Cara Memilih Kamera Digital Yang Berkualitas

Berikut cara memilih kamera digital yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan. Mungkin sebagian orang merasa tidak memerlukan kamera digital karena menganggap kamera smartphone sudah cukup.

Namun bagi pecinta fotografi sejati, keberadaan kamera digital sangat penting untuk mengelola passion dan menghasilkan foto yang profesional.

Saat ini mungkin Anda sudah tahu mengenai berbagai jenis kamera digital mulai kamera saku, DSLR atau Mirrorless yang paling modern. Lalu bagaimana cara untuk memilih kamera digital berkualitas sesuai dengan kebutuhan?

Cara Memilih Kamera Digital

Berikut ini 7 cara untuk memilih kamera digital berkualitas yang bisa Anda terapkan sebelum memutuskan untuk membeli salah satu kamera di atas.

Baterai Kamera Digital

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan sebelum memilih kamera digital adalah memperhatikan daya tahan baterai. Anda jelas tidak bisa mengabaikan daya tahan baterai kala sedang melakukan tugas atau hobi fotografi.

Hasil kamera yang bagus namun tidak diimbangi daya tahan baterai maksimal bisa mengakibatkan kegiatan memotretmu kurang efektif.

Sebaiknya cari tahu produk kamera tersebut agar Anda mengetahui usia pemakaian ideal baterai kamera digital. Ganti baterai kamera digital jelas hal yang tidak Anda inginkan saat pemakaian produk masih sebentar, bukan?

Jumlah Megapixel Kamera Digital

Cara selanjutnya adalah mengetahui jumlah megapixel yang dimiliki produk tersebut. Jumlah megapixel yang dimiliki kamera sangat mempengaruhi kehalusan gambar yang Anda bidik lho!

Jadi Anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan misalnya jika hanya ingin menggunakan hasil foto dipasang di media sosial atau website, Anda hanya membutuhkan foto dengan kualitas dibawah 2 megapixel.

Namun jika ingin mencetak foto dengan ukuran besar pastikan kamera memiliki ukuran megapixel yang juga besar minimal 5 megapixel.

Zoom Kamera Digital

Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal pastikan Anda mengetahui cara memilih kamera digital berkualitas yang memiliki tiga kali zoom.

Optical Zoom lebih direkomendasikan sebab akan membuat foto bidikan tetap berkualitas bagus dibandingkan Digital Zoom yang akan membuat gambar pecah atau blur ketika pengambilan gambar saat di zoom.

Cara Memilih Kamera Digital Yang Berkualitas Mencoba Kamera DSLR MakinTahu.com

Kontrol Eksposur Kamera Digital

Cara memilih kamera digital berkualitas bisa dilihat dari kontrol eksposur atau kecepatan mengambil gambar bergerak. Jika Anda ingin menjadi seorang fotografer profesional disarankan membeli kamera digital yang memiliki kontrol eksposur lengkap dan manual.

Sedangkan bagi pecinta foto biasa kamera digital biasa mungkin cocok digunakan sebab pengaturan ini sudah diatur pihak pabrikan secara otomatis.

Flash Kamera Digital

Ya kamera ponsel saja sudah memiliki flash untuk mengambil gambar yang terang dan jelas saat berada di dalam ruangan. Kamera digital modern tentu wajib memiliki flash yang benar-benar bagus untuk hasil yang lebih maksimal.

Memory Card

Setiap kamera digital pasti memiliki tempat menampung memori tambahan atau memory card. Kalau memang ingin terjun sebagai seorang fotografer profesional, pastikan dulu Anda mengetahui mengenai jenis-jenis memory card pada kamera digital bukan asal beli ya.

Memori SD adalah jenis memori yang kompatibel dengan kamera digital apa saja. Selain itu ada jenis memori SDHC, SDXC, CF, Stick Duo dan masih banyak lagi yang lain. Jadi apakah Anda sudah tahu jenis memory card untuk kamera digital Anda?

Lakukan Percobaan Dahulu

Tips memilih kamera digital berkualitas yang tidak boleh Anda abaikan adalah mencoba kualitas kamera terlebih dahulu. Kecuali Anda membeli barang pre loved, pastikan dulu mengecek ulang semua komponen kamera digital. Anda jelas tidak ingin merugi akibat salah beli barang pre loved, bukan?

Memiliki Garansi Resmi

Jika membeli di gerai pastikan kamera memang memiliki garansi resmi. Hal ini mengantisipasi jika terjadi masalah kemudian hari setelah transaksi disepakati. Tentu Anda tetap harus mematuhi aturan atau prosedur yang berlaku mengenai kesalahan akibat pembuatan pabrikan dan bukan karena human error.

Tak ada salahnya mencari tahu lebih banyak atau berkonsultasi dengan para fotografer profesional yang telah malang melintang di dunia pemotretan ini. Rekomendasi dan testimoni positif jelas sangat berpengaruh dalam preferensi Anda memilih kamera digital yang baik.

Harga mahal belum tentu menjamin kualitas barang bagus begitu pula sebaliknya. Agar hasil cetak foto menjadi lebih menarik dan sesuai dengan keinginan. Bila Anda nantinya akan mencetak foto cek terlebih dahulu pembahasan mengenai jenis kertas foto yang paling sering digunakan.

Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik 2021

  1. Canon PowerShot SX740 HS
  2. Nikon COOLPIX W300
  3. Canon PowerShot G7 X Mark III
  4. FUJIFILM X100F
  5. Sony Cybershot DSC-W830
  6. Nikon COOLPIX A900
  7. Ricoh GR Digital III
  8. Panasonic LUMIX DC TZ220 / ZS200 / ZS220
  9. Sony Cybershot DSC-RX100 VII
  10. Sony Cybershot DSC-WX220

Semoga 7 cara memilih kamera digital berkualitas di atas bisa menjadi bahan referensi Anda yang tengah berencana membeli alat utama fotografi ini. Sekian pembahasan Makin Tahu kali ini mengenai cara memilih kamera digital yang berkualitas.


error: Content is protected !!