Sejarah Perusahaan Gojek Dan Perkembangannya

Berikut sejarah perusahaan Gojek dan perkembangannya hingga sekarang. Gojek adalah salah satu perusahaan transportasi yang cukup besar hingga eksistensi perusahaan ini dikenal di seluruh dunia.

Adapun sejarah Gojek cukup menarik dibahas karena Anda bisa melihat sepak terjang dari perusahaan yang satu ini. Apakah Anda ingin mengetahui sejarah dari perusahaan yang satu ini?

Semoga dengan mengetahui sejarahnya secara singkat, maka akan memudahkan Anda dalam memahami sebuah perusahaan yang besar. Ada juga info menarik lainnya selain sejarah Gojek yang bisa Anda ketahui.

Apakah Anda semakin penasaran dengan informasi ini? Maka berikut ini adalah informasinya untuk Anda.

Informasi Perusahaan Gojek

Adapun sebelum membahas tentang sejarah dari Gojek, maka akan ada beberapa informasi yang bisa Anda ketahui juga.

Hal ini ditujukan agar Anda memiliki pengetahuan tentang perusahaan yang sudah Go Internasional ini. Apa sajakah informasi dan sejarah dari perusahaan ini, berikut ulasan singkatnya untuk Anda yang penasaran dengan Gojek.

Profil Bisnis Gojek

Adapun profil bisnis yang dimiliki oleh Gojek. Semoga informasi ini bisa membuat Anda memahami tentang Gojek.

  • Nama Perusahaan : Gojek
  • Nama Lain Dari Perusahaan Ini : Aplikasi Karya Anak Bangsa
  • Perusahaan Induk : GoTo (gabungan dari Gojek dan Tokopedia)
  • Kantor Utama : Jakarta
  • Industri : Transportasi, IT, Mercenary
  • Tanggal Terbentuk : 13 Oktober 2010
  • Founder : Nadiem Makarim
  • Service Area : Indonesia, Singapura, dan Vietnam

Itulah profil singkat tentang perusahaan yang bernama Gojek ini. Perusahaan ini tergolong sudah memiliki umur yang tidak terlalu muda tapi belum terlalu tua.

Saat ini Gojek berkembang dan berkolaborasi dengan Tokopedia dengan tujuan memperbesar pangsa pasar yang dimiliki oleh Gojek.

Sejarah Gojek

Adapun sejarah dari Gojek sendiri terbentuk sejak tahun 2010. Awal mulanya adalah Nadiem Makarim memperhatikan bahwa tukang ojek yang hanya menunggu saja sedangkan penumpang ojek yang kesulitan mencari ojek.

Hal tersebut diperhatikan oleh Nadiem Makarim dan itulah awal mula dari Gojek.

  • 2010

Pada tahun ini adalah tahun dimana Gojek resmi digunakan. Layanan Gojek pertama kali berjalan dengan driver yang sangat sedikit. Saat itu, driver-nya hanya 20 orang dan hanya ada 1 Call Center. Kemudian setelah lima tahun Gojek berevolusi.

  • 2015

Pada tahun inilah aplikasi Gojek mulai dirilis. Orang-orang pun yang mengetahuinya berbondong-bondong untuk menginstall-nya dan pastinya membuat orang-orang banyak yang memesannya.

Bahkan pemesanan Gojek yang awalnya dari 3.000 order menjadi 10.000 order per hari-nya. Hingga akhirnya, Gojek mulai makin meluas hingga di luar Jakarta.

Namun berita negatif bermunculan karena munculnya Gojek berdampak kepada ojek pangkalan.

Tidak hanya transportasi saja yang diunggulkan Gojek, namun memulai jasa Delivery juga yang bisa mengantarkan apa saja.

  • 2016

Pada tahun ini menjadi sejarah Gojek karena ia menjadi Unicorn pertama yang ada di Indonesia. Alhasil pesanan Gojek pun meningkat hingga mencapai 300.000 order per harinya. Hal inilah yang membuat Gojek semakin bersinar di Indonesia.

  • 2017

Pada tahun ini, Gojek masuk ke dalam daftar 20 perusahaan yang mengubah dunia versi Fortune. Pertumbuhan dari Gojek sangat meningkat cepat dan menjadi contoh bisnis yang tumbuh sangat cepat di dunia.

  • 2018

Kali ini Gojek tidak hanya ada di Indonesia namun merambah ke negara Vietnam dan Thailand. Uniknya lagi, jumlah order-an mencapai 100 juta order per hari. Volume transaksi-nya pun meningkat juga hingga mencapai 1.100x.

  • 2019

Gojek kembali menjadi perusahaan ter-favorit di majalah fortune. Kemudian Gojek juga berhasil mendapatkan pendanaan seri F dari Google dan kawan-kawannya.

  • 2020

Saat pandemi tiba-tiba menghantam dunia, Gojek malah berhasil membuat integrasi negara yang sudah menggunakan Gojek menjadi satu aplikasi saja. Kemudian sejak pandemi, GoFood menjadi salah satu layanan yang sangat membantu para UMKM dan diunduh sudah sebanyak 190 juta kali.

  • 2021

Gojek bergabung dengan Tokopedia menjadi GoTo. Disebut juga dengan GoTo Group yang berfokus pada ekosistem digital dengan misi “Mendorong Kemajuan”.

Ekosistem digital yang dimaksudkan seperti e-commerce, logistik, transportasi, pengiriman makanan dan bahan makanan, dan layanan keuangan dan pembayaran di platform terkait seperti Tokopedia, Gojek dan pastinya GoTo Financial.

Itulah sejarah Gojek yang memiliki banyak perubahan. Hal ini membuat Anda memahami bahwa sebuah perusahaan bisa sangat besar dan mendunia hanya dengan memperlihatkan titik kecil yang tidak disadari oleh orang lain.

Selain itu Gojek menjadi perusahaan yang sangat berkembang hingga membuka banyak peluang untuk menghasilkan banyak uang dari bisnis ini.

Layanan Yang Dimiliki Oleh Gojek

Ada beberapa layanan yang menjadi andalan dari Gojek. Jika Anda belum mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa layanan andalan milik Gojek.

Transportasi Dan Logistik

Adapun pada layanan ini sudah pasti layanan yang berurusan dengan pelanggan yang ingin bepergian. Layanan ini mulai dari Goride, Gocar, Gosend, Gobox, hingga kerja sama antara taksi Blue Bird yaitu Gobluebird.

Layanan pertama Gojek ini berguna untuk mengantar orang atau barang sampai ke tempat tujuan.

Payment

Ternyata Gojek juga bergerak di bidang layanan pembayaran. Ada yang paling terkenal yaitu Gopay yang menjadi dompet digital.

Kemudian ada layanan Gotagihan, Gopaylater, Gogive, hingga Gocorp untuk menyediakan Goride dan Gocar bagi mobilitas karyawan.

Sudah pasti ini juga menjadi sumber keuntungan yang cukup besar yang dimiliki oleh Gojek.

Food And Shopping

Jika yang satu ini pasti banyak digunakan oleh Anda. Ada layanan berupa GoFood untuk pesan makanan.

Kemudian ada GoMart untuk belanja, GoMed untuk membeli obat, bahkan ada pula GoShop untuk belanja apa saja.

Hal ini yang membuat Gojek untuk besar dan sejarah Gojek untuk mendapatkan pendanaan semakin meningkat.

Hiburan

Gojek juga merambah ke dunia hiburan dengan adanya Goplay untuk nonton film dan series. Kemudian ada juga Gotix untuk pesan tiket dan event secara online.

Hal ini membuat Gojek ingin melengkapi layanannya dan membuat Gojek semakin banyak dibutuhkan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Konsep ini sangat menarik dan membantu perkembangan Gojek semakin mendunia.

Bisnis

Gojek juga memberikan beberapa layanan bisnis. Misalnya, Gobiz yang digunakan untuk menjalankan bisnis. Kemudian ada Midtrans untuk pembayaran secara digital.

Lalu ada Moka yang digunakan sebagai alat kasir secara online. Lalu Gojek juga punya layanan Gostore untuk membuat website toko online dengan mudah dan cepat.

Ada juga Selly sebagai keyboard untuk pedagang online. Layanan bisnis ini membuat Gojek menjadi salah satu perusahaan yang super lengkap.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi dari Makin Tahu mengenai layanan yang bisa Anda ketahui yang dimiliki oleh Gojek. Hal ini membuat Gojek dapat menjadi perusahaan yang sangat matang ketika sudah berumur lebih dewasa lagi.

Inilah yang membuat Gojek juga susah dikalahkan oleh kompetitor-nya karena ia pun sudah menyediakan berbagai macam hal yang mampu mengalahkan pesaingnya.

Jadi bagaimana dengan sejarah Gojek dan informasi lainnya yang Anda dapatkan. Hal ini membuat Anda menjadi lebih menyadari bahwa Gojek hanya bermula dari masalah ojek yang sepi pengunjung dan penumpang yang kesulitan mencari ojek.

Alhasil, sekarang Gojek menjadi perusahaan yang cukup terkenal di dunia dengan bisnis transportasi-nya yang sangat dibutuhkan pelanggan.

Sebagai salah satu produk bisnis digital paling sukses di Indonesia, ternyata muncul desas desus bahwa Gojek akan merger dengan Grab. Apakah hal ini akan terjadi?


error: Content is protected !!