karakteristik halus, licin, serta memiliki ketebalan sekitar 240 gsm yang mana biasanya kertas ini digunakan untuk pembuatan sertifikat dan kartu nama.

  • Buffalo

Buffalo merupakan salah satu jenis dari kertas yang memiliki sifat yang halus, memiliki guratan seperti kayu serta licin dan tebal. Biasanya jenis dari kertas yang satu ini digunakan untuk jilid cover, kartu iuran dan juga untuk map.

  • NCR

Jenis dari kertas selanjutnya ialah NCR. Kertas NCR ini memiliki tekstur yang tipis, halus, mengkilap, serta terdapat lapisan lem yang ada pada bagian belakang, biasanya kertas jenis ini digunakan sebagai media untuk promosi yang ditempelkan pada tempat-tempat tertentu.

Karakteristik Dari Kertas

Banyak jenis dari kertas menjadikan banyak juga karakteristik kertas yang bermacam-macam dan berbeda-beda. Adapun untuk karakteristik kertas secara umumnya yaitu;

  • Mudah menyerap air
  • Dapat dibakar dengan mudah
  • Dapat di robek
  • Bisa di lipat ke segala arah
  • Bisa di rekatkan menggunakan lem
  • Bisa dipotong dengan menggunakan pisau atau gunting
  • Bisa di remas dengan menggunakan tangan
  • Bisa disambung dengan stapler
  • Bisa juga di toreh dengan menggunakan benda yang runcing maupun tumpul
  • Bisa digulung dengan menggunakan mistar
  • Bisa di remas dengan tangan
  • Dapat dijepit dengan kertas lainnya

Masih banyak lagi karakteristik dari kertas yang bisa Anda simpul-kan sendiri ketika melihat dan memperhatikan kertas secara langsung. Kertas adalah suatu benda yang memiliki sifat fleksibel, bisa diapakan saja sesuai dengan keinginan kita.

Apakah sudah ada gambaran mengenai jenis dan karakteristik dari kertas itu sendiri? Jadi secara umumnya, kertas adalah suatu media untuk menulis yang berupa lembaran tipis atau bisa tebal sesuai dengan jenis dari kertas tersebut.

Semoga artikel dari Makin Tahu dapat membuat Anda memahami berbagai jenis dari kertas yang ada di pasaran, sehingga bisa menentukan karakteristik dan manfaat dari kertas berdasarkan jenisnya.


error: Content is protected !!